Cara Memilih yang Tepat Serum Rambut (Hair Serum)?

C

Biasanya orang memilih serum rambut (hair serum) atas dasar besarnya harga. Banyak yang percaya semakin mahal harganya semakin bagus kualitasnya dan semakin murah, berarti kualitasnya di bawah standar.

Namun, ini tidak benar, gals! 

Pemilihan produk kecantikan seperti serum rambut (hair serum) harusnya didasarkan atas cocok tidaknya dengan tipe rambut kita. Hal ini didasarkan fakta bahwa setiap manusia memiliki jenis rambut yang berbeda. Belum tentu yang harganya mahal cocok dengan tipe rambut yang kita punya, sama halnya dengan yang harganya murah.

Kali ini, kita akan membahas pentingnya memilih serum rambut (hair serum) yang sesuai dengan tipe rambut yang kita miliki beserta cara penggunaannya yang tepat seperti yang dianjurkan para ahli.

Apa itu serum rambut (hair serum)?  

Pertama-tama, mari kita bahas apa itu serum rambut. Menurut ilmu medis, serum sendiri adalah cairan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam dunia kecantikan, serum rambut adalah cairan yang berisi beragam konsentrat atau semacam lapisan silikon yang berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut. Pendek kata, serum rambut membuat menjaga penampilan rambutmu berkilau, lurus, dan gampang diatur.

Manfaat pemakaian serum rambut

Manfaat pemakaian serum rambut

  • Merapikan rambut kusut: Selain itu, hair serum juga membantu merapikan rambut kusut dan susah diatur, serta dapat memperbaiki kerusakan rambut secara keseluruhan. Jadi manfaatnya tidak hanya terbatas penampilan saja tapi juga menjaga nutrisi dan kesehatan rambut.  
  • Memberikan UV protection: Tentu saja tidak! Selain membuat rambut tampak berkilau dan lembut, serum rambut juga memberikan UV protection yang mencegah kerusakan rambut karena sinar matahari berlebih dan dari radikal bebas dan polusi.

Kenali jenis rambutmu dan pilih serum yang cocok

Sama halnya dengan rambut kita yang terdiri dari beberapa macam, hair serum juga banyak jenisnya. Karena itu, penting untuk tidak asal pilih serum rambut. Pertama-tama, kenali terlebih dahulu jenis rambut yang kamu miliki. Setelah itu, barulah pilih serum yang cocok untuk jenis rambutmu. Kalau salah pilih, rambut malah menjadi bermasalah dan rusak. Berikut dibawah ini beberapa jenis rambut yang umum dimiliki orang beserta serum rambut berkandungan bahan apa yang cocok,

Rambut kering dan kusut

Bila jenis rambutmu kering dan kusut, cari serum yang memiliki kandungan Rosewood, Castor, dan Marula. Bahan-bahan tersebut akan memberikan hidrasi lebih dan melembabkan rambut. Katakan selamat tinggal pada penampilan rambut kering dan kusut.   

Rambut bercabang

Jenis rambut satu ini bakal sering buat rambutmu mudah patah. Serum yang cocok untuk mengatasi masalah ini adalah serum rambut yang memiliki kandungan Keratin (Zat proteksi rambut) yang tinggi. Hal ini karena Keratin juga merupakan zat pembangun struktur yang memperkuat rambut, mencegah kerusakan, dan memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi.

Rambut rusak karena paparan polusi dan matahari berlebih

Bila kamu tipe outdoor dan sering melakukan kegiatan di luar tanpa menggunakan serum, bisa jadi rambutmu berubah agak kemerahan dan berasa kering dan kusut. Itu semua disebabkan karena radikal bebas dan paparan sinar matahari berlebih. Namun tidak perlu khawatir, gunakan saja serum yang memiliki kandungan Lavender dan Minyak Jojoba (Jojoba Oil) yang aktif mengembalikan kesehatan rambut. Tentu saja selain menggunakan serum rambut dengan kandungan di atas, kamu juga perlu melakukan trimming rutin dan memilih penggunaan produk kecantikan lainnya yang mendukung kerja pemulihan serum.

