11 Cara Perawatan Untuk Rambut Berketombe

1

Ketombe emang bikin malu, apalagi kalau sudah jatuh ke bahu. Tak hanya malu, tapi juga bikin kesel karena gatalnya minta ampun. Mau tahu tips perawatannya? Simak ulasan di bawah. Cari tahu cara perawatan untuk rambut berketombe.

Kulit kepala kering dan ketombe sangatlah menyebalkan. Rasanya di mana-mana banyak iklan produk sampo anti ketombe, tapi kembali lagi semua cocok-cocokan dengan kulit kepala kita.

Untuk menghindari dan bagaimana cara merawat agar terhindar dari ketombe, di bawah ini ada studi rinci tentang ketombe dan terbukti efektif menghilangkan ketombe. 

Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang umum terjadi di mana serpihan kulit mati jatuh dari kulit kepala. Meski timbulnya ketombe tidak berhubungan dengan kebersihan kulit kepala, namun keramas secara teratur dapat membantu menghilangkan ketombe. Cari tahu cara perawatan untuk rambut berketombe.

Secara ilmiah, ketombe disebabkan oleh minyak tubuh. Produksi minyak berlebih pada kepala menyebabkan yeast (mikroorganisme fungi) meningkat, dan menghasilkan serpihan putih yang membuat gatal dan iritasi. ara perawatan untuk rambut berketombe. Untuk lebih jelasnya baca artikel di bawah:

Apa itu Ketombe?

Kulit kepala yang gatal adalah tanda-tanda umum saat kamu mempunyai ketombe di kepala. Dikatakan bahwa sekitar 50% penduduk menderita ketombe. Meski belum ada bukti nyata, ketombe merupakan bentuk ringan dari dermatitis seboroik. Ini bisa muncul di belakang telinga, alis, atau bahkan area leher.

Bagi sebagian orang berketombe, memiliki ketombe sangatlah memalukan. Tidak hanya rasa gatal yang sangat menyebalkan tetapi bila ketombe jatuh di bahu dan di area tertentu akan sangat memalukan. Banyak orang jadi menghindari menggunakan baju hitam.

Cara yang terbaik untuk menghindari ketombe adalah menggunakan produk anti ketombe. Yakni sampo yang mengandung asam salisilat.Untuk lebih jelasnya baca uraian di bawah:

Penyebab Ketombe

Secara ilmiah, ketombe disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  • Dermatitis Seboroik
  • Kulit Kepala Kering
  • Malassezia (pertumbuhan jamur di kulit kepala)
  • Rambut kotor
  • Sensitif terhadap produk tertentu

Cara Perawatan Ketombe yang Mudah dan Efektif

Ketombe dapat muncul kembali saat kamu sudah mengganti-ganti produk anti ketombe sekalipun. Hal ini sering juga disebabkan oleh pola makan, gaya hidup, dan pilihan sampo yang tidak tepat. Untuk mengatasi ketombe, carilah sampo yang mengandung bahan anti-inflammatory dan anti-jamur. Kamu juga bisa memakai sampo yang berbahan asam salisilat, diikuti dengan pemakaian kondisioner untuk menghindari kulit kepala kering.

Asam salisilat dikenal dapat mengobati jerawat dan masalah kulit lainnya yang mengikis lapisan atas kulit dan mengurangi peradangan. Untuk mendapat pengobatan rumahan yang alami, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya dan mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc, dan vitamin B. ara perawatan untuk rambut berketombe. Selain itu, ikutilah prosedur di bawah dengan rutin dan teratur:

1. Keramas secara Teratur

Pastinya, kamu perlu keramas secara rutin untuk menghindari ketombe. Jika tidak keramas, maka kulit kepala akan penuh dengan sel kulit mati, dan minyak berlebih yang menyebabkan rambut kamu berketombe.

Data mengatakan, banyak pria yang mengalami masalah ketombe dibanding wanita. Karena hormon pria melepaskan banyak minyak sehingga membuat kulit kepala cepat berminyak. Mereka harus sering mencuci rambut dengan rutin. Paling tidak mencuci rambut dua hari sekali.

2. Pilih Sampo yang Tepat

Mengandalkan keramas secara rutin saja tidak akan berhasil. Orang berketombe harus selektif dalam pemilihan sampo. Untuk masalah ketombe umum lainnya, pilih sampo yang mengandung Zinc dan Sulfur karena dapat menekan pertumbuhan jamur atau bakteri di kepala. 

Kamu juga dapat mencari sampo rambut khusus untuk mereka yang cenderung berketombe karena kulit kepala kering, sebaiknya mencari sampo dengan yang mengandung pH sedikit yakni yang mengandung asam salisilat. Atau perhatikan bahan di dalam kemasan sampo paling tidak mengandung Zinc, pyrithione, ketoconazole, dan selenium sulfide. Bahan tea tree juga bisa membantu mengurangi peradangan.

3. Menggunakan Tea Tree Oil

Minyak daun teh merupakan bahan penting yang memiliki sifat anti mikroba yang dapat mengatasi jerawat, dan bahkan ketombe. Ada penelitian yang membuktikan bahwa penggunaan minyak daun teh membantu mengurangi ketombe karena sifat anti inflamasi dan anti mikroba.

Menurut sebuah penelitian, disebutkan bahwa minyak daun teh memiliki sifat anti-jamur yang mengobati dermatitis seboroik (penyebab umum ketombe). Cara terbaik untuk menggunakan minyak daun teh adalah dengan mengencerkan atau melarutkan beberapa tetes ke sampo kamu. Jangan digunakan langsung di kulit kepala karena menyebabkan gatal.

