Cara Mengurangi Produksi Melamin Di Kulit Agar Kulit Bersih dan Bebas Noda

C

 Siapa yang tidak ingin memiliki kulit mulus dan flawless? Namun, impian itu rasanya sulit digapai saat wajah kita memiliki endapan melanin yang menumpuk sehingga menyebabkan adanya bercak gelap di wajah. Tahu bagaimana mengurangi produksi melamin.

Kulit wajah yang menggelap juga dikenal sebagai Hiperpigmentasi. Di mana kondisi ini merupakan kelainan kulit yang umum dialami oleh banyak. Pasti banyak di antara kalian yang pernah menutupi noda hitam kamu dengan make-up. Kini, tak perlu lagi menutupi noda hitam kamu lagi. Ada cara lain untuk menghilangkan bagian gelap kulitmu. 

Karena pigmen melanin merupakan penyebab utama dari penggelapan kulit, solusinya adalah dengan mengurangi produksi melanin yang berlebih. Ada beberapa produk yang mampu mengurangi produksi melanin berlebih. Untuk lebih jelasnya baca artikel di bawah ya!

 Namun perlu kamu ingat bahwa memiliki bercak hitam di wajah bukan berarti kamu buruk. Itu bukan cerminan karakter dan kualitas diri kamu. Hanya saja tidak dapat disangkal keinginan memiliki wajah cerah tetap menjadi idaman.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang produksi melanin yang berlebih dan bagaimana menangani bercak hitam di wajah. Serta membuat kulit kita menjadi kencang dan sehat. Tahu bagaimana mengurangi produksi melamin.

Apa Itu Melanin dan Apa Pentingnya? 

Melamin adalah pigmen alami yang dibentuk oleh sel-sel yang disebut melanosit di lapisan bawah epidermis dan folikel rambut melalui reaksi kimia yang disebut melanogenesis. Dalam istilah ilmiah, proses ini terjadi ketika enzim tirosinase mengkatalisis oksidasi tirosin untuk diubah menjadi dihydroxyphenylalanine (DOPA). Tahu bagaimana mengurangi produksi melamin.

Fungsi Ganda Pigmen Melanin:

Melanin dikenal memiliki fungsi ganda di kulit kita. Pigmen yang membuat kulit kita berbeda-beda, ada orang berkulit gelap, cerah, dan bahkan pucat. Melanin sendiri berfungsi melindungi kamu dari bahaya sinar matahari.

Di dalam tubuh kita ada melanosit dengan jumlah yang sama. Namun, jumlah sel penghasil melanin tiap orang berbeda-beda. Beberapa menghasilkan lebih banyak melanin namun yang lain tidak. Semakin banyak produksi melanin dalam tubuh kamu, semakin gelap kulit kamu. Tahu bagaimana mengurangi produksi melamin.

Fakta Menarik:
Melanin sebenarnya berwarna hitam! Sebagian besar berwarna hitam atau coklat, melanin akan menentukan warna kulit kamu.

Apa Yang Menyebabkan Kadar Melanin Berlebih di Kulit Kamu?

Terkadang, melanosit dapat memproduksi pigmen melanin secara berlebih, dia dapat menumpuk di beberapa area kulit dan membuatnya tampak lebih gelap dari biasanya. Oleh sebagian dokter hal itu disebut sebagai Hiperpigmentasi.

Penumpukan melanin berlebih disebabkan oleh beberapa hal seperti yang ada di bawah ini:

  • Paparan sinar matahari yang berlebih: Radiasi sinar UV matahari memicu melanosit untuk menghasilkan melanin berlebih, yang mengakibatkan penggelapan pada kuli. Karena itu selalu gunakan perlindungan sinar UV di wajah kamu sebelum keluar rumah.
  • Genetik: Gen setiap orang berbeda-beda. Faktor gen dapat menentukan rasio produksi melanin seseorang. Orang-orang dalam etnis tertentu cenderung memiliki jumlah melanin yang berbeda-beda pula.
  • Keseimbangan Hormon: Gangguan hormon tertentu saat kehamilan dapat merangsang melanosit kamu untuk menghasilkan banyak pigmen melanin. Ada beberapa faktor lain juga, seperti efek samping obat, stres, proses penuaan, peradangan, kekurangan vitamin, dan pola makan tidak sehat yang bisa menimbulkan bercak di kulit kamu.

Cara Menurunkan Produksi Melanin di Kulit

Beberapa prosedur di klinik dan perawatan memang efektif dalam mengurangi produksi melanin di kulit kamu. Banyak orang pergi ke klinik dokter untuk mencerahkan kulit dengan menurunkan produksi melanin mereka.

Di bawah ini ada beberapa produk yang mungkin dapat mengatasi masalah kamu:

Perawatan Over-The-Counter:

Hydroquinone:

Hydroquinone adalah bahan pemutih kulit yang diakui kredibel. Bahan ini digunakan untuk mencerahkan di area kulit gelap. Seperti di area bintik hitam, bercak, melasma, bintik-bintik, dan Hiperpigmentasi. Ini banyak digunakan dalam krim obat dan lotion sebagai bahan efektif yang mengurangi penggelapan kulit.

Dia juga menurunkan produksi melanin di kulit dengan memecah melanosit dan bertindak sebagai penghambat tirosinase. Di mana tirosinase adalah enzim utama yang diperlukan untuk sintesis melanin.

