Baby Oil – Rahasia dari Kulit wajah yang Lembab dan Lembut

B

Seperti namanya, banyak orang berpikir kalau baby oil, ya, pastinya untuk kulit bayi. Tapi siapa sangka bahwa baby minyak ternyata juga bisa bermanfaat bagi kulit wajah orang dewasa. Mari kita bahas lebih lanjut apa itu baby oil beserta manfaatnya bagi kulit wajah orang dewasa. 

Apa itu baby oil?

Minyak satu ini, sebenarnya memang diperuntukkan khusus unutk bayi. Pasalnya, minyak ini dibuat dari bahan-bahan yang lembut sehingga tidak berwarna dan berbau. Menurut riset penelitian, baby oil termasuk pelembab super yang bisa menghidrasi dan melembabkan kulit bahkan di suhu yang extreme dan tempat yang kelembapannya rendah.

Baby oil ini terbuat dari mineral oil, yang merupakan turunan minyak bumi. Minyak mineral tidak memiliki warna, bau, dan tidak mudah teroksidasi. Minyak mineral pada bayi dari minyak mineral untuk orang dewasa pada produk kecantikan yang ada keduanya sudah disuling atau sudah dimurnikan, jadi aman dipakai. Bahkan bila ingin digunakan di bagian sensitif sekalipun. 

Tips:
Baby oil terdiri dari 98% mineral oil dan 2% zat pewangi (kadang ada juga yang tanpa zat pewangi, tapi umumnya ada kandungan pewangi tapi tingkat konsentrasinya rendah). Baby oil ini hampir serupa dengan petroleum jelly. 

Manfaat-manfaat baby oil

Bila kamu menebak baby oil bisa melembabkan kulit, kamu benar. Memang baby oil bisa melembabkan kulit wajah orang dewasa tapi tidak sampai di situ saja keunggulan baby oil ini. Ada manfaat-manfaat lainnya juga seperti:

  • Melembabkan kulit wajah 

Seperti yang dilansir di hasil suatu riset penelitian yang ditautkan di atas, baby oil bisa mengunci kelembabkan dan mengurangi hilangnya air dari dalam permukaan kulit. Memang pelembab lain juga bisa melakukan hal itu, namun penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa baby oil tetap bekerja dengan baik walaupun kelembapan dan suhu dalam kondisi rendah. 

  • Pembersih wajah dari make-up

Bila kamu sering memakai make-up tapi kesusahan untuk menghapusnya, kamu bisa menggunakan baby oil untuk menghapus sisa makeup di wajah. Bagaimanapun juga make up memang harus dihapus dengan bersih agar sisa-sisa make-up tidak menyumbat pori-pori kulit dan membuat kulit rentan berjerawat. Selain itu, bekas make-up tidak bisa seluruhnya diangkat dengan menggunakan sabun cuci muka saja. Baby oil ini pun juga bisa menghilangkan bekas mascara yang paling kedap air dalam sekejap. Jadi bila kesulitan dalam menghapus make-up, kamu bisa gunakan baby oil.

  • Mengatasi bibir kering

Selain sebagai pelembab kulit wajah, baby oil juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir. Bibir pecah-pecah tentunya selain tidak menarik perhatian juga berasa sakit. Rasa perih dan kadang bila parah bisa berdarah, tentunya pasti sangat menganggu aktivitas. Tentunya kamu bisa mengobati bibir pecah pecah dengan lipbalm, tapi di saat darurat, kamu bisa menggunakan baby oil. Cukup oleskan sedikit saja baby oil di bibir secara rutin sampai kondisi pecah-pecahnya berkurang. Bisa dilakukan saat malam hari juga jadi besok pagi bibirmu akan menjadi lebih lembab. 

  • Merapikan alis

Kmu juga bisa menggunakan baby oil untuk merapikan alismu yang tidak beraturan. Caranya juga mudah, basahi sedikit alismu dengan baby oil, dan tinggal rapikan saja. Fungi dari pemakaian baby oil ini akan menekan bulu-bulu alis yang tidak beraturan, sehingga alismu tampak lebut dan lebih rapi. Selain membuat rapi, baby oil juga akan melembabkan alismu sehingga tampak tebal. 

