Manfaat Air Beras (Rice Water) bagi Kesehatan Rambut dan Kulit

M

Air beras memang sudah lama digunakan dalam masakan, terutama digunakan oleh orang Korea untuk menambahkan rasa pada kaldu atau difermentasi sebagai minuman. Namun, manfaat dari air beras ini ternyata tidak cuma bisa dijadikan makanan atau minuman fementasi saja. Ternyata air beras (rice water) juga bisa bermanfaat unutk rambut dan kulit. Apa saja manfaatnya? Dan bagaimana caranya membuat dan mengaplikasikannya? Artikel di bawah ini akan membahas hal tersebut. 

Kandungan air beras:

Beras sendiri merupakan makanan pokok orang Asia, tidak terkecuali di Indonesia. Memang manfaat dari air beras ini belum ad dibuktikan secara ilmiah melalui riset atau studi penelitian. Tapi banyak orang Asia percaya bahwa nutris dalam air beras selain bisa membuat tubuh sehat juga bisa merawat kulit dan rambut agar tetap cerah dan lembut. 

Tips:

Desa huangluo di Cina mendapat peringkat dari Guinness Book of Records sebagai desa yang kaum wanitanya memiliki rambut terpanjang di dunia. Penghargaan ini diberikan karena rambut kaum wanita di sana tidka hanya yang terpanjang tapi juga berwarna sangat hitam dan sehat. Menurut salah satu surat kabar, EIjinsight, alasannya adalah karena air beras. 

Penelitian lainnya dari Jepang saat jaman Heian menunjukkan bahwa kaum wanita di Jepang di jaman itu menggunakan air beras untuk menyisir rambut mereka. Kalau jaman sekarang, bisa disamakan dengan menggunakan kondisioner. Air beras sendiri memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Asam amino

Zat satu ini berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit serta merangsang pertumbuhan rambut dan sel kulit yang baru. 

  • Vitamin B

Bitamin B diperlukan untuk menjaga suplai oksigen dan nutrisi dari kulit kepala sampai ke batang rambut. Kulit juga memerlukan vitamin B untuk menjaga kulit agar tetap lembut.

  • Vitamin E

Rambut dan kulit tentunya perlu dijaga kesehatannya. Vitamin E memiliki fungsi agar vitalitas rambut tetap sehat dan memperbaiki batang rambut yang rusak serta membut kulit tetap sehat dan elastis

  • Berbagai macam mineral

Kerontokan biasanya terjadi karena rambut kekurangan mineral. Pemakaian air beras bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral rambut dan membantu agar rambut tidak cepat rontok sedangkan unutk kulit, bisa membuat kulit tidak nampak kusam 

  • Anti-oksidan

Peranan penting anti-oksidan dalam air beras adalah untuk mencegah kerontokan dan merawat rambut yang kering serta membantu kulit agar tetap sehat dan cerah.

Itulah kandungan yang terdapat dalam air beras. Dari situ kita bisa melihat alasannya kenapa air beras bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit dan sering digunakan oleh kaum wanita sejak jaman dahulu. Sekarang mari kita lihat manfaat lengkap dari air beras pada rambut dan kulit. 

Air beras – Manfaat

Manfaat air beras bisa untuk rambut maupun untuk kulit. Bisa menggunakan air beras biasa ataupun yang sudah difermentasikan. Berikut kita bahas manfaat lengkapnya air beras bagi rambut dan kulit:

Rambut:

  • Menjaga warna rambut

Seperti pengalaman di Desa huangluo yang kaum wanitanya memiliki warna rambut yang hitam pekat, air beras bisa membantu menjaga warna alami rambut kita. Sayangnya, karena beras banyak digunakan hanya di Asia, belum ada hasil yang pasti apakah efek yang sama bisa didapat bila warna rambut alami bukan hitam. 

  • Mengurangi rambut patah

Bila rambutmu rentan patah atau rontok, kamu bisa mencoba menggunakan air beras unutk mengurangi permasalahan rambut tersebut. Pasalnya, air beras mengandung asam amino, vitamin B, dan vitamin C di dalamnya yang bagus untuk menutrisi rambut dari kulit sampai ujung rambut sehingga rambutmu tidak cepat patah. 

  • Membantu merawat rambut bercabang

Rambut bercabang tentunya selain membuat penampilan tidak menarik juga bisa membuat pertumbuhan rambut berhenti. Air beras bisa digunakan setelah kondisioner untuk membantu kinerja kondisioner agar lebih maksimal. 

