Cara Memilih Krim Mata Terbaik Untuk Area Bawah Mata

C

Rajin memakai krim eye dapat membantu mengatasi eye panda dan kantung mata. Pastikan Anda memilih produk eye cream yang tepat. Baca dulu artikel berikut ini.

Area kulit di bawah mata adalah area yang paling tipis dan sensitif, sehingga lebih mudah mengalami iritasi. Memakai cream wajah untuk area bawah mata jika tidak hati-hati dapat menyebabkan iritasi atau peradangan, karena kondisi kulit di area bawah eye berbeda dengan kulit di area lainnya.

Memakai cream mata secara teratur dapat memudarkan dan mencegah tanda-tanda penuaan. Tetapi kita juga harus jeli memilih cream mata yang terbaik. Inilah cara memilih cream eye terbaik untuk area bawah mata.

Apakah Kita Memerlukan Cream Mata?

Sebenarnya, perlu atau tidaknya cream eye hingga saat ini masih diperdebatkan. Sebagian orang berpendapat bahwa kita tidak memerlukan cream yang spesifik untuk mata, dan cream wajah yang biasa kita gunakan juga dapat dipakai untuk merawat area bawah mata.

Namun, banyak ahli kulit yang berpendapat bahwa memakai cream mata dapat mengatasi masalah pada area bawah mata seperti dark circle, kerutan, dan kantung mata.

Perlunya Memakai Cream Mata Menurut Ahli Kulit

Para ahli kulit pun banyak yang memiliki pendapat yang berbeda tentang perlunya memakai krim mata. Seorang ahli kulit, Dr. Katrina Good, mengatakan bahwa cream wajah sama baiknya jika digunakan untuk area mata.

Sementara itu Dr. Helen Knaggs, seorang ahli kulit dan juga wakil presiden Global Research and Development Nu Skin, mengatakan bahwa kulit di sekitar mata adalah bagian kulit yang paling tipis dan rapuh, dan juga sering melakukan gerakan mikro. Dr. Knaggs menyarankan untuk ekstra hati-hati dalam menggunakan produk untuk kulit di bawah mata. Jadi, memakai cream yang khusus untuk area mata akan sangat membantu.

Banyak ahli kulit lain yang juga berpendapat bahwa memakai produk berupa cream atau gel yang didesain khusus untuk area mata jauh lebih baik daripada memakai produk cream wajah biasa. Karena penggunaan cream wajah pada area di bawah mata dapat menimbulkan iritasi.

Area mata yang sangat tipis dan sensitif dapat menyebabkan lebih rentan untuk mengalami tanda-tanda penuaan dini. Karena itu, merawat area bawah mata dengan krim khusus untuk kulit sekitar mata adalah penting.

Menurut Journal of Cosmetic Dermatology, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa krim mata anti aging memang dapat menghaluskan area di bawah mata dan mengurangi kerutan pada area tersebut.

Bahan Aktif yang Terkandung Dalam Krim Mata

Saat Anda mencari cream mata yang baik, cobalah amati bahan aktifnya dan pastikan cream mata yang Anda pilih memiliki salah satu atau kombinasi bahan-bahan berikut:

  • Antioksidan

Bahan aktif antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan ferulic acid dapat mengatasi masalah pada area bawah mata sekaligus melindungi kulit dari kerusakan. Zat antioksidan dapat mencerahkan area kulit di bawah mata dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2009 telah membuktikan bahwa cream mata yang mengandung vitamin C 10% efektif mengurangi pigmentasi pada area bawah mata. Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa cream mata dengan vitamin C dapat menstimulasi terbentuknya kolagen di area bawah mata.

Antioksidan yang lainnya seperti vitamin E juga banyak digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan, termasuk untuk area bawah mata. Konsentrasi vitamin E untuk cream mata umumnya 0,5 – 1%.

Ferulic acid juga merupakan salah satu bahan aktif antioksidan yang baik untuk krim mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ferulic acid yang dikombinasikan dengan vitamin C dan E akan memberikan perlindungan yang lebih kuat terhadap radikal bebas. Konsentrasi ferulic acid yang ditambahkan pada krim mata umumnya adalah 0,5%.

  • Hyaluronic acid

Hyaluronic acid dapat mengunci kelembaban pada area bawah mata, sehingga dapat mencegah kulit menjadi kering dan mengurangi kerutan di bawah mata.

Sebuah riset telah membuktikan bahwa hyaluronic 0,1% yang digunakan pada area bawah mata dapat meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, dan mengurangi penampakan kerutan.

