Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Jerawat di Punggung – Penyebab dan Cara Mengatasinya

H

Pernahkah kamu menemukan jerawat di badanmu, terutama bagian punggung? Ya, sudah bukan rahasia lagi kalau jerawat atau acne bisa timbul di area tubuh lainnya selain di kulit wajah. Jerawat atau acne bisa tumbuh di daerah perut, dada, pantat, ataupun punggung. Artikel kali ini akan berfokus pada jerawat yang timbul di area punggung. 

Apa itu jerawat punggung? 

Jerawat atau acne memang biasanya timbul di permukaan kulit wajah, namun ada kalanya keluar di area tubuh yang lain seperti, punggung. Sangat menjengkelkan memang bila jerawat tumbuh di area tersebut, pasalnya karena jerawat di daerah tersebut sulit dijangkau. Karena hal inilah, terkadang seseorang tidak menyadari bila ada jerawat punggung.

Biarpun berbeda tempat, jerawat punggung tetap memberikan rasa sakit seperti jerawat pada umumnya yang keluar di kulit wajah. Selain itu, jerawat di punggung juga memberikan rasa gatal dan bisa menganggu aktivitas harian. Jerawat di punggung sendiri ada yang besar dan ada juga yang kecil. Penyebab umum timbulnya jerawat punggung, biasanya dikarenakan oleh keringat. 

Jerawat di punggung – penyebab

Ssperti jerawat pada umumnya, jerawat punggung atau area tubuh lainnya bisa timbul karena seseorang kurang menjaga kebersihan badannya atau memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Namun selain itu, ada juga alasan lainnya seperti:

  • Iritasi 

Tentunya tidak hanya di punggung, bila kulit terkena iritasi, pasti rentan terhadap masalah jerawat. Alasan kulit bisa mengalami iritasi biasanya bermacam-macam. Bisa jadi karena pakaian yang kotor, jarang mandi, ataupun produk mandi yang tidak cocok pada kulit, bahkan bisa jadi karena rambut panjang yang menyentuh area punggung. 

Tips:
Pakaian yang terlalu ketat dan kotor bisa membuat jerawat tumbuh. Alasannya, karena pakaian ketat tersebut akan membuat pori-pori kulit susah bernafas, jadi pori-pori akan membesar dan kotoran maupun bakteri jadi lebih gampang masuk ke permukaan kulit dan menumbuhkan jerawat. Hal ini berlaku pada benda apa saja, selain baju, yang menekan punggungmu atau menyebabkan gesekan yang menimbulkan panas, bisa berpotensi menimbulkan jerawat. 
  • Keringat

Benar. Keringat yang menumpuk bisa membuatmu terkena masalah jerawat punggung. Apalagi bila kamu suka berolahraga, tapi tidak langsung mandi atau membersihkan tubuh dan bahkan tidak mengganti baju yang kotor tersebut. Hal itu bisa memicu timbulnya jerawat atau acne di area punggung. Hal ini tentunya juga berlaku bagi orang yang suka berolahraga seharian di gym atau fitness center.

Keringat yang dibiarkan mengering bisa membuat kotoran terperangkap di permukaan kulit. Bila bakteri dan kotoran masuk ke pori-pori kulit, jerawat pasti akan tumbuh. Karena itu, bila kamu berkeringat, segera keringkan keringatmu dengan cara mengelap secara lembut dengan handuk atau tissue. Jangan diangin-anginkan. 

