Harga Air Mawar di Indonesia dan Pilihan Air Mawar Terbaik Untuk Kulit Wajah

H

Rose water atau air mawar merupakan salah satu produk kecantikan yang populer di Indonesia, bahkan di dunia. Air Mawar telah digunakan untuk merawat kecantikan kulit sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan menurut sejarah, ratu Mesir kuno Cleopatra yang terkenal dengan kecantikannya, menggunakan rose water untuk merawat kulit wajah dan tubuhnya.Temukan harga rose water di Indonesia

Dari ribuan tahun yang lalu hingga saat ini, rose water banyak digunakan untuk perawatan kulit dengan banyak manfaat, dari menghidrasi kulit hingga memudarkan tanda-tanda penuaan.

Dan, siapa sangka kalau rose water yang legendaris ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan sangat mudah didapatkan.

Mari kita kupas lebih dalam tentang harga dan produk rose water terbaik di Indonesia.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Air Mawar

Rose water atau air mawar merupakan cairan yang diperoleh dari penyulingan kelopak bunga mawar. Selain populer untuk digunakan sebagai produk kecantikan sejak ribuan tahun, rose water juga kerap digunakan sebagai pewangi pada makanan atau sebagai parfum.

Lalu dari mana asal mulanya rose water?

Rose water awalnya digunakan sebagai obat pada abad pertengahan di negara-negara Timur Tengah. Rose water diperoleh dari penyulingan kelopak bunga Rose damascena atau bunga mawar yang banyak dijumpai di Iran. Temukan harga rose water di Indonesia

Pada abad ke-7, bangsa Timur Tengah mulai melakukan penyulingan R. damascena untuk menghasilkan rose oil. Berbagai bukti menunjukkan bahwa penyulingan R. damascena pertama kali dilakukan di Iran, yang merupakan penghasil rose oil terbesar di dunia hingga abad ke-16, dan kemudian mengekspor rose oil ke seluruh penjuru dunia sehingga semakin terkenal dimana-mana.

Rose water mengandung 10 – 50% rose oil, dan merupakan hasil samping dari proses penyulingan bunga mawar untuk menghasilkan rose oil.

Zat Apa Saja yang Terkandung dalam Air Mawar?

Sebuah studi yang dilakukan di Iran pada tahun 2011 tentang efek farmakologis R. damascena menyebutkan bahwa zat utama yang terkandung dalam bunga mawar diantaranya adalah terpen, glukosida, terpenoid, antosianin, carboxylic acid, quercetin, kaempferol, dan vitamin C.

Dalam studi ini juga disebutkan bahwa bunga mawar memiliki 95 jenis makro dan mikro elemen di dalamnya, diantaranya adalah geraniol (30,74%), citronellol (29,44%), serta etilalkohol (23,74%), dan nerol (16,12%).

Apakah Memiliki Efek yang Baik Untuk Kulit?

Sebuah dokumentasi penelitian menyebutkan bahwa rose water memiliki banyak efek yang baik bagi kulit. Rose water cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan sangat baik digunakan bagi kulit yang kering dan sensitif, serta kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan. 

Rose water memiliki efek toning dan astringent pada pembuluh kapiler di bawah lapisan kulit terluar sehingga dapat mengatasi ruam kemerahan yang disebabkan oleh membesarnya pembuluh kapiler.

Rose water juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan memiliki efek antiseptik. Rose water juga dapat menenangkan saraf sehingga dapat menenangkan dan mengurangi stres. Temukan harga rose water di Indonesia

Harga Air Mawar di Indonesia

Setelah menyimak berbagai kelebihan dan manfaat yang dimiliki rose water, tentu Anda semakin penasaran dan ingin mencoba produk yang satu ini. Lalu, kira-kira berapa ya harga rose water di Indonesia? Murah atau mahalkah?

Simak hasil riset harga kami berikut.

  • Jangan terkecoh harga murah

Harga rose water yang beredar di Indonesia sangat bervariatif. Rentang harganya cukup jauh, dari harga di bawah Rp. 10.000 hingga Rp. 250.000 -an untuk volume yang sama (100 mL). Tentu saja kandungan produk rose water dari berbagai merk tersebut tidaklah sama. Pastikan yang Anda pilih adalah rose water organik, bukan sintetis. Organik artinya adalah rose water tersebut benar-benar berasal dari penyulingan kelopak bunga mawar asli.

  • Rose Water di Bawah Rp. 10.000

Ya, rose water dapat Anda miliki dari harga di bawah Rp. 10.000 untuk volume 100 mL. Tetapi, biasanya merk yang dibanderol dengan kisaran harga ini bukanlah rose water yang didapatkan dari penyulingan bunga mawar asli.

Amati kandungan atau komposisinya, biasanya rose water dengan harga di bawah Rp. 10.000 memiliki beberapa zat tambahan seperti glycerin, alkohol, castor oil, dan lainnya.

