9 Manfaat Air Mawar Untuk Kulit Wajah

9

Apakah Air Mawar Itu?

Air mawar atau air mawar telah digunakan untuk merawat kecantikan kulit sejak ribuan tahun yang lalu. Sesuai dengan namanya, rose water merupakan ekstrak penyulingan bunga mawar dalam air.

Air mawar dari penyulingan bunga mawar dipercayai telah digunakan pada abad ke 7 di Iran dan tersebar di daerah sekitar Iran pada abad ke 14. Hingga abad ke 16, Iran mengekspor hasil penyulingan mawar ke berbagai negara.

Rose water telah lama digunakan untuk campuran masker wajah dan sebagai pengharum produk kecantikan. Namun, ternyata air mawar memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit Anda.

Sebuah studi juga telah membuktikan bahwa rose water memiliki kandungan antioksidan kuat yang sangat bermanfaat bagi kulit. Mari kita simak 9 manfaat air mawar bagi kecantikan kulit Anda.

Air Mawar dan Rose Oil

Selain rose water, mungkin Anda juga mengenal produk rose oil atau minyak mawar, yang biasanya tersedia dalam konsentrasi yang lebih pekat dan digunakan sebagai parfum. 

Air Mawar merupakan produk bunga mawar yang paling banyak digunakan untuk perawatan kecantikan kulit. Rose water mengandung 10 – 50% rose oil.

Produk air mawar untuk perawatan kulit kadang mengandung bahan pelarut lainnya seperti alkohol. Rose oil atau minyak mawar adalah minyak yang dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar atau Rose damascena. 

9 Manfaat Air Mawar Untuk Kulit

9 Manfaat Air Mawar Untuk Kulit

1. Meredakan iritasi kulit

Air mawar telah terbukti memiliki efek meredakan peradangan. Karena itu, rose water dapat digunakan untuk meredakan iritasi pada kulit.

Air mawar memiliki kandungan yang dapat menekan produksi enzim elastase dan kolagenase yang memiliki efek buruk pada kulit. Karena itu, air mawar dapat memberi rasa nyaman pada kulit yang teriritasi dan meredakan kemerahan pada kulit.

2. Melembabkan kulit

Air mawar dapat digunakan untuk mengembalikan kelembaban alami kulit. Kulit yang kehilangan kelembaban alaminya atau mengalami dehidrasi dapat mengakibatkan efek penuaan dini pada kulit.

Memakai air mawar yang ditambahkan pada masker atau krim wajah akan membuat kulit lebih terhidrasi dan glowing. Dengan menambahkan rose water pada krim pelembab juga akan menjadikan krim pelembab lebih mudah diserap oleh kulit sehingga efek hidrasinya lebih optimal.

3. Sebagai antioksidan

Air mawar kaya akan antioksidan kuat yang dapat melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Rose water mengandung senyawa fenol dan flavonoid yang telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan yang kuat.

Aktivitas antioksidan air mawar telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak bunga mawar dapat melindungi sel fibroblas dari kerusakan yang disebabkan oleh hydrogen peroxide. 

4. Mempercepat penyembuhan jerawat

Air mawar memiliki manfaat antibakteri yang baik untuk mempercepat penyembuhan jerawat sekaligus mencegah jerawat datang kembali. Sebuah studi telah membuktikan bahwa ekstrak bunga mawar memiliki aktivitas antibakteri yang efektif melawan S. aureus, mikroba yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Air mawar juga baik untuk membersihkan pori kulit dan menyeimbangkan kadar minyak, sehingga baik untuk mencegah komedo dan jerawat datang kembali.

5. Mengatasi kantung mata

Saat mata lelah karena banyaknya aktivitas atau karena kurang tidur, kadang timbul bengkak di bawah mata yang biasa disebut kantung mata. Kantung mata sebenarnya adalah cairan yang terakumulasi di bawah mata.

Karena kulit di bawah mata sangat tipis, area bawah mata menjadi terlihat bengkak dan kadang berwarna gelap atau kemerahan. Mengompres mata dengan air mawar dapat membantu meredakan kantung mata.

Rose water memiliki efek hidrasi, menyegarkan, dan melembabkan area sekitar mata. Efek anti-radang yang dimiliki air mawar juga dapat mengatasi kulit kemerahan di bawah mata. Dan yang pasti rose water aman bagi area kulit mata yang sensitif.

6. Manfaat anti-aging

Rose water kaya akan vitamin A dan vitamin C yang memiliki manfaat sebagai komponen anti-aging untuk melawan tanda-tanda penuaan.

Air mawar sangat baik digunakan pada kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan untuk mengurangi penampakan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit. Selain itu sifat antioksidan kuat dan efek hidrasi yang dimiliki

Air mawar menjadikannya sangat baik untuk mengatasi kulit yang sensitif, kering, dan mengalami tanda-tanda penuaan.

