Ini Manfaat Activated Charcoal Untuk Kulit

I

Apakah kalian pernah menemui produk skin care yang mengandung Activated Charcoal (Arang Aktif) di dalam kandungannya? Seharusnya iya. Karena bahan Arang Aktif sudah sering digunakan untuk bahan pembersih. Tentu kalian bertanya-tanya apasih Arang Aktif? Dan apa manfaatnya untuk kulit kita? Di sini akan dibahas lebih dalam tentang Arang Aktif. Simak artikel di bawah ya

Apa Itu Charcoal (Arang)?

Sebelum membahas Activated Charcoal ada baiknya bahas dahulu tentang activated charcoal. Dia adalah residu karbon yang tertinggal dari pembakaran sisa kayu atau bahan organik lainnya. Activated charcoal atau arang dihasilkan dengan menghilangkan komponen volatil dan kandungan air dari bahan tersebut.

Arang biasanya dihasilkan dari proses pembakaran. Dalam proses pembakaran tersebut, ada proses pengurangan air dalam bahan yang dibakar. Arang bahkan telah ditemukan pertama kali sekitar 30000 SM. Ini menunjukkan bahwa arang adalah bahan populer.

Lalu Apa Bedanya Dengan Arang Aktif?

  • Diperoleh dari bara akibat pembakaran batok kelapa atau batu bara
  • Sering digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan kolesterol
  • Juga digunakan untuk memutihkan gigi 

Arang Aktif hanya terbentuk bila mengalami pembakaran dengan suhu tinggi. Di dalam pembakaran itu, terjadi proses aktivasi dengan menghilangkan arang dari molekul yang diserap sebelumnya dan membebaskan ikatan tertentu.

Fakta Menarik:
Proses itu membuat Activated Charcoal lebih berpori dibanding arang biasa. Bahkan Arang Aktif sangat tinggi dosisnya bila digunakan. Oleh karenanya biasanya produk hanya menggunakan sedikit Arang Aktif.

Arang Aktif diproduksi pada suhu yang lebih tinggi daripada membuat arang biasa. Karena suhu yang tinggi ini membantu melepas dan mengikat atom tertentu. Arang Aktif bahkan digunakan di industri medis.

Dari penjelasan di atas, mungkin kita akan berpikir bahwa Arang Aktif adalah bahan yang populer. Ya, bahkan Arang Aktif ada di produk kecantikan dan pasta gigi. Hal ini membuktikan bahwa Arang Aktif sangatlah manjur untuk digunakan. 

Fakta Menarik:
Arang Aktif cukup memiliki banyak pori untuk mengikat dan menyerap bahan kimia, racun, dan benda asing. Kapasitas pengikatnya dapat digunakan untuk kulit dan dicerna untuk menghilangkan racun dari tubuh. Oleh karena itu, Arang Aktif sering digunakan oleh dokter untuk mengobati keracunan dan overdosis.

Lalu bagaimana bila diaplikasikan ke kulit? Nah, mari kita cari tahu pada ulasan di bawah ini ya: 

Manfaat Arang Aktif Untuk Berbagai Jenis Kulit:

Para peneliti seperti dilansir dari medicalnewstoday, melaporkan bahwa Arang Aktif dapat membantu menarik mikropartikel, seperti kotoran, debu, bahan kimia, racun, dan bakteri di dalam pori-pori. Dan membuangnya ke permukaan kulit untuk selanjutnya dapat langsung dibilas. Nah, untuk lebih tahu secara lebih dalam mengenai Arang Aktif, berikut beberapa rangkumannya:

1. Kulit Berminyak – Kulit Tampak Lebih Berkilau Dan Rentan Terserang Jerawat Akibat Penumpukan Sel Mati dan Produksi Sebum (Minyak) Kemampuan Arang Aktif untuk mengikat dan menyerap sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki kulit berminyak. Karena tentu saja, Arang Aktif mampu menyerap minyak/sebum berlebih di kulit.

Dia juga membantu menghilangkan kotoran yang telah ‘diserap’ oleh si minyak, kemudian membuat kulit kamu semakin kusam. Selain itu, Arang Aktif juga membantu mengurangi komedo dan menghentikan pembentukan jerawat baru. Inilah sebabnya mengapa banyak pembersih wajah, nose strip, dan activated charcoal masker wajah berminyak mengandung Arang Aktif di dalamnya.

2. Kulit Sensitif – Kulit Mudah Teriritasi; Orang dengan Jenis Kulit Seperti Ini Biasanya Menderita Rosacea, Eksim, dan Penyakit Kulit Lainnya Arang Aktif tidak mengiritasi kulit dan tidak pernah digunakan sebagai alergen. Sehingga menjadikannya senyawa yang sempurna untuk digunakan menghilangkan kotoran untuk kulit sensitif.

3. Kulit Kombinasi – Kulit Sedikit Berminyak Namun Juga Terasa Kering. T-Zone biasanya berminyak dan Daerah Pipi Cenderung Kering Arang Aktif sudah diandalkan dalam melakukan pembersihan kulit. Sama halnya saat dia bekerja di kulit berminyak, Arang Aktif juga bekerja baik di kulit kombinasi. Dia membantu mengurangi minyak di area tertentu dan mengurangi komedo serta jerawat yang akan tumbuh dengan menyerapnya.

