Gliserin (Glycerin) 101: Manfaat, Resiko, dan Cara Penggunaan yang Tepat

G

Tahukah kamu bila dewasa ini, gliserin (glycerin) sering dipakai dalam produk perawatan kulit (skincare)? Sebenarnya apa manfaat dari gliserin ini dalam produk kosmetik? Artikel kali ini akan membahas apa itu gliserin beserta manfaat, resiko pemakaian, dan cara penggunaannya yang tepat. 

Apa itu gliserin (glycerin)?

Sebenarnya gliserin atau yang dalam bahasa inggris disebut glycerin, adalah zat satu ini tidak mengandung racun (non-toxic), tidak berbau (odorless) dan tidak berwarna (colorless). Termasuk jenis cairan alcohol yang biasa ditemukan dalam lemak hewani ataupun minyak sayuran. Fungsi utama dari gliserin adalah sebagai pelembab yang menghidrasi kulit. Gliserin atau yang sering juga disebut glycerin adalah pelembab alami yang menjaga agar kulitmu tetap terhidrasi, lembut, dan kencang. 

Tips:
Dr. Kaustav Guha, kepala dari R&D dan peneliti utama di SkinKraft Laboratories mengatakan bahwa gliserin (glycerin) merupakan pelembab efektif yang membantu agar kulit terhidrasi untuk waktu yang lama. Gliserin juga bersifat non-comedogenic dan non-allergenic. Selain itu, harganya juga terjangkau dan diambil dari bahan-bahan natural seperti tanaman. Karena hal inilah, gliserin kerap kali ditemukan dalam produk unutk bayi, kulit yang sudah menua, kulit kering, kulit berminyak, dan bahkan kulit sensitif sekalipun. 

Selain itu, gliserin juga memberikan perlindungan bagi kulit terhadap efek lingkungan yang merusak selagi juga meningkatkan tekstur kulit. Tidak sampai di situ manfaatnya, zat satu ini juga bisa mengobati beberapa jenis permasalahan kulit, mulai dari masalah kulit kering sampai dengan menyembuhkan bekas luka dan bahkan bisa digunakan untuk mengobati masalah kulit tertentu seperti atopic dermatitis. Gliserin memang adalah bahan yang bisa meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dan memproteksi kulit sehingga kulit tetap lembab, sehat, dan muda. 

Manfaat dari gliserin

Gliserin memang dikenal sebagai pelembab alami yang sangat efektif dalam menghidrasi kulit dan melembabkan. Namun efek positif dari pemakaian gliserin tidak hanya terbatas unutk hal itu saja. Berikut manfaat lengkap dari pemakaian produk perawatan kulit (skincare) yang mengandung gliserin:

  • Melembabkan kulit

Gliserin bisa menangkap kelembapan dari lingkungan dan membut kulit tetap lembab, lembut, sehat, dan kencang. Studi ilmiah sendiri menunjukkan bahwa penggunaan gliserin bisa meninkatkan kadar kelepmbapan pada kulit. 

  • Melindungi dan menyembuhkan

Selain melembabkan, gliserin (glycerin) juga melindungi kulit dari iritasi dan polusi dari luar. Tidak hanya melindungi, zat satu ini juga bisa menyembuhkan bekas luka. 

  • Anti-aging

Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung gliserin secara teratur bisa membuat kulit tetap kencang dan bebas dari keriput untuk waktu yang lama

  • Bisa mengobati eksim dan atopic dermatitis

Efek positif dari glistering sebagai pelembab dan penghidrasi bisa membantu kulit kering. Riset penelitian menunjukkan bahwa krim yang mengandung gliserin bisa mencegah eksim dan atopic dermatitis

  • Memperbaiki pelindung kulit

Bila digunakan dengan hyaluronic acid, gliserin bisa memperbaiki pelindung alami kulit dan berperan sebagai agen pelindung. Hal ini sudah dibuktikan oleh riset penelitian. Untuk mengetahui lebih banyak seputar hyaluronic acid, kamu bisa baca di sini, dan di sini. 

Cara menggunakan gliserin pada kulit wajah

Menurut studi ilmiah, penggunaan gliserin atau glycerin pada kulit wajah sangatlah aman. Pasalnya, banyak produk pelembab wajah atau produk perawatan kulit (skincare) lainnya juga mengandung gliserin di dalam formulanya. Memang gliserin berfungsi menangkap kelembapan dari lingkungan dan memerangkapnya, tapi selain kelembapan, gliserin juga akan menangkap debu dan polusi yang ada dan tentunya hal ini bisa membuat kulit pemakainya terkena iritasi. Jadi bila kamu ingin menggunakan gliserin (glycerin) ada baiknya kamu larutkan sedikit saja pada air atau air mawar (baca di sini untuk membaca lebih lanjut seputar air mawar atau rose water) sebelum diaplikasikan ke kulit wajah. Gliserin murni memang dikenal susah untuk larut atau dihapus sampai bersih tanpa mencuci muka. 