Pastikan Anda tidak memiliki reaksi alergi dengan bahan-bahan tambahan tersebut.

  • Rose Water Organik Lokal

Berbagai merk lokal Indonesia juga banyak menawarkan rose water dengan label organik 100%. Rose water organik lokal ini dapat Anda beli di kisaran harga Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 ribu. Cukup layak untuk dicoba, apalagi dengan label organik, yang artinya rose water ini diperoleh secara alami dari bunga mawar. Biasanya produk ini lebih aman, tetapi pastikan membeli merk yang cukup terpercaya, misalnya yang mencantumkan asal bahan baku atau nomor registrasinya. Baca juga review pembelinya.

  • Toner Rose Water Impor

Banyak juga merk luar negeri yang memiliki produk rose water dalam bentuk toner. Produk ini biasanya mengandung bahan tambahan lainnya seperti panthenol, bahan pelarut lain, dan parfum. Harga rose water toner merk luar umumnya berkisar di Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000.

  • Rose Water Organik Impor

Jika Anda menginginkan rose water murni dengan kualitas yang lebih high-end, Anda dapat memilih rose water organik impor yang umumnya terbuat dari Bulgarian Rose asli dan murni 100% hasil penyulingan kelopak bunga mawar.

Kualitasnya lebih terjamin, namun untuk harganya sedikit lebih mahal, yaitu antara Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000 untuk kemasan 100 mL.

Cara Memilih yang Terbaik Untuk Kulit

Dengan semakin banyaknya produk dan merk rose water, produk mana yang terbaik untuk kulit Anda?

Simak panduan memilih rose water terbaik berikut ini.

  • Pilih yang Organik

Pilihlah produk yang berlabel organik, atau produk yang benar-benar berasal dari pengolahan kelopak bunga mawar asli. Karena semua kebaikan rose water yang Anda temukan di berbagai referensi studi tentunya mengacu pada rose water yang alami hasil penyulingan bunga mawar, bukan hasil campuran bahan kimia atau sintetik.

  • Bebas dari Bahan yang Berbahaya

Sebaiknya memang memilih rose water murni tanpa ada bahan tambahan lainnya. Namun, jika pilihan Anda jatuh pada merk rose water yang mengandung bahan tambahan, pastikan bahan tambahan tersebut aman bagi kulit. Terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pastikan bahan tambahan pada rose water tidak menyebabkan iritasi atau membuat kulit menjadi kering.

  • Memiliki Informasi yang Jelas Pada Kemasannya

Ada label organik, dan katanya rose water murni, apakah ini rose water yang terbaik untuk kulit? Tunggu dulu, Anda juga harus memastikan ada informasi yang lengkap pada kemasan rose water.

Tentunya Anda tak ingin memakai produk yang tidak jelas, kan? Pastikan produk yang Anda pilih memiliki informasi produsen pembuat rose water atau asal bahan bakunya. Lakukan riset singkat, apakah produsen rose water ini terpercaya. Amati juga apakah produk tersebut memiliki nomor registrasi.

Rose Water Bisa Dipakai Untuk Apa Saja?

Anda sudah memilih dan membeli rose water yang terbaik untuk perawatan kulit. Lalu, rose water ini bisa dipakai untuk apa saja?

Inilah beberapa penggunaan rose water untuk kulit:

  1. Sebagai toner

Dengan efek toning dan astringent yang dimilikinya, rose water sangat baik digunakan sebagai toner. Rose water juga dapat mempertahankan pH alami kulit, sehingga dapat mengontrol kelembaban dan produksi minyak berlebih pada kulit.

Rose water dapat digunakan sebagai toner dengan cara disemprot langsung pada kulit wajah atau dengan membasahi kapas dengan rose water, lalu tepuk-tepuk kulit wajah dengan kapas.

  1. Sebagai campuran masker

Rose water juga baik digunakan untuk mengencerkan masker yang berbentuk serbuk. Jika Anda sering memakai masker organik yang berbentuk serbuk, maka Anda dapat menggunakan rose water untuk melarutkan masker sebelum digunakan. Rose water akan menambah nutrisi pada masker yang Anda pakai, dan dapat berfungsi sebagai parfum yang menenangkan saat memakai masker.

  1. Sebagai pelembab kulit

Rose water dapat menghidrasi kulit sehingga dapat menjaga kelembaban kulit. Anda dapat menggunakan rose water dalam skincare routine Anda untuk tahap hidrasi. Semprotkan rose water pada kulit yang telah dibersihkan untuk hidrasi kulit yang mendalam.

Untuk kulit yang sangat kering, Anda dapat mencampur rose water dengan virgin coconut oil, lalu oleskan campuran ini pada bagian kulit yang kering. Campuran ini akan segera menghidrasi kulit Anda. Coconut oil akan menciptakan barrier agar kulit tidak kehilangan kelembabannya, dan rose water dapat menyegarkan kembali kulit yang kering.

