11 Manfaat Vitamin C Untuk Kulit Wajah Lebih Glowing

1

Bahan aktif yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit agar terlihat semakin glowing. Simak 11 manfaat vitamin C untuk kulit yang lebih glowing. Vitamin C telah menjadi salah satu bahan aktif andalan dalam berbagai skincare. Vitamin C banyak digunakan sebagai bahan aktif untuk serum pencerah kulit, pemudar bekas jerawat, atau untuk skincare anti aging. Hal ini tentu saja karena vitamin C memang telah terbukti memberikan manfaat yang bagus untuk kulit. Khasiat dan manfaat vitamin C juga telah teruji oleh berbagai riset. Mau tahu apa saja 11 manfaat vitamin C untuk kulit yang glowing? Mari kita simak 11 manfaat vitamin C berikut ini.

Pertama-tama, Vitamin C Itu Apa Sih?

Sebelum kita membahas manfaat vitamin C, mari kita kenali lebih jauh tentang bahan aktif ‘holy grail’ yang satu ini. Pasti Anda telah banyak menemukan vitamin C sebagai salah satu komposisi skincare yang Anda gunakan. Vitamin C merupakan senyawa antioksidan yang larut dalam air. Senyawa yang bersifat antioksidan dapat mengurangi kerusakan sel dengan cara menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel kulit. Jadi, zat antioksidan dapat menjaga kesehatan sel tubuh dan kulit kita.

Menurut seorang dermatologis, Dr. Patricia Wexler, vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas. Dr. Wexler menjelaskan, “Karena sifat antioksidannya, vitamin C dapat membantu proses regenerasi sel kulit secara alami, sehingga membantu tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak.”

Vitamin C secara alami terdapat dalam kulit dan organ dalam tubuh. Kulit merupakan bagian tubuh yang memiliki kadar vitamin C paling banyak. Namun pada sebuah studi dikatakan bahwa kadar vitamin C dalam kulit yang mengalami penuaan atau kulit yang rusak karena sinar matahari jauh lebih rendah daripada kulit yang normal.

Kadar vitamin C yang terkandung dalam lapisan epidermis kulit lebih banyak daripada lapisan dermis. Sinar UV dan proses aging dapat menurunkan kadar vitamin C baik pada lapisan epidermis maupun lapisan dermis. Meskipun tubuh kita secara alami memiliki vitamin C, namun vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Kulit dan tubuh kita memerlukan asupan vitamin C dari luar, baik dari makanan maupun dari produk skincare yang menyuplai kebutuhan vitamin C dari luar.

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan memakai skincare vitamin C pada kulit akan membantu untuk melawan radikal bebas dan faktor lingkungan yang dapat merusak kulit seperti sinar UV dan polusi udara. Kemampuan vitamin C untuk menangkal radikal bebas ini tidak hanya menjadikannya efektif untuk memudarkan tanda-tanda penuaan dini, tetapi juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV.

11 Manfaat Vitamin C Bagi Kulit

Benarkah memakai skincare yang mengandung vitamin C dapat membuat kulit glowing? Mari kita simak 11 manfaat vitamin C bagi kulit yang telah teruji oleh riset yang terpercaya.

  1. Mencerahkan kulit

Vitamin C memang telah terbukti membuat warna kulit semakin cerah. Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan pada tahun 2013, vitamin C memiliki efek mencegah pembentukan melanin atau pigmen gelap pada kulit. Vitamin C menurunkan produksi melanin pada kulit dengan cara menghambat kerja enzim tironase. Karena produksi melanin berkurang, warna kulit pun menjadi semakin cerah.

  1. Meredakan kulit kemerahan dan peradangan

Saat kulit mengalami iritasi atau kemerahan karena sinar matahari atau penyebab lainnya, mengaplikasikan skincare vitamin C pada kulit dapat menjadi salah satu solusinya. Sebuah riset menyebutkan bahwa vitamin C telah terbukti efektif untuk meredakan inflamasi atau peradangan. Selain vitamin C topikal, sebuah riset terbaru juga menemukan bahwa vitamin C yang dikonsumsi juga dapat mengurangi peradangan. Semakin tinggi kadar vitamin C dalam tubuh, maka akan semakin kecil kemungkinan mengalami inflamasi.

  1. Meningkatkan produksi kolagen

Salah satu manfaat vitamin C yang terkenal adalah untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Hal ini juga telah terbukti oleh sebuah riset yang menyimpulkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Vitamin C terbukti dapat meningkatkan kadar kolagen secara kuantitatif, dan secara kualitatif dapat memperbaiki molekul kolagen yang rusak. Hasil riset menunjukkan bahwa pemakaian vitamin C pada kulit dapat meningkatkan produksi kolagen baik pada kulit yang muda maupun pada kulit yang mengalami penuaan.