  • Mengurangi kekusutan pada rambut kering

Rambut keriting biasanya rentan kusut dan kering, tapi jangan khawatir kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan air beras. Air beras (rice water) mengandung protein yang bisa melembabkan kulit kepala dan mengurangi rambut kusut dan kering

Setelah membahas manfaat air beras bagi rambut, kita akan membahas manfaat air beras bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat air beras bagi kulit? Berikut manfaat lengkapnya:

Kulit:

  • Memberikan efek anti-aging

Ada sebuah studi penelitian yang menggunakan gel yang mengandung air beras pada 12 orang selama 28 hari. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa setleah pemakaian, elastisitas kulit meningkat dan hal itu membuat kulit tidak cepat menunjukkan garis-garis halus tanda penuaan

  • Mencerahkan kulit

Efek yang satu ini memang belum dibuktikan secara ilmiah di kalangan international. Namun, orang Jepang dan Korea sudah sering menggunakan air beras untuk memudarkan flek-flek hitam pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Hal ini dikarenakan air beras mengandung enzim yang dipercaya bisa membantu kulit menjadi lebih cerah. Karena itulah, banyak sabun mandi di Asia, terutama Korea dan Jepang, memiliki kandungan air beras

  • Meningkatkan pelindung alami kulit

Kulit kita memiliki pelindung alami yang bertugas unutk melindungi kulit dari efek lingkungan yang merusak. Bila pelindung ini rusak, kulit menjadi kering dan rentan terkena masalah seperti atopic dermatitis. Sebuah studi pernah dilakukan dan ditemukan bawah air beras bisa meningkatkan pelindung alami kulit dan merawat kulit yang terkena atopic dermatitis, eksim, ruam, dan bengkak kemerahan. 

  • Merawat kulit yang terkena sengatan matahari

Air beras bisa meredakan rasa sakit kulit yang terbakar atau terpapar sinar matahari berlebih. Selain itu, air beras juga bisa mengencangkan dan meratakan warna kulit, terutama bermanfaat bagi orang yang memiliki kulit berminyak

Tidak banyak studi yang mendukung manfaat atau efek positif dari air beras bagi kesehatan kulit. Tapi, banyak orang yang menggunakannya dalam rutin perawatan kulit, mengatakan bawah mereka mendapatkan manfaat baik bagi kulit mereka. Bila kamu tertarik mecobanya di rumah, kamu bsia baca cara membuatnya di bawah sini.

Air beras (rice water) – Cara membuat dan menggunakannya

Karena beras adalah makanan pokok di Asia, tentu tidak susah untuk menemukan dan mempersiapkannya. Ada beberapa cara unutk mempersiapkan air beras. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan:

  • Air rendaman beras

Cara termudah unutk mendapatkan air beras adalah melalui rendaman beras. Kamu bisa menggunakan beras organic ataupun beras non-organik. Takaran yang bisa digunakan adalah 2 sendok makan beras unutk dua gelas air. Rendam beras dan biarkan selama 2 jam. Setelah air rendaman berubah keruh, saring beras di dalamnya dan simpan air beras tadi dalam botol atau wadah bersih. Air beras pun siap untuk dipakai. 

  • Fermentasi air beras

Unutk membuat fermentasi air beras, kamu perlu menyiapkan dua gelas beras dan rendam dalam dua gelas air. Diamkan selama 30 menit sampai air beras agak keruh. Setelah itu pindahkan ke wadah bersih atau botol dan simpan selama 2 hari dalam suhu ruangan dan tempat gelap. Saat baunya sudah mulai asam, masukkan ke dalam kulkas untuk menjaga manfaat kandungan yang ada di dalamnya yand didapat dari hasil fermentasi. Karena fermentasi bersifat menurunkan pH dalam air beras, konsistensi dari air beras hampir sama dengan serum wajah. 

  • Rebusan air beras

Ambil setengah cangkir beras dan rendam dalam air sebanyak dua kali lipa dari yang biasanya kamu gunakan untuk menanak nasi. Rebus sampai keluar buih dan setelah itu, pisahkan beras di dalamnya dan simpan air rebusan beras untuk digunakan.

Cara di atas adalah cara yang paling umum dan banyak digunakan oleh para wanita di Asia unutk mendapatkan air beras (rice water). Karena air beras tidak bisa tahan terlalu lama, ada baiknya kamu membuat secukupnya dan tidak berlama-lama dalam menyimpannya sehingga nutrisi di dalamnya masih terjamin. Tentu air beras tadi tidak akan terlalu bermanfaat bila tidak diaplikasikan dengan benar. Mari kita bahas bagaimana cara memakai air beras ini pada rambut dan kulit.