4. Eksfoliasi kulit Kepala

Sama seperti kulit kita, kulit kepala juga sering mengelupas. Kulit kepala yang terkelupas dengan lembut akan menghilangkan kotoran berlebih, dan sel kulit mati yang menumpuk di kepala. Gunakan sampo dengan asam salisilat untuk mengangkat sel kulit mati dari kepala dan mencegah ketombe dan gatal.

5. Gunakan Hot Oil Masker Rambut

Hot Oil Masker rambut adalah produk aman untuk memijat santai kulit kepala kamu dengan lembut dan rileks. Dr.Jessica Weiser, New York Dermatology Group, percaya bahwa perawatan dengan menggunakan minyak akan membantu menyeimbangkan produksi minyak berlebih di kepala.

Saat kita mengoleskan minyak ke kulit kepala kita, dia membantu membersihkan kulit kepala dan menyeimbangkan kulit kepala. Kemudian setelah memijat dengan hot oil masker rambut mulailah keramas. Saat keramas semua kotoran tadi akan terbilas hingga bersih.

Kamu bisa membuat hot oil masker rambut sendiri dengan cara menghangatkannya di microwave atau tuang di atas piring yang panas. Kemudian pijat lembut di kepala kamu. Biarkan istirahat selama beberapa jam dan kemudian bilas. Perlu diingat agar panasnya minyak jangan sampai berlebih agar tidak menyebabkan iritasi di kepala. Untuk minyaknya kamu bisa menggunakan olive oil, atau minyak kelapa.

6. Cuka Sari Apel

Cuka sari Apel merupakan produk yang mudah ditemui, karena dia sendiri sering dipakai sebagai bahan masak. Namun, sayang sekali cuka sari apel tidak terlalu berefek untuk penyembuhan ketombe. Namun tidak ada salahnya dicoba, sebab cuka sari apel memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang dapat menurunkan produksi jamur dan meredakan peradangan di kepala. Dia mampu membantu mengangkat sel kulit mati dan mengelupaskannya dengan lembut.

Karena cuka sari Apel menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi produksi jamur, maka ini yang sering digunakan orang untuk melawan ketombe. Untuk menggunakan cuka sari Apel secara teratur, kamu bisa tambahkan beberapa tetes ke sampo kamu. Atau kamu bisa mencampurkannya dengan minyak esensial untuk disemprotkan di kulit kepala sambil memijatnya.

7. Rajin Membersihkan Kulit Kepala

 Saat kamu menggunakan sampo anti ketombe khusus, gunakanlah sampai ke kulit kepala kamu. Pijat kulit kepala kamu sampai beberapa menit, sekitar 4-5 menit. Lalu biarkan sampo selama beberapa menit agar bahan aktifnya bekerja. Setelah itu bilas sampai bersih sembari memijat.

8. Jangan Garuk

Rasanya memang gatal sekali di kepala dan ingin garuk saja biar hilang rasa gatal dan ketombenya. Namun usahakan untuk tahan dirimu untuk menggaruk karena dapat menyebabkan peradangan dan kemerahan di kulit kepala. Apalagi jika kuku kamu panjang dan bahkan kotor, bisa menyebabkan infeksi di kulit kepala. Coba pijat lembut dengan hot oil untuk mengontrol rasa gatal.

9. Konsumsi Probiotik 

Probiotik adalah bakteri yang menguntungkan. Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung bakteri probiotik akan membantu mengurangi ketombe. Selama ini, probiotik dikenal dapat membantu proses pencernaan, dan penyakit jantung, namun ternyata dia juga bisa membantu mengurangi ketombe.

Sebuah studi tahun 2013 mengungkapkan bahwa asupan probiotik secara teratur dapat membantu mengurangi keparahan ketombe. Bahkan mengurangi masalah kulit lainnya seperti eksim dan dermatitis. Bahan probiotik dapat ditemukan di Yogurt atau Miso.

10. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa sangat magis khasiatnya. Minyak kelapa adalah bahan alami untuk mengatasi ketombe. Dalam abad lampau, minyak kelapa sudah digunakan sebagai minyak pelembab tradisional.

Minyak kelapa terbukti berkhasiat untuk meningkatkan hidrasi kulit dan mengatur produksi minyak alami di kulit.

Dengan cara menghangatkan minyak kelapa lalu pijat di kulit kepala secara rutin, maka kamu akan merasakan hasilnya. Untuk hasil terbaik kamu bisa menggunakan tiga kali seminggu. Dia juga akan membantu mengurangi rasa gatal di kepala.

11. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal akan khasiat yang membuat rambut indah berkilau. Dan produk berbahan lidah buaya banyak dijual secara umum.

Lidah buaya juga dipercaya membantu mengurangi peradangan, luka bakar, dan luka lainnya. Bahkan bisa mengurangi kebotakan rambut dan mempercepat pertumbuhannya. Lidah buaya memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang baik digunakan untuk melawan ketombe.

Kesimpulan

Jika Tidak Bisa Disembunyikan, Maka Kontrollah. Karena perawatan membutuhkan waktu cukup lama. Kamu masih bisa menyembunyikan ketombe kamu dengan cara menguncir rambut kamu di acara-acara tertentu sambil menunggu hasilnya. Menyanggul atau mengikat rambut dapat menyembunyikan ketombe yang rontok.

Rawat Dengan Baik. Jika ketombe kamu sangat parah, kamu bisa konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan khusus. Untuk hasil yang terbaik juga, coba perawatan dengan sampo anti ketombe lain yang dijual secara bebas. Jangan lupa pakailah kondisioner untuk perawatan maksimal.

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.