10 Langkah Perawatan Rutin Kulit Wajah ala Korea – Rahasia Kecantikan Kulit Orang Asia

1

Sudah sewajarnya bagi kaum wanita untuk ingin memiliki kulit wajah yang lembut, kencang, bersinar, dan tampak muda biarpun sudah ada usia. 

Karena alasan inilah, para wanita senang untuk melakukan perawatan wajah secara rutin, baik dilakukan sendiri di rumah ataupun dilakukan di salon kecantikan melalui rekomendasi dermatologist.

Dewasa ini, 10 langkah perawatan kulit rutin ala Korea sangatlah popular, terutama di kalangan anak muda dan ibu rumah tangga di Indonesia. Konon katanya langkah perawatan satu ini, bila dilakukan secara rutin bisa memberikan kulit wajah yang lembut, kencang, bersinar, dan juga membuat kulit wajah tetap muda. 

Apa saja 10 langkah perawatan rutin kulit wajah ala Korea ini?

Perawatan rutin kulit wajah ala Korea – Apa sajakah itu?

Tentunya ada banyak jenis atau langkah perawatan rutin wajah dari Korea yang juga sering dikenal sebagai “Negara Kecantikan.” Namun ada satu yang sering direkomendasikan oleh para influencer asal Korea, yaitu 10 langkah perawatan rutin kulit wajah. Langkah-langkahnya meliputi:

1. Oil Cleanser

Berdasarkan hasil studi, cleanser memang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kebanyakan orang biasanya hanya menggunakan cleanser sekali saja dan dirasa cukup. 

Namun dalam 10 langkah perawatan rutin kulit wajah ala Korea ini, cleanser dilakukan dua kali. Yang pertama menggunakan oil cleanser atau cleanser berbahan dasar minyak dan yang satunya water-based cleanser atau cleanser yang berbahan dasar air.

Bagi yang memiliki kulit berminyak mungkin bingung dengan rekomendasi penggunaan oil cleanser atau cleanser berbahan minyak. Namun, seorang ahli perawatan kulit mengatakan bahwa oil cleanser ternyata efektif dalam mengurangi minyak alami pada kulit wajah (sebum), polutan, dan bahan-bahan yang mengandung SPF seperti yang terdapat dalam tabir surya.

Minimalist Tips:
Pilihlah oil cleanser yang mengandung bahan-bahan alami seperti Macadamia Oil (minyak kacang kemiri), Jojoba Oil (minyak Jojoba), dan Grapeseed Oil (minyak biji anggur). Gunakan pagi dan malam dengan cara memijat lembut ke kulit wajah dan kemudian bersihkan wajah dengan air hangat.

2. Water-based Cleanser

Seperti yang dijelaskan di atas, cleanser berbahan minyak memang efektif dalam mengurangi minyak pada kulit wajah tapi tidak seberapa ampuh dalam membersihkan debu dan keringat. Cleanser kedua yang berbahan dasar air atau yang sering dikenal sebagai water-based cleanser inilah yang memiliki fungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang tidak bisa terangkat oleh oil cleanser.

Minimalist Tips:
Gunakan water-based cleanser yang memiliki kandungan Green ea (teh hijau), Rice extract (ekstrak beras), dan Pearl extract (ekstrak mutiara). Oleskan ke kulit wajah dan leher yang masih lembab dengan gerakan memutar setiap pagi dan malam, lalu bersihkan dengan air hangat.

Cara double cleanser ini memang tidak harus dan tidak untuk semua orang, bergantung pada jenis kulit masing-masing orang. Namun cara ini direkomendasikan oleh para pakar dermatologist dan bahkan hasil studi dan riset juga menyatakan bahwa double cleanser yang dimulai dengan menggunakan oil cleanser terlebih dahulu dan diselesaikan dengan water-based cleanser memberikan hasil yang maksimal untuk membersihkan wajah, terutama kulit wajah berminyak. 

2. Exfoliating

Memastikan agar pori-pori wajah tetap bersih dan tidak tertutup kotoran sangatlah penting. Itulah mengapa perawatan exfoliating kulit wajah sangat digemari banyak orang. 

Selain memastikan pori-pori tidak tersumbat, perawatan exfoliating juga bersifat mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga membuat kulit wajah lebih bersinar dan lebih lembut. Bila dilakukan secara rutin, perawatan exfoliating bisa membantu produk-produt perawatan lainnya bekerja dengan lebih maksimal. 

Menurut suatu studi, exfoliating juga sering direkomendasikan untuk melepaskan stress pada kulit wajah.

Minimalist Tips:
Exfoliating hendaknya dilakukan 1-2 kali per minggu. Lakukan dengan lembut terutama di daerah hidung dan daerah pori-pori di pipi. Ada baiknya jika bahan yang digunakan untuk exfoliating mengandung Black sugar (gula hitam), Salicylic acid, dan Lactic acid.