  • Retinol

Zat aktif turunan vitamin A banyak digunakan sebagai anti aging, termasuk untuk area bawah mata. Retinol yang merupakan salah satu senyawa retinoid ini banyak digunakan untuk mengatasi masalah pada area bawah mata seperti pigmentasi dan kerutan. Retinol pada konsentrasi 1,6% telah terbukti mengatasi masalah dark circle dan kerutan pada area bawah mata. Penggunaan retinol sebaiknya hati-hati karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

  • Peptida

Peptida merupakan rantai pendek asam amino yang dibutuhkan oleh kulit untuk memproduksi kolagen. Peptida pada cream mata yang digunakan secara teratur dapat mengatasi kantung mata dan mengencangkan area kulit di bawah mata.

Sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2015 menyatakan bahwa peptida Ac-EEMQR pada konsentrasi 10% dapat mengurangi kerutan di bawah mata setelah penggunaan yang teratur selama 30 hari.

  • Niacinamide

Bahan aktif ini banyak digunakan pada produk skincare sebagai bahan pelembab dan pencerah kulit. Niacinamide dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah dark circle pada area bawah mata dengan cara memperlambat pembentukan melanin.

Sebuah studi juga menyatakan bahwa niacinamide terbukti efektif untuk memperbaiki tekstur kulit, mengurangi garis halus, dan mencerahkan area bawah mata. Kadar niacinamide yang efektif untuk cream mata umumnya adalah 5%.

  • Caffeine

Kafein merupakan alkaloid yang memiliki efek antioksidan. Penggunaan kafein sebagai cream mata dapat mengatasi kantung mata dan mata yang tampak lelah. Konsentrasi kafein yang efektif untuk krim mata umumnya adalah 5%.

  • Ceramide

Ceramide merupakan komponen yang penting dalam lapisan stratum corneum kulit. Ceramide dapat berfungsi sebagai skin barrier yang melindungi kulit dari kekeringan. Penggunaan ceramide secara teratur telah terbukti dapat meningkatkan kelembaban pada kulit yang kering. Pada area mata, penggunaan ceramide dapat menyamarkan garis halus dan kerutan. 

Tips Saat Memilih Krim Mata

Sebelum memilih cream mata, bacalah terlebih dahulu kandungan bahan aktifnya. Pastikan krim mata memiliki bahan aktif dengan kadar yang dapat memberikan hasil yang efektif. Perhatikan juga beberapa hal berikut ini saat memilih cream mata:

  • Mengandung bahan aktif anti aging

Krim mata yang baik umumnya mengandung kombinasi beberapa bahan aktif yang bersifat anti aging seperti antioksidan, bahan pencerah kulit, dan bahan aktif untuk memudarkan kerutan.

Contoh bahan aktif yang berfungsi sebagai anti aging adalah vitamin C, vitamin E, ceramide, peptide, retinol, dan sebagainya.

  • Tidak mengandung pewangi

Cream mata sebaiknya tidak mengandung pewangi apapun, baik itu parfum essential oil atau parfum sintetis. Kulit di bawah mata adalah area yang sensitif, dan parfum dapat menyebabkan iritasi. Jadi, pilihlah krim mata yang tidak mengandung parfum atau pewangi.

  • Pilih yang memiliki kemasan tube

Jangan memilih krim mata yang tersedia dalam kemasan pot. Bahan aktif anti aging seperti retinol, vitamin C, atau bahan antioksidan lainnya dapat menurun khasiatnya saat pot dibuka. Selain itu, krim mata dalam pot juga dapat terkontaminasi bakteri yang berasal dari jari atau spatula ketika Anda mengambil krim. Jadi, pilihlah krim mata yang tersedia dalam kemasan tube.

  • Sunscreen

Bila memungkinkan, untuk krim mata yang dipakai pada pagi hari, carilah krim mata yang mengandung SPF 30. Pastikan area bawah mata selalu terlindungi dari sinar matahari. Jika Anda tidak menemukan krim mata yang mengandung SPF, setelah memakai krim mata oleskan sunscreen yang biasa Anda gunakan pada pagi hari.

  • Sesuaikan dengan kondisi kulit

Krim mata yang efektif untuk mengatasi kerutan di bawah mata memang sebaiknya mengandung bahan aktif seperti retinol. Namun, jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif sebaiknya carilah krim mata dengan bahan aktif ceramide untuk memperkuat pertahanan kulit.

Tips Agar Krim Mata Bekerja Dengan Maksimal

Agar cream mata yang dipakai dapat memberikan efek yang optimal, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Gunakan secara teratur

Agar memberikan hasil yang signifikan, gunakan cream mata setiap hari sebagai bagian dari morning routine dan night routine Anda. Gunakan krim mata setelah memakai serum, sebelum memakai sunscreen.

  • Gunakan dalam jangka waktu yang lama

Krim mata baru akan memberikan hasil yang signifikan setelah penggunaan yang teratur selama 3 hingga 4 bulan. Jadi, jangan harapkan hasil yang instan. Pakailah secara teratur dalam jangka waktu yang lama untuk merasakan efeknya.