Rambut kering

Bingung punya rambut kering? Gak usah takut, gals! Pakai saja serum yang berbahan dasar krim. Serum jenis ini bisa dipakai saat malam mau tidur dan dibiarkan sampai besok paginya. Pastikan serum yang dipilih memiliki banyak kandungan Vitamin E, ekstrak botanical, dan Minyak mineral (Mineral Oil).

Rambut lebat

Untuk jenis rambut yang satu ini, pilih serum rambut atau hair serum yang memiliki kandungan Minyak Argan (Argan Oil) dan Minyak Morokan (Morrocan Oil). Kedua minyak tersebut kaya akan kandungan Asam Oleat dan Asam Lioleat yang bermanfaat untuk memberi lapisan pelindung dari kulit kepala sampai ke bagian terluar batang rambut (kutikula) serta menjaga kelembapan rambut. 

Rambut keriting

Jenis rambut satu ini memang tergolong sulit perawatannya dan perlu upaya lebih. Serum yang cocok untuk jenis rambut ini yang memiliki ekstrak bahan bahan seperti Minyak Jojoba (Jojoba Oil), Minyak Almond (Sweet Almond Oil), Minyak Argan (Argan Oil), dan Marula. Tipe rambut keriting sangat membutuhkan hidrasi tinggi bila tidak, rambut akan mudah kering dan kusut. Bahan-bahan di atas akan memberikan hidrasi yang diperlukan rambut keriting agar tetap lembab dan mudah diatur.

Rambut rontok

Kekurangan Vitamin E memang dapat menyebabkan rambut rontok dan hal ini akan semakin berdampak bila rambut yang dimiliki panjang. Masalah yang satu ini bisa diatasi dengan menggunakan serum khusus rambut rontok (specialized hairfall serum) yang menggunakan bahan-bahan dasar seperti Mineral Zinc (Zinc Mineral), Minyak Argan (Argan Oil), Minyak Kelapa murni (Coconut Oil), Asam Folat (Folat Acid), Biotin, dan Vitamin B komplek (Vitamin B complex). Selain menggunakan specialized hairfall serum atau serum rambut rontok, perawatan berkala tentunya juga diperlukan untuk benar-benar terbebas dari masalah yang satu ini.

Cara menggunakan serum rambut (hair serum) dengan benar

Begini nih caranya mengaplikasikan serum rambut dengan benar. Sewaktu rambut masih agak basah, ambil sedikit serum dan tuang di telapak tanganmu. Kemudian secara perlahan, gunakan dua jarimu dan usapkan serum rambut dengan lembut pada ujung-ujung rambutmu yang kusut yang ingin kamu rapikan. Hindari pemakaian langsung pada kulit kepala agar rambutmu tidak tampak berminyak.

Setelah kamu mengetahui jenis rambut dan serum berbahan dasar mana yang cocok untuk kamu, sekarang kita bahas bagaimana cara mengaplikasikan serum rambut dengan benar. Ada beberapa cara yang umum dilakukan orang dalam memakai serum rambut, mulai dari penggunaan di ujung-ujung rambut saja sampai penggunaan yang dilakukan dari kulit kepala sampai ke ujung rambut. Penggunaaan mana yang hasilnya paling maksimal?

Banyak yang suka menggunakan penggunaan serum dari kulit kepala, namun ini bukanlah cara yang tepat. Untuk cara yang tepat dan maksimal, gunakanlah hair serum, pertama-tama, dari ujung-ujung rambut dan kemudian ke bagian tengah rambut. Alasan kenapa tidak disarankan mengaplikasikan serum rambut langsung pada kulit kepala dikarenakan bisa membuat rambut tampak berminyak, lepek, dan tentunya tidak indah berkilau dan sedap dipandang. Selain itu, bila kulit kepalamu tipe yang sensitif, penggunaan langsung pada kulit kepala bisa menyebabkan ketombe dan rasa gatal.

