Ferulic Acid – Pelindung Antioksidan Alami bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

F

Kita pastinya ingin menjaga agar kulit tetap sehat dan cantik, biarpun usia bertambah. Mulai dari menjaga pola makan, memiliki kebiasaan dan gaya hidup sehat, menggunakan sunscreen saat aktifitas di luar, atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan tinggi. Kalau untuk dikonsumsi, sumber antioksidan dipikirkan pasti vitamin C, vitamin E, atau teh hijau. Bagaimana bila untuk produk perawatan kulit? Kamu bisa menggunakan ferulic asam atau ferulat. Mari kita kenali lebih jauh apa itu ferulic acid. 

Ferulic acid (ferulat)

Zat yang bernama ferulic asam atau sering juga dikenal sebagai ferulat di Indonesia ini paling banyak ditemukan pada dinding sel tumbuhan, seperti padi, gandum, biji apel, dan jeruk. Antioksidan yang terkandung di dalam ferulic asam sendiri berperan untuk memberikan perlindungan pada permukaan kulit (epidermis) dalam mengurangi bahaya dari radikal bebas pada tubuh.

Karena manfaatnya inilah, ferulic acid dan komponennya yang disebut Hydroxycinnamic acids dipilih sebagai kandungan utama dalam sunscreen untuk melindungi kulit dari kandungan UVB. Berbeda dengan zinc oxide yang juga sering ditemui pada produk sunscreen dalam bentuk lotion, Ferulic acid (ferulat) umumnya banyak ditemui dalam produk serum.

Saat diaplikasikan secara topical, ferulic asam akan berperan seeprti antioksidan lainnya, dengan cara membantu memperlambat proses penuaan yang diakibatkan oleh radikal bebas, melindungi kulit dari dampak merusak dari radikal bebas, dan meregenerasi kulit yang sudah rusak karena dampak radikal bebas.  Ferulic asam akan berfungsi lebih baik lagi bila dikombinasikan dengan vitamin C dan vitamin E.

Riset penelitian bahkan menunjukkan bila ferulic acid atau ferulat digunakan bersamaan dengan vitamin C dan vitamin E, SPF bisa bekerja lebih baik lagi sebanyak 8 kali lebih efektif. Karena seperti yang diketahui, vitamin C memang baik untuk menangkal radikal bebas, tapi studi juga menunjukkan bahwa vitamin C terlalu tidak stabil bila digunakan tanpa kombinasi bahan lainnya. Sekarang, mari kita lihat lebih jauh manfaat dari ferulic asam ini

Ferulic acid – manfaatnya bagi kulit 

Secara sepintas, kita tahu ferulic asam atau ferulat ini memang bisa membuat kulit terjaga dari dampak radikal bebas yang merusak. Namun apa saja dampak dari radikal bebas ini pad akulit dan bagaimana ferulic acid ini bisa meringankan dampaknya? 

  • Mengurangi kerutan dan keriput

Dampak radikal bebas yang paling sering ditemui adalah membuat wajah jadi keriput atau timbul gari-garis halus tanda penuaan. Hal ini terjadi karena radikal bebas dari paparan sinar radiasi UVA dan UVB dari sinar matahari serta dari polusi udara bisa merusak sel. Namun, karena kandungan antioksidan di dalamnya, kerusakan cel ini bisa dicegah dan diperbaiki

  • Mempercepat kesembuhan luka

Tahukah kamu bahwa antioksidan juga bagus untuk mempercepat penyembuhan luka. Baik luka besar maupun luka kecil. Menurut hasil studi, para ahli menemukan bahwa kandungan antioksidan bisa merangsang pertumbuhan kolagen, keratin, fibroblasma, dan elastin yang bertugas unutk menutup luka sehingga luka bisa cepat sembuh. 

  • Bersifat sebagai sunscreen

Ferulic acid adalah salah satu bahan yang umum digunakan dalam produk perawatan sunscreen.  Bila digunakan dengan bahan seperti vitamin C, polifenol, dan resveratrol, bisa memperlambat dan mencegah kerusakan yang terjadi karena paparan berlebih sinar UV dari matahari. Hal ini sudah dibuktikan para peneliti melalui suatu riset.

Jadi kamu bisa mempercayai bahwa produk sunscreen yang mengandung bahan-bahan di atas, memang bisa memberikan manfaat lebih, ketimbang produk sunscreen yang tidak mengandung bahan-bahan itu, dalam menjaga kulit agar tetap sehat dan cantik.  

