Skincare Routine Pagi dan Malam untuk Kulit Glowing Sempurna

S

Memiliki kulit yang cerah dan glowing memang memberikan kepuasan tersendiri. Bukan karena makeup, akan tetapi glowing yang dipancarkan oleh kulit secara alami.  Ikuti skincare routine kulit pagi dan malam untuk kulit bercahaya sempurna.

Meskipun Anda biasa memakai make up yang tebal, hasilnya akan lebih sempurna jika kulit wajah sebagai kanvas untuk melukis make up tampak cerah dan glowing alami.

Agar kulit tampak glowing sempurna, kita harus memperhatikan skincare routine pagi dan malam hari kita. Skincare rutin yang seperti apa sih yang bisa bikin kulit glowing? Ini di jawabannya!

Ingin Kulit Tampak Glowing? Lakukan Skincare Routine ini di Pagi dan Malam Setiap Hari

Skincare routine pagi dan malam yang tepat bisa membuat kulit lebih cerah dan glowing. Melakukan skincare routine di pagi hari dapat membuat Anda lebih percaya diri dalam mengawali aktivitas keseharian. Anda juga akan lebih siap beraktivitas dengan kulit yang tampak glowing. Ikuti skincare routine kulit pagi dan malam untuk kulit bercahaya sempurna.

Skincare routine di malam hari juga sangat penting agar kulit lebih glowing dan tidak kusam. Simak dan ikuti skincare routine pagi dan malam yang dianjurkan oleh ahli kulit berikut ini:

Step 1: Bersihkan Wajah

Awali skincare routine pagi dan malam dengan membersihkan wajah. Jangan sampai step ini terlewatkan. 

Saat pagi hari meskipun saat bangun tidur wajah kita sudah bersih tanpa make up, membersihkan wajah adalah step yang wajib untuk membersihkan sisa kotoran dari debu dan keringat yang menumpuk saat Anda tidur.

Sebuah studi tentang pembersih wajah juga menyebutkan bahwa membersihkan wajah dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit.

Untuk pagi hari, Anda dapat menggunakan pembersih yang ringan dan berbahan dasar air. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk kulit sensitif dan berminyak, hindari menggunakan pembersih yang dapat menyumbat pori dan menyebabkan iritasi kulit.

Gunakan pembersih wajah dengan pH yang seimbang dengan pH kulit (4 – 6,5). Pembersih wajah dengan pH yang terlalu tinggi dapat merusak lapisan lipid pada stratum corneum sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Menggunakan pembersih yang dapat membuat kulit menjadi kering juga harus dihindari bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, karena kulit yang menjadi kering justru akan menyebabkan produksi minyak pada kulit semakin meningkat.

Untuk malam hari, Anda dapat menambahkan cleansing oil yang efektif membersihkan make up yang berat secara mendalam. Cleansing oil ini tidak menyumbat pori, sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit. Cuci wajah dengan face cleanser yang Anda gunakan di pagi hari setelah menggunakan cleansing oil.

Step 2: Gunakan Toner

Langkah berikutnya setelah membersihkan wajah adalah memakai toner. Memakai toner pada wajah akan membuat krim dan serum yang akan Anda pakai dapat terserap lebih dalam ke kulit.

Memakai toner juga akan menghilangkan sisa pembersih atau sabun yang masih tertinggal di pori-pori kulit. Sisa pembersih yang masih tertinggal di pori jika tidak dibersihkan segera, maka akan dapat menyumbat pori dan menyebabkan komedo atau jerawat.

Selain itu, toner juga dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah dan menyeimbangkan pH wajah.

Jadi, jangan lewatkan step ini. Gunakan toner yang sesuai dengan jenis, kondisi dan kebutuhan kulit. Untuk kulit berminyak dapat memilih toner yang mengandung salicylic acid atau BHA yang dapat mengurangi minyak pada wajah sehingga kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan glowing. Untuk kulit kering, gunakan toner yang mengandung glycerin atau ceramide untuk kulit tampak glowing.

Anda juga dapat menggunakan air mawar sebagai toner yang alami. Rose water akan membantu menghidrasi kulit sehingga kulit tampak lebih cerah dan segar.

Step 3: Gunakan Serum

Serum merupakan skincare yang mengandung zat aktif dalam jumlah yang cukup besar yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit. Menggunakan serum sambil memijat wajah di pagi hari dapat membantu melancarkan peredaran darah di wajah dan mencerahkan kulit.

Pilihan serum yang dapat digunakan di pagi hari bermacam-macam. Untuk kulit wajah lebih glowing, Anda dapat menggunakan serum vitamin C.

Serum vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari efek sinar UV, dan juga dapat mencerahkan warna kulit sehingga Anda tampak lebih glowing.

