Apa sih Alpha Arbutin Itu? Apakah Aman dan Bagus Buat Kulit?

A

Katanya, skincare yang mengandung alpha arbutin itu dapat memutihkan kulit dengan aman. Benar nggak ya? Yuk kita kenali lebih dekat alpha arbutin ini.

Sebagai wanita Asia, rasanya kurang lengkap jika skincare routine kita belum memiliki produk pencerah warna kulit. Kalau kamu perhatikan, banyak sekali produk pencerah warna kulit yang mengandung alpha arbutin sebagai bahan aktifnya. Katanya, arbutin ini aman digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan warna kulit. Katanya lagi, alpha arbutin sangat kuat dan efektif untuk menghasilkan kulit yang lebih putih dan cerah. Daripada terus mendengar ‘katanya’ dan klaim iklan yang kadang berlebihan, mari kita simak lebih dalam tentang alpha arbutin: apakah bahan aktif ini aman bagi kulit dan apa saja manfaatnya. Dan tentu saja, fakta-fakta yang kami sajikan ini telah teruji oleh riset sains yang valid.

Apa sih Alpha Arbutin Itu?

Bagi yang suka memakai skincare dengan bahan aktif yang ringan dan alami seperti vitamin C, kojic acid, atau licorice, pasti akan suka juga dengan skincare yang berbahan aktif alpha arbutin. Alpha arbutin adalah senyawa turunan hidrokuinon yang terdapat secara alami pada tumbuh-tumbuhan tertentu. Seperti yang kita ketahui, hidrokuinon adalah salah satu bahan aktif yang dapat memutihkan warna kulit secara efektif. Namun pemakaian hidrokuinon ini dapat menimbulkan berbagai efek samping, jadi dianjurkan untuk digunakan di bawah pengawasan dokter kulit.

Nah, jadi alpha arbutin ini juga efektif untuk mencerahkan warna kulit dan juga lebih aman karena didapatkan dari bahan alami. Alpha arbutin terdapat secara alami pada berbagai jenis tumbuh-tumbuhan. Namun kadar arbutin tertinggi terdapat pada tanaman bearberry dan mulberry. Alpha arbutin juga terkandung dalam blueberry, cranberry, gandum, dan beberapa jenis pir.

Alpha arbutin disebut juga sebagai 4-hydroxyphenyl alpha-glucopyranoside, dan banyak disebut juga sebagai ‘hidrokuinon alami’. Karena struktur molekulnya yang mirip dengan hidrokuinon, fungsi dan efektivitasnya pun mirip dengan hidrokuinon namun dengan sifat iritasi yang lebih ringan. Efek iritasi alpha arbutin pada kulit jauh lebih ringan dibandingkan dengan hidrokuinon, karena itu alpha arbutin dapat menjadi pilihan alternatif pencerah kulit yang lebih aman. Karena sifat iritatif yang ringan ini, alpha arbutin juga lebih aman jika digunakan oleh kulit yang sensitif.

Bagaimana Alpha Arbutin Bekerja dalam Mencerahkan Warna Kulit?

Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai bagaimana bahan alami dengan efek mencerahkan yang kuat ini bekerja, mari kita ketahui bagaimana proses hiperpigmentasi atau warna gelap pada kulit dapat terjadi.

Tingkat kecerahan warna kulit kita tergantung dari jumlah melanin dalam sel kulit. Melanin ini adalah pigmen yang memberikan warna gelap pada kulit. Jadi, semakin banyak melanin dalam kulit, maka warna kulit kita akan semakin gelap. Pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi terjadi produksi melanin yang berlebihan pada bagian kulit tertentu. Penumpukan melanin inilah yang menyebabkan kulit terlihat gelap.

Pembentukan melanin dalam kulit terjadi dalam sel melanosit, dan distimulasi oleh suatu enzim yang disebut sebagai enzim tirosinase. Enzim tirosinase ini dapat menjadi aktif karena beberapa hal, misalnya paparan sinar UV.

