Cara Alami Menghilangkan Blackheads – Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

C

Apakah kulit wajahmu memiliki blackheads? Pastinya blackheads tersebut sangat menganggu dan membuat penampilanmu kurang menarik. Sebenarnya, apa itu blackheads? Mari cari tahu cara alami menghilangkan blackheads.

Apa yang menyebabkan blackheads bisa timbul di permukaan kulit wajah? Apakah ada cara alami untuk menghilangkan blackheads tanpa melakukan perawatan di klinik atau salon kecantikan? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak artikel di bawah ini. 

Apa itu Blackheads (Komedo)?

Dalam bahasa Indonesia, istilah blackheads sering dikenal sebagai komedo. Blackheads biasanya sering muncul terutama pada orang yang memiliki wajah berminyak. Karena berbeda dengan whiteheads, blackheads ini memberikan tampilan bintik-bintik hitam, yang biasanya kerap muncul di daerah hidung, dahi dan pipi.

Biarpun ada beberapa bagian wajah yang bisa terkena komedo atau blackhedas. Blackheads sering terjadi karena pori-pori kulit tertutup oleh kotoran atau pori-pori kulit tersumbat. Bila tidak dibersihkan, blackheads ini bisa menimbulkan permasalahan kulit lainnya, salah satunya bisa mengurangi elastisitas kulit. Mari cari tahu cara alami menghilangkan blackheads.

Blackheads (Komedo) – Penyebabnya?

Tertutupnya pori-pori kulit oleh kotoran memang menjadi penyebab nomor satu alasan orang memiliki komedo atau blackheads. Namun selain itu, ada juga alasan lainnya. Menurut suatu studi, inilah beberapa alasan mengapa komedo atau blackheads bisa muncul:

  • Pubertas

Sudah diketahui umum, bila saat usia seseorang beranjak remaja, biasanya perubahan hormon bisa memicu timbulnya masalah jerawat. Mungkin awalnya kulit wajah bersih dan mulus, namun saat menginjak pubertas, kulit wajah berubah jadi lebih berminyak dan berjerawat. 

  • Hereditas

Setiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda yang biasanya didapat dari hereditas atau turunan. Ada yang memang memiliki kulit wajah yang sempurna, tidak rentan berjerawat dan mulus, tapi ada juga yang memang kulitnya berminyak, mudah berjerawat dan berkomedo. 

  • Produk kecantikan

Tidak banyak orang tahu kalau produk kecantikan yang mereka pakai, seperti bedak ataupun make-up, atau serum dan minyak rambut, dll, bisa menyebabkan pori-pori kulit tertutup (Kalau make-up biasanya menimbulkan komedo di daerah pipi dan hidung, sedangkan penggunaan serum atau minyak rambut bisa menimbulkan komedo di daerah dahi). Bila pori-pori kulit tertutup, maka kulit wajah sangat rentan untuk terkena komedo atau blackheads. 

  • Higenis 

Sama seperti kenapa kita harus mandi setiap hari agar tubuh bersih, kulit wajah juga perlu dibersihkan secara teratur agar kotoran atau sel-sel kulit mati tidak menumpuk dan menutupi pori-pori kulit. Bila tidak menjaga kebersihan kulit, maka kulitmu akan rentan berjerawat dan berkomedo atau memiliki blackheads. 

Biasanya komedo kerap kali muncul di daerah dahi, pipi, maupun hidung. Ketiga bagian ini sering disebut t-zone. Ada berbagai macam cara untuk membersihkan blackheads atau komedo,mulai dari home-remedi yang bisa dilakukan sendiri di rumah, ataupun perawatan di salon atau klinik kecantikan oleh ahlinya.

Kali ini, kita akan bahas cara alami atau home-remedi untuk menghilangkan blackheads atau komedo yang bisa dilakukan sendiri di rumah. 

Langkah-langkah untuk menghilangkan blackheads (komedo) secara natural 

Kalau ditanya, “mengapa memakai cara alami? Padahal ada produk perawatan kulit yang menawarkan pembersih komedo dalam waktu singkat.” Jawabannya karena, cara alami memiliki sedikit efek samping ketimbang menggunakan produk yang sudah diproses secara kimia dan efek samping, kalaupun ada, juga tidak banyak memberikan dampak besar karena semuanya alami.