Umumnya, ferulic asam yang digunakan untuk produk perawatan kulit (skincare) biasa dikombinasikan dengan baha-bahan seperti di bawah ini:

  • Ferulic acid + vitamin C, vitamin A (untuk melawan radikal bebas dan anti-aging) 
  • Ferulic acid + vitamin C, vitamin E (untuk merawat kulit dari kerusakan radikal bebas) biasanya dalam bentuk serum. 
  • Ferulic acid + vitamin B, niacinamide (untuk menjaga kulit tetap halus) 
  • Ferulic acid + retinol (untuk mencerahkan kulit dan menyamakan warna kulit yang tidak merata). Bila dikombinasikan dengan retinol, disarankan dipakai saat malam hari saja karena retinol membuat kulit lebih rentan terhadad sinar matahari

Manfaat yang disebutkan di atas adalah manfaat yang sudah diketahui oleh para peneliti melalui riset yang detil. Selain itu, manfaat ferulic asam di atas, terbatas hanya untuk kesehatan kulit. Namun pada dasarnya, manfaat dari ferulic asam ini tidak terbatas pada kulit saja tapi juga pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan tidka hanya kulit ayng butuh antioksidan, tubuh kita pun juga membutuhkan antioksidan agar bisa tetap sehat. 

Efek samping

Ferulic acid umumnya aman digunakan oleh jenis kulit apapun. Namun, kalau kulitmu termasuk tipe yang sangat sensitif, kamu bisa lakukan patch test lebih dahulu dengan cara mengoleskan sedikit serum atau produk yang mengadung ferulat di area punggung tanganmu.

Tidak usah banyak-banyak dan tipis-tipis saja. Setelah itu, lihat apakah ada reaksi alergi yang keluar. Bila tidak ada berarti kulitmu bisa menerima ferulic acid dan kamu bisa aplikasikan pada are kulitmu yang bermasalah. Reaksi alergi atau efek samping yang bisa saja terjadi meliputi:

  • Kemerahan
  • Ruam
  • Gatal-gatal
  • Rasa nyeri
  • Kulit mengelupas
Tips:
Kemungkinan alergi pada feluric acid atau ferulat ini bisa jadi timbul karena kamu alergi dengan tumbuhan tertentu. Pasalnya, feluric acid atau ferulat berasal dari tanaman. Semisal, kamu memiliki alergi pada gandum, bisa jadi menggunakan feluric acid akan memicu reaksi alergi. 

Bila reaksi alergi mulai timbul, hentikan segera pemakaian. Jika reaksi alergi tidak juga membaik dan malah bertambah parah, mungkin diikuti bengkat dan sesak nafas, segeralah menemui dokter untuk menerima penanganan lanjutan. Masalah alergi tidak seharusnya disepelekan. 

Kesimpulan

Ferulic acid atau yang lebih sering dikenal sebagai ferulat di Indonesia, kaya akan antioksidan yang tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat tapi juga diperlukan oleh kulit agar tetap terawatt dan terlihat cantik. Zat yang berasal dari tanaman ini kerap kali digunakan dalam produk sunscreen dan dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya agar manfaatnya bisa lebih maksimal. 

Bergantung dengan kombinasi bahan apa yang digunakan bersamaan dengan ferulic acid atau ferulat, manfaat yang diberikan bisa beragam. Ada yang bisa untuk menangkal radikal bebas, ada yang untuk merawat kulit yang mengalami kerusakan karena radikal bebas da nada juga yang untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Ferulic acid juga beraneka ragam bentuknya.

Ada yang dalam bentuk serum, adan yang dalam bentuk seperti salep. Biarpun berbeda, efek dasar dari feluric acid sama, yaitu untuk menbantu kulit menangkal radikal bebas dari sinar UVB dna UVB dari sinar matahari berlebih.  Radikal bebas ini bisa menyebabkan banyak masalah bagi kulit, mulai dari mempercepat tanda penuaan dengan menambah garis-garis halus dan keriput pada wajah.

Ferulic acid yang kaya akan antioksidan bisa mencegah dan membantu perawatan namun bila kondisi kerusakan kulit terlalu parah, tentunya kamu harus meminta bantuan ahli dermatologis.  Sehubungan degan reaksi alergi atau efek samping, ferulic acid umumnya cocok unutk tipe jenis apapun. Namun bila kondisi kulitmu sangat sensitif, ada baiknya melakukan patch test terlebih dahulu.

Selain itu, karena ferulic acid berasal dari tanaman, bila kamu memiliki alergi pada tanaman tertentu missal gandum, ada baiknya tidak menggunakan produk ini karena bisa memicu reaksi alergi. Bila kamu mengalami reaksi alergi, segera hentikan pemakaian. Jika reaksi alergi semakin memburuk dan disertai bengkan dan sesak nafas, segera menemui dokter unutk penanganan lebih lanjut. 

Referensi:

  1. https://www.researchgate.net/publication/7579666
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5605218/
  3. https://www.researchgate.net/publication/327785021
  4. https://www.researchgate.net/publication/23790642
  5. https://www.researchgate.net/publication/325386711

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.