Cara Natural Membersihkan Whiteheads yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah – Beserta Pencegahannya

C

Seperti yang umum diketahui, komedo itu ada dua jenis. Komedo tertutup yang memberikan tampilan bintik-bintik hitam atau yang sering disebut blackheads, namun ada juga komedo tertutup yand memberikan tampilan warna putih yang disebut whiteheads. Mari kita kenal lebih lanjut apa itu yang disebut whiteheads. Mari kenali lebih jauh tentang apa itu komedo putih dan temukan cara natural membersihkan whiteheads di rumah.

Whiteheads (komedo putih) – apa itu?

Untuk mengetahui apa itu whiteheads, kita perlu tahu apa itu komedo pada umumnya. Komedo sendiri terbentuk ketika folikel-folikel rambut tersumbat. Folikel adalah tempat bertumbuhnya rambut yang sering disebut atau dikenal sebagai pori-pori kulit. Setiap folikel terdiri dari sehelai rambuts erta kelenjar sebasea yang memproduksi sebum.

Sebum merupakan sejenis zat berminyak yang berwarna kuning terang yang konsistensinya terdiri dari trigliserida, asam lemak, ester lilin, ester kolesterol, squalene, dan kolestrol. Fungsi utama sebum adalah untuk menjaga kelembapan dari rambut dan kulit.

Bilamana produksi sebum ini berlebih, maka kelebihannya akan dikeluarkan melalui pori-pori di permukaan kulit yang terbuka. Masalahnya, bila sudah dikeluarkan, sebum ini biasanya bercampur dengan keringat, sel kulit mati, lemak dari sel kulit, kotoran, serta partikel-partikel asing lain yang ada di lingkungan sekitar.

Jika tidak dibersihkan, campuran dari sebum, kotoran, dan sel kulit mati ini akan menumpuk dan menyumbat pori-pori. Nah, di sinilah bedanya. Bila pori-pori yang tersumbat, tapi daerah permukaannya tetap terbuka, maka disebut blackheads. Whiteheads sendiri adalah pori-pori tersumbat yang permukaannya tertutup.

Karakteristik whiteheads (komedo putih tertutup)

Komedo jenis ini terjadi karena pori-pori yang tersumbat, tertutup seluruhnya. Biasanya whiteaheads ukurannya kecil, berbentuk padat bila disentuh, dan warnanya putih atau agak kekuningan. Yang perlu diketahui juga, whiteheads biasanya tidak menyebabkan peradangan.

Tapi bisa meradang apabila ada bakteri yang masuk ke dalam komedo. Dari meradang itu bisa menjadi infeksi bila bakteri masuk dan akhirnya tumbuh jerawat. Biasanya whiteheads banyak timbul di daerah pipi, hidung, dan dahi. Terkadang bisa timbul di dagu juga.

Berbeda dengan blackheads atau komedo hitam yang terbuka, whiteheads ini susah dikeluarkan. Biarpun saat disentuh terasa dan menggunakan cara yang sama seperti cara untuk mengeluarkan jerawat, tetap sulit mengeluarkannya dan diperlukan perawatan khusus untuk benar-benar mengeluarkan whiteheads.

Ada beberapa cara untuk mengeluarkan komedo putih atau whiteheads, ada yang alami dan natural, ada yang menggunakan senyawa kimia.

Cara menghilangkan whiteheads

Ada beberapa macam cara untuk menghilangkan whiteheads, namun kita kategorikan menjadi dua yaitu, secara natural atau alami dan dengan menggunakan senyawa kimia.

Kalu natural bisanya menggunakan masker dari bahan-bahan alami, sedangkan senyawa kimia menggunakan produk yang dijual di toko yang mengandung bahan tertentu yang bisa mengatasi komedo. Mari kita bahas terlebih dahulu cara menghilangkan komedo dengan menggunakan senyawa kimia.

1. Senyawa kimia

Memang ada beberapa produk yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah whiteheads. Namun, tidak disarankan untuk menggunakan produk di bawah ini seluruhnya dan di saat bersamaan.

·  Salicylic acid

Asam salisetat atau sering dikenal sebagai salicylic acid, memiliki fungsi untuk mengontrol minyak alami wajah (sebum) yang berlebih, mengeringkan permukaan kulit, dan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit. Senyawa ini mudah didapat dan kerap kali ditemui pada produk-produk seperti serum, obat jerawat, toner, astringen serta beberapa krim dan gel pelembab wajah, yang dijual di toko.