  • Tetap berharap yang realistis

Sudah memakai cream mata setiap hari selama berbulan-bulan tetapi merasa belum ada hasil juga? Jangan berharap terlalu muluk. Krim mata tidak akan dapat menghilangkan semua kerutan secara total, atau mengangkat kantung mata, atau menghilangkan dark circle secara total.

Krim mata yang baik akan menghidrasi kulit, menghaluskan tekstur kulit di bawah mata, mengencangkan, mencerahkan, serta menyamarkan penampakan garis halus, kerutan, dan kantung mata. Jika Anda telah merasakan hasil ini, artinya krim mata Anda telah bekerja dengan baik.

  • Krim mata dan masker mata

Bagi sebagian orang, memakai krim mata dikhususkan untuk dipakai pada pagi hari sebelum memakai sunscreen. Pada malam harinya, Anda dapat menggunakan masker eye yang dapat Anda biarkan semalaman untuk bekerja sehingga mata akan tampak lebih segar di pagi harinya.

  • Simpan krim mata dalam kulkas

Menyimpan krim mata dalam kulkas dapat membuat bahan aktif dalam krim mata menjadi lebih stabil. Selain itu, memakai krim mata yang telah dingin memberi efek menyegarkan bagi mata.

Cara Memilih Krim Mata Berdasarkan Masalah Kulit

Krim mata yang memiliki kandungan bahan aktif yang berbeda akan memberikan efek yang berbeda. Kenali masalah utama pada area bawah mata Anda, dan sesuaikan krim mata yang Anda pilih agar mengandung bahan aktif yang secara khusus efektif untuk mengatasi masalah pada area bawah mata. Berikut masalah umum pada kulit bawah mata dan cara memilih krim mata yang tepat.

  • Kantung mata

Kantung mata sangat umum dialami siapa saja. Kantung eye disebabkan oleh cairan yang terkumpul di jaringan kulit di bawah mata. Terkumpulnya cairan ini dapat diakibatkan sinus, alergi, atau penyebab lain seperti kurang tidur atau banyak mengkonsumsi alkohol.

Krim eye yang mengandung bahan aktif caffeine dapat meringankan masalah ini. Anda juga dapat mengatasinya secara alami dengan cara kompres eye potongan mentimun atau teh celup.

  • Dark circle

Dark circle atau lingkaran di bawah eye merupakan kondisi pigmentasi pada kulit. Atasi dengan cream mata yang mengandung bahan aktif pencerah kulit seperti vitamin C dan niacinamide. Dark circle juga dapat diakibatkan oleh kurang tidur, stress, sinar matahari, atau kebiasaan merokok. Pastikan Anda hindari dulu beberapa penyebab ini. Dark circle juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan.

  • Garis halus dan kerutan

Kondisi kulit di bawah eye yang sangat tipis ditambah dengan gerakan yang sering pada otot eye saat berkedip atau tersenyum, membuat area ini sangat mudah mengalami kerutan dan garis halus. Untuk mengatasi masalah ini, pilihlah cream mata yang mengandung bahan aktif yang dapat menstimulasi pembentukan kolagen seperti retinol, atau yang dapat mengunci kelembaban kulit seperti ceramide dan hyaluronic acid.

Hal Berikut Ini Akan Memperkuat Efek Krim Mata

Selain memakai cream mata, sebaiknya Anda juga melakukan hal-hal berikut ini untuk membantu mengatasi masalah pada area bawah mata:

  • Istirahat yang cukup

Usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu 6 hingga 8 jam sehari. Kurang tidur dapat membuat eye Anda terlihat lelah, dan dapat menyebabkan dark circle dan kantung mata.

  • Hindari merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan rusaknya kolagen pada kulit.

  • Minum suplemen kulit

Merawat kulit dari dalam akan membantu memelihara kesehatan kulit, termasuk area di bawah mata.

Kesimpulan

Cream mata telah teruji secara klinis dapat mengatasi tanda-tanda penuaan seperti pigmentasi dan garis halus atau kerutan. Karena area bawah eye adalah bagian kulit wajah yang paling tipis dan sensitif, maka penggunaan krim khusus untuk eye diperlukan untuk mengatasi masalah kulit di area bawah mata. Memilih cream mata yang baik harus memperhatikan kandungan bahan aktifnya.

Pastikan cream mata mengandung bahan aktif yang akan efektif mengatasi masalah kulit Anda dan dengan konsentrasi yang efektif. Hindari cream mata yang memakai pewangi. Pilihlah krim mata yang memakai kemasan tube. Untuk hasil terbaik gunakan cream mata secara teratur dalam waktu yang cukup lama, dan imbangi dengan gaya hidup sehat.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19735523
  2. https://www.researchgate.net/publication/26690057
  3. https://www.jidonline.org/article/S0022-202X(15)32491-X/fulltext
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4587894/
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6197824/

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.