Homemade Masker Natural: Rahasia memiliki Kulit Cerah Dengan Sedikit Biaya

H

Banyak produk perawatan kulit (skincare) yang dijual di pasaran dewasa ini memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit. Harganya pun bervariasi mulai dari yang harganya terjangkau sampai yang harganya mahal mencapai jutaan. Namun semua produk itu tentunya karena buatan pabrik, pasti mengandung bahan kimia. Tidak ada salahnya memang, hanya saja ada beberapa jenis kulit yang kemungkinan besar tidak tahan atau cocok menggunakan bahan kimia. Bila demikian, tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan bahan-bahan natural, seperti buah-buahan dan sayur mayur, untuk membantu mencerahkan kulitmu secara alami.  Anda bisa menggunakan homemade masker natural. Karena menggunakan bahan alami, tidak banyak efek samping negatifnya itu bisa muncul. Berikut beberapa masker wajah yang menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah

1. Masker alpukat 

Sudah bukan rahasia lagi bila buah alpukat memang memiliki banyak manfaat bagi kulit terutama karena buah satu ini kaya akan kandungan vitamin E. Banyak produk kosmetik atau perawatan kulit (skincare) juga menambahkan minyak alpukat atau avocado oil sebagai salah satu komposisi bahan karena manfaatnya ini. Riset penelitian juga membuktikan bahwa minyak yanf didapat dari buah alpukat bisa melembabkan dan mencerahkan kulit.

Tips:
Selain vitamin E, alpukat juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan karotenoid yang berperan penting dalam mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Bila kulit wajah terbebas dari sel kulit mati, kulit wjaah akan tampak lebih cerah dan bebas kusam.

Cara membuat masker alpukat sendiri di rumah tidaklah susah. Kamu bisa mencampurkan daging buah alpukat pada air atau susu secukupnya dan aduk rata sampai konsistensinya berubah seperti pasta. Kemudian, oleskan pasta alpukat tersebut pada kulit wajah secara merata dan diamkam selama kurang lebih 30 menit. Setelah selesai, bilas wajah sampai bersih. Unutk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin sebanyak 2-3 kali smeinggu. 

2. Masker tomat

Tomat adalah buah yang sangat serbaguna. Pasalnya, tomat bisa dimakan begitu saja maupun digunakan sebagai bahan unutk membuat masker wajah alami. Buah tomat sendiri memiliki banyak manfaat dan kaya akan vitamin B (B1, B3, B5, B6, dan B9). Selain vitamin B, tomat juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang bagus digunakan untuk mencerahkan kulit.

Tips:
Vitamin B pada buah tomat dikenal sangat ampuh dalam mengatasi masalah kulit, hiperpigmentasi. Studi penelitian menunjukkan bahwa vitamin B memang efektif digunakan dalam melawan tanda-tanda penuaan. 

Untuk membuat masker tomat, kamu hanya perlu membelah dua buah tomat, lalu oleskan bagian dalam buah tomat pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas sampai bersih. Pemakaian yang teratur tidak hanya mencerahkan kulit tapi juga membantu kulit wajah tetap sehat.

3. Masker kentang

Tidak banyak yang tahu bahwa kentang, selain digunakan sebagai bahan makanan, juga bisa dipakai sebagai masker wajah untuk mencerahkan kulit. Kandungan mineral dan antioksidan pada kentang dipercaya ampuh dalam mencegah penuaan dini dan membantu regenerasi kulit, sehingga kulit wajah tampak lebih cerah dan sehat. Tidak hanya itu, antioksidan juga akan membantu agar noda-noda hitam pada wajah berkurang. 

Tips:
Riset menunjukkan bahwa memang kentang adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan antioksidan yang besar. Terutama untuk jenis kentang yang berwarna ungu dan merah. Antioksidan banyak terdapat pada kulit kentang. 

Bila kamu ingin menggunakan kentang sebagai masker alami wajah, kamu cukup cuci bersih kentang dan iris tipis tipis berbentuk lingkaran. Jangan kupas kulitnya karena kandungan antioksidan pad akentang terletak di kulitnya. Letakkan secara merata pada wajah dan diamkan selama beberapa menit. Lalu bersihkan wajah. Cara lainnya adalah, siapkan dua sampai dengan tiga kentang, lalu tumbuk halus beserta kulitnya.

Campurkan lumatan kentang dengan susu cari dan aduk merata samapai konsistensi berubah menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah selesai, bersihkan wajah sampai bersih. Lakukan secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah. 