Alpha arbutin pada kulit bekerja dengan menghambat kerja enzim tirosinase. Dengan menghambat enzim ini, maka proses pembentukan melanin juga akan berkurang. Banyak studi yang telah mempelajari dan membuktikan bahwa alpha arbutin dapat menghambat pembentukan melanin secara signifikan dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase. Karena pembentukan melanin terhambat, warna kulit pun akan semakin cerah.

Manfaat Alpha Arbutin Untuk Kulit

Dengan efektivitas yang tinggi dalam mencerahkan kulit seperti hidrokuinon, memakai skincare dengan bahan aktif alpha arbutin tentu akan memberikan berbagai manfaat untuk kecantikan kulitmu. Manfaat alpha arbutin untuk kulit diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memudarkan noda hitam dan hiperpigmentasi

Berbagai riset telah membuktikan bahwa alpha arbutin sangat efektif untuk memudarkan noda hitam pada kulit. Sebuah studi menyebutkan bahwa alpha arbutin memiliki efek yang lebih signifikan daripada arbutin dan lebih stabil. Sebuah uji klinis menunjukkan bahwa alpha arbutin dapat memudarkan noda hitam dan mencerahkan warna kulit secara keseluruhan secara signifikan setelah pemakaian selama 12 minggu.

Seperti yang telah disebutkan di atas, alpha arbutin dapat mengurangi produksi melanin dengan cara menghambat kerja enzim tirosinase. Karena itu, alpha arbutin sangat efektif untuk memudarkan noda hitam atau hiperpigmentasi yang disebabkan oleh proses penuaan atau karena paparan sinar UV.

  1. Meratakan warna kulit

Pernahkah kamu mengalami warna kulit yang tidak merata karena berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama? Alpha arbutin dapat mengatasi masalah ‘kulit belang’ ini secara efektif. Alpha arbutin akan mencerahkan bagian kulit yang menggelap, sehingga warna kulit menjadi lebih cerah merata.

  1. Memudarkan bekas jerawat

Jika jerawat dapat membuatmu stress, maka bekas jerawat juga tak kalah bikin repot. Apalagi biasanya noda berwarna merah kehitaman ini sangat sulit hilang dan membuat kulit menjadi terlihat kusam. Sebuah riset merekomendasikan alpha arbutin sebagai bahan aktif untuk memudarkan hiperpigmentasi setelah peradangan, atau bekas jerawat, yang efektivitasnya disejajarkan dengan bahan aktif lain seperti hidrokuinon dalam mengatasi bekas jerawat.

  1. Mencerahkan kulit wajah dan tubuh secara keseluruhan

Kulit sudah mulus tanpa noda hitam, tetapi ingin warna kulit menjadi lebih putih dan cerah secara keseluruhan? Kamu dapat menambahkan produk dengan kandungan bahan aktif alpha arbutin dalam skincare routine harianmu. Selain untuk merawat noda hitam, alpha arbutin juga dapat dipakai untuk seluruh kulit wajah atau tubuh dan juga terbukti efektif untuk mencerahkan warna kulit secara keseluruhan.

  1. Lebih aman daripada hidrokuinon

Alpha arbutin merupakan senyawa turunan hidrokuinon dan memiliki kemiripan struktur dengan hidrokuinon. Hal ini membuat efektivitas alpha arbutin dapat menyaingi hidrokuinon dalam mencerahkan warna kulit. Tetapi, alpha arbutin memiliki mekanisme kerja yang lebih ringan sehingga lebih aman untuk kulit. Jika hidrokuinon bekerja dengan cara merusak melanin dan sel yang memproduksi melanin, maka alpha arbutin bekerja dengan lebih halus dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase yang diperlukan oleh sel untuk memproduksi melanin, sehingga produksi melanin dalam sel menjadi terhambat.

