Acai Berry: Rahasia Kecantikan untuk Mendapatkan Kulit Wajah yang Awet Muda

A

Buah beri banyak macamnya, ada blueberi, blackberi, maupun rasberi. Namun, ada satu jenis beri yang kerap ditemui dan banyak digunakan dalam produk perawatan kulit (skincare) maupun digunakan dalam diet kesehatan dan bernutrisi. Beri apakah ini? Jenis beri tersebut adalah acai beri. Apa itu acai berries? Dan apa manfaatnya bagi kecantikan wajah? Artikel kali ini akan membahas seputar acai beri dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Acai berries – apa itu? 

Acai beri sendiri tanaman asli dari Amerika Tengah atau Amerika Selatan. Berasal dari tanaman palem acai beri, pohonnya kerap kali ditemui di hutan hujan Amazon. Buah acai beri mirip dengan bluberi dan cranberi, perbedaannya acai berries memiliki lebih banyak biji yang dimana bijinya tidak bisa dimakan. Hanya sekitar 10-20% dari bagian buahnya saja yang bisa dimakan. Rasa dari buah beri ini sendiri sangat enak dan unik, hampir seperti perpaduan antar beri dan coklat. 

Umumnya, acai beri sering ditemui atau dipakai dalam diet nutrisi yang disarankan para pakar gizi dan kesehatan. Beri-beri jenis lainnya pada umumnya memang bersifat anti-radang, acai beri juga tidak terkecuali. Namun, acai beri mengandung senyawa lainnya yang jumlahnya atau kandungannya lebih banyak bila dibandingkan dengan jenis beri-beri lainnya. Senyawa tersebut adalah anthocyanins, proanthocyanidins, protocatechuic acid, procynidins, dan epicatechin. Semua senyawa tersebut sangat bermanfaat unutk kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk, kulit. 

Tips:
Karena kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, dan fiber diet, acai beri memberikan manfaat besar dalam menunda penuaan dini pada kulit atau bersifat anti-aging. Selain itu acai beri juga membuat kulit menjadi lebih sehat. 

Beberapa riset penelitian bahkan juga menunjukkan bila kandungan antioksidan pada acai beri lebih tinggi dibandingkan dengan jenis beri lainnya seperti, bluberi, cranberi, dan goji beri. Inilah yang membuat acai beri lebih sering digunakan baik dalam diet nutrisi maupun untuk produk kecantikan bila dibandingkan dengan jenis beri lainnya. Selain itu rasanya yang unik, yakni perpaduan antara beri dan cokelat, membuat beri ini juga kerap kali dijadikan minuman kesehatan atau smoothie dan digandrungi oleh kaum wanita. Sekarang mari kita lihat manfaat lengkap dari acai beri ini bagi kesehatan kulit. 

Acai berries – manfaatnya bagi kesehatan kulit

Seperti yang dilansir di atas, acai beri memiliki banyak manfaat dan tidak terbatas hanya pada kesehatan badan saja tapi juga kesehatan kulit. Di bawah ini manfaat acai beri yang banyak terdapat pada produk kosmetik unutk merawat kulit:

  • Mengandung tingkat antioksidan yang tinggi

Sudah bukan rahasia umum lagi bila acai beri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari bluberi maupun jenis beri lainnya. Tingginya kandungan antioksidan sangat bagus untuku kulit karena bisa melindungi kulit dari bahaya radikal bebas dan efek lingkungan yang merusak seperti paparan sinar UV yang berlebih ataupun karena debu dan polusi. Hal ini sudah dibuktikan oleh studi.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Karena memiliki kadar antioksidan yang tinggi, studi penelitian menunjukkan bahwa acai beri bisa mempercepat penyembuhan luka. Produk kosmetik yang bersifat unutk memudarkan bekas luka umumnya memiliki kandungan acai beri. Bila terdapat dalam produk perawatan kulit (skincare), penggunaan acai beri akan dikombinasikan dengan bahan lain yang juga bisa memudarkan bekas luka. 

  • Bersifat anti-aging

Orang pada umumnya ingin tampil selalu awet muda, karena itulah banyak sekarang produk kosmetik yang dijjual di pasaran, memberikan manfat anti-aging. Salah satu bahan atau kandungan yang umum digunakan oleh produk perawatan kulit (skincare) yang bermanfaat sebagai anti-aging, adalah acai beri. Pasalnya, pemakaian produk kosmetik yang mengandung acai beri secara rutin bisa menunda penuaan dini dan memudarkan garis-garis halus pada wajah sehingga memberikan tampilan awet muda. 