Memang namanya alami, pasti butuh waktu agak lama agar efeknya terlihat. Di bawah ini, langkah-langkah praktis untuk membersihkan komedo di dahi, hidung, dan pipi secara alami.

A. Cuci muka dua kali sehari

Biasakan untuk mencuci muka dua kali sehari, untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati secara teratur dan alami dari kulit. Tahu sendiri, di Indonesia, tingkat polusinya tergolong tinggi. Jadi kalau kamu tidak rajin atau tidak punya kebiasaan memcuci wajah, bisa diupayakan mulai sekarang.

Bisa mencuci muka saat pagi, saat akan beraktivitas maupun saat malam hari, sewaktu akan tidur. Namun bila kamu beraktivitas di luar ruangan saat siang hari dan mengenakan tabir surya, jangan lupa untuk mecuci wajah saat sudah ada di rumah. 

B. Rutin eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses mengelupas sel-sel kulit mati dan meregenerasi sel-sel kulit yang baru di permukaan pori-pori kulit. Ada dua jenis eksfoliasi yang bisa dilakukan yaitu, eksfoliasi secara kimia (chemical peels) ataupun eksfoliasi secara manual (physical peels) dengan cara digosok (scrub). Usahakan untuk melakukan proses ini secara rutin, setidaknya sebulan sekali, agar bebas komedo.

Tips:
Dr. Dennis Gross, seorang pakar eksfoliasi dan dermatologi, mengatakan bahwa kedua macam eksfoliasi di atas, baik kimiawi maupun yang manual, bisa dilakukan. Namun, eksfoliasi kimia lebih memberikan hasil dan tidak melukai kulit. Ada dua jenis bahan yang sering dipakai yaitu, AHAs dan BHAs. Keduanya bisa digunakan berdampingan untuk memberikan hasil maksimal dalam melakukan proses eksfoliasi.

C. Pore Pack alami dari madu dan susu

Pore biassanya digunakan untuk membersihkan komedo di daerah hidung, namun kamu bisa membuat pore packmu sendiri dari campuran madu alami dan susu murni. Keunggulan membuat sendiri pore pack adalah selain hanya menggunakan bahan alami juga kamu bisa menyesuaikannya dengan area-area lain yang terkena komedo (biasanya pore pack hanya digunakan untuk bagian hidung saja).

Caranya, dengan mencampurkan keduanya secara merata dengan menggunakan sedikit saja air hangat. Setelah bercampur, bersihkan wajahmu terlebih dahulu dan oleskan campuran tadi ke area yang bermasalah seperti dahi, hidung, dan pipi. 

D. Pakai oil-free sunscreen atau tabir surya bebas minyak 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, komedo sering muncul pada orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Jadi bila kamu menggunakan tabir surya yang mengandung minyak, hal itu malah menyumbat pori-porimu dan membuat parah masalah komedomu.

Memang, penggunaan tabir surya yang mengandung SPF itu penting untuk menjaga kulit dari sinar UV cahaya matahari, namun pilihlah tabir surya yang tidak mengandung minyak. 

E. Masker wajah 

Ada masker wajah yang memang bisa membersihkan tidak hanya komedo namun juga mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan pori-pori wajah. Bahan yang sering digunakan yang biasanya putih telur. Caranya membuatnya pun mudah. Cukup butuh satu putih telur dan tisu.

Pertama-tama, bersihkan wajah terlebih dahulu dan keringkan dengan lembut dengan cara menepuk-nepuk, kemudian letakkan tisu kering di area yang berkomedo. Kuaskan putih telur ke atas tisu kering sebanyak dua kuasan dan tunggu kering. Setelah itu, uraikan tisu tadi. Bila melakukan ini secara teratur, komedo hitammu pasti akan berkurang dan bahkan lenyap. 

F. Menggunakan buah strawberi

Selain enak dimakan, buah satu ini juga kaya akan kandungan alami AHAs (asam buah-buahan) dan BHAs (salicylic acid), Duo kombinasi bahan tersebut memang sudah terkenal sangat ampuh tidak hanya dalam membersihkan komedo namun juga untuk merawat wajah dari masalah jerawat.

