Apa Itu Niacinamide? – The Ordinary Niacinamide dan Pilihan Lainnya

A

Banyak produk perawatan kulit yang memakai niacinamide atau vitamin B3 sebagai bahan aktifnya, terutama produk pencerah kulit. Ingin tahu apa niacinamide itu? Niacinamide atau vitamin B3 merupakan salah satu rahasia kulit lebih cerah dan glowing. Bahan aktif satu ini banyak digunakan di berbagai produk perawatan kulit sebagai bahan pencerah yang efektif.

Niacinamide atat vitamin B3 sejajar dengan holy grail bahan pencerah lainnya seperti vitamin C dan retinol. Dan ternyata, efektivitas niacinamide sebagai bahan pencerah dan pelembab kulit telah dibuktikan dalam berbagai riset dan uji klinis. Jadi penasaran kan apa sih niacinamide atau vitamin B3 itu dan produk niacinamide apa saja yang terbaik untuk kulit? Mari kita simak lebih lanjut.

Apa Itu Niacinamide?

Niacinamide atau juga disebut sebagai nicotinamide adalah salah satu senyawa turunan vitamin B3, yang merupakan salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Niacinamide merupakan vitamin yang larut dalam air. Tubuh kita dapat mensintesis niacinamide dari niacin. Jadi, tubuh kita dapat memperoleh manfaat niacinamide atau vitamin B3 dengan mengkonsumsi niacin.

Niacin atau vitamin B3 tidak dapat disintesis oleh tubuh, sehingga tubuh perlu asupan vitamin B3 dari luar.  Niacin banyak ditemukan dalam berbagai bahan makanan seperti ragi, daging, ikan, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan sereal. Tubuh yang kekurangan niacinamide akan mengalami gangguan pada kulit, ginjal, dan otak.

Niacinamide tersedia dalam bentuk suplemen untuk diminum untuk mengatasi gangguan kulit seperti jerawat, dan sebagai suplemen dalam pengobatan penyakit seperti diabetes, osteoarthritis, dan lain-lain. Namun sebelum mengkonsumsi vitamin B3 untuk mengatasi masalah kulit sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Niacinamide juga dapat digunakan secara topikal pada kulit untuk memberikan manfaat pada kulit seperti mencerahkan, mengecilkan pori, mengatasi kerutan dan garis halus, dan melindungi kulit dari kekeringan.

Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Niacinamide banyak digunakan sebagai bahan aktif produk perawatan kulit seperti pembersih wajah, serum, dan krim. Menurut ahli kulit Dr. Joshua Zeichner, niacinamide dapat memiliki banyak manfaat untuk memperbaiki kondisi kulit. “Niacinamide umumnya digunakan sebagai anti inflamasi dan pencerah kulit, serta memiliki efek menenangkan kulit dan memudarkan hiperpigmentasi,” jelas Dr. Zeichner.

Seorang ahli kulit dan juga ahli bedah plastik, Dr. Jennifer Hermann, mengatakan, “Niacinamide membantu mengembalikan energi sel, memperbaiki DNA kulit yang rusak, dan menekan efek imunosupresif yang ditimbulkan oleh sinar UV.” Dr. Hermann mengatakan niacinamide seperti mesin yang dapat melawan stressor internal dan eksternal yang dapat merusak kulit dan menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti noda hitam dan kerutan.

Mengenai efek mencerahkan kulit dari niacinamide, Dr. Hermann menjelaskan, “Niacinamide telah terbukti dapat mencegah transfer pigmen dalam kulit, sehingga dapat memudarkan noda hitam.”Manfaat lain dari niacinamide yang disebutkan Dr. Hermann adalah niacinamide dapat menjaga kulit tetap terhidrasi, memperkuat perlindungan atau barrier kulit, dan membantu sintesis lemak yang sehat pada kulit sehingga kulit terlihat lebih glowing.

