Asam Azelaic (azelaic acid) 101: Fungsinya untuk Kulit Beserta Cara Penggunaanya

A

Saat pergi ke toko untuk membeli produk kosmetik, biasanya kamu akan menemukan asam azelaic (azelaic acid) dalam kemasan produk. Sebenarnya apa asam azelaic (azelaic acid) itu? Riset-riset penelitian menunjukkan bahwa zat satu ini sangat bermanfaat bagi kulit wajah. Apa saja manfaat dari asam azelaic (azelaic acid) ini bagi kulit wajah? Selain itu, bagaimana cara penggunaannya yang tepat? Artikel di bawah ini akan membahas lebih lanjut seputar hal itu, tapi sebelumnya mari kita cari tahu lebih lanjut apa itu asam azelaic (azelaic acid).

Asam azelaic (azelaic acid) – apa itu?  

Secara kimia, asam azelaic itu termasuk dicarboxylic acid, sejenis zat asam tapi tidak berbahaya bagi kulit. Cara kerja asam ini mirip dengan AHA/BHA yaitu sebagai agen eksfoliant. Namu berbeda dengan AHA/BHA yang tergolong keras, asam azelaic ini bersifat lembut dan bisa membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbat dan meningkatkan tekstur permukaan kulit. Asam azelaic juga mengurangi resiko seseorang mengalami reaksi sensitif, timbulnya benjolan kecil-kecil karena penggunaan AHA/BHA yang keras dan memberikan masuka antioksidan pada kulit.

Tips:
Asam azelaic biasa didapat dari biji-bijian seperti barley, gandum, dan rye. Namun biasanya yang digunakan untuk produk perawatan kulit tentunya yand sudah melalui proses penelitian dan pengolahan di laboralotrium kimia. Hal ini unutk memastikan bahwa ekstrak produk tersebut, biarpun alami, bisa tetap stabil dan efektif saat ditambahkan pada produk kosmetik. 

Biasanya asam azelaic dalam suatu produk perawatan kulit (skincare) yang umum dipakai secara topikal memiliki konsentrat sebesar 15-20%. Riset penelitian menunjukkan bahwa penggunaan formula asam azelaic dengan tingkat konsentrat 15% saja ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit. Namun semisal konsentrat asam azelaic atau azelaic acid dalam suatu produk rendah, kamu masih tetap bisa merasakan manfaatnya karena riset ilmiah juga menujukkan adanya efek yang sama dari pemakaian asam azelaic yang konsentratnya hanya 10%. 

Asam azelaic (azelaic acid) – manfaat

Selain sebagai eksfoliant, azelai acid juga memiliki manfaat lainnya seperti meratakan warna dan tekstur kulit serta mengobati masalah kulit tertentu. Berikut manfaat lebih jelasnya seputar asam azelaic atau azelaic acid:

  • Melawan jerawat

Asam azelaic juga memiliki sifat anti-bakteri dan secara spesifik memang memerangi jerawat P. acnes yang menjadi cikal bakal tumbuhnya jerawat. Uji klinis menunjukkan bahwa kandungan 20% azelaic acid bisa dengan ampuh melawan jerawat.

  • Mengurangi peradangan

Zat satu ini juga bisa meredakan iritasi dan membantu meringankan benjol merah yang disebabkan peradangan

  • Meratakan warna kulit yang tidak rata

Memiliki fungsi yang menekan tyrosinase, enzim yang mengarah pada pigmentasi kulit. Sangat efektif bila digunakan pada hiperpigmentasi yang muncul karena bekas jerawat dan melawan melasma. Hal ini sudah dibuktikan oleh studi ilmiah

  • Merawat masalah kulit rosacea

Azelaic acid bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, peradangan, dan infeksi yang terjadi yang disebabkan oleh rosacea. Karena rosacea cenderung membuat kulit jadi lebih sensitif, penggunaan asam azelaic yang lembut bisa sangant membantu dalam mengatasi masalah kulit rosacea

  • Aman digunakan untuk wanita hamil

Salah satu dari sedikit pengobatan yang bisa aman dipakai untuk wanita hamil unutk merawat masalah rosacea, membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan masalah hiper pigmentasi adalah azelaic acid atau asam azelaic. 

  • Gluten-free

Biarpun azelaic acid didapat dari biji-bijian seperti gandum, jumlahnya kurang cukup untuk menimbulkan reaksi negative pada seseorang yang tidak bisa menerima gluten. Jadi bila kamu memiliki masalah gluten, zat ini aman digunakan

  • Bisa membantu mengatasi alopecia

Ada beberapa laporan yang menyatakan bahwa azelaic acid bisa digunakan unutk mengatasi alopecia atau kerontokan. Beberapa dokter bahkan menggunakan formula yang mengandung asam azelaic pada produk perawatan rambut karena zat ini bisa membantu menumbuhkan rambut.

Nah, itulah manfaat-manfaat yang bisa kamu dapat dari penggunaan asam azelaic. Memang ada kemiripan dengan zat AHA dan BHA, tapi azelaci acid lebih lembut dan lebih aman dipakai biarpun termasuk jenis zat asam (acid) yang notabenenya tergolong keras.

