Cara Menyusun Skincare Routine yang Terbaik Untuk Kulitmu

C

Yakin urutan skincare routine yang kamu lakukan setiap hari sudah benar dan tepat untuk jenis kulitmu? Baca dulu sampai habis cara menyusun skincare routine berikut ini.

Untuk memiliki kulit yang sehat dan terawat, memiliki produk skincare yang terbaik saja tidak cukup. Agar skincare yang kamu beli dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk kulitmu, kamu harus tahu urutan yang tepat untuk menggunakannya. Inilah pentingnya menyusun urutan skincare routine yang tepat. Urutan skincare routine yang perlu kamu ikuti akan tergantung dari jenis kulit, formulasi produk skincare yang kamu pakai, dan waktu pengaplikasian, pagi atau malam. Masing-masing produk skincare yang kamu miliki perlu diatur dengan tepat bagaimana urutan cara memakainya, dipakai tebal atau tipis, dipakai pagi atau malam, atau apakah ada yang tidak boleh dipakai bersamaan. Nah, agar kulit kamu semakin cantik, ikuti panduan cara menyusun skincare routine yang tepat berikut ini.

Apa Sih Sebenarnya Skincare Routine Itu?

Pasti kamu sering sekali menemukan istilah skincare routine. Sebenarnya apa sih skincare routine itu? Menurut sebuah jurnal, skincare routine adalah suatu proses untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kita. Karena skincare routine adalah sebuah proses, maka urutannya dari awal hingga akhir tentu harus tepat agar kulit kita mendapatkan hasil yang maksimal.

Langkah-langkah dalam skincare routine harian setiap orang dapat berbeda-beda, tergantung dari masalah kulit dan jenis kulitnya. Pada dasarnya, tahap skincare routine terdiri atas cleansing atau membersihkan wajah, pemberian nutrisi kulit, dan pemakaian pelembab. Bagi yang memiliki kulit yang bermasalah, maka dapat ditambahkan tahap untuk mengatasi masalah kulit tersebut, misalnya pemberian obat jerawat.

Kenali Kondisi Kulitmu Terlebih Dahulu

Sebelum menyusun skincare routine, kamu harus mengetahui jenis dan kondisi kulitmu terlebih dahulu. Pertama, kita perlu menentukan apa jenis kulit kita. Ada empat jenis kulit wajah, yaitu kulit normal, kering, berminyak, dan kombinasi. 

Kamu dapat menentukan apa jenis kulitmu dengan berkonsultasi dengan dokter kulit, atau dengan melakukan pengamatan sendiri. Kamu dapat melakukan pengamatan kondisi kulitmu setelah dibersihkan dengan pembersih ringan dan dibiarkan tanpa memakai apapun selama beberapa saat. Kulit normal biasanya tidak akan tampak ada masalah. Kalau kulitmu terasa kering dan kencang setelah dibersihkan ini, berarti kamu memiliki jenis kulit kering. Kulit berminyak akan terlihat mengkilap atau berminyak terutama pada area T dan dagu. Sementara jika kulitmu terasa kering di area pipi tetapi terlihat berminyak di area T, artinya kamu memiliki jenis kulit kombinasi.

Setelah mengetahui apa jenis kulitmu, kamu dapat menentukan skincare routine harian sesuai jenis kulit. Perhatikan juga apa masalah kulitmu. Apakah kulit terlihat kusam, mudah berjerawat, pori-pori besar, atau kulit terlihat ada noda hitam dan keriput? Pastikan skincare routine yang kamu lakukan memiliki tahap untuk mengatasi masalah kulitmu ini.

Pilih yang 3 Langkah atau 10 Langkah?

Masing-masing orang dapat memiliki tahap skincare routine yang berbeda. Seperti yang telah disebutkan di atas, tahapan skincare routine akan tergantung dari jenis dan masalah kulit. Namun beberapa faktor juga dapat mempengaruhi pemilihan skincare routine-mu, misalnya faktor ketersediaan waktu produk skincare yang dimiliki.

Mungkin kamu telah mencoba-coba skincare routine seperti apa yang memberikan hasil terbaik untuk kulit. Berapapun tahapan skincare routine yang kamu lakukan, pastikan ada 3 langkah pokok ini, yaitu membersihkan wajah, menargetkan masalah kulit, dan melembabkan kulit.

Lalu apa saja yang termasuk skincare routine dengan 10 langkah? Contoh skincare routine pagi 10 langkah adalah sebagai berikut:

  1. Cleansing oil.
  2. Pembersih wajah atau cleanser.
  3. Toner.
  4. Serum antioksidan.
  5. Obat jerawat atau spot-treatment untuk noda hitam atau masalah kulit lainnya.
  6. Krim mata.
  7. Face oil atau natural oil.
  8. Moisturizer.
  9. Sunscreen.
  10. Foundation atau make up.

Dan contoh 10 langkah skincare routine di malam hari adalah:

  1. Cleansing oil.
  2. Cleanser.
  3. Eksfoliator.
  4. Toner.
  5. Serum dengan bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit, misalnya serum retinol.
  6. Spot treatment.
  7. Serum hidrasi.
  8. Krim mata.
  9. Face oil.
  10. Krim malam atau sleep mask.

