Cara Efektif Menghilangkan Noda Hitam Pada Wajah

C

Noda hitam pada wajah kadang dapat menjadi sangat membandel dan sulit dihilangkan. Bagaimana cara yang teruji efektif untuk menghilangkan noda hitam? Yuk kita simak. Memiliki dark spot atau noda hitam pada wajah memang kadang sangat menjengkelkan. Memang sih noda hitam pada wajah dapat ditutupi dengan concealer atau foundation. Tetapi kita tidak mungkin selalu tampil dengan makeup yang tebal, kan?

Adanya noda hitam pada wajah dapat membuat kulit wajah kita menjadi tampak lebih kusam dan tidak bersih. Produk skincare dan treatment yang ditawarkan untuk mengusir noda hitam memang banyak. Tetapi bagaimana cara yang telah teruji efektif dan direkomendasikan para ahli kulit untuk menghilangkan noda hitam pada wajah? Simak sampai tuntas, ya!

Bagaimana Noda Hitam Pada Wajah Dapat Terbentuk?

Mengapa ada bagian dari kulit di wajah kita yang berwarna lebih gelap dari bagian lainnya? Bagaimana ini dapat terjadi? Timbulnya noda hitam pada wajah erat kaitannya dengan produksi melanin yang berlebihan pada suatu area kulit wajah kita. Noda hitam pada wajah juga dapat disebut sebagai hiperpigmentasi atau kelebihan pigmen melanin.

Melanin adalah pigmen yang memberikan warna coklat atau gelap pada kulit. Melanin bukanlah senyawa tunggal, melainkan campuran senyawa biopolimer yang disintesis oleh melanosit pada lapisan epidermis kulit. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berkulit gelap memiliki jumlah melanin yang lebih banyak pada kulitnya dibandingkan dengan orang yang berkulit terang. Maka timbulnya noda gelap pada kulit erat kaitannya dengan pembentukan melanin pada area kulit tersebut.

Noda hitam pada kulit terjadi karena sintesis melanin yang berlebih pada area kulit tertentu. Menumpuknya jumlah melanin pada bagian kulit ini akhirnya menyebabkan area kulit tersebut tampak lebih gelap dari bagian kulit di sekitarnya. Noda hitam pada kulit sebenarnya tidak mempengaruhi kesehatan kulit kita, tetapi dapat sangat mengganggu penampilan.

Jenis-jenis Noda Hitam Pada Wajah dan Cara Efektif Untuk Mengatasinya

Ada beberapa jenis noda hitam pada wajah berdasarkan penyebab dan karakteristiknya. Kadang jenis noda hitam yang berbeda akan memerlukan cara yang berbeda pula untuk menghilangkannya.

Beberapa jenis noda hitam pada wajah diantaranya adalah:

  • Hiperpigmentasi post-inflamasi

Merupakan jenis noda hitam yang terjadi pada area kulit yang sebelumnya mengalami peradangan atau luka. Orang yang memiliki kulit lebih gelap beresiko lebih tinggi untuk mengalami noda hitam jenis ini. Hiperpigmentasi post-inflamasi yang paling banyak dialami adalah noda hitam karena jerawat. Hiperpigmentasi post-inflamasi umumnya dapat dihilangkan secara efektif dengan memakai krim atau serum pencerah kulit, chemical peeling, atau treatment laser.

  • Maturational dyschromia

Maturational dyschromia adalah noda hitam yang melebar pada bagian pipi dan dahi yang disebabkan oleh paparan sinar UV pada kulit yang telah mengalami proses penuaan. Noda hitam jenis ini umumnya dapat dialami oleh orang yang memiliki warna kulit cenderung gelap.

Noda hitam jenis ini dapat terjadi karena kulit yang tidak terlindungi dari sinar UV selama bertahun-tahun. Noda hitam ini dapat diatasi dengan efektif dengan pemakaian bahan aktif pencerah kulit, antioksidan, sunscreen, mikrodermabrasi, treatment laser, dan chemical peeling.

  • Dark circle pada area bawah mata

Noda hitam juga dapat timbul pada area kulit di bawah mata, yang biasa disebut sebagai dark circle atau mata panda. Umumnya dark circle disebabkan oleh proses aging, sinar UV, efek samping obat, atau karena perubahan hormonal. Noda hitam berupa dark circle dapat diatasi dengan bahan aktif pencerah kulit, laser IPL, chemical peeling, atau filler.

  • Melasma

Melasma merupakan area kulit yang lebih gelap yang umumnya disebabkan karena perubahan hormonal terutama karena pemakaian kontrasepsi hormon dan di masa kehamilan. Untuk memudarkan melasma biasanya diperlukan kombinasi treatment dan serum atau krim untuk dioleskan. Agar melasma memudar juga diperlukan perlindungan kulit yang kuat terhadap sinar matahari.