Berikut ini adalah manfaat niacinamide bagi kulit yang telah dibuktikan dengan riset dan uji klinis:

  1. Mencerahkan kulit dan memudarkan hiperpigmentasi

Memang banyak pilihan bahan aktif untuk mencerahkan kulit dan mengatasi hiperpigmentasi. Namun, tidak semua bahan aktif aman bagi kulit sensitif dan tidak menimbulkan iritasi. Salah satu bahan aktif pencerah kulit yang aman digunakan kulit sensitif adalah niacinamide.

Niacinamide dapat menghambat pembentukan melanin pada kulit dengan cara menghambat transfer melanin dari melanosit menuju keratinosit di sekitarnya. Sebuah studi mengatakan bahwa penggunaan niacinamide 2% dapat memudarkan noda hitam pada area kulit yang mengalami hiperpigmentasi dan mencerahkan warna kulit secara keseluruhan dalam 4 minggu.

Dalam riset lain yang dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology juga disebutkan bahwa pemakaian krim moisturizer yang mengandung niacinamide 5% dua kali sehari selama 2 minggu dapat memudarkan hiperpigmentasi secara signifikan. Niacinamide dalam sunscreen yang digunakan setiap hari juga terbukti lebih efektif mengatasi hiperpigmentasi dan meningkatkan tingkat kecerahan kulit jika dibandingkan dengan pemakaian sunscreen tanpa niacinamide.

  1. Mengatasi kerutan dan garis halus

Niacinamide juga memiliki manfaat untuk mengurangi kerutan dan garis halus akibat tanda-tanda penuaan. Proses penuaan memang tidak dapat kita hindari, namun dapat kita perlambat prosesnya salah satunya dengan memakai niacinamide. Dengan bertambahnya usia, kadar kolagen dalam kulit semakin menurun yang akibatnya timbul kerutan dan garis halus. Niacinamide dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat menyamarkan garis halus dan kerutan.

Dalam sebuah riset yang dipublikasikan dalam Dermatologic Surgery Journal, terbukti bahwa pemakaian moisturizer dengan niacinamide 5% dua kali sehari dapat mengurangi kerutan secara signifikan dalam empat minggu dan dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan signifikan dalam 12 minggu.

  1. Mengatasi minyak yang berlebih

Niacinamide juga dapat mengatasi masalah minyak berlebih yang sering dialami oleh yang memiliki kulit berminyak. Minyak yang berlebih pada wajah membuat wajah terlihat mengkilap dan kusam, serta dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga menimbulkan komedo dan jerawat.

Sebuah uji klinis telah membuktikan bahwa pemakaian niacinamide 2% dapat menurunkan kadar minyak wajah dan produksi minyak oleh kelenjar sebasea secara efektif. Efek berkurangnya minyak wajah yang signifikan mulai terlihat setelah pemakaian selama 2 minggu.

  1. Mengatasi jerawat

Niacinamide telah terbukti memiliki efek anti inflamasi sehingga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada infeksi jerawat. Sebuah riset yang dipublikasikan dalam International Journal of Dermatology juga membuktikan bahwa gel niacinamide 4% yang digunakan dua kali sehari dapat mengurangi jerawat secara signifikan dalam 8 minggu.

  1. Memperkuat perlindungan kulit

Niacinamide juga terbukti dapat membantu pembentukan barrier atau perlindungan kulit yang lebih kuat, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan lebih kuat dalam mengatasi stressor dari luar.

  1. Menjaga kelembaban kulit

Niacinamide dapat membantu pembentukan barrier lipid pada kulit yang dapat menjaga kulit tetap lembab dan mencegah kulit menjadi kering. Karena itu niacinamide aman digunakan untuk merawat kulit kering atau sensitif.

  1. Mengecilkan pori-pori

Manfaat lain dari niacinamide adalah dapat mengecilkan pori-pori kulit sehingga kulit tampak lebih halus dan sehat.