Karena lebih aman dan tidak merusak sel, alpha arbutin dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

  1. Aman untuk kulit sensitif

Hidrokuinon merupakan salah satu bahan pencerah kulit yang kuat dan banyak diresepkan oleh dokter kulit untuk mengatasi hiperpigmentasi dan mencerahkan warna kulit. Tetapi, penggunaan hidrokuinon dapat menjadi terbatas karena memiliki efek samping menimbulkan iritasi kulit. Artinya, hidrokuinon tidak dapat digunakan bagi yang memiliki kulit sensitif.

Tetapi, alpha arbutin sebagai turunan hidrokuinon telah terbukti memiliki efektivitas yang tinggi dalam mencerahkan warna kulit, dan juga tidak menimbulkan efek samping iritasi seperti hidrokuinon. Alpha arbutin adalah salah satu pilihan bahan aktif pencerah kulit yang efektif dan aman digunakan untuk kulit sensitif.

  1. Aman saat dipakai bersama bahan aktif lain

Beberapa bahan aktif pencerah kulit seperti retinol dan vitamin C tidak disarankan untuk dipakai secara bersamaan. Tetapi, alpha arbutin aman saat digunakan dengan bahan aktif pencerah kulit lainnya. Jadi aman kalau kamu mengkombinasikan skincare yang mengandung alpha arbutin dengan skincare lainnya. Sejauh ini belum ada reaksi negatif yang terjadi karena mencampur alpha arbutin dengan bahan aktif lain.

  1. Aman dipakai 2 kali sehari

Beberapa bahan aktif pencerah kulit misalnya golongan retinoid dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga tidak disarankan untuk dipakai di pagi atau siang hari. Tetapi, alpha arbutin aman digunakan setiap hari baik itu siang atau malam. Karena itu efek yang dihasilkan pun menjadi lebih maksimal.

Mana yang Lebih Efektif: Hidrokuinon Vs Alpha Arbutin

Hidrokuinon telah lama digunakan sebagai bahan aktif pencerah warna kulit dan terbukti efektif untuk memudarkan hiperpigmentasi secara signifikan. Namun pemakaian hidrokuinon dapat menimbulkan berbagai efek samping diantaranya adalah iritasi kulit, dan dapat berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Alpha arbutin adalah salah satu pilihan alternatif bahan aktif pencerah kulit yang efektif namun lebih aman. Tetapi apakah alpha arbutin sama efektifnya dengan hidrokuinon?

Sebuah studi telah membandingkan efektivitas hidrokuinon dan alpha arbutin dalam mencerahkan kulit. Alpha arbutin aman untuk dicampur dengan bahan aktif lainnya. Dalam riset tersebut salah satu kelompok pasien menggunakan skincare dengan bahan aktif alpha arbutin 2% yang dikombinasikan dengan tranexamic acid, filtrat fermentasi galactomyces, dan niacinamide. Kelompok pasien lain memakai hidrokuinon 4%. Setelah pemakaian selama 4 minggu, ternyata kelompok yang memakai kombinasi alpha arbutin dan bahan aktif lain memiliki perubahan tingkat kecerahan kulit yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok yang memakai hidrokuinon. Artinya, alpha arbutin (dengan dikombinasikan dengan bahan aktif yang aman lainnya) terbukti dapat lebih efektif untuk mencerahkan kulit dibandingkan dengan hidrokuinon, dan juga aman tidak menimbulkan efek samping pada studi tersebut.

Bagaimana Cara Memakai Alpha Arbutin?

Alpha arbutin umumnya tersedia dalam bentuk serum, gel, atau krim. Bahan aktif ini aman untuk digunakan 2 kali setiap hari pada skincare routine pagi dan malam. Gunakan skincare yang mengandung alpha arbutin pada wajah yang telah dibersihkan dan memakai toner.