  1. Sebagai campuran obat jerawat

Rose water juga memiliki efek anti bakteri yang telah teruji. Karena itu, Anda dapat memakai rose water untuk membantu penyembuhan luka atau jerawat. Memang sebaiknya Anda memakai tambahan bahan aktif lain selain rose water. Namun memakai rose water akan membantu mempercepat efek penyembuhannya.

  1. Sebagai campuran untuk mandi berendam yang menenangkan

Memiliki mood yang baik juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Sebuah studi menunjukkan bahwa rose water memiliki manfaat untuk menenangkan dan memperbaiki mood. Jadi jika Anda sedang memerlukan mood booster, Anda dapat menambahkan rose water dalam campuran untuk mandi berendam dan cobalah untuk rileks. Kulit Anda semakin segar, dan mood pun akan semakin positif.

  1. Face mist yang aman untuk menyegarkan kulit dan meredakan iritasi

Bawalah selalu rose water dan kapan pun Anda memerlukan hidrasi saat cuaca panas, Anda dapat menggunakan rose water sebagai face mist.

Karena rose water juga memiliki efek menenangkan kulit yang teriritasi, saat kulit menjadi merah karena sinar matahari, menggunakan rose water sebagai face mist dapat meredakan kemerahan yang ditimbulkan.

Manfaat Rose Water Untuk Kulit Kering atau Sensitif

Seperti yang telah disebutkan tadi, rose water sangat baik efeknya jika digunakan pada kulit kering atau kulit yang sensitif, karena rose water memiliki efek antioksidan dan anti iritasi yang sangat baik.

Bagi kulit yang kering atau sensitif, efek anti iritasi ini tentunya akan sangat membantu meringankan ruam kemerahan pada kulit yang juga dapat disebabkan oleh kondisi kulit yang kering.

Efek anti iritasi dari rose water ini juga telah terbukti dengan penelitian.

Rose water juga sangat baik untuk menghidrasi kulit dengan menciptakan barrier yang melindungi kulit dari kekeringan. Memakai rose water pada kulit kering dan sensitif akan terasa menyegarkan dan tidak menimbulkan iritasi.

Manfaat Rose Water Untuk Kulit Kombinasi atau Kulit Berminyak

Tak hanya untuk kulit kering, rose water juga baik digunakan untuk jenis kulit kombinasi dan kulit berminyak. Mengapa rose water baik untuk kulit berminyak?

Hal ini disebabkan efek hidrasi dan astringent yang dimiliki oleh rose water. Percaya atau tidak, memiliki kulit berminyak bukan berarti tidak perlu pelembab. Justru sebaliknya, kulit berminyak yang kehilangan kelembabannya, akan semakin banyak memproduksi minyak wajah, sehingga kelebihan minyak pada wajah akan semakin banyak. Jadi, hidrasi pada kulit berminyak itu penting untuk mengontrol produksi minyak wajah. Rose water dapat memberi efek hidrasi ini.

Selain itu, rose water juga memiliki efek astringent dan toning yang tentunya sangat baik untuk mengecilkan pori pada kulit berminyak. Rose water juga memiliki efek antibakteri yang telah teruji. Tentunya fungsi ini akan bermanfaat bagi kulit berminyak yang juga mudah berjerawat.

Manfaat Rose Water Untuk Kulit Normal dan Kulit yang Mengalami Tanda-tanda Penuaan

Salah satu kandungan dari rose water adalah vitamin C dan vitamin A yang sangat baik digunakan sebagai bahan aktif anti aging. Sebuah studi juga mengkonfirmasi kemampuan rose water dalam memberikan efek anti aging pada kulit ini.

Vitamin A akan mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga kulit akan lebih cerah tanpa penumpukan sel kulit mati. Sementara itu vitamin C dapat membantu produksi kolagen pada kulit sehingga kulit lebih segar.

Kesimpulan

Sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, rose water sangat populer di Indonesia dan banyak sekali pilihan merk dengan harga yang sangat bervariatif, dari harga di bawah Rp. 10.000 hingga di atas Rp. 250.000 untuk ukuran 100 mL.

Tentu saja masing-masing harga dan merk kualitasnya tidak sama. Untuk mendapatkan manfaat dari rose water yang telah teruji, pilihlah rose water dari bahan organik asli yang dihasilkan dari proses penyulingan bunga mawar. Pastikan produk rose water tidak mengandung bahan tambahan yang berbahaya bagi kulit.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3586833/
  2. http://www.amis.pk/files/PrefeasibilityStudies/SMEDA%20Rose%20Water.pdf
  3. https://journal-inflammation.biomedcentral.com/articles/10.1186/1476-9255-8-27
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6335493/
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3661513/

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.