Dr. Sara Hogan, seorang dermatologis dari UCLA Medical Center mengatakan bahwa vitamin C adalah antioksidan untuk memudarkan noda hitam dan garis halus, dan yang lebih penting adalah dapat melawan efek radikal bebas dari lingkungan, polusi udara, dan sinar UV.

Vitamin C sangat baik digunakan di pagi hari sebelum keluar rumah, saat radiasi UV sedang tinggi-tingginya di siang hari,” lanjut Dr. Sara Hogan.

Namun pastikan saat keluar rumah, serum Anda sudah terserap kulit dan jangan lupa memakai sunscreen.

Untuk tampil glowing, Anda juga dapat menggunakan serum dengan tambahan bahan aktif lain selain vitamin C, misalnya hyaluronic acid dan niacinamide yang akan membuat kulit tampak lebih lembab dan segar.

Gunakan serum dengan kadar vitamin C paling tidak 10% dengan hyaluronic acid 2% dan niacinamide untuk kulit wajah lebih cerah dan glowing.

Setelah memakai serum, Anda dapat mengoleskan serum treatment jika ada. Misalnya treatment obat totol jerawat.

Step 4: Gunakan moisturizer

Agar tampil glowing, kulit perlu pelembab agar terlihat lebih halus dan segar. Apapun jenis kulit Anda, Anda perlu pelembab kulit. Apakah kulit berminyak juga perlu pelembab? Jawabannya adalah iya. Kulit berminyak juga memerlukan pelembab untuk menghidrasi kulit. Jika kulit tidak terhidrasi dengan baik, hal ini justru akan merangsang kelenjar sebasea untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Sebuah studi menyebutkan bahwa moisturizer memiliki banyak manfaat bagi kulit, diantaranya adalah untuk menghidrasi kulit sehingga kulit tampak lebih segar dan halus, sebagai anti-inflamasi, dan mempercepat penyembuhan luka.

Jadi, semua jenis kulit memerlukan moisturizer agar tampak halus dan glowing. Untuk kulit berminyak, gunakan moisturizer yang berbahan dasar air atau gel. Untuk kulit normal atau kering dapat menggunakan moisturizer berbahan dasar krim atau losion.

Anda juga dapat menggunakan natural oil sebagai moisturizer. Minyak alami akan lebih aman bagi kulit, karena murni tanpa tambahan zat kimia. Saat ini banyak jenis natural oil yang bisa Anda dapatkan di toko kosmetik. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, misalnya grape seed oil untuk kulit berminyak, rice bran oil untuk kulit tampak lebih cerah, atau rosehip seed oil yang memiliki manfaat anti aging. 

Step 5: Krim mata untuk mata tampak lebih segar

Bila perlu, gunakan krim mata untuk menyegarkan area kulit di bawah mata. Area bawah mata merupakan bagian kulit wajah yang paling tipis dan sensitif. Karena itu, area ini memerlukan skincare produk khusus untuk memudarkan garis halus dan sembab di bawah mata yang membuat Anda tampak lelah. Memakai krim mata yang teratur dapat membuat area di bawah mata lebih cerah dan kencang, dan Anda pun semakin tampak glowing. 

Step 6: Jangan lupa sunscreen di pagi hari

Step yang satu ini khusus untuk dilakukan di pagi hari. Memakai sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Setelah memakai serum dan lainnya, penting untuk memaksimalkan efeknya dengan melindungi kulit dari kerusakan.

Gunakan sunscreen baik saat Anda harus keluar rumah ataupun saat Anda berada di dalam ruangan seharian. Radiasi sinar UV selalu ada di siang hari dan dapat menembus ke dalam ruangan melalui jendela.

Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan lebih baik jika tertera PA+++. Namun sekali lagi sesuaikan dengan jenis dan kondisi kulitmu.

Untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat pilihlah sunscreen dengan bahan dasar yang ringan, tidak mengandung minyak dan tidak menyumbat pori. Misalnya sunscreen dalam bentuk gel.

Untuk kulit kering atau normal dapat memakai sunscreen berbentuk krim atau losion.

Karena beberapa bahan aktif untuk sunscreen dapat menyebabkan iritasi, bagi yang berkulit sensitif dapat memilih sunscreen mineral atau yang bebas dari bahan-bahan kimia yang menyebabkan iritasi.

Gunakan sunscreen secara merata pada wajah dan bagian kulit lain yang terbuka. Ulangi pemakaian sunscreen tiap 2 – 3 jam sekali di siang hari atau setelah Anda mencuci muka.

Skincare Routine Pagi Seorang Ahli Kulit

Seorang dermatologis, Dr. Mona Gohara menyatakan, “Langkah awal skincare routine pagi saya adalah membersihkan wajah, dan percaya atau tidak, ini adalah bagian yang paling penting dari skincare routine pagi. Salah memilih pembersih wajah dapat menghilangkan minyak alami kulit dan membuat kulit kering.”

