Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Untuk Kulit Lebih Cerah

B

Apakah jerawat, breakouts adalah mimpi buruk untukmu? Oh tidak! Bagaimana dengan bekas jerawat? Apakah itu juga mimpi buruk kamu? Cari tahu lebih lanjut tentang bekas jerawat untuk kulit lebih cerah.

Mengurus jerawat saja sudah pusing. Setelah berhasil menghilangkan jerawat kadang ada bekas yang lebih susah lagi untuk dihilangkan. Ada beberapa penyebab mengapa jerawat yang telah hilang meninggalkan bekas di wajah. Di sini akan dibahas penyebab paling umum kenapa ada bekas jerawat.

 Penyebab jerawat dan bekas jerawat

  • Produksi sebum meningkat
  • Hormon tidak stabil
  • Aktivitas androgen
  • Proliferasi propionibacterium acnes (P.acnes)
  • Perubahan komposisi sebum
  • Hiperkeratinisasi folikel (akumulasi keratin di folikel rambut yang ada di wajah)
  • Membuka penyumbatan pori-pori yang tersumbat

 Semua penyebab di atas memang terdengar asing, tetapi itu semua umum didengar oleh para dokter kulit. Dan saat kamu ke dokter kulit, kemungkinan besar mereka akan mengatakan salah satunya. Bekas lukas jerawat tidak terbatas pada hal-hal di atas namun ada banyak faktor lainnya. Cari tahu lebih lanjut tentang bekas jerawat untuk kulit lebih cerah.

 Di dunia penelitian spesialis kulit dan ahli kecantikan ada banyak klasifikasi penyebab bekas jerawat. Bekas jerawat kemungkinan karena kehilangan jaringan (atrofi) atau jaringan berlebih (hipertrofik).

 Bekas luka jerawat atrofi lebih umum dialami daripada jenis lainnya. Bekas luka atrofi disebabkan karena kekurangan kolagen dan membentuk lubang. Untuk bekas luka hipertrofik ini jarang terjadi. Biasanya ditandai dengan penumpukan kolagen yang berlebih dan produksi kolagen yang meningkat. Bekas jerawat yang biasanya disembuhkan dengan bahan aktif atau chemical peeling.

Jenis-jenis Bekas Luka Jerawat

Bekas Icepick

Ini terjadi di dalam jaringan epitel. Jaringan tersebut membentuk seperti bentuk huruf V. Bekas ini sulit sekali dihilangkan karena terlalu dalam.

Boxcar

Bekas luka Boxcar berbentuk bulat hingga oval tajam. Bekas ini terlihat lebar di permukaan namun tidak begitu dalam masuk ke bawah lapisan kulit. Bekas ini dangkal, sehingga mudah untuk menghilangkannya.

Rolling Scar

Bekas luka ini juga tidak terlalu dalam alias dangkal. Namun, biasanya lebih lebar, bisa mencapai 4-5 milimeter. Bekas luka ini bahkan juga lebih dangkal ketimbang Boxcar. Perawatan yang dilakukan biasanya dengan meregenerasi jaringan. Cari tahu lebih lanjut tentang bekas jerawat untuk kulit lebih cerah.

Sebuah studi juga mengatakan bahwa bekas luka di atas tergantung dari masing-masing kulit individu. Kondisi dan tingkat keparahannya juga mungkin berbeda dari setiap individu. Namun, meski sudah dijelaskan di atas tentang bekas luka jerawat. Ternyata bekas luka jerawat dan bekas jerawat itu berbeda.

Di sini akan dibahas mengenai perbedaannya. Bekas luka jerawat adalah hilangnya jaringan yang menyebabkan permukaan bekas jerawat terlihat lebih rusak karena mengorek. Hal ini terjadi karena orang sering memencet jerawatnya.

Bekas luka jerawat itu biasanya disebabkan karena jerawat merah yang perih. Selain itu, banyak ekstraksi fisik atau dermabrasi yang menyebabkan jerawat semakin menyebar. Ada beberapa produk yang bisa menyembuhkan, namun untuk bekas luka jerawat sebaiknya dirawat dengan konsultasi pada dokter. Bisa juga disembuhkan dengan laser.

