10 Cara Efektif untuk Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Telah Dicoba dan Teruji

1

Ketombe merupakan masalah umum pada kulit kepala yang dapat dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia dari bayi hingga manula. Bahkan menurut sebuah studi, 50% dari populasi orang dewasa di dunia mengalami gangguan ketombe. Pertanyaannya adalah apa itu ketombe dan bagaimana caa menghilangkan ketombe secara alami.

Gangguan ketombe memang terasa ringan, namun cukup mengganggu. Gejalanya berupa gatal-gatal di kulit kepala disertai dengan timbunan keratin yang dapat mengelupas bahkan turun hingga mengotori baju. Hal ini selain membuat tidak nyaman, juga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Masalah ketombe tidak ada hubungannya dengan masalah kebersihan. Seseorang yang sering mencuci rambut pun bisa saja terkena ketombe. Ketombe disebabkan oleh pertumbuhan jamur malassezia yang tidak terkontrol pada kulit kepala. Pertumbuhan jamur ini dapat dipicu oleh berbagai hal, misalnya imunodefisiensi pada bayi, atau stres dan emosi pada orang dewasa.

Ketombe kerap terjadi pada saat kelenjar sebaseus mengalami aktivitas yang tinggi, yaitu pada bayi 1 – 3 bulan dan remaja hingga yang berusia 20 tahun. Saat sekresi kelenjar sebum mengalami penurunan pada usia 50 tahun ke atas, resiko mengalami ketombe juga semakin turun.

Salah satu hal yang juga mempengaruhi timbulnya ketombe adalah jenis kelamin. Kaum pria lebih lebih banyak mengalami daripada wanita. Maka salah satu hal yang memicu ketombe adalah hormon pria.

Pertumbuhan jamur penyebab ketombe juga dipengaruhi oleh lingkungan dan cuaca. Umumnya, cuaca yang panas dengan kelembaban yang tinggi akan memudahkan pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Ketombe dapat diatasi dengan berbagai cara. Misalnya dengan memakai shampo anti ketombe yang memiliki kandungan bahan anti bakteri atau anti jamur. Untuk ketombe yang parah, dapat juga memakai shampo anti jamur dosis tinggi atas rekomendasi dokter.

Namun, tidak semua shampo anti ketombe dapat cocok digunakan. Jika salah pilih shampo, bisa jadi ketombe malah menjadi semakin parah dan dapat terjadi iritasi pada kulit kepala. Salah satu cara aman dan mudah menghilangkan ketombe secara alami adalah.

Cara alami untuk menghilangkan ketombe ini selain aman juga mudah dilakukan dan dengan bahan yang dapat dengan mudah kita temui. Yuk ikuti 10 cara alami untuk menghilangkan ketombe membandel berikut ini.

10 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan minyak dari tanaman Melaleuca alternifolia. Bahan alami ini memiliki khasiat anti bakteri dan anti jamur yang dapat bermanfaat untuk mengurangi ketombe. Manfaat anti jamur tea tree oil terbukti efektif untuk mengurangi jenis jamur penyebab ketombe.

Tea tree oil telah banyak digunakan sebagai cara alami untuk mengatasi ketombe. Efektivitas tea tree oil telah terbukti dalam sebuah penelitian pada 126 orang yang berketombe yang menggunakan shampo yang mengandung tea tree oil dengan kadar 5% selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil dapat menurunkan gejala ketombe selama 41% serta mengurangi kelebihan minyak dan gatal pada rambut.

Tea tree oil murni dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi jika langsung digunakan pada rambut dan kulit kepala. Cara menggunakan tea tree oil untuk mengatasi ketombe adalah dengan menambahkan beberapa tetes tea tree oil murni yang dapat Anda beli di toko, ke dalam shampo yang biasa Anda pakai.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang dapat meningkatkan kelembaban alami rambut dan mencegah kulit kepala menjadi kering yang dapat memicu pertumbuhan ketombe. Ini membantu menghilangkan ketombe secara alami.

Minimalist Tip:
Menggunakan terlalu banyak minyak kelapa bisa membuat rambut Anda berminyak. Biasanya tidak menyebabkan rambut rontok, tetapi dapat menyebabkan rambut yang sebelumnya terlepas lebih mudah rontok dari kulit kepala.

Selain itu, minyak kelapa memiliki efek anti mikroba dan banyak digunakan untuk mengurangi radang pada kulit. Minyak kelapa juga telah terbukti memiliki efek mengurangi iritasi kulit dan menghambat pertumbuhan jamur.

Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa dapat mengurangi gatal-gatal dan peradangan. Studi ini menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menurunkan peradangan hingga 68% pada 117 anak-anak berusia 1 hingga 13 tahun.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi ketombe adalah dengan mengoleskan 2 sendok makan minyak kelapa murni yang telah dihangatkan pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cucilah rambut dengan shampo.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan shampo yang mengandung minyak kelapa alami.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera telah banyak digunakan sebagai salah satu bahan untuk merawat kulit. Aloe vera juga telah terbukti secara klinis memiliki efek anti bakteri dan anti jamur yang efektif untuk mengatasi ketombe.

Aloe vera juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat berguna untuk mengurangi iritasi pada kulit kepala, sehingga dapat mengurangi ketombe.

Aloe vera enzim mengandung enzim untuk meredakan peradangan pada kulit dan zat antioksidan untuk mencegah kerusakan sel kulit. Memakai aloe vera juga dapat mencegah rambut rontok yang disebabkan oleh ketombe.

Untuk mengatasi ketombe, Anda dapat menggunakan gel aloe vera segar yang diperoleh dari tanaman lidah buaya, atau dapat membeli produk gel aloe vera dalam kemasan yang tersedia di toko.

Oleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu biarkan selama 30 menit, setelah itu cucilah rambut dengan shampo. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali dalam satu minggu. Menghilangkan ketombe secara alami.

4. Minyak sereh

Minyak sereh biasanya banyak digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, tekanan darah rendah, dan untuk mengurangi stres. Namun minyak sereh juga memiliki manfaat anti mikroba dan antiinflamasi yang efektif untuk mengatasi gangguan ketombe.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015, produk hair tonic yang mengandung minyak sereh 10% dapat mengurangi ketombe sebanyak 81% setelah digunakan selama 2 minggu (3).

Seperti tea tree oil, minyak sereh juga dapat menimbulkan iritasi dan reaksi alergi jika langsung diaplikasikan ke kulit kepala. Anda dapat menggunakan minyak sereh untuk rambut dengan cara diencerkan terlebih dahulu dengan air, atau dengan mencampurkan beberapa tetes minyak sereh murni ke dalam shampo atau hair tonic Anda.

5. Cuka Apel

Cuka apel telah banyak banyak digunakan sebagai salah satu cara mengatasi ketombe membandel. Cuka apel dapat menipiskan timbunan sel kulit mati pada kulit kepala yang menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe.

Cuka apel juga dapat menyeimbangkan pH pada kulit kepala, sehingga dapat menurunkan pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Sebuah uji laboratorium juga telah membuktikan bahwa cuka apel efektif untuk menekan pertumbuhan jamur.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai pembasmi ketombe, Anda dapat menambahkan beberapa sendok makan cuka apel ke dalam shampo harian Anda.

Atau bisa juga dengan mengencerkan cuka apel dengan air, lalu dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat, lalu bersihkan dengan shampo.

Minimalist Tip:
Tambahkan 1/4 cangkir air ke dalam 1/4 cangkir cuka sari apel, oleskan ke kulit kepala Anda. Bungkus handuk dan diamkan sekitar 20 menit. Cuci bersih dan ulangi dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

6. Soda Kue

Soda kue atau yang biasa disebut juga baking soda juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe membandel. 

Baking soda dapat mengeksfoliasi timbunan sel kulit mati pada kulit kepala sehingga dapat mengurangi ketombe dan gatal. Baking soda juga memiliki manfaat anti fungi yang dapat menekan pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Sebuah studi menunjukkan bahwa baking soda dapat menurunkan pertumbuhan jamur sebanyak 79% setelah 7 hari.

Cara memakai baking soda untuk mengatasi ketombe adalah dengan mengoleskan baking soda langsung pada rambut dan kulit kepala yang basah. Diamkan selama satu atau dua menit, lalu cuci rambut dengan shampo.

Baking soda sebaiknya tidak terlalu sering digunakan untuk rambut. Bahan ini memiliki pH yang tinggi, sehingga pemakaian yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan membuat kulit kepala menjadi kering.

Soda kue atau baking soda dapat Anda dapatkan dengan mudah di supermarket atau toko kue.

7. Kuning Telur

Kuning telur banyak mengandung biotin yang dapat mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok. Kuning telur juga banyak mengandung asam lemak yang dapat berfungsi sebagai kondisioner untuk menjaga kelembaban rambut.

Cara menggunakan kuning telur untuk rambut adalah pertama-tama Anda harus memisahkan kuning telur dari putih telur. Anppda dapat menambahkan perasan buah lemon untuk mengurangi bau amisnya. Lalu oleskan kuning telur pada rambut dan kulit kepala yang kering. Tutuplah rambut dengan shower cap dan biarkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan shampo.