Tips:
Bila kamu sering ke gym atau fitness center, jangan pernah berolahraga atau menggunakan alat-alat gym dengan bertelanjang dada. Gym sendiri pastinya penuh dengan bakteri, bila kamu bertelanjang dada saat menggunakan alat-alat di fitness center, maka bakteri akan lansgung kontak dengan kulit. Karena kamu berkeringat, pori-pori kulit pasti terbuka dan bakteri tadi jadi lebih mudah berpindah dari alat gym ke kulitmu. Akibatnya, kulit punggung mengalami jerawat.
  • Faktor hormon

Saat kadar hormon dalam darah meningkat, kelenjar sebaseus akan menjadi lebih aktif dan mengeluarkan produksi minyak yang berlebih. Di saat bersamaan, bila kamu tidak rajin mengeksfoliasi kulit, sel kulit mati di permukaain kulitmu akan menumpuk dan bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori. Akibatnya, munculah jerawat. Ya, bahkan kamu haru rajin untuk mengeksfoliasi kulit punggungmu selain kulit wajah.

Pasalnya, sel kulit mati tidak hanya menumpuk di area wajah tapi setiap kulit di bagian tubuhmu juga memiliki sel kulit mati. Riset menunjukkan terapi hormon bisa mengurangi efek dari timbulnya jerawat karena hormon saat menjelang siklus menstruasi. Tentunya, cara satu ini hanya bisa dilakukan dengan dokter ahli dan tidak dilakukan sendiri di rumah. Biasanya terapi ini dilakukan bila memang jerawat yang ditimbulkan oleh masalah hormon ini tergolong berat. 

Tips:
Umumnya wanita sering mengalami jerawat karena masalah ketidakseimbangan hormon. Jerawat bisa timbul di area tubuh manapun apalagi saat wanita memasuki masa haid. Hal ini dikarenakan produksi hormon estrogen meningkat.  
  • Faktor makanan

Selain hormon, gaya hidup tidak sehat juga berperan penting dalam menimbulkan masalah jerawat atau acne pada permukaan kulit. Menurut American Academy of Dermatology Association, makanan yang mengandung karbohidrat dan indeks glikemik tinggi bisa menigkatkan kadar gula.

Kadar gula yang tinggi bisa menimbulkan masalah jerawat. Penelitian menunjukkan biarpun kecil, memang ada keterkaitan antara munculnya jerawat dengan mengkonsumsi makanan tertentu, baik itu karbohidrat, tinggi lemak, ataupun produk seperti susu dan keju. 

Tips:
Bila kamu sering mengkonsumsi jenis makanan seperti, junk food yang tinggi lemak, atau nasi, roti putih, dan kentang yang tinggi karbohidrat, pastinya resiko munculnya jerawat di area tubuh lain selain wajah sangat tinggi. Jadi, bila kamu menemukan jerawat punggung atau area lainnya, mungkin kamu terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang disebutkan di atas. 

Setelah kamu tahu penyebab munculnya jerawat punggung, penting untuk menghindarinya sebisa mungkin. Bila masalah utama jerawat punggung atau area tubuh lainnya keluar karena masalah gaya hidup, kamu bisa mengubah pola makan dan cara berpakaianmu. Mungkin, bisa menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat dan saat berkeringat, segera memberishkan diri atau mengelap keringat yang keluar dengan tissue atau handuk.

Kebiasaan gaya hidup yang baik, bisa mengurangi resiko terkena masalah jerawat permukaan kulit. Selain perubahan gaya hidup, ada beberapa langkah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi permasalahan timbulnya jerawat pada kulit. 

Jerawat di punggung – cara mengatasi

Ada beberapa cara untuk mengobati jerawat punggung, atau jerawat di manapun letaknya. Ada juga langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan juga. Untuk megobati masalah jerawat, biasanya digunakan zat AHA ataupun BHA. Untuk AHA, biasanya sering menggunakaan senyawa bernama glycolic acid . Sedangkan BHA, para ahli merekomendasikan Salicylic Acid.

Bila kamu ingin tahu lebih banyak seputar dua zat di atas, seperti mana yang lebih baik, kamu bisa baca di sini. Tapi bila kamu lebih suka dengan cara herbal atau yang bisa dibuat sendiri di rumah, kamu bisa membaca lebih banyak soal cara menyingkirkan jerawat sendiri di rumah, di sini.