  1. Memudarkan noda hitam

Vitamin C juga memiliki manfaat untuk memudarkan noda hitam pada kulit atau hiperpigmentasi. Kita dapat mengalami hiperpigmentasi karena berbagai penyebab, misalnya karena paparan sinar matahari, karena proses penuaan, atau karena bekas jerawat. Apapun penyebabnya, hiperpigmentasi merupakan spot pada kulit yang mengandung banyak melanin. Berbagai riset telah menyebutkan bahwa vitamin C terbukti efektif mengurangi produksi melanin. Karena itu, vitamin C dapat digunakan untuk memudarkan hiperpigmentasi pada kulit. Memiliki kulit wajah bebas noda hitam tentu akan membuatmu semakin tampak glowing. 

  1. Menghidrasi kulit

Vitamin C juga memiliki efek menjaga kelembaban kulit. Senyawa turunan vitamin C, yaitu magnesium ascorbyl phosphate disebutkan di dalam sebuah jurnal telah terbukti dapat menurunkan penguapan air pada kulit atau transepidermal water loss, sehingga dapat membuat kulit lebih lembab alami. Dalam riset yang lain juga disebutkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi lipid yang berfungsi sebagai barrier pada kulit yang menghalangi hilangnya kelembaban alami kulit.

  1. Mengencangkan kulit

Berbagai riset telah membuktikan bahwa vitamin C memiliki efek meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kolagen merupakan senyawa penting dalam kulit yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Kulit yang kehilangan kolagen akan menjadi kendur. Karena itu, efek vitamin C yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas kolagen dalam kulit dapat mengencangkan dan mencegah kulit menjadi kendur.

  1. Mengurangi kerutan

Masih berbicara mengenai efek vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Jika kolagen dapat terjaga kualitas dan kuantitasnya, bahkan ditingkatkan produksinya, maka pemakaian vitamin C yang teratur pada kulit akan dapat mengurangi kerutan atau garis halus pada wajah. Hal ini juga telah dibuktikan dalam sebuah riset yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi tingkat kedalaman kerutan pada kulit. Manfaat ini akan lebih signifikan jika Anda mengkombinasikan pemakaian serum vitamin C dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C.

  1. Melindungi kulit dari efek sinar UV

Fungsi utama dari vitamin C adalah sebagai antioksidan bagi kulit yang dapat menangkal radikal bebas. Paparan sinar UV merupakan sumber dari radikal bebas yang dapat merusak kulit. Vitamin C sebagai zat antioksidan kuat akan mampu menetralisir radikal bebas ini sehingga kulit menjadi terlindungi. Jadi, vitamin C dapat melindungi kulit dari sinar UV bukan dengan mengabsorbsi sinar UV seperti halnya sunscreen, tetapi dengan menetralkan radikal bebas yang berasal dari sinar UV. Efektivitas vitamin C dalam menangkal efek sinar UV telah terbukti dalam sebuah riset yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat menurunkan efek peradangan yang ditimbulkan oleh sinar UV sebanyak 52%.

  1. Menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari

Saat terlalu lama berada di bawah sinar matahari terik, kulit dapat mengalami kerusakan berupa kulit yang tampak seperti terbakar matahari. Vitamin C telah teruji dapat mengatasi hal ini. Sebuah jurnal menyebutkan bahwa vitamin C dapat meredakan peradangan atau inflamasi.

Tentunya efek ini akan bermanfaat untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Selain itu vitamin C juga terbukti dapat meningkatkan regenerasi sel, sehingga kulit yang rusak akibat sinar matahari dapat lebih cepat digantikan oleh sel kulit baru yang sehat.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat lain dari vitamin C adalah dapat mempercepat penyembuhan luka. Vitamin C memiliki efek anti inflamasi yang telah teruji efektivitasnya dan fungsi lain vitamin C yang dapat mempercepat regenerasi sel kulit adalah dua hal penting yang dapat menjadikan vitamin C efektif untuk mempercepat penyembuhan luka.

Sebuah riset menunjukkan bahwa suplemen vitamin C terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terbentuknya bekas luka atau keloid. Sebuah riset lain juga mendukung hal ini, dan menyebutkan bahwa vitamin C dapat mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Aman untuk semua jenis kulit

Dan manfaat yang paling membedakan vitamin C dari bahan aktif lain adalah vitamin C lebih aman untuk semua jenis kulit. Vitamin C juga telah terbukti aman untuk digunakan dalam jangka panjang. Namun penggunaan vitamin C dalam bentuk L-ascorbic acid pada kulit sensitif harus dilakukan dengan lebih hati-hati dan pastikan terlebih dulu apakah pemakaian vitamin C dapat menimbulkan iritasi atau tidak.