Sering menggunakan nose strip dapat membantu dalam mengangkat komedo. Namun, seorang yang memiliki kulit kombinasi juga harus berhati-hati dalam mengaplikasikan masker pada T-Zone mereka. Sebab masker bekerja lebih lama daripada menggunakan nose strip. Sedangkan paparan dari Arang Aktif yang terlalu lama akan membuat kulit kamu menjadi kering.

4. Kulit Normal – Kulit Yang Seimbang. Tidak Terlalu Kering Juga Tidak Terlalu Berminyak. Penggunaan untuk Arang Aktif untuk jenis kulit ini cenderung lebih aman. Produk yang mengandung Arang Aktif dapat digunakan diseluruh wajah untuk menghilangkan kotoran pada kulit dari polusi.

Dan menggunakan penyerap minyak wajah berbahan Arang Aktif juga sangat berguna ketika kulit kamu terasa berminyak. Tentunya akan membantu wajahmu terasa lebih segar.

5. Kulit Kering – Menghasilkan Sedikit Sebum (Minyak) dari yang Dibutuhkan. Membuat Kulit Terasa Kasar dan Kering Serta Rentan Penuaan Dini. Arang Aktif memiliki khasiat anti penuaan. Dia mengikat kolagen dan elastin, dan membantu mengurangi kerutan di wajah.

Dengan demikian, dia dapat membantu memperlambat penuaan dini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, produk masker ini bekerja lebih lama, maka masker Arang Aktif tidak cocok dengan kulit kering. Masker Arang Aktif akan membuatnya semakin kasar dan iritasi.

6. Kulit Dewasa – Biasanya Kulitnya Cukup Kering Karena Jarang Menghasilkan Minyak, Kolagen dan Elastin Dalam Jumlah Yang Dibutuhkan. Arang Aktif kaya akan mineral. Ini dapat membantu mengencangkan pori-pori dan meningkatkan produksi kolagen dan elastin di kulit. Reaksi ini membantu kulit mengurangi garis kerutan, dan memperlambat proses penuaan, serta meremajakan kulit.

Manfaat Lain Dari Arang Aktif:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Sebuah makalah yang diterbitkan oleh The Lancet 1989, menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi Arang Aktif sebanyak 8 gr selama tiga kali sehari selama empat minggu akan mengalami penurunan kolesterol LDL sebanyak 41%.

Belakangan ini juga, Universitas Helsinki mengeluarkan dokumen yang menyatakan bahwa pasien berbeda mengkonsumsi Arang Aktif selama tiga minggu. Hasilnya kolesterol mereka turun 29-41%.

2. Meredakan Gejala Kembung

Arang Aktif mengurangi kembung karena gas di perut. Penelitian yang dilakukan oleh R G Hall Jr, H Thompson, A Strother menguji efektifitas Arang Aktif dalam mengobati gas di usus berdasar jumlah angin yang dikeluarkan (kentut) dan tingkat hidrogen nafas yang juga diukur. Hasilnya Arang Aktif efektif mencegah peningkatan jumlah konsentrasi hidrogen dan gas dalam usus.

3. Digunakan Untuk Mengobati Luka

Obat oles yang mengandung Arang Aktif membantu menyerap racun dan infeksi serta bakteri Hal ini adalah salah satu proses pengikatan yang dilakukan oleh Arang Aktif. Obat oles tersebut dioleskan pada luka, bekas luka, sengatan lebah, koreng dan infeksi ringan lainnya. Ternyata dia bisa membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan ringan.

4. Membersihkan Rambut dari Racun

Seringkali sampo dan kondisioner mengandung Arang Aktif untuk menghilangkan racun pada lapisan kulit kepala. Biasanya digunakan di atas kepala daripada di ujung rambut.

5. Perawatan Kulit Kepala

Sampo yang mengandung Arang Aktif dan masker rambut yang mengandung bahan ini dapat membantu mengurangi produksi minyak dan kotoran di kulit kepala. Cara kerjanya hampir sama dengan cara kerja produk wajah. Dia juga membantu menghilangkan ketombe, membantu menyembuhkan kulit kepala dari gatal, kemerahan, dan kulit bersisik.

6. Menambah Volume Rambut

Minyak dan kotoran di rambut membuat rambut kamu menjadi lepek dan terasa gatal. Dengan menggunakan produk yang mengandung Arang Aktif maka rambut kamu menjadi lebih bersih dan sehat. Inilah mengapa dry shampoo (sampo tanpa bilas) banyak yang mengandung Arang Aktif, karena agar membantu membersihkan kotoran di rambut.

Potensi penggunaan Arang Aktif sangatlah manjur. Baik digunakan secara dioles, dikonsumsi, atau dijadikan pembersih, Arang Aktif sangat membantu menghilangkan kotoran yang buruk untuk tubuh. Untuk dosis harus diatur sesuai resep dokter, agar penggunaannya efektif dan tepat.

Referensi:

  1. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/term=Hall+RG+Jr&cauthor_id=7015846
  2. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/term=Thompson+H&cauthor_id=7015846
  3. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/term=Strother+A&cauthor_id=7015846

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.