Blackheads (Komedo Hitam): Cara Mengatasinya Dengan Masker Wajah Alami

B

Komedo terdiri dari dua jenis, komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackheads). Dari antara dua jenis ini, komedo hitam atau blackheads lah yang dirasa paling mengganggu. Terutama karena penampilannya yang berwarna hitam, tampak sangat kentara di permukaan kulit. Ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan blackheads atau komedo hitam pada permukaan kulit. Bisa dengan menggunakan eksfoliasi kimia ataupun eksfoliasi sendiri di rumah dengan menggunakan scrub.

Namun sekarang, ada cara lainnya untuk menghilangkan komedo hita atau blackheads yang mulai digandrungi kaum wanita. Apa itu? Masker wajah. Banyak masker wajah yang dijual dewasa ini memiliki fungsi untuk menghilangkan blackheads (komedo hitam). Selain yang dijual di toko, kamu juga bisa membuat resep masker wajahmu sendiri. 

Tips:
Menurut seorang ahli dermatologis asal NYC, Dr. Hadley King (SKINNEY Medspa), masker wajah memang bisa menghilangkan penampilan hitam dari blackheads namun ini hanyalah efek jangka pendek saja. Selain itu, pemakaian masker wajah untuk menghilangkan komedo hitam atau blackheads ini cukup sekali seminggu saja karena bisa membuat kulit iritasi bila pemakaiannya sering

Terlepas apakah masker wajah blackheads yang kamu pakai itu buatan sendiri ataupun membelinya di toko, ada baiknya unutk tidak digunakan terlalu sering. Sangat penting juga dalam memakainya, mengikuti petunjuk produk bila kamu membeli masker wajah.

Bila kamu ingin membuat sendiri masker wajah penghilang blackheads atau komedo hitam, kamu bisa memakai bahan-bahan alami seperti buah-buahan. Berikut resep masker wajah untuk menghilangkan komedo hitam yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

Jeruk nipis

Alasan mengapa jeruk nipis bisa menjadi masker alami yang efektif dalam melawan blackheads atau komedo hitam adalah karena kandungan antioksidan dan vitamin C. Selain menghilangkan blackheads, masker jeruk nipis juga bisa menghilangkan jerawat, mengatasi minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati. 

Tips:
Untuk membuatnya mudah, cukup peras jeruk nipis dan oleskan air perasannya pada area wajah yang terkena komedo hitam atau blackheads secara merata. Diamkan selama 15 menit dan setelah itu, bilas wajah sampai bersih

Kulit jeruk

Dibandingkan dengan daging buahnya, ternyata kadar vitamin C pada kulit jeruk lebih banyak. Fungsi dari kulit jeruk ini tentunya untuk menghilangkan komedo hitam (blackheads) dengan cara mengecilkan pori-pori di permukaan kulit.

Tips:
Masker satu ini bisa dibuat dengan cara menjemur kulit jeruk sampai kering. Setelah kering, tumbuk sampai jadi halus. Campurkan dengan air sedikit saja sampai konsistensi berubah menjadi pasta. Setelah itu, oleskan campuran pasta tadi ke area yang memiliki komedo hitam (blackheads) dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas bersih dengan air hangat. 

Kulit jeruk juga mengandung kadar antioksidan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa antioksidan bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi ada kulit karena radikal bebas dan membersihkan pori-pori. 

Pepaya

Buah pepaya banyak memiliki kandungan enzim papain yang bisa meregenerasi kulit. Selain enzim papain, papaya juga mengandung vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan. Fungsi vitamin ini akan menutrisi lebih lanjut dan melembabkan kulitmu. Pemakaian masker papaya bisa membuat wajah menjadi lebih bersih dan tentunya bebas komedo hitam atau blackheads. Pepaya juga bisa menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit. 

Tips:
Menyiapkan masker pepaya terbilang cukup mudah. Iris pepaya kecil-kecil dan kemudian haluskan. Oleskan remukan papaya pada area yang berkomedo atau mengalami blackheads dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas bersih. Penggunaan yang teratur bisa mengecilkan pori-pori pada permukaan wajah 

Lemon

Buah lemon memang terkenal akan kandungan vitamin C nya. Tapi tidak hanya itu saja, lemon juga mengandung AHAs atau alpha-hydroxyl acid yang bisa menangkal radikal bebas dan efek lingkungan yang merusak. Lemon, tentunya sama seperti jeruk nipis dan kulit jeruk, bisa dipakai untuk menghilangkan blackheads atau komedo hitam. 

Tips:
Masker lemon bisa dibuat dengan cara memeras buah lemon. Sama dengan jeruk nipis, oleskan air perasan buah lemon tadi pada area wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit dan setelah itu, bersihkan muka. 