Cara menggunakan air beras (rice water)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaplikasikan air beras (rice water), baik pada rambut maupun pada kulit. Berikut cara yang bisa kamu coba untuk digunakan pada rambut:

  • Masker rambut

Salah satu cara yang paling sering digunakan adalah dengan memakai air beras sebagai masker rambut. Bersihkan rambut dengan keramas dengan shampo terlebih dahulu. Kemudian bilas bersih lalu tuangkan air beras pada rambut. Pijat kulit kepala dan pastikan air beras tersebar merata dari kulit kepala sampai ujung rambut. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat

  • Kondisioner

Bila kamu memiliki rambut kering yang cepat patah dan punya masalah dengan batang rambutmu, kamu bisa menggunakan air beras sebagai kondisoner. Pakailah air beras yang sudah dicampur dengan minyak essential (lavender, rosemary, atau chamomile) dan diamkan selama beberapa saat sampai merasuk. Setelah itu keramas dengan shampo sampai bersih. Bila sudah, kamu bisa gunakan air beras sekali lagi pada rambutmu secara merata dan diamkan selama 5-10 menit sambil meijat lembut kulit kepala. Saat selesai, jangan lupa unutk bilas bersih 

  • Perawatan kulit kepala

Bagi yang rambutnya sering mengalami kerontokan, kamu bisa mencampurkan air beras dengan bahan lainnya unutk mengatasi masalah satu ini. Campurkan satu cangkir air beras dengan dua sendok makan bubuk mustard dan aduk rata sampai konsistensi menjadi kental. Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun dan kembali aduk dengan rata. Aplikasikan cairan tadi pada kulit kepala saja dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, keramas dengan shampo dan bilas sampai bersih. 

Tips:

Penggunaan air beras bisa membuat rambutmu kering, jadi bila rambutmu memang termasuk tipe yang kering ada baiknya kamu menghindari pemakaian harian. 

Kita sudah membahas cara mengplikasikan air beras pada rambut, jadi bila kamu ingin mencobanya di rumah, kamu bisa ikuti cara di atas, Sekarang kita akan membahas caramenggunakan air beras pada kulit. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan di rumah:

  • Toner (air rendaman beras)

Bila kamu menggunakan air rendaman beras, kamu bisa simpan dalam botol spray. Pakailah seperti saat kamu menggunakan toner namun jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah mengaplikasikan air beras secara merata pad akulit dengan spray, biarkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air. 

Tips:

Selain dengan botol spray, kamu juga bisa menggunakan bola kapas. Cukup basahi bola kapas dengan air beras dan aplikasikan secara merata pada kulit wajah. Biarkan mongering dan tunggu samapai 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air. 
  • Toner ( air fermentasi beras)

Kamu juga bisa menggunakan cara yang sama dengan air fermentasi beras. Caranya, kamu bisa mengambil 2-3 sendok makan air fermentasi beras saja dan simpan sisanya dalam kulkas. Campurkan air fermentasi beras tadi pada air (kurang lebih 250-450ml). Campurkan secara merata dan simpan dalam botol spray. Kamu bisa menggunakannya dengan cara men-spray atau menggunakan bola kapas. 

Langkah-langkah di atas bisa kamu coba di rumah, pemakaian yang teratur dan tidka berlebihan bisa membantu kesehatan rambut dan kulit. Namun patut diingat karena air beras juga bisa membuat kering, kulit yang sudah kering bersisik atau rambut yang sudah kering hendaknya tidak menggunakan air beras setiap hari namun sesekali saja. 

Kesimpulan

Air beras memang tidak banyak dibuktikan secara ilmiah soal manfaatnya bagi rambut dan kulit. Tapi kebanyakan wanita di Asia setuju bahwa air beras bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit serta menjaga warna alami rambut dan kulit. Banyak cara yang bisa dilakukan unutk mendapatkan air beras baik melalui air rendaman beras sampai fermentasi air beras. Semua memiliki nutrisi dan manfaat yang sama. Cara mengaplikasikannya pun juga tidak susah. Bisa dijadikan masker rambut, kondisoner, ataupun perawatan unutk rambut ataupun toner unutk kulit wajah. Biarpun air beras memiliki manfaat bagi rambut dan kulit, air beras (rice water) juga memilki efek samping mengeringkan. Jadi bila kulit atua rambutmu seudah tergolong kering, jangan menggunakan air beras ini untuk pemakaian harian. 

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.