Bila kamu belum pernah mengalami jerawat punggung, kamu bisa melakukan langkah-langkah pencegahan di bawah ini agar terhindar dari maslaah jerawat atau acne di area tubuh lainnya terutama di punggung. Berikut langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan:

  • Menjaga kebersihan badan

Rajin mandi atau berganti baju saat baju basah oleh keringat bisa mengurangi resiko timbulnya jerawat atau acne di punggung. Apalagi bila kamu termasuk orang yang aktif dan suka berolahraga, ada baiknya setelah itu segera membersihkan diri atau mandi agar kotoran dan bakteri yang menumpuk tidak menjadi jerawat.

Tips:
Bila kamu habis berolahraga dan masih agak bekeringat, kamu bisa mandi dengan air hangat. Dengan mandi air hangat, pori-pori kulitmu akan terbuka. Saat pori-pori melebar, maka akan lebih mudah membersihkan kotoran dan membunuh bakteri yang ada di permukaan kulit. Gunakan sabun yang konsentratnya tidak terlalu keras. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Mengapa? Karena air dingin memiliki fungsi untuk menutup dan merapatkan kembali pori-pori kulit yang tadi terbuka. 
  • Pakai pakaian bersih

Langkah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengganti baju yang kotor dengan baju yang bersih. Baju yang kotor tentunya menjadi sarang kuman dan bakteri. Bila baju yang kamu pakai ketat di kulit, seperti baju olahraga, dan kamu berkeringat banyak, pasti bakteri atau kuman akan measuk ke pori-pori kulitmu dan menimbulkan jerawat punggung. Selain itu, baju yang ketat juga membuat pori-pori kulitmu susah bernafas dan membuat jerawat susah hilang. 

Tips:
Jangan ikuti kebiasaan banyak orang yang kalau berkeringat, bajunya cuma dilepas dan diangin-anginkan saja. Lebih baik mengganti baju. Mengapa? Karena biarpun baju sudah kering, tidak lagi basah oleh keringat, kuman dan bakteri yang menempel di baju tetap ada. 
  • Perawatan tubuh harian

Bila ingin menghindari masalah jerawat, tentunya kamu perlu merawat tubuhmu. Semisal, kamu harus rajin membersihkan rambut, apalagi kalau rambutmu lebat dan panjang sampai sepunggung. Selain itu, jangan pernah lupa untuk mengeksfoliasi kulit. Ingat, tumpukan sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit rentan mengalami masalah jerawat. 

Langkah-langkah di atas tentunya harus dilakukan terus-menerus secara rutin agar permasalahan jerawat atau acne di punggung tidak terjadi. Dengan memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang sehat dan bersih, tentunya resiko terjadinya jerawat juga bisa dikurangi. Pasalnya, faktor pemicu timbulnya jerawat kerap kali adalah karena faktor pribadi atau faktor yang disebabkan oleh diri sendiri. 

Kesimpulan

Seperti jerawat pada umumnya, jerawat punggung bisa muncul karena berbagai alasan. Namun umumnya, masalah jerawat atau acne, timbul karena seseorang memiliki gaya hidup atau kebiasaan membersihkan diri yang tidak baik. Untuk mengatasi masalah jerawat yang sudah terjadi, bisa menggunakan produk berbahan AHA seperti glycolic acid, maupuna bahan BHA seperti salicylic acid atau asam salisetat. 

Bila kamu belum pernah mengalami jerawat punggung, kamu bisa melakukan langkah-langkah pencegahan seperti di atas. Seperti misal, mengganti pola makan menjadi lebih sehat dengan mengurangi makanan tinggi gula dan glisemik tinggi. Selain itu, bila kamu tipe yang malas mandi setelah olahraga, kamu bisa ubah kebiasaanmu. Ingat, kebersihan tubuh yang baik juga bisa mengurangi atau bahkan menghindari timbulnya jerawat atau acne di punggung. 

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2923944/
  2. https://www.aad.org/public/diseases/acne/DIY/back-acne
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4884775/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.