Perbandingan antara asam azelaic (azelaic acid) dengan produk AHA/BHA

Memang asam azelaic atau azelai acid memiliki persamaan dengan zat AHA dan BHA tapi ketiganya juga memiliki perbedaan yang kentara. Salah satu perbedaannya adalah biarpun asam azelaic bisa bekerja sebagai eksfoliant seperti AHA dan BHA bila diformulasikan dengan baik (tergantung dengan tingkat pH nya), asam azelaic tidak bisa bekerja sebaik dan seefektif produk AHA dan BHA seperti glycolic acid atau asam glilkolat dan lactic acid atau asam laktat ( AHA) dan salicylic acid atau asam salisetat (BHA). Kamu bisa baca di sini, di sini, dan di sini untuk info lebih lanjut mengenai glycolic acid, lactic acid, dan salicylic acid. 

Tips:
Asam azelaic tapi di lain pihak juga memiliki manfaat yang BHA maupun AHA tidak punya, yaitu untuk meratakan warna kulit yang tidak rata dan merawat masalah kulit tertentu. Dua manfaat ini tidak ditawarkan oleh produk yang mengandung bahan AHA/BHA.

Tidak ada masalah dalam menggunakan produk berbahan AHA/BHA dengan asam azelaic atau azelaic acid. Penggunaan kombinasi kedua bahan ini malah bisa merawat kondisi masalah kulit tertentu dari benjolan kecil-kecil yang keluar di kulit sampai dengan warna kulit yang tidak rata atau masalah kulit karena usia yang beranjak tua. 

Tips:
Bila kamu tidak memiliki kulit sensitif, kamu bsia gunakan produk perawatan yang mengandung asam azelaic dua kali sehari. Namun jika kulitmu sensitif, sekali saja sudah cukup.Gunakan sedikit saja bila kamu akan menggunakannya ke area wajah dan leher. Jika ingin dipakai bersama dengan produk AHA/BHA atau retinol, gunakan produk berformula AHA/BHA atau retinol lebih dahulu untuk membuka pori-pori kulit sehingga saat kamu menggunakan asam azelaic, kulit lebih siap unutk mneyerapnya. Setelah itu, gunakan pelembab dan bila kamu akan beraktifitas di luar ruangan, jangan lupa unutk menggunakan sunscreen atau tabir surya dengan label broad-spectrum SPF 30+

Efek samping penggunaan asam azelaic

Sebenarnya azelaic acid ini tergolong aman digunakan dan bisa digunakan bahkan unutk ibu hamil. Namun tetap saja ada jenis kulit yang sensitif dan menimbulkan reaksi iritasi saat menggunakan produk perawatan kulit (skincare) yang mengandung azelaic acid. Jadi, ada baiknya kamu melakukan patch test terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada area wajah dan leher. Untuk melakukan pathc tes, cukup oleskan sedikit saja produk kosmetik yang mengadung azelaic acid pada punggung tanganmu dan diamkan selama sehari atau beberapa jam, bila tidak ada reaksi panas, gatal atau kemerahan, itu berarti kamu bisa mengaplikasikan produk berformula azelaic acid ke area wajah dan leher secara merata. 

Kesimpulan

Asam Azelaic atau azelaic acid memang tergologn jenis zat asam yang memilikik manfaat hampir serupa dengan zat AHA dan BHA. Azelaic acid bisa digunakan sebagai agen eksfoliant tapi efeknya tidak sebaik produk yang mengandung AHA ataupun BHA seperti asam glikolik ataupun salicylic acid. Biarpun begitu, asam azelaic tetap bisa bekerja dengan baik, apalagi bila dikombinasikan dengan zat BHA ataupun AHA. 

Kebanyakan produk perawatan kulit (skincare) yang mengandung asam azelaic biasanya mengandung 15-20% konsentrat dan jarang sekali bisa menemukan yan gkonsentratnya rendah. Tapi semisal produk berformula asam azelaic yang kamu gunakan konsentratnya di bawah itu, tidak perlu khawatir karena riset menunjukkan bahwa dengan konsentrat rendah sekalipun, azelaic acid masih bisa bekerja dengan baik. 

Tidak banyak keluhan mengenai efek samping dari azelaic acid karena memang sifatnya yang lembut aman dipakai jenis kulit apa saja bahkan unutk ibu hamil juga. Tapia da kalanya bila kulitmu sangat sensitif, bisa jadi menimbulkan reaksi alergi atau reaksi iritasi setelah pemakaian, karena itu ada baiknya untuk melakukan patch test terlebih dahulu sebelum diaplikasikan secara merata pada area wajah dan leher. 

Karena azelaic acid masih sejenis zat asam, bahan ini juga akan membuat kulitmu jadi lebih rentan terhadap sinar matahari. Jadi sama seperti saat menggunakan BHA/AHA, kamu bsia menggunakannya saat malam hari saat mau tidur atau gunakanlah sunscreen atau tabir surya bila kamu akan menggunakannya pada pagi hari. Pakailah sunscreen yang ada labelnya broad-spectrum SPF 30+

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.