3 Langkah Ini Harus Ada dalam Skincare Routine Pagi

Jika menurutmu 10 langkah skincare routin pagi itu terlalu banyak atau kamu tidak punya cukup waktu di pagi untuk melakukan 10 langkah tersebut, setidaknya 3 langkah ini tidak boleh ditinggalkan pada skincare routine pagi:

  • Cleanser

Kulit kita tetap memproduksi minyak saat kita tidur. Selama kita tidur juga sel kulit mati dapat terbentuk di permukaan kulit. Hasilnya, saat bangun tidur pori-pori kulit dapat tertutup oleh minyak dan kotoran. Karena itu, membersihkan wajah di pagi hari hukumnya wajib dilakukan.

  • Moisturizer

Apapun jenis kulitmu, kamu perlu menggunakan moisturizer dalam skincare routine pagi. Tidak hanya kulit kering yang jelas-jelas butuh kelembaban ekstra, kulit berminyak pun perlu memakai moisturizer. Memakai moisturizer akan menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga lebih sehat. Moisturizer dapat berbentuk gel, lotion, atau krim. Sesuaikan moisturizer yang dipakai dengan jenis kulitmu. Perhatikan komposisi bahan moisturizermu, terutama bagi kulit berminyak dan rentan jerawat, pilihlah moisturizer yang non-comedogenic dan tidak mengandung minyak.

  • Sunscreen

Salah satu langkah penting untuk merawat kulit adalah melindunginya dari sinar UV yang dapat merusak kulit. Apalagi jika kamu memakai bahan aktif yang membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari seperti retinol. Memakai sunscreen di pagi hari itu wajib. Sinar UV dapat menimbulkan berbagai gangguan pada kulit. Dari mulai tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, noda hitam, hingga kanker kulit. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 ke atas dan ulangi pemakaian jika kulitmu terkena air atau keringat, atau tiap 2 jam sekali jika kamu beraktivitas di luar ruangan.

4 Langkah Dasar Untuk Skincare Routine Malam

Jika 10 tahap skincare routine malam hari terlalu panjang untukmu, paling tidak pada malam hari jangan lewatkan 4 tahapan skincare routine berikut ini:

  • Make up remover atau cleansing oil

Terutama untuk kamu yang memakai make up rutin setiap hari, jangan lewatkan tahap ini. Sabun atau cleanser kadang tidak dapat membersihkan sisa make up dengan sempurna. Kamu perlu memakai make up remover atau cleansing oil agar kulit benar-benar bersih.

  • Cleanser

Setelah menghapus make up, lanjutkan dengan memakai cleanser untuk membersihkan pori-pori wajah.

  • Spot treatment

Gunakan spot treatment di malam hari, misalnya untuk mengobat jerawat atau memudarkan hiperpigmentasi.

  • Krim malam atau sleeping mask

Langkah terakhir di malam hari adalah memakai krim malam atau sleeping mask. Krim malam dapat mengandung bahan aktif untuk masalah kulitmu dan juga bahan pelembab agar kelembaban kulit tetap terjaga saat tidur.

Memilih Cleanser yang Tepat Untuk Kulitmu

Membersihkan wajah selalu menjadi langkah awal skincare routine yang sudah pasti tidak boleh dilewatkan. Memilih cleanser yang tepat sesuai jenis kulit itu penting, agar kulit lebih bersih dan dapat menyerap nutrisi dari serum dan krim yang kamu pakai.

Untuk kulit normal, kamu dapat memakai cleanser yang sesuai dengan masalah kulitmu, bersihkan wajah dengan lembut dan bilas dengan air hangat. Jika kulit menjadi terasa kering atau berminyak setelah memakai cleanser, cobalah untuk mengganti cleanser-mu.

Untuk kulit kering, jangan memakai air hangat untuk membilas wajah, karena akan membuat kulit semakin kering. Pilihlah cleanser yang tidak mengandung alkohol dan pewangi.

Untuk kulit berminyak, gunakan cleanser yang oil free atau tidak mengandung minyak. Gunakan air hangat untuk membilas cleanser, dan jangan lupa gunakan toner setelahnya.

Eksfoliasi dan Hidrasi Adalah Kunci Skincare Routine Kulit Kering

Salah satu tahap skincare routine yang tidak boleh terlewat terutama bagi pemilik kulit kering adalah tahap hidrasi atau moisturizer. Kulit kering memerlukan skincare yang menghidrasi untuk mencegah kulit menjadi kering dengan cara menjaga kelembaban alami kulit. Dengan begitu, kulit agar terlihat lebih segar dan sehat. Efek hidrasi juga dapat menyamarkan garis-garis halus yang mudah timbul pada kulit kering.

Salah satu bahan aktif yang banyak digunakan untuk menghidrasi kulit dan mengunci kelembaban alami kulit adalah hyaluronic acid. Bahan aktif ini dapat mengikat molekul air hingga 1000 kali beratnya. 