Memakai eksfoliator ringan seperti toner yang mengandung AHA sebelum memakai prosuk dengan alpha arbutin akan membantu penyerapan alpha arbutin ke dalam kulit. Alpha arbutin akan memberikan hasil yang lebih maksimal jika dikombinasikan dengan bahan aktif pencerah kulit lainnya seperti vitamin C dan niacinamide.

Alpha arbutin dapat digunakan sebagai spot treatment misalnya hanya dioleskan pada area yang mengalami hiperpigmentasi atau hanya pada bekas jerawat. Atau kalau kamu menginginkan kulit wajah yang lebih putih merata, alpha arbutin juga dapat dioleskan secara merata pada kulit wajah.

Untuk hasil yang signifikan, konsistensi adalah kuncinya. Gunakan alpha arbutin secara teratur setiap hari selama 1 hingga 2 bulan.

Berapa Sebaiknya Kadar Alpha Arbutin dalam Produk Skincare?

Efektivitas bahan aktif dalam skincare tergantung dari konsentrasi atau kadarnya. Jadi perhatikan berapa kadar bahan aktif dalam suatu skincare sebelum membeli. Kadar yang terlalu kecil dapat membuat efek bahan aktif ini tidak maksimal. Tetapi jika kadarnya terlalu tinggi dapat terjadi reaksi efek samping yang tidak diinginkan.

Untuk alpha arbutin, kadar yang disarankan dan telah teruji efektif untuk mencerahkan kulit wajah adalah 2%. Alpha arbutin juga banyak digunakan sebagai bahan aktif body lotion. Untuk kulit tubuh, sebaiknya kadar alpha arbutin tidak lebih dari 0,5%.

Apa Bedanya Alpha Arbutin dan Beta Arbutin?

Arbutin terdapat dalam 2 bentuk senyawa, yaitu alpha arbutin dan beta arbutin. Keduanya sama-sama memiliki efek mencerahkan kulit dan efektivitasnya telah teruji oleh banyak riset dan uji klinis.

Bedanya, alpha arbutin lebih larut dalam air, lebih tahan panas, dan lebih stabil jika dibandingkan dengan beta arbutin. Karena itu, alpha arbutin lebih disarankan untuk merawat kulit daripada beta arbutin. Karena kestabilannya yang tinggi, alpha arbutin lebih banyak digunakan untuk bahan aktif lotion, serum, atau gel. Formula yang memakai alpha arbutin harganya lebih mahal daripada yang memakai beta arbutin.

Apakah Alpha Arbutin Memiliki Efek Samping?

Mungkin kamu khawatir karena alpha arbutin adalah turunan hidrokuinon dan memiliki struktur yang mirip, jangan-jangan alpha arbutin juga memiliki efek samping yang sama. Berbagai studi menyatakan bahwa alpha arbutin aman dan tidak menimbulkan efek samping. 

Alpha arbutin juga terbukti aman digunakan pada kulit yang sensitif. Tetapi jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, tidak ada salahnya untuk berhati-hati sebelum memakai produk skincare manapun. Lakukan patch test terlebih dahulu untuk memastikan kamu tidak memiliki reaksi alergi terhadap bahan aktif ini. 

Kesimpulan

Alpha arbutin merupakan salah satu bahan aktif pencerah kulit yang aman bagi kulit dan banyak digunakan saat ini. Sebagai senyawa turunan hidrokuinon, alpha arbutin dapat mengurangi noda hitam baik karena sinar UV atau karena jerawat secara efektif. Alpha arbutin juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah secara keseluruhan. Bahan aktif ini aman digunakan 2 kali sehari setiap hari, dan aman untuk dipakai bersamaan dengan bahan aktif lain. Alpha arbutin efektif untuk mencerahkan kulit dalam kadar 2%. Bahan aktif ini dapat digunakan sebagai spot treatment atau dipakai pada wajah secara merata untuk kulit wajah yang lebih cerah.

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.