Penyebab Timbulnya Noda Hitam Pada Wajah

Beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya noda hitam pada wajah diantaranya adalah:

  • Sinar matahari

Kulit yang sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dalam waktu yang lama dapat mengalami noda hitam pada wajah. Noda hitam karena sinar matahari ini akan lebih mudah terbentuk pada kulit yang telah mengalami penuaan. Sebuah riset membuktikan bahwa tidak hanya sinar UV A pada panjang gelombang 100-400 nm saja yang dapat menyebabkan noda hitam, tetapi sinar tampak pada panjang gelombang 400 – 700 nm juga dapat menggelapkan warna kulit dengan segera.

Hal ini disebabkan sinar matahari dapat menstimulasi pembentukan melanin, sehingga kulit menjadi kelebihan melanin dan timbullah noda hitam. Noda hitam yang disebabkan oleh sinar matahari juga disebut sebagai sunspot atau age spot.

  • Peradangan pada kulit

Bagian kulit yang mengalami peradangan misalnya pada infeksi jerawat, eksim, atau mengalami luka akan memproduksi melanin dalam jumlah yang berlebih sebagai respon imun. Hasilnya saat luka dan peradangan itu sembuh, pada bagian tersebut akan timbul noda hitam. Orang yang berkulit gelap dapat lebih mudah mengalami noda hitam karena peradangan ini.

  • Perubahan hormonal

Perubahan tingkat hormon dalam tubuh secara drastis misalnya pada masa kehamilan dapat memicu melanosit untuk memproduksi melanin dalam jumlah yang berlebih. Akibatnya dapat timbul noda hitam pada bagian wajah atau bagian tubuh yang lainnya.

  • Efek samping obat-obatan

 Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat malaria, obat antidepresan trisiklik, dan antibiotik tertentu,  dapat menyebabkan efek samping timbulnya noda hitam pada kulit wajah. Pemakaian bahan kimia tertentu yang menyebabkan peradangan atau iritasi pada kulit wajah juga dapat menyebabkan noda hitam pada kulit wajah.

  • Karena penyakit

Beberapa penyakit seperti penyakit Addison dan hemochromatosis dapat menyebabkan noda hitam.

Bahan Aktif yang Direkomendasikan Untuk Menghilangkan Noda Hitam

Apapun jenis noda hitam yang timbul pada wajah, memakai produk skincare dengan bahan aktif pencerah kulit merupakan salah satu cara yang terbukti efektif untuk memudarkan noda hitam pada wajah. Beberapa bahan aktif yang direkomendasikan ahli kulit untuk memudarkan noda hitam pada wajah diantaranya adalah:

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang juga memiliki fungsi mencegah pembentukan melanin pada kulit. Vitamin C dapat menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit diantaranya berupa kulit keriput dan kusam. Menurut ahli kulit Dr. Sumayah Jamal, vitamin C juga dapat mencegah proses enzimatik pada pembentukan melanin pada kulit, sehingga dapat memudarkan noda hitam pada kulit.

Seorang dermatologis lainnya, Dr. Fran E. Cook-Bolden, juga merekomendasikan pemakaian vitamin C untuk mengatasi noda hitam, dan mengatakan bahwa vitamin C hanya akan bekerja pada area kulit yang menggelap, jadi tak perlu khawatir kulit akan menjadi belang.

Sebuah riset juga menyebutkan vitamin C sebagai salah satu bahan aktif yang efektif untuk memudarkan noda hitam yang timbul karena peradangan. Kadar vitamin C yang efektif untuk mengurangi noda hitam adalah 10%, dan kadang dikombinasikan dengan bahan aktif pencerah kulit lainnya.

  1. Hidrokuinon

Hidrokuinon merupakan bahan aktif yang telah banyak digunakan untuk memudarkan noda hitam selama lebih dari 50 tahun. Krim yang mengandung hidrokinon dengan kadar 2% atau kurang dapat dibeli dengan bebas tanpa resep dokter. Namun hidrokuinon dengan kadar yang lebih tinggi hingga 4% dapat digunakan dengan rekomendasi dari dokter. Hidrokuinon bekerja dengan menghambat enzim tirosinase yang membantu produksi melanin, sehingga produksi melanin pada kulit menjadi berkurang.

Efek hidrokuinon akan terlihat setelah pemakaian selama 8 hingga 12 minggu. Pemakaian hidrokuinon sebaiknya tidak untuk jangka panjang, karena dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti kulit menjadi kering, kemerahan, iritasi, terasa panas, dan dapat terjadi reaksi alergi. Karena itu dianjurkan untuk melakukan patch test terlebih dahulu sebelum memakai hidrokuinon pada kulit wajah.

Efek lain yang dapat timbul karena pemakaian hidrokuinon adalah timbul warna putih di sekitar area noda hitam yang diobati, yang disebabkan saat dioleskan melebar hingga ke bagian kulit yang tidak mengalami noda hitam. Karena itu sebaiknya saat memakai hidrokuinon oleskan krim tipis-tipis dan hati-hati untuk mengoleskan hanya pada area noda hitam.