3. Toner

Kebanyakan para dermatologist sampai sekarang masih berdebat apakah penting menggunakan toner pada perawatan kulit wajah. Hal ini dikarenakan karena toner biasanya berbahan dasar alcohol. Namun, toner yang berasal dari Korea, ternyata tidak menggunakan alcohol tapi menggunakan bahan-bahan non-alcohol dan alami yang aman untuk kulit wajah seperti Propolis dan Chamomile (bunga Kamomil) yang keduanya sudah dibuktikan melalui riset dan studi  baik untuk melawan bakteri tanpa menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

Toner juga berfungsi mengangkat sisa residu dari cleanser yang sebelumnya dipakai dan memperbaiki pelindung alami kulit yang bermanfaat untuk membantu memaksimalkan daya serap moisturizer (pelembab) dengan lebih baik.

Kamu bisa juga menggunakan air rendaman mawar sebagai toner alami tanpa alcohol

Minimalist Tips:
Jangan memilih toner dengan bahan dasar alcohol, tapi pilihlah toner dengan bahan alami dan yang memiliki kandungan Aloe (lidah buaya), Licorice, dan Citric acid. Toner bisa diaplikasikan dengan lembut dan merata ke seluruh bagian wajah, bisa dengan menggunakan kapas ataupun tangan.

4. Essence

Essence sendiri bersifat ringan. Namun jangan salah, produk satu ini memiliki banyak menfaat mulai dari menghidrasi kulit, bersifat anti-aging, dan meningkatkan kesehatan kulit wajah secara keseluruhan.

Minimalist Tips:
Cukup semprotkan saja di kedua tangan lalu tepuk secara merata dan lembut ke seluruh area wajah dan leher. Pakailah essence yang memiliki kandungan Rice extract (ekstrak beras), Birch juice (getah dari pohon Birch), Hyaluronic acid, dan Yeast (ragi).

5. Treatments

Setela h melakukan langkah-langkah di atas, sekarang saatnya untuk menambahkan treatments pada kulit wajah. Treatment ini termasuk booster, ampul, dan serum yang masing-masing memiliki fungsi untuk merawat berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, garis-garis di wajah, dan perubahan pada warna kulit wajah. Treatments  banyak digemari karena bisa langsung mengatasi area yang bermasalah.

Minimalist Tips:
Tergantung banyaknya masalah kulit wajah yang kamu alami, ada baiknya menggunakan baik serum dan ampul untuk hasil yang maksimal. Pilihlah yang memiliki kandungan Benzoyl peroxide (Jerawat) , Kojic Acid (Hiperpigmentasi), dan Vitamin C. Aplikasikan pada bagian bermasalah dan tepuk dengan lembut agar serum, booster, dan ampul yang dipakai merasuk ke dalam kulit wajah.

6. Sheet Masks

Memang tadi sudah pakai essence, tapi perlu juga untuk menggunakan sheet masks atau masker wajah. Fungsi dari masker wajah ini untuk membantu agar nutrisi yang ada di dalam lembaran masker dan dari essence yang sebelumnya dipakai bisa lebih terserap lagi ke dalam kulit wajah dan membuat kulit wajah tetap lembab dan berasa rileks. Biasanya pemakaian masker wajah mencapai 15-20 menit namun karena masing-masing masker wajah berbeda, pastikan dulu untuk membaca berapa lama jangka waktu pemakaiannya.

Minimalist Tips:

Masker yang biasanya digemari dan sering digunakan adalah masker yang berbahan Cucumber (mentimun), Green tea (teh hijau), dan Rose (bunga mawar) karena bisa merawat jerawat, mebuat kulit wajah segar, dan mengurangi tanda penuaan. Untuk pemakaian, setelah membuka kemasan sheet mask, aplikasikan masker pada kulit wajah yang bersih. Setelah terpasang dengan rapi dan tepat, biarkan selama 15-20 menit. Ada baiknya dalam durasi waktu itu, kamu berbaring dan rileks, asal jangan ketiduran. Setelah selesai, tepuk dengan lembut dan ratakan sisa essence dari masker ke seluruh wajah dan leher.

7. Eye Cream

Seraya kita bertambah usia, kulit wajah kita juga akan menipis, terutama pada area mata. Oleh karena hal itulah, penting untuk menggunakan eye cream atau krim mata untuk merawat kulit di sekitar mata serta mengurangi kantung mata ataupun lingkaran hitam di sekitar mata. Karena mata sendiri adalah organ yang sangat sensitif, krim mata atau eye cream memang dibuat dengan bahan-bahan yang lembut dan tidak membuat iritasi.

Minimalist Tips:

Bahan-bahan yang bagus untuk krim mata biasanya mengandung Honey (madu), Ginseng, dan Lily (ekstrak bunga lili). Kandungan di atas membantu mengurangi keriput dan tanda penuaan. Patut diingat saat mengaplikasikan krim mata hendaknya ditepuk perlahan dengan menggunakan jari kelingking di area sekitar mata dan jangan pernah mengaplikasikannya dengan cara digosok. Hati-hati saat pemakaian jangan sampai krim mata masuk ke daerah mata.