Tips:
Jangan lupa untuk melakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan gliserin pada kulit wajah. Biarpun sudah dibuktikan aman, tetap perlu diingat kondisi kulit seseorang berbeda-beda Jadi, pastikan terlebih dahulu apakah kulitmu bisa menerima pemakaian gliserin (glycerin).

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaplikasikan gliserin pada kulit wajah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Face wash

Gliserin yang dicampur dengan air atau air mawar bisa digunakan untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu dari lingkungan. Bisa juga digunakan sebagai pemebersih make-up. 

  • Pertama, bersihkan muka dengan air
  • Gunakan sedikit glierin pada bola kapas dan aplikasikan pada kulit wajah secara lembut
  • Hindari area sensitif seperti mata, dalam hidung, dan bibir
  • Biarpun selama beberapa saat sampai terserap dalam kulit atau setelah beberapa menit, baru kemudian cuci muka sampai bersih. 

Toner

Bila digunakan sebagai toner, gliserin bisa mengecilkan pori-pori kulit. Tapi patut diingat, jangan menggunakannya secara berlebihan.

  • Tambahkan beberapa tetes gliserin pada setengah cup air mawar 
  • Aplikasikan pada kulit wajah secara lmebut sebelum menggunakan pelembab

Pelembab (moisturizer)

Karena fungsi utama dari gliserin adalah sebagai pelembab, tentunya efek glycerin yang melembabkan dan emnghidrasi kulit tidak perlu dipertanyakan lagi. Sama seperti toner, unutk menggunakannya sebagai pelembab, kamu bisa mencampurkannya dengan air atau air mawar.

  • Bersihkan wajah secara merata dengan cleanser yang lembut
  • Gunakan pelembab yang mengandung gliserin secara merata pada seluruh area kulit wajah
  • Pastikan untuk menghindari area sensitif, terutama mata. 
  • Gunakan campuran gliserin, minyak almond, dan dua tetes minyak esential favoritmu untuk membuat pelembab berformula gliserin sendiri di rumah

Lip balm

Dibandingkan lip balm lainnya yang terbuat dari bahan kimia, sebenarnya gliserin bsia menjadi alternative yang lebih baik. Sifat gliserin yang lembut dan berfungsi sebagai pelembab super sangat cocok menjadikkannya sebagai lip balm

  • Campur gliserin dengan shea butter, cocoa butter, dan minyak kelapa
  • Pakailah pada bibir setelah bibir dibasahi
  • Biarkan semalaman 

Hal lainnya yang perlu diketahui seputar gliserin (glycerin) 

Gliserin memang lembut dan cocok unutk segala macam kulit, tapi tetap ada baiknya untuk berjaga-jaga dengan melakukan path test erlebih dahulu sebelum pengaplikasian. Bagi yang memiliki kulit sensitif, jangan gunakan gliserin langsung ke kulit, tapi campurkan gliserin pada air atau air mawar. Hampir sama dengan AHA/BHA yang membuat kulit jadi lebih sensitif pada sinar matahari, gliserin juga memberikan efek yang sama. Karena itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen atua tabir surya bila kamu akan beraktifitas di luar ruangan atau kamu bisa menggunakan gliserin saat malam hari sebelum tidur. 

Tips:
Biarpun gliserin berfungsi sebagai pelembab, kamu tidak bisa menggunakannya sebagai masker wajah dalam waktu semalaman. Mengapa? Karena pemakaian gliserin semalaman dalam jangka waktu lama juga bisa menyerap kelembapan yang ada di dalam kulit bagian dalam, mengakibatkan kulit malah menjadi kering dan menua. Cara terbaik mengaplikasikan gliserin adalah dengan membiarkannya pada wajah selama 15-20 menit lalu cucilah wajah sebelum pergi tidur. 

Bicara soal efek samping, riset dan studi penelitian menunjukkan bahwa glisterin (glycerin) tergolong aman dipakai. Namun tetap bisa memberikan efek alergi bila tidak dilarutkan dengan baik. Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan hidrasi berlebih pada kulit berminyak dan kehilangan hidrasi pada kulit kering. Jadi, gunakanlah gliserin sesuai aturan pakainya dan dengan sewajarnya. 

Kesimpulan

Gliserin memang sudah dibuktikan sangat bermanfaat dalam menjaga kulit agar tetap terproteksi dari dampak lingkungan yang merusak dan juga kesehatan kulit secara keseluruhan. Selain itu, gliserin (glycerin) juga dikenal sebagai pelembab alami yang bisa menghidrasi kulit sehingga kulit tetap lembab, lembut, sehat, dan kencang. 

Biarpun gliserin tergolong aman untuk digunakan, ada baiknya tetap melakukan patch test terlebih dahulu sebelum pengaplikasiaan. Jangan lupa juga untuk mencampurkannya dengan air atau air mawar sebelum penggunaan. Cara terbaik menggunakan gliserin adalah dengan mengaplikasikannya pada wajah dan biarkan sampai meresap selama 15-20 menit dan setelah itu, bersihkan muka. Karena gliserin juga membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap sinar matahari, ada baiknya digunakan saat malam hari menjelang mau tidur.

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.