Cara Memilih Serum Niacinamide

Serum adalah salah satu bentuk sediaan niacinamide yang paling efektif digunakan untuk memberikan manfaat yang maksimal. Hal ini didukung oleh dermatologis Dr. Pervisha Patel yang mengatakan, “Niacinamide adalah vitamin yang larut dalam air, karena itu akan lebih efektif untuk diserap kulit dalam bentuk serum.”

Namun Anda harus memilih serum yang tepat untuk dapat merasakan hasil yang optimal. Cara memilih serum niacinamide adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan kadar niacinamide. Para ahli kulit menyarankan serum niacinamide dengan kadar 2 – 10% untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Amati komposisinya dengan teliti. Pilihlah serum dengan bahan aktif niacinamide atau nicotinamide. Niacinamide berbeda dengan nicotinic acid. Serum dengan bahan aktif nicotinic acid dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Serum Niacinamide: The Ordinary dan Beberapa Pilihan Lainnya

Beberapa pilihan serum niacinamide diantaranya:

  1. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Serum niacinamide The Ordinary telah banyak menjadi favorit banyak orang. Kadar niacinamide yang cukup tinggi ditambah dengan zinc 1% membuat serum ini efektif untuk mengurangi minyak wajah dan membersihkan pori kulit. Serum ini juga efektif untuk mengurangi peradangan pada jerawat dan dapat mencerahkan warna kulit.

  1. Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Somethinc juga mengeluarkan serum niacinamide yang cukup kuat, dengan kadar niacinamide 10%. Serum ini juga memiliki kandungan ekstrak beet yang kaya akan antioksidan untuk mempercepat regenerasi sel kulit dan membantu menyamarkan kerutan. Serum ini memiliki semua manfaat niacinamide dan kandungan ekstrak beetnya membantu efek mengurangi kerutan dan memudarkan noda hitam bekas jerawat.

  1. Axis-y Dark Spot Correcting Glow Serum

Serum ini memiliki kandungan niacinamide 5% dan dengan kandungan bahan aktif lain dari bahan alami seperti ekstrak beras, ekstrak pepaya, dan ekstrak buah acerola. Sesuai dengan namanya, serum ini diformulasikan untuk menyamarkan noda hitam dan mencerahkan kulit. Kandungan bahan alaminya juga memiliki efek mencerahkan kulit. Niacinamide 5% yang dimiliki serum ini efektif untuk mengurangi hiperpigmentasi karena bekas jerawat atau karena sinar matahari, mencerahkan, dan menghaluskan kulit.

  1. L’oreal White Perfect Clinical Serum

Serum ini memiliki dua bahan aktif yang dapat mencerahkan kulit dengan efektif, yaitu niacinamide dan vitamin C. Kombinasi kedua bahan aktif ini memberikan hasil yang efektif untuk menyamarkan noda hitam dan mencerahkan kulit.

  1. Paula’s Choice Niacinamide Booster

Serum ini mengandung niacinamide 10% yang dikombinasikan dengan vitamin B5 atau asam pantotenat. Serum ini diformulasikan untuk mencerahkan dan menghaluskan tekstur kulit, mengurangi kerutan, dan mengecilkan pori kulit. Kandungan vitamin B5 nya akan membantu menghaluskan tekstur kulit.

  1. Avoskin Miraculous Refining Serum

Serum ini diformulasikan untuk mencerahkan kulit. Selain mengandung niacinamide 2%, serum ini juga memiliki bahan aktif AHA 10% dan BHA 3%. Kombinasi kedua asam ini tentunya akan mengeksfoliasi kulit dengan efektif. Kandungan niacinamidenya akan membantu mencerahkan warna kulit dan menjaga kelembaban kulit.

  1. Olay Regenerist Micro-sculpting Serum

Serum dengan kandungan utama niacinamide dan vitamin B5 ini diformulasikan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus. Serum ini juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit lebih kenyal.