8. Moisturizer

Pelembab atau moisturizer adalah salah satu langkah perawatan yang penting karena seraya kulit kita bertambah usianya, tingkat hidrasinya berkurang jadi butuh pemakaian pelembab atau moisturizer teratur agar kulit bisa tetap lembab dan tidak kering bersisik. Moisturizer sendiri ada banyak ragamnya mulai dari emulsi, lotion, gel, krim, ataupun masker tidur.

Minimalist Tips:

Biarpun banyak ragam jenisnya, fungsi dari pelembab ini semuanya sama yaitu untuk melembabkan kulit. Kebanyakan orang senang menggunakan moisturizer yang memiliki kandungan Bamboo (ekstrak dari tanaman bambu), Hyaluronic acid, Centella asiacita (cica), Snail mucin (lendir siput), dan Green tea (teh hijau). Gunakan pelembab pada area wajah dan leher secara merata dua kali sehari pagi dan malam secara teratur untuk mendapatkan kulit wajah yang lembab dan kencang.

Menurut suatu riset, Snail mucin memberikan tingkat hidrasi tinggi yang mampu memberikan effect anti-aging. Hal inilah yang membuat bahan satu ini sangat digemari baik di Indonesia maupun di Korea sendiri.

9. Sunscreen

Karena cuaca yang ekstrim di Indonesia, sangatlah penting untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya, terutama bila akan beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya ini bermanfaat untuk menjaga kulit dari premature aging atau penuaan dini. 

Saya sudah menggunakan tabir surya secara teratur selama 25 tahun terakhir dan tidak pernah sekalipun lupa untuk pakai. Formula tabir surya yang baru, yaitu broad-spectrum dengan SPF50, tidak hanya melindungi kulit dari sinar UVA/UVB, tapi juga dari sinar inframerah dan blue light ( sinar biru).

Dr. Malvika Kohli, seorang celebriti dermatologist asal India mengatakan:

Selain itu, tabir surya juga menjaga kulit dari paparan sinar UV berlebih yang sering bisa menimbulkan kerusakan pada kulit dan menimbukan melanoma atau salah satu jenis kanker kulit yang paling umum. Saat akan memilih tabir surya, ada baiknya memilih yang tidak terlalu kental atau lengket apalagi bila jenis kulit wajah yang dimiliki memang sudah berminyak. 

Minimalist Tips:

Saat akan menggunakan sunscreen atau tabir surya, aplikasikan secara lembut dan merata pada bagian wajah dan leher setelah melakukan 9 langkah yag sudah disebutkan di atas.  Hal ini dikarenakan tabir surya adalah lapisan pelindung terakhir untuk kulit agar terjaga dari banyaknya effect lingkungan yang merusak seperti, sinar UV berlebih, radikal bebas, dan polutan. Bila bingung memilih sunscreen mana yang bagus untuk wajah, bisa membeli tabir surya yang memiliki kandungan Titanium dioxide (titanium dioksida) dan Zinc oxcide (zinc oksida).

Bila kulit wajah yang dipunya berminyak dan tetap menggunakan sunscreen atau tabir surya yang bertekstur lengket, dikhawatirkan malah menimbulkan masalah kulit lain seperti gatal dan jerawat.

Kesimpulan

Memang 10 langkah perawatan kulit ala Korea di atas terlihat melelahkan, namun bila dilakukan banyak manfaatnya. Bahkan para ahli maupun studi yang ada, semuanya setuju pentingnya agar kulit tetap terhidrasi dan terlindung dari sinar UV berlebih. 

Bahan- bahan yang biasa digunakan untuk 10 langkah perawatan rutin kulit wajah ala Korea ini pun juga sudah dibuktikan riset dan studi  memang bisa membantu merawat dan menjaga kecantikan kulit wajah.

Semakin bertambah tua, kulit wajah akan kehilangan elastisitas dan hidrasinya. Inilah yang membuat semakin orang bertambah usia, biasanya timbul keriput ataupun kulit kering. 

Maka dari itu, semakin bertambah tua, semakin ekstra kita harus merawat kulit. Apalagi bila kita ingin terus terlihat muda. 10 langkah perawatan rutin kulit wajah ala Korea ini menunjukkan bahwa kulit wajah bisa tetap kenyal, mulus, dan bebas keriput walaupun bertambah usia itu tidak mustahil untuk dicapai.

Akhir kata, cantik itu bisa jadi bawaan, namun untuk menjaga kecantikan kulit wajah yang kita miliki sekarang, itu butuh upaya. Bila tidak dijaga, pada akhirnya kulit wajah bisa jadi kusam, berjerawat, timpul keriput, dan kering tidak menarik.

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.