Sebuah riset menyimpulkan bahwa pemakaian hyaluronic acid selama 8 minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 96%, mengurangi kedalaman kerutan hingga 40%, dan meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit hingga 55%.

Selain hidrasi, tahap eksfoliasi juga penting bagi kulit kering. Melakukan eksfoliasi secara teratur dapat menghilangkan timbunan sel kulit mati pada permukaan kulit, sehingga moisturizer dan bahan aktif lainnya dapat terserap dengan lebih maksimal. Tetapi sebaiknya kulit kering tidak melakukan eksfoliasi dengan scrub, karena dapat menyebabkan iritasi.

Skincare Routine Kulit Berminyak Fokuskan Untuk Cegah Jerawat

Bagi yang memiliki kulit berminyak, fokuskan skincare routine untuk mencegah komedo dan jerawat. Pertama, selalu memilih skincare yang non-comedogenic dan bebas minyak. Dengan begitu saat memakai skincare kamu bisa tenang karena skincare tersebut tidak akan membuat komedo semakin banyak atau menyebabkan jerawat.

Kedua, harus rajin eksfoliasi. Untuk kulit berminyak sebaiknya memakai skincare yang mengandung asam eskfolian, misalnya salicylic acid atau BHA. Salicylic acid telah digunakan secara luas dalam skincare, dari mulai cleanser, toner, serum, eksfolian, kamu dapat menemukan salicylic acid dalam skincare dengan mudah. Efektivitasnya juga tidak diragukan lagi untuk membersihkan pori, mengatasi dan mencegah komedo, dan mengatasi jerawat. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa salicylic acid efektif untuk mengatasi komedo dan jerawat.

Serum dan Nutrisi Untuk Kulit

Langkah yang utama dalam skincare routine adalah pemakaian serum atau krim untuk menutri kulit kita. Tentu saja hal ini adalah langkah yang penting, karena pada dasarnya semua rangkaian skincare routine tujuannya adalah untuk memberikan nutrisi yang tepat bagi kulit kita.

Serum yang banyak digunakan untuk skincare routine pagi adalah serum antioksidan, yang umumnya mengandung vitamin C atau vitamin E. Memakai serum antioksidan akan melindungi kulit dari efek negatif yang ditimbulkan oleh sinar UV dan radikal bebas, seperti tanda-tanda penuaan.

Vitamin C banyak digunakan sebagai serum wajah yang efektif. Banyak jurnal penelitian yang telah membuktikan bahwa serum vitamin C dengan kadar 10 hingga 20% efektif untuk mencerahkan kulit, meningkatkan kolagen, dan mengatasi kerutan serta garis halus pada wajah.

Krim Mata: Penting Untuk Mengatasi Mata yang Tampak Lelah

Step yang satu ini kadang sering terlewatkan. Tetapi rajin memakai krim mata dalam skincare routine tentu akan memberi hasil yang signifikan. Apalagi jika kamu sering tidur larut malam atau bekerja di depan layar komputer dalam waktu yang lama.

Memakai krim mata dengan sedikit pemijatan dapat mengurangi kantung mata dan lingkaran hitam pada mata, dan mengatasi mata yang tampak lelah.

Natural Oil Untuk Wajah: Hidrasi yang Optimal di Malam Hari

Saat ini menggunakan minyak natural atau face oil pada wajah sebagai bagian dari skincare routine semakin diminati. Face oil adalah minyak yang murni diperoleh dari bahan alami, misalnya minyak biji anggur atau grapeseed oil, sweet almond oil, rice bran oil, jojoba oil, dan rose hip oil.

Natural oil semakin diminati karena 100% alami. Selain itu natural oil juga memberikan manfaat yang signifikan bagi kulit. Natural oil dapat membantu mencerahkan kulit, melembabkan dan menghidrasi kulit, berfungsi sebagai antioksidan, dan juga dapat mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan.

Saat memilih natural oil yang tepat untuk kulitmu, perhatikan apakah minyak tersebut dapat menimbulkan komedo atau tidak, dan sesuaikan dengan jenis dan masalah kulit.

Kesimpulan

Menyusun skincare routine dengan urutan dan pilihan produk yang tepat itu sangat penting untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit kita. Susunan skincare routine yang tepat akan membuat produk skincare yang kita pakai dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kulit kita. Susunan skincare routine dasar di pagi hari umumnya adalah memakai pembersih wajah, toner, spot treatment, krim mata, moisturizer, sunscreen, lalu dilanjutkan dengan memakai make up. Sementara susunan skincare routine di malam hari pada dasarnya adalah memakai pembersih wajah, eksfoliator, toner, serum, spot treatment, serum hidrasi, krim mata, face oil, dan krim malam atau sleeping mask. Pastikan produk yang kamu pakai sesuai dengan jenis dan masalah kulit. Untuk kulit kering fokuskan skincare routine untuk menghidrasi kulit. Carilah rangkaian skincare dengan bahan aktif hyaluronic acid. Sedangkan untuk kulit berminyak, fokuskan pada skincare untuk mencegah jerawat dan komedo, misalnya yang mengandung bahan aktif salicylic acid.

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.