Ini Manfaat Dan Risiko Witch Hazel Untuk Kulit

I

Witch Hazel untuk kulit telah digunakan sebagai ramuan penyembuh selama beberapa abad terakhir. Dia dijuluki sebagai bahan alami yang mujarab. Dan tentu saja cocok untuk dijadikan perawatan kulit. Witch Hazel digunakan untuk mengatasi segala masalah wajah seperti kulit berminyak bahkan kulit iritasi. Terdengar menarik bukan?

Ya, setiap formula produk kecantikan di pasaran banyak yang menuliskan Witch Hazel di dalam kandungan produk mereka. Banyak ahli mengklaim Witch Hazel adalah solusi yang tepat untuk masalah dan kebutuhan kulit kamu.

Hmm, tapi apa sebenarnya Witch Hazel itu? Dan mengapa dia sangat penting dijadikan sebagai komponen dalam setiap produk kecantikan dan perawatan kulit? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, mari simak beberapa uraian fakta terkait dengan bahan itu serta resikonya di bawah ini: 

Apa Itu Witch Hazel?

Fakta Menarik:
– Witch Hazel dapat Hidup Selama 20 Tahun Di Alam Liar
– Ranting dan Daunnya Sering Digunakan Untuk Menyembuhkan Luka dan Menghentikan Pendarahan
– Digunakan Untuk Obat Diare dan Obat Peradangan di Sekitar Mata dan Masalah Kulit Lainnya

Witch Hazel adalah jenis genus tanaman berbunga yang hidup di Amerika Utara, Jepang, dan Cina. Khasiatnya mampu mengurangi berbagai macam masalah kulit dan tubuh. Untuk kulit, ekstrak Witch Hazel sangat membantu dalam perawatan kulit. Ekstrak Witch Hazel berasal dari daun, ranting, dan bunga. Diperoleh dari hasil distilasi alkohol yang kemudian menghasilkan cairan bening dan transparan. Hasil sulingan itu kemudian dimasukan ke untuk menjadi formula produk kecantikan. Seperti pelembab, penyegar, dan pembersih.

Dalam beberapa tahun terakhir, Witch Hazel digunakan bersama dengan etanol dalam toner dan astringent. Tambahan Witch Hazel dapat memberi air atau menghidrasi kulit. Layaknya gel lidah buaya dan air mawar yang mampu menyegarkan dan melembabkan kulit kering kamu. 

Apa Manfaat Witch Hazel Untuk Kulit?

Aplikasi Witch Hazel untuk kulit diyakini dapat bermanfaat dalam menangani masalah kulit berminyak, peradangan, iritasi kulit, gatal, gigitan serangga, bengkak, luka ringan, wasir, luka bakar dan lainnya. Ketika Witch Hazel diminum dapat memberikan manfaat untuk meredakan diare, pilek, demam, bahkan TBC. Namun sayang, penelitian terhadap Witch Hazel ini sangat minim. Apalagi penelitian tentang manfaat Witch Hazel untuk kulit.

 Berikut Beberapa Manfaat Penggunaan Witch Hazel pada Kulit:

1. Melindungi Kulit Dari Agresor:

Witch Hazel adalah sumber yang kaya akan beberapa antioksidan, terutama jenis tertentu yang disebut tanin. Antioksidan membantu kulit dengan membersihkan dan mengurangi radikal bebas yang dihasilkan dari serangan sinar UV, polusi, dan rokok.

2. Menjaga Keremajaan Kulitmu:

Antioksidan secara alami mencegah tanda-tanda penuaan dengan membuat radikal bebas merusak DNA dinetralkan. Ini yang mampu mencegah penuaan. Sebuah penelitian reaksi tabung pada tahun 2008 menunjukkan Witch Hazel mampu menetralkan radikal bebas. Serta mencegah penyebarannya di sel kanker kulit.

3. Meredakan Peradangan:

Tanin alami dan asam galat yang ada di dalam Witch Hazel memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat. Di mana mereka mampu meredakan nyeri, kemerahan, dan iritasi kulit. Witch Hazel bahkan digunakan dalam lotion aftershave yang meredakan luka akibat pisau cukur. Dia juga digunakan sebagai produk yang menyembuhkan peradangan seperti sengatan matahari (sunburn), gigitan serangga, jerawat, eksim, dan psoriasis yang muncul di kulit.

Studi menunjukkan bahwa mengaplikasikan Witch Hazel akan meredakan peradangan dan membantu menenangkan kulit kamu secara efektif. Demikian pula, sebuah studi perbandingan yang dilakukan tahun 2002 pada 40 orang yang menemukan efek luar biasa saat menggunakan lotion dengan ekstrak Witch Hazel paling tidak 10%.