Namun, ada banyak kontroversi mengenai bahan Hydroquinone ini. Karena Badan Pengawas Obat dan Makanan di AS (FDA) telah membatasi konsentrasi hidrokuinon menjadi 3%-4% untuk setiap resep, dan 2% untuk produk bebas.

Hydroquinone harus diawasi penggunaannya. Sangat disarankan untuk menggunakan produk berbahan hidrokuinon hanya untuk sementara saja dan tentunya di bawah pengawasan dokter.

Asam Kojic (Kojic Acid):

Bahan lain yang sangat populer digunakan untuk kulit Asia adalah asam Kojic. Asam ini didapat dari jamur dan beras yang difermentasi. Mereka dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik hitam, Hiperpigmentasi, dan bekas jerawat membandel. Sehingga membuat kulit kamu cerah dan bercahaya. Dia juga bekerja dengan menekan enzim L-Tyrosinase yang dibutuhkan melanin.

Meskipun dianggap aman untuk digunakan. Sebaiknya kadar yang digunakan adalah sebesar 1-2% saja untuk orang yang berkulit sensitif. Karena harus menggunakannya dengan hati-hati agar terhindar dari iritasi kulit.

Alpha Arbutin: 

Arbutin adalah turunan hidroquinon alami, yang diekstraksi dari beberapa spesies tumbuhan. Bahan ini sangatlah populer yang digunakan secara aman di berbagai belahan dunia. Dia menambah luminositas pada kulit dan meratakan warna kulitnya. Dia bekerja dengan menyumbat reversibel di melanin.

Sebuah studi klinis tahun 2018 yang diterbitkan oleh Cosmetic Facial Surgery melaporkan bahwa arbutin dapat secara efektif mengurangi kandungan melanin hingga sekitar 39%. Untuk konsentrasi Alpha Arbutin yang dianjurkan dalam produk perawatan kulit berkisar 0,2%-2%. 

Retinoid:

Retinoid memang bahan yang populer karena kemampuannya untuk mengobati hampir semua masalah kulit dan hiperpigmentasi. Dia bekerja dengan menekan enzim tirosinase. Serta membantu dalam proses pembaruan sel dan redistribusi pigmen melanin, juga mengencangkan kulit.

Namun, Retinoid memiliki beberapa efek samping, seperti menyebabkan kulit kering kemerahan dan pengelupasan. Terutama bagi mereka yang pertama kali mencoba. Untuk menghindari hal ini, batasi penggunaan awal hingga 1-2 kali saja dalam seminggu dan tingkatkan pemakaian di minggu berikutnya.

Prosedur Klinik

Pengelupasan Kimiawi: Pengelupasan kulit kimiawi karena campuran asam alfa hidroksi (AHA) dan asam hidroksi beta (BHA) sangat efektif menghilangkan penumpukan melanin di lapisan permukaan kulit.

Mereka bekerja sebagai exfoliant yang kuat dan menyebabkan lapisan dangkal terkelupas kemudian diganti oleh kulit baru. Terapi pengelupasan yang mengandung konsentrasi asam ringan memang bisa dipraktikan di rumah. Namun, untuk konsentrasi asam yang kuat disarankan untuk diawasi oleh dokter.

 AHA 20% + BHA 2%

 Duo peeling yang kuat dari 30% AHA & 2% BHA yang memberikan pengelupasan kulit, baik di permukaan dan di dalam pori-pori. Sehingga membuat kulit kamu sehat dan bercahaya.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan prosedur medis yang melibatkan pengikisan fisik dari sel kulit. Ini dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam dengan menggosok kulit memakai bantuan mesin abrasif. Mesin ini akan membantu mendorong sel-sel kulit yang mengandung pigmentasi dengan lembut. Ini menghasilkan peremajaan. Perawatan ini banyak digunakan dan berisiko rendah.

Perawatan Laser

Prosedur ini menggunakan sinar laser yang ditargetkan untuk secara efektif menargetkan area tertentu yang mengandung bintik hitam. Mereka memecah molekul melanin yang terakumulasi dan membakar lapisan paling atas dari kulit yang mengalami perubahan warna. Perawatan ini juga membantu menghilangkan kulit rusak akibat Hiperpigmentasi untuk menghasilkan kulit cerah dan bersih.

Namun, perawatan laser biasanya mahal dan kemungkinan tidak berhasil untuk semua jenis kulit. Karena itu, disarankan untuk konsultasi dengan dokter sebelum menjalani perawatan laser. Biasanya, risiko yang akan diterima dari menggunakan laser adalah pembengkakan, kemerahan, iritasi, infeksi atau perubahan tekstur kulit.

Kesimpulan

Kulit membutuhkan melanin, produksi melanin sangat diperlukan untuk kulit. Tetapi rasio kelebihan di kulit tentu akan menimbulkan beberapa masalah serius. Oleh karena itu, selalu cari nasihat dokter kulit untuk menemukan solusi masalah kulit kamu.

Perawatan dengan menggunakan menggunakan tabel surya setidaknya 30 SPF di siang hari sangat penting untuk dilakukan. Juga, perlu dicatat bahwa tidak ada yang instan dalam merawat kulit. Kamu perlu rajin dan telaten dalam mempraktekannya untuk melihat hasil yang baik dan jangka panjang.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2671032/
  2. https://www.researchgate.net/publication/236343874

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.