Sedangkan bekas jerawat adalah bercak yang biasanya timbul karena peradangan atau hiperpigmentasi pasca inflamasi atau PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation) – noda berwarna coklat karena produksi melanin berlebih akibat inflamasi. Luka ini tidak berlubang, hanya datar di permukaan dan berwarna coklat kemerahan. Bekas jerawat juga bisa hilang dengan sendirinya dan dapat diobati dengan anti-pigmentasi untuk menghilangkan bekas bintik-bintik itu.

Ada bahan tertentu yang harus dicari dalam produk bekas jerawat kamu. Beberapa di antaranya mudah ditemui. Dan secara ilmiah terbukti efektif.

Di artikel ini kami akan mengklasifikasikannya menjadi dua kategori produk. Yakni produk yang dijual dipasaran bebas dan produk yang diresepkan oleh dokter ahli kulit serta pengobatan dengan bahan alami rumahan. Mari simak di bawah:

Produk dan Bahan yang Dijual di Pasaran Untuk Luka Bekas Jerawat

Asam Azelaic

Asam Azelaic (AzA) adalah asam dikarboksilat 9 karbon jenuh yang berasal dari jamur Pityrosporum ovale dan dapat ditemukan dalam gandum hitam, dan barley. Studi membuktikan bahan ini manjur dan memberikan dampak signifikan untuk hiperpigmentasi di melasma dan PIH. Mekanisme kerjanya menghambat enzim dan DNA sintesis pada jaringan yang rusak.

Asam Kojic

Asam Kojic (KA) adalah produk metabolisme dari spesies jamur Acetobacter Aspergillus, dan Penicillium. Ini menunjukkan sifat antioksidan, dan menghambat tirosinase. KA digunakan dalam beberapa produk kosmetik pencerah kulit dan juga digunakan sebagai bahan untuk mengurai bintik-bintik kecoklatan. Penelitian menunjukan, KA sama efektifnya dengan Hydroquinone dalam mengurangi flek hitam dan hiperpigmentasi. 

Asam Askorbat

Asam askorbat (AA; vitamin C) adalah antioksidan asam dan hidrofilik. Paling umum ditemukan dalam buah jeruk dan berfungsi sebagai kofaktor untuk beberapa proses enzimatik manusia. AA berperan penting dalam penyembuhan luka, sintesis katekolamin (antioksidan), dan degradasi tirosin (enzim), asam empedu, penyerapan zat besi, neurotransmitter, dan fungsi sistem kekebalan.

Mekanisme depigmentasi asam askorbat melibatkan pembersihan radikal bebas, kolagen, dan pembentukan oksidan, serta produksi nitrous oksida. Asam askorbat telah terbukti berhasil mengobati melasma berat, melasma epidermal bilateral, dan PIH. Potensinya terkenal karena peran multiguna dan makanan super untuk kulit dan digabungkan dalam banyak perawatan kulit.

Selain asam yang disebutkan di atas, ada beberapa pilihan lain yang tersedia di sumber alami seperti asam ellagic, kurkumin (kunyit), aloesin (lidah buaya).

Beberapa Bahan Asam Untuk Memudarkan Luka Bekas Jerawat

Asam Glikolat

Asam glikolat adalah asam alfa-hidroksi, larut dalam alkohol, berasal dari gula dari buah dan susu. Asam glikolat bekerja dengan cara menipiskan stratum korneum, meningkatkan epidermolysis (melonggarkan dermis), dan menyebarkan lapisan melanin yang paling dalam. Ini meningkatkan asam hyaluronic dermal dan ekspresi gen kolagen.

Kegiatan tersebut pada akhirnya mengobati jerawat dan bekas luka jerawat dari dalam. Asam ini memiliki tingkat toleransi yang baik dan menunjukkan perbaikan kulit yang terlihat. Sebagai tindakan pencegahan, ini juga termasuk dalam banyak produk pembersih wajah harian. Seperti serum dan krim atau krim perawatan kulit lainnya. Mungkin kamu akan sering menemui bahan ini di masker peel-off.