Tips:
Eksfoliasi secara kimia atau chemical peels, lebih sering direkomendaskan ketimbang physical peels dalam menghilangkan komedo. Untuk chemical peels, riset menunjukkan bahwa penggabungan dari AHAs dan BHAs sangat ampuh untuk menghilangkan tidak hanya masalah komedo namun juga jerawat.

·  Benzoyl peroxide

Senyawa kimia lain yang bisa dipakai untuk menghilangkan whiteheads adalah benzoil peroksida. Fungsi dari benzoil peroksida atau benzoyl peroxide hampir sama dengan asam salisetat, namun senyawa satu ini juga dilengkapi untuk mengurangi peradangan dan menghalau bakteri. Karena keunggulan inilah, banyak produk perawatan kulit yang mengatasi masalah jerawat, menggunakan senyawa ini atau turunannya.

·  Retinoid

Vitamin A sebenarnya bisa banyak membantu untuk mengatasi masalah whiteheads di kulit wajah. Retinoid sendiri melakukan opsi yang baik, karena banyak mengandung vitamin A. Biasanya retinoid berbentuk krim dan banyak terdapat pada produk perawatan kulit wajah yang bersifat anti-aging. Jangan lupa, bahwa produk yang mengandung senyawa retionid ini membuat kulit lebih rentan terhadap sinar matahari. Jadi bila akan keluar rumah, lebih baik pakai krim retinoid di malam hari atau bisa menggunakan oil-free sunscreen.

·  Pembersih muka yang mengandung eksfoliator

Eksfoliator ada dua jenis. Eksfoliator kimia atau sering disebut chemical peels, dan eksfoliator manual (physical peels) sperti scrub. Tergantung jenis scrub yang dipakai, scrub bisa melembutkan kulit dan menghilangkan komedo.

Saat akan memilih, pilihlah scrub yag partikelnya kecil dan bukan dari bahan kacang-kacangan, supaya scrub yang dipilih tidak merusak jaringan kulit yang dalam dan menimbulkan iritasi dan kering pada kulit. Jangan sekali-kali menggunakan scrub pada kulit yang sedang meradang agar tidak membuat parah masalah kulit yang diderita.

2. Bahan-bahan alami/ natural

Whiteheads juga bisa dihilangkan dengan menggunakan campuran bahan-bahan alami dan natural. Memang bila dibandingkan dengan penggunaan senyawa kimia, tentunya proses yang ini akan memakan waktu lebih lama. Namun, bahan-bahan alami tidak banyak memberikan efek samping parah seperti yang bsia ditimbulkan oleh senyawa kimia.

Bahan Alami yang digunakan untuk Mengobati Komedo Putih

·  Minyak tea tree

Karena memiliki fungsi yang bisa meredakan peradangan dan melawan bakteri, minyak tea tree atau tea tree oil juga bisa digunakan untuk menghilangkan whiteheads. Cara kerja bahan ini dengan cara membasmi bakteri dan kotoran menumpuk yang menyebabkan komedo, terutama whiteheads. Bisa menggunakan secara langsung minyak ini pada area yang bermasalah seperti dagu, dahi, pipi, dan hidung. Atau bisa juga menggunakan produk sabun muka, cleaners, masker wajah, dan krim yang mengandung tea tree oil.

·  Madu, lemon, dan brown sugar

If you want to make a natural scrub, you can use a mixture of honey , lemon and brown sugar. This mixture provides benefits by cleaning dead skin cells and removing whiteheads. The way to make it is quite easy. Just use one tablespoon of brown sugar, two tablespoons of lemon juice, and one tablespoon of pure honey.

Kemudia campurkan secara merata. Setelah itu, oleskan pada area wajah yang memiliki masalah komedo dengan gerakan melingkar. Piejat dengan lembut selama kurang lebih 5 menit. Lalu bilas wajah hingga bersih dan jangan lupa gunakan pelembab setelahnya.

·  Kunyit dan minyak kelapa

Kombinasi bahan satu ini juga bagus untuk membasmi whiteheads. Hal ini karena kunyit juga dikenal sebagai bahan yang memiliki khasiat sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-radang. Ketiga khasiatnya sangat ampuh untuk mengatasi komedo tertutup.

Tapi patut diingat, karena kunyit mengandung pewarna makanan alami berwarna kuning yang kuat, ada kalanya menggunakan bahan ini bisa membuat kulitmu terlihat kuning. Jadi gunakan secukupnya dan tidak setiap hari.

Tips:
Untuk membuatnya, ambil satu sendok makan bubuk kunyit asli, lalu tambahkan satu sendok makan air atau minyak kelapa. Campurkan hingga rata sampai konsistensinya berubah menjadi seperti pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada area yang berkomedo dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih. 

