Baby Oil – Pembersih Ampuh Melawan Komedo hitam (Blackheads)?

B

Komedo memang salah satu jenis jerawat yang buat penampilan kurang menarik. Pasalnya, bintik-bintik hitam yang timbul di permukaan kulit, terutama di daerah hidung, pipi, dahi, dan dagu, atau sering disebut daerah t-zone, membuat penampilan tampak tidak enak. Selain itu, membasmi komedo jenis blackheads juga gampang-gampang susah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan unutk membasmi komedo jenis blackheads, mulai dari yang mahal yang dilakukan di klinik kecantikan bersama dengan dokter ahli kulit maupun yang murah yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Banyak kabar beredar bahwa baby oil bisa digunakan untuk membersihkan komedo? Apakah benar? Seberapa ampuh cara ini?

Sekilas mengenai komedo hitam (bleackheads)

Pendek kata, blackheads atau komedo hitam adalah jenis komedo yang berbentuk bejolan kecil di kulit yang terbentuk akibak folikel rambut tersumbat. Dibanding whiteheads, blackheads tidak sesusah itu untuk dibasmi. Biasanya komedo hitam atau blackheads, sering bersarang pada area t-zone yaitu, dahi, hidung, pipi, dan dagu. Namun di antara semua area kulit di wajah yang disebutkan tadi, hidunglah yang paling sering menjadi tempat tumbuhnya komedo hitam atau blackheads. 

Penyebab tumbuhnya komedo hitam atau blackheads bisa beraneka ragam. Bisa karena paparan radika bebas seperti polusi, debu dan kotoran yang menumpuk dipermukaan kulit sehingga menyumbat pori-pori, bisa juga karena menumpuknya sel kulit mati. Intinya, blackheads atau komedo hitam terjadi karena pori-pori kulit tersumbat.

Namun bednaya dengan whiteheads atua komedo putih, blackheads ini hanya separuh saja tersumbatnya sehingga tampak ada bintik-bintik hitam. Hal ini berbeda dengan whiteheads yang tertutup seluruhnya. Bila kamu teratrik untuk mengetahui atau membaca lebih lanjur seputar komedo, bacik blackheads maupun whiteheads, dan cara apa saja yang bisa dilakukan untuk merawat dan menghilangkan permasalahan kulit tersebut, kamu bisa baca di sini, di sini, dan di sini

Tips:
Penting unutk menangani blackheads atau komedo hitam dan tidak membiarkannya karena bila dibiarkan bisa menjalar dan menjadi masalah jerawat lainnya. 

Baby oil sebagai pembersih ampuh komedo hitam (blackheads)

Saat berusaha menghilangkan komedo di rumah, biasanya kebanyakan orang menggunakan minyak, terutama minyak yang asalnya dari tanaman. Tapi semisal, kamu sudah menggunakan minyak ini dan itu lalu hasil yang diinginkan belum tercapai, kamu mungkin bisa menggunakan baby oil

Penggunaan baby oil untuk membersihkan komedo hitam (blackheads) bukanlah rumor atau cerita isapan jempol belaka. Menghilangkan komedo hitam (blackheads) dengan baby oil ternyata cukup ampuh. Bahkan suatu riset penelitian pun juga menunjukkan bahwa kandungan minyak mineral di permukaan wajah bisa lebih efektif dan lebih baik daripada dalam menghadapi masalah komedo daripada penggunaan minyak sayur atau minyak yang terbuat dari tanaman. 

Tips:
Baby oil memiliki kandungan mineral oil sebanyak 98% dan sesuai penelitian di atas, minyak mineral bisa membantu mengatasi permasalahan wajah. Umumnya, mineral oil bersifat non-comedogenic yaitu, tidak menyumbat pori-pori permukaan kulit jadi tidak menimbulkan komedo dan jerawat.

Sayangnya, baby oil ini tidak cocok untuk semua jenis kulit. Jika semisal, kamu mengaplikasikan baby oil ini dan mendapati ternyata jerawat atau komedo hitam (blackheads) tambah banyak, segera hentikan pemakaian. Itu berarti jenis kulitmu tidak cocok dengan baby oil. Hal itu wajar karena tidak semua kulit bisa menerima minyak mineral pada permukaan kulit. Tapi semisal tidak ada reaksi penolakan pada kulitmu, kamu bisa mencoba menggunakan baby oil ini untuk membersihkan komedo hitam (blackheads) pada kulit wajah. Selain itu membersihkan, baby oil juga manfaat lainnya seperti:

  • Tidak menyumbat pori-pori permukaan kulit
  • Berpeluang kecil dalam menyebabkan masalah jerawat
  • Melembabkan kulit
  • Membuat kulit lebih lembut

Itulah manfaat dari baby oil selain untuk membersihkan komedo. Bila kamu ingin tahu lebih banyak soal manfaat lainnya baby oil, kamu bisa baca artikel soal itu di sini

Membersihkan komedo hitam (Blackheads) dengan baby oil – cara pemakaian

Karena minyak mineral termasuk jenis minyak yang ringan, banyak yang salah paham, berpikir menggunakan dalam jumlah banyak akan aman. Namun, minyak mineral tetaplah minyak, bila terlalu banyak diaplikasikan bisa menumpuk di permukaan pori-pori kulit dan nantinya malah menyumbat pori-pori. Penggunaan baby oil untuk membersihkan komedo hitam (blackheads) tidak bisa digunakan sembarangan. Sebaiknya kamu bisa melakukannya seperti ini:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dan keringkan
  • Gunakan baby oil sedikit saja pada kapas dan aplikasikan pada area yang berkomedo
  • Biarkan selama 30-60 detik
  • Usap sisa minyak pada wajah sampai bersih
  • Bilas wajah dengan air hangat

Kunci dari membersihkan wajah dengan minyak adalah menemukan jenis minyak yang cocok dengan tipe kulitmu. Bila baby oil adalah jawaban untuk masalah komedo hitam (blackheads) –mu, maka gunakanlah secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal. 

Tips:
Selain menggunakan baby oil, kamu bisa menggunakan pore strip, masker, dan scrub. Bila kamu ingin tahu lebih banyak seputar komedo (whiteheads maupun blackheads) dan cara mengatasinya, kamu bisa baca lebih lanjut di sini

Kesimpulan

Blackheads sebenarnya terjadi karena seseorang kurang menjaga kebersihan kulit wajahnya. Tentunya lebih baik mencegah keluarnya komedo hitam (blackheads) pada kulit wajah ketimbang harus merawat dan membersihkannya. Pasalnya, perlu kesabaran dan ketelatenan untuk mebersihkan komedo hitam sampai benar-benar bersih. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan unutk membersihkan komedo di rumah sendiri dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan baby oil. Baby oil memiliki kandungan minyak mineral yang tinggi dan minyak mineral memang sudah dibuktikan oleh riset, baik untuk mengatasi permasalah kulit seperti komedo, terutama komedo hitam (blackheads)

Sayangnya baby oil ini tidak cocok untuk semua jenis kulit. Ada jenis kulit tertentu yang sensitif yang bila terkena baby oil, malah membuat jerawat dan komedo lebih banyak. Bila itu terjadi segera hentikan pemakaian. 

Referensi:

  1. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.585.6732&rep=rep1&type=pdf

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.