  • Mengatasi masalah hiperpigmentasi

Melalui riset penelitian, para ahli menemukan bahwa acai beri sangat bagus dalam mengatasi masalah hiperpigmentasi yang kerap kali terjadi karena seseorang terlalu lama terkena paparan sinar UV tanpa menggunakan sunscreen. Selain hiperpigmentasi, acai beri juga bisa mengatasi masalah kulit lainnya seperti rosacea. Sayangnya, efeknya masih kalah efektif dengan bahan alami lainnya seperti teh hijau (gree tea)

  • Meredakan peradangan (anti-inflammatory) 

Selain bisa mempercepat penyembuhan luka, acai beri juga bisa meradakan peradangan. Namun studi menemukan bahwa acai beri yang sudah diproses kehilangan efek anti-imflammatory. Jadi, bila ingin merasakan manfaat yang satu ini, harus menggunakan acai beri yang tidak diproses alias masih segar. 

Tips:
Acai beri juga hendaknya tidak terlalu diremukkan saat akan diaplikasikan pada kulit atau pemakaian luar karena proses peremukkan bisa menghilangkan efek anti peradangan pada buah satu ini.

Itulah manfaat dari acai beri bagi kesehatan kulit. Selain membantu agar kulit terjaga dan terlindungi dari bahaya radikal bebas dan efek lingkungan yang merusak, acai beri yang kayak akan antioksidan dan asam lemak akan membantu penampilan wajahmu tetap awet muda. Selain itu, bila kamu sering aktifitas di luar tapi jarang memakai sunscreen dan mengalami hiperpigmentasi, kamu juga bisa menggunakan acai beri untuk mengatasi masalah tersebut.

Acai beri – pemakaian topikal

Saat digunakan dalam produk kosmetik, acai berry biasanya diekstrak dan diambil minyaknya. Bila kamu akan membeli suatu produk perawatan kulit (skincare), cobalah mencari yang ada komposisi minyak acai nya. Minyak acai ini karena diekstrak dari bahan alami, tentunya lebih baik daripada menggunakan yang berasal dari bahan kimia. 

Selain antioksidan, acai beri juga mengandung asam lemak yang bagus untuk menjaga elastisitas dari kulit. Bila kulit elastis, maka garis-garis halus tanda penuaan akan susah terbentuk. Alhasil, wajah bebas kerutan.  Keunggulan lainnya dari acai beri adalah manfaatnya yang berlangsung lama apalagi bila digunakan secara rutin. Juga, acai beri yang sudah diproses atau sudah dalam kemasan produk bisa bertahan lama selama disimpan dalam tempat yang jauh dari sinar matahari dan suhunya sejuk. 

Tips:
Karena acai beri termasuk dari bahan alami, tidak banyak efek samping negatif yang bisa mempengaruhi ataupun memberikan reaksi alergi. Tapi tentunya, pemakaian harus tetap sesuai petunjuk kemasan produk 

Bila kamu tertarik atau sedang mencari produk kosmetik atau produk perawatan kulit (skincare) yang memiliki efek anti-aging, kamu bisa memilih yang komposisinya mengandung acai beri. Karena acai beri termasuk bahan natural, kamu tidak perlu takut akan efek sampingnya ataupun karena reaksi alergi. Namun ada baiknya kamu tidak menggunakannya secara berlebihan dan tetap mengikuti petunjuk dari kemasan yang ada pada produk.

Kesimpulan

Acai beri sebagai bahan natural memang sudah dikenal baik di dunia kesehatan maupun di dunia kecantikan akan manfaatnya yang besar. Buah beri ini memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak yang tinggi dibanding jenis buah beri lainnya. Karena itulah, acai beri sangat cocok digunakan unutk produk perawatan kulit (skincare). Buah beri yang asal usulnya dari Amerika Tengah atau Amerika Selatan ini selain rasanya yang enak juga banyak digunakan untuk diet nutrisi.

Buah beri ini bentuknya hampir sama seperti bluberi dan rasanya seperti perpaduan antara beri dan coklat.  Pemakaian acai beri secara topikal banyak digunakan dalam produk-produk kecantikan dewasa ini yang banyak dijual di pasaran. Umumnya, acai beri akan diekstrak tapi jangan khawatir karena manfaatnya tidak menghilang bila sudah diekstrak. Hanya satu manfaat saja yang hilang yaitu manfaat acai beri yang meredakan peradangan.

Namun efek lainnya masih ada antara lain minyak acai beri masih memiliki khasiat untuk mempercepat penyembuhan luka atau memudarkan bekas luka. Kandungan antioksidan dan asam lemak juga masih ada di dalamnya biarpun sudah diekstrak. Selain itu acai beri juga sudah dibuktikan efektif dalam mengatasi hiperpigmentasi dan masalah kulit lainnya.  Keunggulan minyak acai juga terdapat pada masa ketahanannya. Minyak acai beri sangat awet bila disimpan dalam suhu yang sejuk dan jauh dari sinar matahari. Selain itu pemakaian yang teratur dan sesuai aturan, bisa memberikan efek jangka panjang agar penampilanmu tetap awet muda. 

Referensi:

  1. https://www.researchgate.net/publication/225047071
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5426502/
  3. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20626172/
  4. https://pubs.rsc.org/en/content/articlelanding/2020/fo/c9fo03109j/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.