·  Putih telur dan madu

Masker yang terbuat dari putih telur dan madu bisa melindungi kulit dari produksi sebum berlebih, yang merupakan penyebab utama mengapa komedo timbul. Putih telur juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga sehingga tidak mudah tersumbat oleh kotoran.

Cukup campurkan satu putih telur dari satu butir telur dengan satu sendok teh madu murni hingga merata. Kemudian, oleskan secara merata pada bagian yang berkomedo. Setelah mengering, bersihkan wajah. Bisa melakukan treatment masker wajah alami ini setidaknya 1-2 kali kali seminggu untuk menghilangkan komedo yang membandel.

·  Daun lidah buaya (aloe vera)

Aloe vera atau tanaman lidah buaya memang sudah banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan. Manfaat dari lidah buaya ini bisa membersihkan pori-pori, melembutkan kulit, serta mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Memang tidak secara langsung bisa membersihkan komedo, namun pemakaiannya yang teratur bisa mencegah timbulnya lebih banyak komedo dan tentunya meringankan masalah whiteheads yang kamu alami.

Untuk melakukan perawatan ini, cukup siapkan satu helai daun lidah buaya, ambil gel di dalamnya dan oleskan tipis-tipis saja pada kulit wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air dengan suhu ruang atau suam-suam kuku. Bisa dilakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal

Tips:
Karena ada beberapa orang yang kulitnya memberikan reaksi alergi pada gel lidah buaya, ada baiknya kamu lakukan test terlebih dahulu dengan mengoleskan gel lidah buaya ini pada area punggung tangan. Diamkan beberapa saat dan lihat apakah ada reaksi alergi. Bila tidak menjadi kemerahan atau gatal-gatal, berarti kulitmu tidak memberikan reaksi alergi pada gel lidah buaya dan aman untuk kamu pakai.

Whiteheads – cara pencegahan

Memang ada banyak produk yang bisa membasmi komedo putih, namun whiteheads akan tetap datang apabila kamu tidak terus melakukan langkah pencegahan. Sayang sekali bukan, semua upaya yang sudah kamu lakukan dengan susah payah untuk membersihkan komedo mendjadi tidak ada hasilnya. Berikut caranya agar kamu bisa mencegah timbulnya komedo pada kulit wajahmu:

  • Jangan meyentuh area kulit yang berkomedo
  • Tidak memencet atau berusaha mengeluarkan komedo
  • Rajin membersihkan wajah setidaknya dua – tiga kali sehari, bergantung seberapa berminyak wajahmu.
  • Jangan gunakan scrub secara berlebihanatau menggunakan scrub yang kasar
  • Gunakan produk kecantikan yang bebas minyak atau oil free agar pori-pori tidak tersumbat
  • Bila memakai produk eksfoliator, gunakan seminggu sekali atau dua kali sebulan saja.
  • Hindari paparan polusi udara dan sinar matahari berlebih
  • Gunakan tabir surya yang bebas minyak yang khusu untuk wajah
  • Bila menggunakan make-up, rajinlah untuk membersihkannya secara rutin
  • Jangan gunakan kain yang tidak meyerap keringat dan bersifat ketat pada kulit. Lebih baik memakai yang kainnya berbahan kapas dan longgar agar pori-pori kulit bisa bernapas
  • Membersihkan kacamata, sarung bantal, dan ponsel secara rutin agar minyak, bakteri, dan kotoran yang menempel tidak berpindah ke kulit wajah
  • Mandi dan keramas secara teratur

Kesimpulan

Whiteheads memang susah dibasmi dan kalaupun sudah diberantas, selalu bisa kembali lagi. Namun, jangan mneyerah! Terus lakukan pembersihan rutin agar kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah komedo putih. Menghilangkan whiteheads memang tidak mudah, tapi mencegahnya agar tidak timbul lagi diperlukan lebih banyak upaya.

Jadi bila wajahmu akhirnya sudah terbebas dari masalah whiteheads atau komedo putih tertutup, terus lakukan langkah-langkah perawatan agar whiteheads atau bahkan masalah jerawat lainnya agar tidak muncul lagi.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6017965/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6017965/
  3. https://www.researchgate.net/publication/259200803_Honey_in_dermatology_and_skin_care_A_review
  4. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27213821/
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6335493/
  6. https://www.researchgate.net/publication/273274050_Egg_White_Lysozyme_Promoted_Collagen_Secreting_of_Dermal_Fibroblasts_in_Mice
  7. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6330525/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.