  • Mengatasi kulit tumit yang pecah-pecah

Manfaat terbesar baby oil adalah megatasi kulit di bagian tumit yang pecah-pecah sampai retak. Kulit tumit yang pecah-pecah umumnya bisa terjadi karena kurangnya hidrasi dan kelembapan. Tapi bsia juga karena masalah iritasi ataupun peradangan. Baby oil memiliki kandungan vitamin E yang bagus untuk kulit pecah-pecah. 

Itulah manfaat dari baby oil yang bisa kamu rasakan. Tentunya bila kamu menggunakan baby oil untuk mengatasi bibir pecah-pecah atau kulit pecah-pecah, kamu harus melakukannya secara rutin agar manfaatnya terasa. Sedangkan untuk manfaat lainnya seperti untuk merapikan alis dan membuat alis tampak tebal dan lembut, belum ada riset penelitian ataupun studi ilmiah yang membuktikan hal itu.

Jadi, apakah baby minyak aman digunakan untuk kulit wajah?

Memang baby oil termasuk minyak yang aman digunakan karena formula diperuntukkan unutk bayi. Tapi baby oil ini tidak disarankan digunakan di wajah apalagi bila kamu memiliki kulit wajah yang sensitif dan mudah berjerawat. Kamu bisa mengeceknya sendiri dengan jenis kulitmu sebelum pengaplikasian di area yang bermasalah. Karena baby oil hampir sama dengan petroleum jelly.

Bila kamu pernah menggunakan produk berbahan petroleum jelly sebelumnya dan mendapatinya tidak cocok dengan jenis kulitmu, pastinya baby oil juga bisa jadi tidak akan cocok dengan jenis kulitmu, karena kedua produk ini komposisinya hampir sama. Jika kamu tidak memiliki masalah dengan petroleum jelly, maka kemungkinan besar kulitmu pasti bisa menggunakan baby oil

Tips:
Ukuran molekul baby oil yang besar bisa mencegah minyak mineral meresap pada kulit. Meskipun baby oil sendiri dikenal tidak meyumbat pori-pori secara langsung. Teksturnya yang berat lama-kelamaan bisa membentuk lapisan di permukaan kulit yang mencegah kulit beregenerasi. Akibatnya sel-sel kulit mati akan menumpuk dan membut kulit wajahmu jadi rentan berjerawat. 

Karena hal inilah, sebelum diaplikasikan pada area wajah, konsultasikan dengan dokter ahli kulit. Patch test tidak akan banyak gunanya karena baby minyak sendiri memang termasuk minyak yang aman untuk kulit karena formulanya yang memang dikhususkan unutk bayi. Bisa jadi saat melakukan pacth test pada area kulit lainnya, memang tidak terjadi reaksi apa-apa. Namun, saat diaplikasikan pada kulit wajah, kulitmu jadi terasa gatal dan akhirnya malah berjerawat. 

Kesimpulan

Baby oil memang memiliki manfaat unutk melembabkan, tidak hanya kulit tubuh tapi juga kulit wajah. Baby minyak sendiri hampir sama dengan petroleum jelly dan umumnya aman dipakai di kulit wajah. Tapi, ada beberapa pengeculian juga. Semisal, kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat atau sensitif, baby minyak mungkin bukan untukmu.

Selain itu, bila kulitmu tidak cocok dengan petroleum jelly, kemungkinan besar kulitmu juga tidak akan cocok dengan baby minyak. Pasalnya, kandungan dalam dua produk ini serupa.  Tidak banyak studi atau riset yang membahas manfaat lainnya baby minyak selain sebagai pelembab saja. Namun, memang benar bila kamu suka menggunakan make-up dan merasa susah menghapus make-up secara menyeluruh dengan bersih, baby minyak bisa sangat membantu unutk mengangkat sisa-sisa make-up tadi. 

Jika kamu ragu, mungkin karena tidak banyak juga studi atau riset mengenai keunggulan baby minyak selain unutk melembabkan yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter ahli kulit. Kamu bisa bertanya apakah tipe jenis kulitmu aman unutk menggunakan baby minyak atau tidak. Jangan sampai, manfaat baby minyak sebagai pelembab tadi membuat wajahmu jadi jerawatan. Mengenai pemakaian di area kulit lainnya selain kulit wajah, pastinya tidak ada masalah. Apalagi bila kamu memiliki kulit tumit yang pecah-pecah maupun kulit siku yang kasar. Kamu bisa menggunakan baby minyak untuk melembabkan, menghidrasi, dan menghaluskan area kulit bermasalah tersebut.  

Referensi:

  1. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.585.6732&rep=rep1&type=pdf

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.