4. Masker lidah buaya (aloe vera)

Tanaman satu ini memang sudah dikenal khalayak umum akan manfaatnya yang besar, tidak hanya untuk rambut tapi juga untuk kulit. Umumnya, gel yang terdapat pada daging buah aloe vera yang dipakai untuk dijadikan masker wajah. Suatu studi menyatakan bahwa aloe vera sangat bagus untuk membantu peneymbuhan luka dan memudarkan bekas luka atau noda-noda hitam pada wajah. 

Tips:
Gel dari tanaman lidah buaya atau aloe vera, mengandung salah satu zat yang bernama magnesium laktat. Senyawa satu ini berfungsi baik untuk membantu penyembuhan luka dan memudarkan bekas luka maupun noda-noda hita pada kulit wajah. 

Untuk membuat masker lidah buaya (aloe vera) tidaklah susah. Kamu cukup siapkan lidah buaya satu saja. Iris tipis daunnya dan ambil gel di dalamnya. Oleskan gel lidah buaya tadi secara merata pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas kulit wajah sampai bersih. Bila ingin dilakukan secara rutin, bisa dilakukan selama 2-3 kali dalam seminggu. 

5. Masker cuka apel

Cuka apel memang memiliki bau yag keras dan tidak semua orang suka akan bau asamnya, tapi jangan salah, cuka apel sangat bermanfaat untuk kebersihan kulit wajah dan sudah tentu bila wajahmu bersih, maka kulit wajah akan tampak cerah juga. Cuka apel mengandung senyawa alpha-hydroxyl (AHA) di dalamnya, yang sangat efektif dalam mengangkat sel kulit mati yang membuat wajah tampak kusam dan bernoda. 

Tips:
Sama seperti jus apel, cuka apel mengandung pektin, vitamin B1, B2, B6. Selain vitamin B, cuka apel juga memiliki kandungan biotin, asam folik, niacin, asam pantothenic,dan tentunya vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa cuka apel baik untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Mudah sekali unutk membuat masker cuka apel ini, kamu cukup mencampurkan beberapa tetes cuka apel pada segelas air hangat. Jangan langsung diaplikasikan pada wajah, tapi biarkan dulu selama 20 menit. Setelah itu, oleskan campuran cuka apel dan air hangat tadi ke kulit wajah secara merata. Diamkan selama 10-20 menit kemudian bilas sampai bersih.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin sebanyak 2-3 kali seminggu.  Beberapa bahan-bahan alami di atas hanyalah sebagian saja dari banyaknya bahan alami lainnya yang bisa dijadikan masker wajah di rumah. Keuntungan menggunakan masker wajah dengan bahan-bahan natural atau alami yang bisa dibuat sendiri di rumah, tentunya harganya lebih ekonomis dan kamu juga bisa menjamin kesegaran bahan-bahan yang kamu gunakan.

Bila bahan yang kamu gunakan masih segar, tentunya kandungan vitamin di dalamnya terjaga dan saat dipalikasikan pasti bisa memberikan efek maksimal. Selain itu, bahan alami atau natural seperti buah-buahan dan sayur-sayuran juga dikenal tidak memberikan banyak efek samping buruk pada kulit wajah saat diaplikasikan secara rutin.

Kesimpulan

Bahan-bahan alami seperti sayur-sayuran dan buah-buahan disekitar kita, selain umum unutk dijadikan makanan atau dikonsumsi begitu saja, ternyata juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh tapi juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah.

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang disebutkan di atas juga tidak susah dijumpai di pasar dan tidka butuh waktu lama untuk membuatnya.  Keunggulan dari menggunakan masker wajah alami adalah bahan natural tidak memberikan banyak efek negatif bila dibandingkan dengan penggunaan bahan kimia. Selain itu, bahan alami ini juga mudah dicari dan bisa digunakan secara rutin unutk jenis kulit apapun, termasuk kulit sensitif.

Tapi tentu saja, bagi pemilik kulit sensitif, ada baiknya kamu melakukan patch test terlebih dahulu untuk berjaga-jaga. Keuntungan lainnya, karena kamu sendiri yang membuat masker wajah, kamu bisa tahu bahwa bahan yang kamu gunakan masih fresh atau segar jadi vitamin di dalamnya pasti masih terjaga dan bisa memberikan efek maksimal unutk mencerahkan kulit wajahmu. 

Referensi:

  1. http://e-ajbc.org/journal/view.php?number=662
  2. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29672394/
  3. https://extension.umaine.edu/agriculture/agriculture-water-quality/potato-antioxidant-research/
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6330525/
  5. https://www.researchgate.net/publication/322953260_

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.