Skincare routine pagi Dr. Gohara adalah menggunakan cleanser, lalu serum vitamin C diikuti growth factor, serum hyaluronic acid, dan sunscreen. Ikuti skincare routine kulit pagi dan malam untuk kulit bercahaya sempurna.

Jangan Sampai Melewatkan Skincare Rutin Malam Agar Kulit Glowing

Meskipun pulang kerja atau setelah beraktivitas seharian tubuh lelah dan rasanya ingin langsung istirahat, ingatlah untuk melakukan skincare routine dulu agar kulit glowing sempurna.

Sebuah studi telah membandingkan hasil dari kulit yang melakukan skincare routine malam secara teratur dengan yang tidak melakukan skincare routine. Hasilnya, kulit wajah dengan skincare routine malam yang teratur memberikan hasil yang lebih baik dalam kelembaban, kecerahan kulit, dan penampakan kerutan.

Tips Skincare Routine untuk Kulit Glowing Sempurna

Skincare routine di atas adalah hal yang wajib dilakukan di pagi dan malam hari agar kulit tampak glowing. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan juga tips skincare routine berikut ini:

1. Eksfoliasi kulit 1 – 2 kali seminggu

Untuk kulit glowing sempurna, melakukan skincare routine harian saja tidak cukup. Anda juga harus melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati 1 – 2 kali dalam seminggu. Selain untuk menghilangkan sel kulit mati, eksfoliasi juga dapat mencerahkan, meratakan warna kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Ada 2 jenis eksfolian yang dapat Anda gunakan, yaitu eksfolian kimia seperti BHA dan glycolic acid, atau eksfolian fisik misalnya face scrub. Eksfolian kimia cocok bagi kulit berminyak dan mudah berjerawat.

2. Gunakan masker wajah 1 – 3 kali seminggu

Menambahkan masker dalam skincare routine akan membuat wajahmu semakin glowing. Agar lebih praktis, Anda dapat menggunakan sheet mask yang dapat digunakan dengan lebih mudah dan tidak belepotan, namun dapat memberikan efek glowing yang sama dengan masker yang perlu dibilas.

Anda juga dapat mencoba masker serbuk dari bahan alami yang lebih aman. Sebuah penelitian telah mengkonfirmasi efektivitas masker herbal dari bahan alami seperti turmeric, saffron, dan orange peel untuk membuat kulit lebih glowing.

3. Menutrisi kulit dari dalam

Salah satu hal yang penting untuk mendapatkan kulit glowing sempurna adalah memiliki kulit sehat yang terpancar dari dalam. Jadi selain melakukan skincare routine pagi dan malam pada kulit, Anda juga perlu mengkonsumsi nutrisi yang cukup.

Lengkapi nutrisi Anda dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung anti oksidan. Bila perlu, lengkapi kebutuhan nutrisi kulit Anda dengan mengkonsumsi suplemen untuk kulit.

4. Tidur yang cukup

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa tidur yang cukup adalah kunci untuk memiliki kulit glowing. Sebuah penelitian terbaru telah menemukan bahwa saat kita tidur terjadi perbaikan kolagen di dalam tubuh dengan sendirinya. Para ahli menemukan bahwa saat tidur tubuh kita memperbaiki kolagen yang rusak oleh radiasi sinar UV dan polusi udara.

Kolagen dapat membuat kulit tampak lebih kencang dan glowing. Kolagen dapat memberikan struktur yang halus pada kulit dan membuat kulit tampak muda.

Jadi, jika Anda ingin kulit tampak lebih kencang dan glowing, pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup agar kolagen dalam tubuh tetap terjaga.

Kesimpulan

Memiliki kulit yang glowing sempurna adalah dambaan setiap wanita. Untuk memiliki kulit yang glowing, Anda wajib melakukan skincare routine pagi dan malam hari secara teratur. Awali skincare routine pagi dengan membersihkan wajah, ikuti dengan toner, serum, pelembab, dan sunscreen.

Pada malam hari, lakukan skincare routine yang sama namun tanpa sunscreen. Sebagai tambahan, lakukan eksfoliasi kulit 1 – 2 kali dalam seminggu, dan gunakan face mask 1 – 3 kali seminggu. Selain itu, cukupi asupan antioksidan dalam tubuh dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran atau mengkonsumsi suplemen antioksidan. Terakhir, miliki waktu tidur yang cukup agar kulit glowing sempurna.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3088928/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4885180/
  3. https://www.youtube.com/watch?v=vUcLNzPWVEA
  4. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/jocd.13252
  5. https://ssjournals.com/index.php/ijap/article/download/5184/3505/ 
  6. https://www.nature.com/articles/s41556-019-0441-z

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.