Cara Memakai Serum Niacinamide

Serum niacinamide aman untuk dipakai setiap hari. Gunakan serum niacinamide setelah membersihkan wajah dan sebelum memakai moisturizer agar serum dapat diserap kulit dengan lebih sempurna. Pada skincare routine pagi, jangan lupa untuk memakai sunscreen dengan SPF 30 ke atas setelah memakai serum.

Bahan Aktif Apa Saja yang Bisa Dikombinasikan dengan Niacinamide?

Niacinamide akan bekerja dengan lebih optimal saat dikombinasikan dengan bahan aktif lain. Umumnya serum niacinamide telah memiliki kandungan bahan aktif lain sesuai dengan manfaatnya, misalnya vitamin C, AHA, BHA, hyaluronic acid, atau zinc. Untuk efek memudarkan hiperpigmentasi dengan lebih kuat niacinamide dapat dikombinasikan dengan hidrokuinon, kojic acid, arbutin, atau soya.

Niacinamide Vs Niacin

Namanya memang mirip, namun sifat kedua bahan ini berbeda. Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang memiliki struktur senyawa amida. Sedangkan niacin yang juga disebut sebagai nicotinic acid adalah senyawa B3 yang memiliki struktur asam. Niacinamide bersifat aman bagi kulit tanpa mengiritasi kulit sensitif sekalipun. Sedangkan senyawa yang bersifat asam seperti niacin dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kulit kemerahan.

Niacin biasanya digunakan untuk mengatasi kulit yang rusak karena sinar matahari. Manfaat ini juga dimiliki oleh niacinamide. Namun, karena perbedaan struktur dan efek iritasinya, Anda harus hati-hati dalam melihat komposisi serum atau krim. Krim atau serum yang mengandung bahan aktif niacin dapat menyebabkan kemerahan pada kulit.

Efek Samping Niacinamide

Niacinamide relatif aman untuk semua jenis kulit jika digunakan dalam kadar yang dianjurkan dan dipakai sesuai aturan. Niacinamide juga cukup lembut untuk digunakan pada kulit yang sensitif. Namun pemakaian niacinamide dengan kadar yang sangat tinggi dan dipakai dengan lebih sering dari yang disarankan dapat menyebabkan iritasi, kulit kemerahan, dan dermatitis.

Niacinamide juga dapat menyebabkan reaksi alergi, namun ini jarang terjadi. Tetapi untuk jaga-jaga selalu lakukan patch test sebelum memakai serum niacinamide untuk pertama kali. Caranya:

  • Oleskan serum pada kulit lengan.
  • Diamkan selama 24 jam.
  • Amati bagian kulit yang diolesi serum, apakah timbul rasa gatal atau kemerahan atau bengkak. Jika gejala ini terjadi, Anda memiliki reaksi terhadap niacinamide dan tidak bisa menggunakan produk dengan bahan aktif ini.
  • Jika Anda tidak menunjukkan gejala alergi di atas, maka Anda aman untuk memakai serum niacinamide pada wajah.

Kesimpulan

Niacinamide merupakan bahan aktif turunan vitamin B3 yang memiliki banyak manfaat bagi kulit, diantaranya adalah untuk mencerahkan, memudarkan noda hitam, mengatasi kerutan dan garis halus,  mengurangi minyak berlebih dan jerawat, serta menjaga kelembaban kulit. Niacinamide dalam bentuk serum lebih mudah diserap kulit sehingga memberikan hasil yang lebih optimal. Untuk memilih serum niacinamide pilihlah yang mengandung niacinamide dengan kadar 2 hingga 10%.

Produk serum niacinamide umumnya dikombinasikan dengan bahan aktif lain seperti vitamin C, zinc, hyaluronic acid, AHA, dan BHA untuk meningkatkan efektivitasnya. Serum niacinamide dapat dipakai setiap hari pada pagi dan malam hari sebelum memakai pelembab. Niacinamide aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif, namun sebaiknya berhati-hati dengan kemungkinan terjadi alergi.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3142702/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3663177/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12100180
  4. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17147561/
  5. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16766489/
  6. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7657446 

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.