Tips dari Professional
Berhubung serum memiliki konsistensi yang kental, ketimbang langsung diaplikasikan pada rambut seketika itu juga, biarkan serum rambut (hair serum) di telapak tangan sekitar 5-6 detik. Hal ini memberikan waktu bagi serum untuk mengurangi kekentalannya sehingga saat digunakan pada rambut, hair serum lebih mudah terserap dan memberikan hasil lebih cepat.

4 macam serum rambut (hair serum) terbaik di Indonesia 2020

Setelah membaca artikel di atas, mungkin kalian sekarang pergi ke toko swalayan untuk mencari serum rambut tapi bingung merek mana yang bagus dan cocok untuk tipe rambutmu. Jangan khawatir. Di bawah ini kami lampirkan 4 macam merek serum rambut di Indonesia yang sedang trend dan sudah banyak dipakai khalayak ramai.

1.   NATUR Hair Serum

Serum rambut yang satu ini terkenal dalam membuat rambut bebas bercabang dan harum sepanjang hari. NATUR Hair Serum mengandung banyak minyak active (active oil) seperti Minyak Jojoba (Jojoba Oil), Minyak zaitun (Olive Oil), serta Minyak kemiri (Candlenut Oil).

Fungsi dari minyak-minyak di atas untuk membantu menjaga rambut tetap lembab sehingga tidak bercabang dan kusut. Selain itu dengan adanya ekstrak ginseng (Ginseng Extract), rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

NATUR Hair Serum juga memiliki tekstur kental seperti gel dan aroma harumnya bunga yang tahan seharian di rambut. Hal ini sesuai dengan slogan dari merek ini sendiri yang berbunyi “ Rambut harum sepanjang hari, serta bebas bercabang “

Merek serum rambut ini cocok bagi kaum outdoor yang suka berada di luar ruangan karena serum ini pasti bisa membantu aktifitasmu dan mebuatmu jadi lebih percaya diri.

Harganya juga terbilang terjangkau dan tidak terlalu mahal. Satu botolnya hanya sejumlah Rp 95.000,00

2.   Kiehl’s Silk Groom Serum

Kelembaban udara yang tinggi dapat menyebabkan rambut kehilangan elastisitas dan menjadikannya susah diatur. Apakah kamu memiliki rambut tipe ini? Bila iya, kamu bisa menggunakan Kiehl’s Silk Groom Serum.

Formulanya mampu melembutkan rambut tanpa membuatnya menjadi berat.

Hair serum ini mengandung Minyak biji bunga matahari (Sunflower seed Oil), Minyak biji wijen (Sesame Seed Oil), dan Minyak kacang kedelai (Soybean Oil) yang berguna menjadikan rambut lembut secara instan. Serum ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin E yang akan menutrisi setiap helai rambut anda sehingga rambut tetap sehat seperti slogan merek ini, “Hasil lembut dan mudah diatur seketika “

Untuk harga, Kiehl’s Silk Groom Serum bisa dibilang tergolong mahal. Satu botolnya Rp 590.000,00.

3.   L’Oreal Professional Series Expert – Wheat Oil Absolute Repair Hair Serum

Bagaimana bila rambutmu sudah terlanjur bercabang dan mudah patah? Tenang. Kamu bisa menggunakan L’Oreal Professional Series Expert – Wheat Oil Absolute Repair Hair Serum. Serum rambut yang memiliki slogan, “Selamat Tinggal Rambut  Rusak ,” bisa membantu memperbaiki rambutmu yang sudah terlanjur bercabang dan mudah patah.

Selain itu, dengan formula Gold Quinoa dan protein yang terkandung dalam L’Oreal Professional Serie Expert – Wheat Oil Absolute Repair Hair Serum, kilau rambut sehatmu pasti akan kembali. Bahan-bahan yang digunakan dalam merek ini dapat mengurangi kerusakan rambut sampai 77%. Teksturnya juga ringan dan tidak berminyak, jadi mudah meresap.