Cara menggunakannya pun mudah. Kamu bisa meremukkan strawberi secukupnya dalam mangkuk kemudian aplikasikan pada area yang bermasalah. Jangan lupa untuk membersihkan wajahmu terlebih dahulu dan mengeringkannya dengan lembut sebelum melakukan proses ini. Menurut sebuah riset, cara eksfoliasi herbal ini juga bisa bersifat anti-aging dan bisa menyegarkan kulit.

G. Gel lidah buaya (aloe vera)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab blackheads (komedo) ataupun jerawat muncul di kulit wajah karena, adanya produksi minyak alami wajah (sebum) berlebih yang akhirnya menumpuk dan menyumbat pori-pori di permukaan kulit.

Gel lidah buaya ini memiliki sifat anti-biotik yang tidak hanya mencegah terjadinya permasalahan pada kulit namun juga membersihkan pori-pori di permukaan kulit wajah dan mengontrol produksi minyak alami wajah (sebum).

Selain itu, gel lidah buaya juga mengencangkan dan menghidrasi kulit sehingga masalah blackheads (komedo) maupun masalah jerawat lainnya bisa dihindari. Untuk melakukannya, kamu bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya pada area yang berkomedo dan bairkan selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci bersih dengan air hangat.

Tips:
Ada kalanya kulit seseorang menunjukkan alergi pada gel lidah buaya, seperti kulit jadia kemerahan dan gatal. Karena alasan tersebut, ada baiknya untuk menguji terlebih dahulu pada area kulit yang lain seperti punggung tangan dan lihat apakah ada reaksi alergi yang timbul. Bila tidak ada, baru aplikasikan pada area kulit yang bermasalah. 

Nah, itulah langkah-langkah praktis yang menggunakan cara alami yang bisa kamu gunakan untuk tidak hanya mmebersihkan wajahmu dari blackheads atau komedo, tapi juga menjaga agar kulit wajahmu tetap bersih dan bebas dari masalah jerawat lainnya.

Penggunaan bahan-bahan alami ini sifatnya lembut dan progresif, tidak kilat seperti produk kimia atau perawatan kecantikan di klinik ataupun salon. Karena itu, agar mendapat hasil yang diinginkan, harus melakukan langkah-langkah di atas secara rutin dan teratur. 

Kesimpulan

Membersihkan komedo dengan bahan-bahan alami ini tentunya tidak cepat dan membutuhkan waktu agak lama bila dibandingkan dengan eksfoliasi di klinik atau salon kecantikan. Namun, karena menggunakan bahan natural dan sifatnya yang membersihkan dan memperbaiki dengan lembut, tidak ada efek samping parah pada kulit.

Berbeda dengan penggunaan bahan kimia yang memang bisa membersihkan atau merawat masalah kulit yang diinginkan namun kerap kali menimbulkan masalah pada kulit bagian lainnya. 

Yang patut diingat juga, perawatan atau membersihkan wajah harus dilakukan secara rutin. Biarpun menggunakan produk perawatan yang harganya mahal di klinik kecantikan ternama, tidak akan banyak memberikan hasil bila kita sendiri tidak melanjutkan merawat kulit kita di rumah. 

Jadi bila kamu belum memiliki kebiasaan baik untuk merawat kulit wajah seperti rajin mencuci muka dan membersihkan wajah dari kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk, mungkin kamu bisa memulai untuk membuat kebiasaan itu.

Bagi kamu yang sudah mempunyai kebiasaan untuk merawat kulit wajah, tetap pertahankan agar kulit wajahmu tetap sehat, bersih, lembut, dan bersinar. 

Referensi:

  1. https://docs.google.com/document/d/12lwMwn2OqsyYr0FCpD4zJlr6-J6EU8UBMWbD0RW6BQ4/edit?invite=CIWWtOkJ&ts=5f55c0df
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921757/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921757/
  4. https://www.researchgate.net/publication/224892687_Skin_Care_with_Herbal_Exfoliants

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.