7. Menyeimbangkan pH Kulit

Air mawar sangat baik digunakan sebagai toner untuk menyeimbangkan pH alami kulit. Kulit memiliki pH alami cenderung asam, yaitu 4,5 – 5,5. Memakai produk perawatan kulit dengan pH yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kulit kering dan keriput. Namun jika memakai skincare dengan pH terlalu rendah, kulit menjadi semakin berminyak dan mudah berjerawat.

Memakai air mawar yang memiliki pH 5,5 yang setara dengan pH akan memberikan rasa nyaman di kulit dan kulit aman dari iritasi.

8. Sebagai pembersih wajah yang lembut

Jika Anda memiliki kulit sensitif, memakai pembersih wajah atau make up remover biasa dapat membuat kulit kering atau teriritasi.

Air mawar dapat digunakan sebagai pembersih wajah yang alami yang aman dan lembut untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Untuk membersihkan makeup yang berat, Anda dapat mencampur air mawar dengan minyak almond.

9. Mengecilkan pori kulit

Air mawar banyak mengandung zat tanin yang dapat berfungsi untuk mengecilkan pori-pori. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air mawar mengandung tanin dengan kadar hingga 2163 ppm.

Karena itu, pemakaian air mawar yang teratur juga dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah, sehingga dapat mengurangi jerawat dan komedo, sehingga kulit semakin cerah dan halus.

5 Rekomendasi Air Mawar Terbaik 2020

Saat ini banyak sekali jenis produk dan merk air mawar yang dijual di pasaran. Anda harus teliti dengan kandungan air mawar dan pastikan tidak mengandung bahan yang menimbulkan efek yang tidak diinginkan pada kulit. Simak 5 merk air mawar rekomendasi kami yang dapat membantu Anda memilih air mawar terbaik untuk Anda.

1. Haple Pure Rose Water

Haple adalah merk lokal Indonesia yang layak untuk Anda lirik. Dengan tagline animal and cruelty free skincare, semua produk Haple juga vegan friendly dan sudah teregister di BPOM. Haple Pure Rose Water mengandung 100% pure rose water tanpa tambahan zat kimia lain. Jadi produk ini aman bagi kulit kering dan sensitif karena bebas alkohol atau bahan kimia. 

Benefit yang diklaim produk ini diantaranya dapat mengontrol kadar minyak dan pH kulit, mengurangi peradangan pada jerawat dan dermatitis, mempercepat penyembuhan luka, melembabkan kulit, menyegarkan, dan sebagai anti-aging untuk memudarkan garis halus dan lingkaran gelap di bawah mata.

Harga Haple Pure Rose Water: Rp. 39 ribu saja untuk ukuran 100 mL.

2. Mamonde Rose Water Toner

Meskipun dinamai Rose Water Toner, Mamonde memasang tagline “real rose water, not a toner” untuk produk ini.

Air mawar dari Korea ini telah menjadi produk favorit di berbagai negara, dan telah memenangkan beberapa awards, diantaranya adalah Cosmo Beauty Awards. Mamonde Rose Water Toner mengandung 90,27% rose water dan beberapa bahan tambahan lain seperti PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, butylene glycol, propanediol, ethylhexylglycerin, pewangi, disodium EDTA, Indole Acetic Acid, dan lainnya. Perlu dicermati sebelum membeli, apakah kulit Anda dapat bermasalah dengan bahan tambahan tersebut. 

Namun produk ini diklaim bebas dari 7 bahan kimia yang berbahaya, yaitu bahan hewani, mineral oil, polyacrylamide, silicone oil, triethanolamine, dan pewarna sintetik. Rose water ini memiliki fungsi untuk membersihkan dan menyegarkan kulit, serta untuk melembabkan dan menghaluskan permukaan kulit.

Harga Mamonde Rose Water Toner: Rp. 150 – 180 ribu dalam kemasan 250 mL.

3. Purivera Rose Water With Rose Oil

Purivera Rose Water mengandung air mawar segar dengan ditambahkan rose essential oil yang menambah keharumannya. Produk ini mengandung vitamin A, C, dan, E yang baik sebagai antioksidan untuk kulit dan dapat berfungsi sebagai anti-aging. Produk ini juga memiliki fungsi antiseptik serta dapat mengontrol minyak wajah dan mengecilkan pori. 

Purivera Rose Water juga mengandung zat antibakteri alami Leucidal, yaitu ekstrak akar lobak, yang membuat produk lebih stabil pada penyimpanan yang lebih lama. Lama penyimpanan produk setelah dibuka adalah 3 bulan dengan penyimpanan dalam lemari es. 

Harga Purivera Rose Water With Rose Oil: Rp. 30 ribuan dalam kemasan botol 100 mL.