Efek Samping Vitamin C

Vitamin C memang sebenarnya aman digunakan oleh semua jenis kulit. Namun pastikan dulu kulit Anda tidak memberikan reaksi yang tidak diinginkan saat memakai vitamin C. Lakukan patch test terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produk vitamin C pada wajah untuk pertama kali. Inilah beberapa efek yang tidak diinginkan dari pemakaian vitamin C:

  • Meninggalkan noda pada kulit dan baju. Vitamin C yang teroksidasi akan memiliki warna yang gelap yang sulit dicuci. Vitamin C dapat memberikan noda kuning gelap pada baju atau kulit (jika tidak diaplikasikan secara merata).
  • Menghilangkan warna cat rambut. Sifat antioksidan kuat dari vitamin C dapat menyebabkan hilangnya pewarna rambut karena proses oksidasi.
  • Meskipun jarang terjadi, pemakaian vitamin C dapat menyebabkan rasa seperti tersengat, kulit kemerahan, atau kulit menjadi kering. Hal ini dapat diatasi dengan mudah dengan memakai moisturizer.
  • Gatal-gatal dan bentol, namun ini jarang terjadi.
  • Dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

Jenis-jenis Produk Skincare Vitamin C

Vitamin C dalam skincare dapat terkandung dalam serum, krim, maupun gel dengan berbagai macam formulasi. Formula vitamin C yang banyak teruji efektif adalah dalam bentuk alaminya, yaitu L-ascorbic acid. L-ascorbic acid yang diformulasikan pada pH di bawah 4 akan memberikan hasil yang efektif untuk membuat kulit terlihat lebih muda, lebih kencang, dan lebih cerah.

L-ascorbic acid mudah larut dalam air dan mudah teroksidasi. Karena itu pilihlah formulasi L-ascorbic acid yang bebas air agar lebih stabil. Bentuk senyawa turunan lain dari vitamin C yang sering digunakan dalam skincare diantaranya adalah ascorbyl phosphate, ascorbyl glucoside, dan magnesium ascorbyl phosphate.

Apa Saja Produk Skincare Vitamin C yang Dapat Digunakan?

Setelah mengetahui lebih jauh tentang manfaat dan resiko memakai vitamin C, apakah Anda ingin mencobanya? Untuk merasakan manfaat vitamin C pada kulit, sebaiknya gunakanlah vitamin C dalam bentuk serum secara teratur. Serum vitamin C dengan kadar 10% ke atas telah terbukti efektif untuk memberikan berbagai manfaat untuk kulit.

Jika kulitmu terlihat kusam dan warna kulit tidak merata, Anda dapat memilih serum vitamin C dengan konsentrasi yang lebih besar, misalnya 20%. Sebuah riset menunjukkan bahwa serum vitamin C 15% yang dikombinasikan dengan vitamin E 1% dan ferulic acid 0,5% telah terbukti efektif untuk mengurangi efek kerusakan kulit yang ditimbulkan oleh sinar UV.

Bagaimana Cara Memakai Serum Vitamin C?

Vitamin C aman untuk dicampur atau dikombinasikan dengan bahan aktif lainnya seperti retinol, niacinamide, atau vitamin dan antioksidan lainnya. Jadi serum vitamin C pada pemakaiannya dapat ditumpuk dengan serum atau krim lain.

Gunakan serum vitamin C pada wajah yang telah dibersihkan 2 kali sehari setiap hari. Karena vitamin C umumnya lebih sulit diabsorbsi dibandingkan zat aktif lain, gunakan vitamin C pada urutan pertama, baru setelah itu dapat ditumpuk dengan serum lain. Pada siang hari selalu gunakan moisturizer dengan SPF 30 ke atas setelah pemakaian serum vitamin C.

Kesimpulan

Vitamin C merupakan bahan aktif dengan berbagai manfaat bagi kecantikan kulit dan telah terbukti dapat membuat kulit semakin glowing. Pemakaian skincare vitamin C yang teratur dapat mencerahkan kulit, meningkatkan produksi kolagen pada kulit, mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas, dan melindungi kulit dari efek sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan penuaan dini. Gunakan serum vitamin C dengan kadar minimal 10% untuk dapat merasakan manfaat yang maksimal. Meskipun jarang terjadi, pemakaian serum vitamin C dapat menyebabkan gatal, iritasi, dan rasa seperti tersengat pada kulit.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579659/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3673383/
  3. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16029672/
  4. https://www.researchgate.net/publication/318985031

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.