Harganya terbilang standar, tidak mahal juga tidak terlalu murah. Satu botolnya cukup meraup kocekmu sebesar Rp 245.000,00

4.   Matrix Biolage Deep Smoothing Serum

Serum rambut merek ini sering dipakai oleh mereka yang punya rambut keriting yang sulit diatur dan terasa kasar dan kering. Dengan Matrix Biolage Deep Smoothing Serum, rambut ikalmu yang susah diatur dan kasar bisa menjadi berkilau dan mudah disisir

Kandungan Polimer, Minyak alpukat (Avocado Oil), dan Minyak biji anggur (Grape Seed Oil) dalam formulanya bisa memberikan tingkat kelembaban tinggi, jadi cocok untuk yang kalian yang rambutnya sangat kering.

Selain melembabkan, Matrix Biolage Deep Smoothing Serum ini juga sanggup untuk melembutkan dan mengontrol ujung-ujung rambut sehingga rambutmu akan tampak bersinar, tersisir rapi, dan tetap lembab.

Sesuai dengan slogannya, “Enam Manfaat dalam satu Produk “, kamu pun bisa menikmati rambut indah berkilau dan mudah diatur hanya dengan membayar sebesar Rp 132.000,00

Kesimpulan

Serum rambut atau hair resum memang tampaknya remeh tapi setelah kita bahas, pemakaian yang tidak berlebih ternyata banyak manfaatnya, kan? Apalagi bagi kalian yang suka aktivitas di luar ruangan, sangat dianjurkan untuk menggunakan serum rambut agar rambut tetap terjaga kesehatannya dan tetap tampak lembut berkilau. Pastikan juga memilih serum rambut yang cocok dengan tipe rambutmu dan gunakan hair serum secara seimbang dan tidak berlebihan untuk memiliki rambut yang indah, sehat, dan berkilau.

Pertanyaan dan jawaban

Apakah serum rambut akan membuat rambutmu jadi berminyak?

Pemakaian yang salah atau langsung pada kulit kepala bisa membuat rambut jadi berminyak. Gunakan setidaknya 2-3 tetes untuk setiap pemakaian. Selain itu, pemakaian yang berlebihan juga bisa membuat rambut jadi berminyak.

Apakah penggunaan harian serum rambut dianjurkan?

Serum rambut sebaiknya diaplikasikan pada rambut semi-basah setelah keramas. Jadi bila kamu suka keramas setiap hari, kamu bisa menggunakan serum rambut (hair serum) setiap hari. Namun jangan gunakan serum langsung pada rambut yang masih basah. Tidak ada masalah dalam menggunakannya setiap hari. Namun yang harus diwaspadai adalah seberapa banyak penggunaannya dan bagaimana cara pengaplikasiannya.

Bagaimana cara menggunakan serum rambut (hair serum) dengan tepat?

Tuangkan sedikit serum rambut di telapak tangan, tunggu 5-6 detik sampai konsistensi dari hair serum menjadi lebih cair, lalu aplikasikan secara merata dari ujung rambut sampai tengah rambut saja dan hindari penggunaan pada kulit kepala. 

Apa bedanya minyak rambut (hair oil) dengan serum rambut (hair serum)?

Menggunakan serum rambut dapat melembabkan dan mengurangi rambut kusut namun tidak menembus pada kulit kepala. Sedangkan minyak rambut (hair oil) menembus kulit kepala dan memberikan nutrisi pada akar-akar rambut dan folikel rambut. 
Minyak rambut (hair oil) menutrisi dan membuat rambut tampak bersinar. Selain itu, produk ini juga menjaga rambut agar tidak tampak kusam dan tidak rontok. Sedangkan serum rambut atau yang sering dikenal sebagai hair serum memberikan perlindungan pada helaian rambut yang sering di-styling (seperti dicat atau dikeriting, dll) sehingga rambut bisa tetap sehat dan kuat.

Referensi

  • https://www.rjpbcs.com/pdf/2016_7(6)/[343].pdf
  • https://www.academia.edu/6773244/27-30-Article_The_Effectiveness_of_Coconut_Oil_Mixed_With_Herbs_To_Promote_Hair_Growth
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6218806/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.