Serta efisien meredakan dan mengobati eritema, atau dikenal sebagai kulit kemerahan akibat hal-hal eksternal. Seperti gesekan, memerah, atau terbakar sinar matahari. Ada pula sebuah studi dalam penelitian European Journal of Pediatrics tahun 2007 menyebutkan bahwa salep dengan ekstrak Witch Hazel, efektif mengurangi iritasi kulit ringan pada anak-anak.

4. Mengencangkan Pori-pori:

Witch Hazel hadir dengan kandungan senyawa konstriksi yang mengikat protein di dalam sel kulit kulit lebih kencang. Hasilnya, dapat meminimalkan munculnya pembesaran pori-pori. Dan sifat astringentnya dapat mengecilkan pori-pori.

5. Menyerap Minyak Berlebih:

Sifat astringent Witch Hazel mampu mengeringkan kulit kamu yang memproduksi terlalu banyak sebum (minyak). Serta menghilangkan kulit berminyak dengan cara menghilangkan lapisan sebum di lapisan paling atas.

6. Melawan Jerawat:

Witch Hazel dapat bermanfaat untuk kulit berminyak dan berjerawat, yakni dengan mencegah munculnya jerawat. Selain itu, tanin yang menunjukkan sifat antimikroba yang mengganggu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Jadi, tidak hanya dapat mencegah bakteri penyebab jerawat tetapi juga meredakan peradangan yang menyerang kulit yang berpotensi tumbuhnya jerawat.

7. Menenangkan Mata Sembab:

Sifat pendingin dari Witch Hazel bermanfaat menenangkan area bawah mata dan mengurangi mata yang membengkak.

8. Bertindak Sebagai Vasokonstriktor:

Tanin, memiliki sifat unik dalam berperilaku sebagai vasokonstriktor. Pembuluh darah kecil yang mengalir melalui kulit kamu, saat melebar dan bocor menyebabkan kemerahan, dan bengkak. Oleh karenanya, mengoleskan obat yang memiliki sifat vasokonstriktor pada kulit kamu maka akan membantu menekan pembuluh darah tersebut dan meringankan gejala tadi.

Potensi Risiko dan Efek Samping Witch Hazel Untuk Kulit

Witch Hazel kemungkinan besar aman untuk digunakan oleh orang umum, namun tentunya harus diaplikasikan dalam konsentrasi yang tepat. Selain itu juga formulasinya juga harus pas.

Namun, beberapa tahun terakhir bahan ini sering disebut sebagai bahan yang mengeringkan kulit dan bikin iritasi karena alasan berikut:

  • Tanin alami yang terkandung dalam Witch Hazel bisa menjadi bahan yang sangat sensitif pada kulit kamu. Dia bisa menghasilkan respons peradangan terhadap reaksi bahan tertentu yang ada dalam produk. Itulah mengapa mengakibatkan kulit kamu bereaksi kering atau radang.
  • Meskipun Witch Hazel adalah solusi bijak bagi orang yang kulitnya berminyak, kering dan juga sensitif. Namun, ada pertimbangan tertentu dalam penggunaannya. Sifat astringent dapat mengeringkan kulit secara berlebih, dan mengganggu proses kelembaban alami kulit kamu.
  • Selain itu, sebagian besar formulasi yang mengandung Witch Hazel dan dikombinasikan dengan alkohol terdenaturasi seperti etanol akan sangat berbahaya bagi kulit. Akan mengakibatkan gangguan  mantel asam pada kulit. Oleh karena hindari penggunaan produk dengan bahan tadi secara bersamaan.
  • Banyak orang berjerawat tampaknya senang dengan gagasan sifat astringen yang mampu mengeringkan jerawat, tetapi justru akan menjadi petaka. Karena saat kamu mengeringkan lapisan atas kulit, maka pelindung kulit kamu akan dehidrasi yang kemudian merespons hal itu dengan peradangan dan malah mendorong produksi sebum berlebih. Ini terjadi karena sebum ingin mengimbangi kekeringan yang terjadi di kulit kamu.

Poin Penting

Alkohol dan astringent umumnya memiliki reputasi buruk di dunia perawatan kulit. Karena terkenal dapat menghilangkan kelembaban kulit alami. Namun tidak semua alkohol dan astringent yang digunakan dalam produk kecantikan akan membuat kulit kita kering. Asalkan bahan itu diformulasikan dengan bahan pelembab lainnya, seperti aloe vera, asam hialuronat, dan air mawar.

Peringatan

Karena bukti ilmiahnya masih terbatas, maka ibu hamil atau menyusui sebaiknya tidak menggunakan bahan ini dan menghentikan menggunakan produk dengan kandungan Witch Hazel di dalamnya. Jika kamu memiliki kulit yang kering atau sensitif, bahan ini mungkin bukan pilihan tepat. Tetapi untuk kulit kombinasi dan normal bahan ini lumayan cocok. 

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3214789/
  2. https://www.researchgate.net/publication/51717480

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.