4. Evershine Rose Toner Essence

Evershine Rose Toner Essence merupakan toner wajah dengan bahan dasar air mawar dengan tambahan kelopak bunga mawar asli dalam kemasannya. Air mawar ini kaya akan vitamin A, C, dan E serta memiliki fungsi soothing dan calming pada kulit, dan menyeimbangkan kadar minyak wajah. 

Produk ini bukan pure rose water, namun memiliki kandungan bahan-bahan lain seperti glycerin, allantoin, glycolic acid, niacinamide, ekstrak licorice, dan bahan tambahan lainnya. Dengan formula lengkap ini, tentu efek yang dihasilkan produk ini menjadi lebih kuat. 

Harga Evershine Rose Toner Essence: Rp. 150 ribu untuk kemasan 100 mL.

5. Viva Air Mawar

Ini dia produk air mawar paling terkenal dan legendaris di Indonesia. Viva Air Mawar banyak digunakan sebagai campuran masker dan lulur tubuh. Viva Air Mawar juga dapat digunakan sebagai toner untuk menyegarkan kembali kulit wajah yang lelah. 

Produk ini telah dikenal di Indonesia selama puluhan tahun dan hadir dengan harga yang sangat ekonomis.

Untuk kandungannya, selain air mawar produk ini juga mengandung etanol, methylparaben, propylene glycol, PEG-40 castor oil, dan parfum. Ya, produk ini belum alcohol free dan mengandung paraben. Jadi Anda yang berkulit sensitif sebaiknya hati-hati jika akan memakai produk ini untuk wajah.

Harga Viva Air Mawar: Rp. 5.000 – 6.000 saja

Cara Membuat Air Mawar Sendiri Di Rumah

Produk air mawar yang beredar di pasaran memang umumnya ditambahkan zat tambahan lain dengan tujuan untuk menguatkan efeknya untuk kulit atau untuk menambah kestabilan sehingga air mawar dapat lebih awet pada penyimpanan yang lama.

Jika Anda merasa ragu dan ingin menggunakan air mawar yang benar-benar murni dan natural, Anda dapat membuat air mawar sendiri di rumah dengan cara penyulingan sederhana, yaitu dengan mengembunkan uap dari pemanasan kelopak bunga mawar dalam air. 

Bahan dan alat yang diperlukan antara lain:

  • Kelopak bunga mawar dari 4 – 5 tangkai bunga.
  • 250 mL air suling.
  • 10 – 15 kotak es batu.
  • Panci untuk merebus.
  • Tatakan untuk diletakkan di dalam panci.
  • Mangkuk tahan panas untuk diletakkan di dalam panci saat merebus.
  • Botol steril untuk menyimpan air mawar.

Cara membuatnya adalah:

  1. Cuci bunga mawar dan petiklah kelopak bunganya.
  2. Siapkan panci di atas kompor dan letakkan tatakan di dalamnya.
  3. Letakkan mangkuk pada tatakan tersebut.
  4. Masukkan kelopak mawar dan air ke dalam panci, pastikan air ditambahkan secukupnya hingga semua kelopak bunga mawar dapat cukup terendam.
  5. Tutup panci dengan posisi tutupnya terbalik agar uap dari pemanasan kelopak mawar dapat tertampung dalam mangkuk.
  6. Letakkan es batu di atas tutup panci yang terbalik dan panaskan bunga mawar dan air dalam panci dengan api sedang selama 20 – 30 menit.
  7. Ganti es batu dengan baru jika telah meleleh.
  8. Setelah 20 – 30 menit atau setelah warna kelopak bunga mawar memudar, matikan api dan biarkan hingga dingin.
  9. Masukkan air mawar yang tertampung dalam mangkuk di dalam panci ke dalam botol steril, dan simpan dalam lemari es.
  10. Sebaiknya air mawar dihabiskan dalam waktu 2 minggu setelah pembuatan.

Kesimpulan

Air mawar atau air mawar memiliki banyak manfaat untuk wajah, diantaranya adalah sebagai antiinflamasi, anti-aging, mengontrol kelebihan minyak, mengontrol pH alami kulit, mengecilkan pori, dan melembabkan kulit.

Air mawar juga bersifat lembut dan aman digunakan setiap hari pada kulit yang sensitif sekalipun. Namun, Anda harus berhati-hati juga dalam memilih produk air mawar. Teliti kandungannya, terutama kandungan bahan tambahan lainnya, pastikan bebas dari bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Anda juga dapat membuat sendiri air mawar di rumah yang tentunya lebih aman dan alami.

Referensi

  1. https://journal-inflammation.biomedcentral.com/articles/10.1186/1476-9255-8-27
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3586833/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3214789/
  4. http://www.amis.pk/files/PrefeasibilityStudies/SMEDA%20Rose%20Water.pdf
  5. https://www.magiran.com/paper/913394/?lang=en

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.