Tomat

Senyawa antioksidan yang bernama lycopene ada dalam tomat dan senyawa ini terbukti bisa menangkal radikal bebas dan membersihkan sel kulit mati yang sudah menumpuk di permukaan kulit. Bila sel kulit mati hilang, resiko terkena blackheads atau komedo hitam juga mengecil. Selain itu, tomat juga bisa digunakan sebagai tabir surya alami untuk meminimalizir kerusakan kulit karena paparan sinar matahari berlebih.

Tips:
Untuk membuatnya, cukup tumbuk halus tomat sampai menjadi halus. Oleskan remukkan tomat tadi pada wajah secara merata terutama di daerah yang berkomedo hitam. Diamkan selama 30 menit baru setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat sampai bersih. 

Lidah buaya

Aloe vera memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kulit. Pemakaian lidah buaya bisa menyegarkan wajah, mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori, serta yang terakhir, membersihkan komedo di wajah. 

Tips:
Cara membuat masker lidah buaya relatif mudah. Cukup petik daun lidah buaya secukupnya. Lalu ambil gel yang ada di tengahnya dan oleskan secara merata pada area wajah yang memiliki komedo hitam. Diamkan selama 15 menit dan setelah itu, bersihkan wajah sampai bersih. 

Putih telur

Bahan satu ini sudah terbilang umum digunakan kaum wanita untuk menghilangkan komedo hitam dan membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Kekurangan dari masker ini adalah bau amis dari telur. Untuk meminimalizir baunya, kamu bisa mencampurkan 1sdt perasan jeruk nipis atau lemon. 

Madu

Selain pepaya, tomat, dan lidah buaya, ada pelembab alami lainnya yang bisa digunakan yaitu, madu. Selain sebagai pelembab alami, masker madu juga bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati sehingga wajah tampak leih cerah. Kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa bermanfaat unutk mengusir komedo hitam atua blackheads. 

Tips:
Untuk menghilangkan komedo hitam dengan masker madu cukup siapkan 1sdm madu. Oleskan madu pada area wajah yang berkomedo dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air sampai bersih.  

Baking soda

Selain sebagai bahan untuk membuat kue, baking soda memiliki banyak manfaat lainnya. Mulai dari membersihkan kerak di gigi sampai dengan membersihkan wajah dari tumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Selain bersifat eksfoliasi, baking soda juga mangatur produksi minyak (sebum) dan mngatur pH kulit serta membersihkan komedo yang membandel. 

Tips:
Karena baking soda termasuk bahan yang keras, gunakan sedikit saja baking soda kira-kira sebanyak 1sdt. Kemudian campurkan dengan air sampai konsistensi menyerupai pasta. Setelah itu, oleskan campuran tadi pada area yang berkomedo saja dan biarkan selama 5-10menit, jangan lama-lama. Bila sudah, bersihkan wajah sampai bersih

Itulah beberapa masker wajah yang bisa menghilangkan komedo hitam atau blackheads yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahan yang digunakan mudah didapat dan terjangkau. Namun seperti yang sudah dikatakan di atas, pemakaian masker wajah ini, biarpun alami, hendaknya tidak sering-sering. Mengapa? Alasan utamanya bisa membuat wajah kehilangan minyak alami (sebum) dan membuat permukaan kulit kering.

Bila kulit kering, maka akan rentan dan mudah terkena iritasi. Untuk hasil maksimal, kamu bisa meletakkan handuk hangat pada wajahmu selama 5-7mnt sebelum menggunakan masker wajah. Hal ini akan membuka pori-pori di permukaan kulit terbuka sehingga memudahkan ekstrasi komedo-komedo hitam yang membandel. 

Kesimpulan

Biarpun kamu bisa membersihkan komedo hitam sendiri, ada baiknya kamu melakukannya dengan ahli kecantikan atau ahli kulit. Yang pertama, mereka memang ahli di bidangnya dan yang kedua mereka lebih paham tentang jenis kulit dan treatment (perawatan) mana yang cocok digunakan. Bila kamu ingin tahu lebih banyak mengenai komedo, terutama blackheads, kamu bisa klik di sini. Untuk mengetahui soal whiteheads, kamu bisa baca di sini.

Jika kamu ingin menghilangkan blackheads dengan eksfoliasi kimia, dapatkan jawaban lebih jelasnya di sini dan di sini.  Pastikan kamu mengikuti aturan pakai pada kemasan produk yang kamu beli atau biarpun menggunakan masker alami, risetlah terlebih dahulu mana yang memang terbukti ampuh dan bekerja unutk tipe jenis kulitmu sehingga masalah kulit lainnya bisa dihindari. 

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3266803/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.