  1. Retinoid

Retinoid merupakan golongan senyawa turunan vitamin A yang telah terbukti efektif untuk mengatasi noda hitam. Salah satu bahan aktif golongan retinoid yang kuat untuk mengatasi noda hitam adalah tretinoin yang dapat ditemukan dalam produk krim atau gel. Tretinoin pada kadar 0,1% telah terbukti efektif untuk memudarkan noda hitam pada wajah.

Golongan retinoid lainnya seperti adapalene pada kadar 0,3% dan tazarotene pada kadar 0,1% juga efektif untuk mengatasi noda hitam. Namun pemakaian retinoid juga harus dengan hati-hati dan sebaiknya dengan rekomendasi dokter, karena bahan aktif ini dapat menyebabkan efek samping berupa iritasi kulit dan reaksi alergi.

  1. Kojic acid

Kojic acid merupakan bahan aktif yang dihasilkan dari jamur dan fermentasi beras. Kojic acid juga merupakan salah satu bahan aktif yang banyak direkomendasikan ahli kulit untuk mengatasi noda hitam. Menurut seorang dermatologis, Dr. Carlos Charles, kojic acid bekerja dengan menghambat aktivitas pembentukan melanin dalam sel.

Kojic acid tersedia dalam konsentrasi 1 hingga 4% dan banyak dikombinasikan dengan bahan pencerah kulit lainnya seperti hidrokuinon. Kojic acid dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi pada kulit yang sensitif, dan umumnya digunakan hanya pada malam hari dalam dosis yang rendah.

  1. Azelaic acid

Banyak yang tidak tahu bahwa azelaic acid juga adalah satu bahan aktif yang direkomendasikan para ahli kulit untuk mengatasi noda hitam. Azelaic acid adalah bahan aktif yang diekstrak dari oat, gandum, atau rye yang dapat mengatasi noda hitam dengan efektif dan memiliki efek anti bakteri. Azelaic acid tersedia dalam kadar 15 hingga 20%. Sebuah riset telah membuktikan bahwa azelaic acid dapat memudarkan melasma secara signifikan setelah pemakaian selama 24 minggu.

Treatment yang Efektif Untuk Menghilangkan Noda Hitam Pada Wajah

Selain dengan memakai serum, krim, atau gel yang mengandung bahan aktif yang dapat mencerahkan warna kulit di atas, melakukan treatment tertentu juga dapat membantu memudarkan noda hitam. Beberapa treatment yang direkomendasikan ahli kulit dunia untuk mengatasi noda hitam diantaranya adalah:

  1. Chemical peeling

Prosedur chemical peeling umumnya menggunakan glycolic acid pada kadar 20 – 70%, salicylic acid dengan kadar 20 – 30%, dan trichloroacetic acid (TCA) pada kadar 10 – 25%. Chemical peeling umumnya dilakukan tiap 2 minggu atau 1 bulan sekali, dan dikombinasikan dengan pemakaian krim yang mengandung bahan aktif pencerah kulit seperti hidrokuinon atau tretinoin.Sebuah riset membuktikan bahwa chemical peeling dengan glycolic acid selama 6 kali yang disertai dengan pemakaian krim tretinoin 0.05% dapat memudarkan noda hitam secara signifikan dengan lebih cepat.

  1. Laser

Laser merupakan perawatan yang cukup mahal namun terbukti sangat efektif untuk mengatasi noda hitam pada wajah. Sebuah studi menunjukkan bahwa perawatan laser yang dikombinasikan dengan pemakaian krim yang mengandung hidrokuinon, tretinoin, dan vitamin C dapat mengurangi melasma hingga 50% hanya dalam waktu 1 bulan setelah treatment yang pertama. Menurut ahli kulit Dr. Cook-Bolden, laser dapat memfokuskan sinar dan menargetkan pada pigmen kulit untuk memecah dan merusak partikel pigmen pada kulit.

Tips Untuk Mencegah dan Mengatasi Noda Hitam Pada Wajah

Untuk mencegah dan mengurangi noda hitam, sebaiknya:

  • Selalu gunakan sunscreen dengan SPF 30 ke atas di pagi dan siang hari.
  • Hindari keluar ruangan saat matahari terik, yaitu sekitar pukul 10 pagi hingga 3 sore.
  • Hindari obat-obatan yang memiliki efek samping hiperpigmentasi.

Kesimpulan

Noda hitam pada wajah dapat sangat mengganggu penampilan. Noda hitam dapat terjadi karena produksi melanin yang berlebihan pada area kulit wajah tertentu. Timbulnya noda hitam dapat disebabkan oleh sinar matahari, luka atau inflamasi, perubahan hormonal tubuh, efek samping obat-obatan tertentu, atau karena kondisi penyakit.

Noda hitam dapat dihilangkan dengan pemakaian serum, krim, atau gel yang mengandung bahan aktif yang telah terbukti efektif, diantaranya adalah vitamin C 10%, hidrokuinon 2 – 4%, tretinoin 0,1%, azelaic acid 15 – 20%, dan kojic acid 1 – 4%. Selain itu, untuk hasil yang lebih cepat juga dapat dilakukan perawatan berupa chemical peeling atau laser.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3400707/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921758/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4142815/

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.