Asam Salisilat

Asam Salisilat adalah salah satu bahan pengelupas yang baik untuk perawatan bekas luka jerawat. Ini adalah kandungan asam beta hidroksi yang menghilangkan lipid antar sel. Asam salisilat mengurangi kerusakan jaringan parut, kulit kemerahan, dan jerawat bahkan menghilangkan kotoran dari pori-pori. Konsentrasi yang dianjurkan adalah 2%. Digunakan dalam berbagai sesi yakni 3-5 kali, setiap 3-4 minggu. Efek samping dari pengelupasan asam salisilat adalah pengelupasan ringan untuk sementara.

Asam Laktat

Asam Laktat adalah asam alfa hidroksi yang menyebabkan pelepasan korneosit dan selanjutnya deskuamasi (pengelupasan) stratum korneum. Bahasa awamnya, pelepasan sel-sel keratin yang mengeras dan menyebabkan pengelupasan.

Hal ini terjadi karena paparan AHA tersebut dan mengelupas lapisan terluar dari sel-sel mati. Sehingga meningkatkan tekstur kulit yang lembut dan bersih.

Bahan-Bahan Penangkal Sinar Matahari

Semua bahan aktif ini akan meningkatkan pergantian sel sehingga membuat kulit kamu lebih rentan terhadap sengatan sinar matahari. Gunakan selalu tabir surya spektrum luas SPF 30 ke atas saat menggunakannya. (Saran Pakar Minimalis untuk selalu menggunakan tabir surya meski kamu tidak menggunakan bahan-bahan tadi).

Produk ini aman digunakan dan harus dimulai dengan konsentrasi yang rendah, secara bertahap naik ke tingkat yang lebih tinggi sesuai tingkat toleransi kulit. Oleh karenanya membutuhkan rekomendasi dokter.

Seperti perawatan dermabrasi filler, pecahan CO2, laser, pencangkokan kulit. Metode tersebut digunakan untuk bekas luka jerawat yang sangat membandel atau hipertrofik. Dengan mengambil perawatan wajah, mungkin akan membuahkan hasil yang memuaskan tapi ada juga yang menderita karena perawatan ini.

Selalu konsultasikan dengan dokter kulit sebelum mencoba perawatan fisik atau perawatan lainnya. Meskipun di awal hasil langsung tampak terlihat nyata namun hanya bertahan sebentar, perlu penanganan khusus untuk menghilangkan sampai ke akarnya.

Melakukan Pencegahan Adalah Hal Terbaik

Kita semua tahu bahwa tindakan pencegahan adalah tindakan yang lebih baik untuk menghindari luka bekas jerawat atau bahkan mengobati jerawat sedari dini. Ini lah cara yang bisa kamu lakukan:

  • Carilah bahan aktif yang menekan pertumbuhan jerawat atau menghindari pertumbuhan jerawat.
  • Selalu bersihkan kulit kamu, jangan melupakan cuci wajah setiap harinya dan setelah beraktivitas di luar
  • Gunakan masker wajah setiap minggunya
  • Gunakan pelembab kulit dari dalam dan luar. Dengan konsumsi makanan sehat dan menggunakan krim pelembab
  • Pilihlah produk kosmetik non-komedogenik
  • Terakhir selalu konsultasi dengan dokter untuk saran tindakan preventif

Kesimpulan

Ada banyak produk buatan dan alami yang tersedia di pasaran untuk digunakan. Namun, selalu lakukan uji tempel sebelum membeli produknya secara utuh. Uji tempel bisa dilakukan di leher dan tangan, jangan pernah di wajah.

Literasi diri mengenai bahan-bahan yang digunakan untuk masalah kulitmu sebelum membelinya. Jangan kemakan omongan orang tentang produk tertentu, karena belum tentu cocok untuk kulitmu. Bersabarlah dan tetap lakukan perawatan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5986265/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5825329/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3088940/
  4. https://www.researchgate.net/publication/271072186

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.