8. Mengkonsumsi Omega 3

Omega 3 merupakan asam lemak yang penting untuk tubuh. Asam lemak omega 3 dapat menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, dan menyehatkan jantung dan otak.

Mengkonsumsi omega 3 juga penting untuk menjaga kesehatan kulit untuk mengontrol kadar minyak, melembabkan, mengatasi peradangan, dan mengatasi tanda-tanda penuaan. 

Tubuh yang kekurangan omega 3 akan mengalami gangguan pada kulit dan rambut, diantaranya adalah rambut dan kulit yang kering dan ketombe.

Karena itu, mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung banyak omega 3 dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi ketombe.

Manfaat omega 3 untuk meredakan peradangan juga telah teruji. Efek antiinflamasi ini akan berguna untuk meredakan iritasi pada kulit kepala dan menghilangkan ketombe.

Karena dapat menjaga kelembaban kulit dan rambut, omega 3 juga dapat mencegah rambut dan kulit kepala kering yang menjadi salah satu penyebab ketombe.

Jumlah konsumsi omega 3 yang disarankan adalah 1,1 – 1,6 gram per hari.

Anda dapat memenuhi kebutuhan omega 3 ini dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3, diantaranya adalah ikan salmon, mackerel, chia seed, walnut, dan flaxseed.

Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen omega 3 yang dapat dibeli di supermarket atau toko obat.

 9. Teh Hijau

Teh hijau atau green tea juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Green tea yang merupakan daun tanaman Camellia sinensis ini dapat kita temui dengan mudah, dan ternyata telah teruji efektif untuk mengatasi ketombe.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa hair tonic yang mengandung 2% teh hijau yang digunakan oleh 20 relawan selama 28 hari terbukti efektif mengurangi sebum pada kulit kepala.

Anda dapat menggunakan ekstrak green tea dengan cara ditambahkan pada shampo atau hair tonic yang biasa Anda gunakan.

Atau Anda juga dapat memakai teh hijau celup untuk mendapatkan manfaat green tea untuk rambut berketombe. Caranya, rendam 2 kantong teh hijau celup dalam air panas dan biarkan selama 20 menit hingga dingin. Oleskan air rendaman pada rambut dan kulit kepala lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cucilah rambut dengan shampo.

10. Mengkonsumsi Probiotik

Probiotik adalah kultur bakteri yang menguntungkan bagi tubuh jika dikonsumsi. Mengkonsumsi probiotik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah untuk kesehatan pencernaan dan kesehatan kulit, termasuk kulit kepala.

Probiotik dapat mengatasi alergi dan radang pada kulit. Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang dapat bermanfaat untuk mengurangi ketombe, karena salah satu penyebab ketombe adalah karena menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Efektivitas probiotik dalam mengatasi ketombe juga telah dibuktikan oleh sebuah studi yang dipublikasi pada tahun 2017. Pada studi ini, 60 relawan pria berusia 18 hingga 60 tahun yang mengalami masalah ketombe, mengalami perbaikan pada masalah ketombenya setelah mengkonsumsi probiotik selama 56 hari.

Anda dapat mendapatkan manfaat probiotik dengan mengkonsumsi makanan fermentasi seperti kimchi, kombucha, yogurt, miso, atau tempe. Atau Anda juga dapat membeli suplemen probiotik yang tersedia di apotik.

Minimalist Tip:
Probiotik paling baik dikonsumsi saat perut kosong, saat kadar asam lambung lebih rendah.

Kesimpulan

Jika Anda telah bosan dengan mencoba-coba berbagai macam shampo anti ketombe, atau ingin mencoba perawatan yang lebih aman dengan produk alami, tak ada salahnya mencoba cara-cara alami yang telah teruji untuk mengatasi ketombe membandel.

10 cara alami di atas selain mudah dilakukan dan bahan-bahannya dapat Anda beli dengan mudah dan murah, juga cara yang alami akan lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti pada penggunaan bahan kimia untuk menghilangkan ketombe.

Pilihlah cara yang sesuai dengan kondisi rambut dan dapat dilakukan dengan mudah, dan lakukan dengan telaten dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, tidak semua orang akan cocok memakai cara alami untuk menghilangkan ketombe.

Jika kondisi ketombe parah atau menjadi semakin parah setelah beberapa waktu, segera periksakan ke dokter untuk rekomendasi produk anti ketombe yang tepat.

Referensi

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4852869/
  2. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16418522/
  3. https://www.karger.com/Article/Abstract/432407
  4. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25219289/
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22991095
  6. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3257651/ 
  7. https://www.researchgate.net/publication/308149951_Development_and_clinical_evaluation_of_green_tea_hair_tonic_for_greasy_scalp_treatment
  8. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28789559/

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.