Ini Manfaat Propanediol Untuk Kulit

I

Dunia skincare memang tidak ada habisnya! Selalu ada bahan-bahan baru yang diklaim dapat menyembuhkan masalah kulit tertentu atau membantu meningkatkan kerja sel kulit. Terkadang, bahan-bahan baru tersebut hanya mengikuti tren pasar saja. Namun manfaatnya tidak diketahui betul. Seperti, saat Propilen Glikol pernah ngetrend di pasaran. Namun, pada tahun 2018 American Contact Dermatitis Society pernah mengklaim bahwa bahan itu membuat alergi pemakainya apalagi untuk orang berjenis kulit sensitif. Oleh karenanya, sebagai orang yang memiliki kulit sensitif harus pandai-pandai mencari alternatif bahan yang cocok dan ringan. Bahan Propanediol disebut-sebut sebagai bahan alternatif dari Propilen Glikol tetapi tentu saja lebih ringan dan aman. Mari lihat manfaat propanediol untuk kulit.

Nah, pada artikel ini akan diulas banyak mengenai Propanediol lebih dalam. Tentunya sisi baik dan buruknya. Yuk simak artikel di bawah ini:

Apa Itu Propanediol?

Jika sekilas dibaca nampaknya bahan Propanediol ini adalah bahan kimia yang menakutkan. Nah, ternyata dia adalah bahan alami loh! Propanediol berasal dari bahan alami yang memberikan banyak manfaat untuk kulit.

Secara ilmiah, Propanediol merupakan cairan Glikol yang tidak berwarna, kental, dan murni. Bahannya terdiri dari 3 karbon diol yang didapat dari proses fermentasi jagung yang kemudian diproses secara sintetis. Meski diproduksi secara sintesis, Propanol bersifat dapat menyerap air.

Senyawa Propanediol diyakini aman untuk kulit sensitif dan mengurangi iritasi. Bahan ini banyak digunakan di hampir setiap produk kosmetik perawatan kulit karena memiliki berbagai manfaat. Seperti sebagai pelembab, mengaktifkan bahan, penambah penetrasi dan bahkan emolien.

Manfaat Propanediol Untuk Kulit

Karena Propanediol diklaim aman untuk kulit sensitif, maka dia cocok digunakan di segala jenis kulit. Bahkan bahan ini muncul di banyak produk. Inilah beberapa manfaatnya:

  • Dia bertindak sebagai cover yang baik untuk kulit.
  • Memberikan hidrasi yang baik untuk kulit. Bertugas menjadi pelembab kulit, membersihkan kulit.

Kegunaan Propanediol

1. Bertindak Sebagai Pelarut:

Propanediol adalah bahan pelarut yang baik. Bahkan sangat bagus dalam melarutkan bahan yang sulit dilarutkan seperti asam salisilat, asam ferulic, allantoin, dan asam askorbat. Dia bertindak sebagai bahan yang menjernihkan dan komposisi formulasi produk berbeda. Dia juga mengurangi viskositas dalam kosmetik, yang membantu aliran formula di produk menjadi lancar.

2. Meningkatkan Kerja Humektan

Humektan adalah zat yang menjaga kelembaban. Propanediol sangat baik untuk meningkatkan kerja zat Humektan sehingga dia bisa bekerja melembabkan kulit dengan sempurna. Inilah alasan mengapa Propanediol hadir di hampir setiap produk kosmetik. Sifatnya yang mampu menyerap air inilah yang membuatnya dapat melembabkan kulit. Cocok untuk kulit kering yang dehidrasi.

3. Melembutkan Kulit

Ini adalah hasil dari sifat emolien yang mampu melembutkan dan mencegah hilangnya kelembaban di kulit. Untuk produk topikal, maka kandungan Propanediol ini berfungsi sebagai tameng atau perisai yang mencegah kekeringan pada kulit. Pada penggunaan jangka panjang, Propanediol membantu meningkatkan kadar air alami di dalam kulit. Produk perawatan kulit seperti krim pelembab dan lotion yang mengandung Propanediol adalah pilihan yang terbaik.

4. Anti-penuaan

Sifat humektan dari propanediol dapat bermanfaat untuk anti aging untuk kulit keriput yang terjadi karena bertambahnya usia. Propanediol akan memberikan kelembaban bagi kulit keriput. Karena seiring bertambahnya usia, sel pelembab alami di lapisan dalam kulit berkurang drastis.

Di dalam sel yang memproduksi kelembaban kulit itu terdiri dari asam amino, PCA, gula, dan peptida. Bahan-bahan ini akan menipis seiring bertambahnya usia. Padahal mereka adalah agen yang bekerjasama untuk memproduksi kelembaban kulit secara alami sehingga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

5. Bahan yang Aman Untuk Kulit Berjerawat

Propanediol banyak digunakan dalam produk pembersih wajah. Kegunaan propanediol ini untuk meningkatkan volume busa. Produk yang mengandung bahan surfaktan menghasilkan sedikit busa. Sedangkan busa dapat berguna untuk membersihkan minyak dan kotoran di kulit. Produk berbusa juga cenderung lebih lembut jika diaplikasikan ke kulit.

6. Meningkatkan Penyerapan

Propanediol dapat membantu menyerap kandungan baik dalam produk ke dalam kulit. Namun ini menjadi bahan yang kontroversial, karena sifatnya yang bisa menyerap itu tadi. Propanediol dianggap sedikit berbahaya karena dapat menyerap kandungan kimia yang buruk untuk wajah.

7. Bahan Pengawet

Ya, Propanediol juga digunakan untuk bahan pengawet. Dia bisa meningkatkan umur simpan dan mempertahankan keefektifan berbagai produk perawatan kulit & kosmetik dalam jangka panjang. Selain itu, tekstur Propanediol ringan dan tidak lengket. Sehingga, saat diserap kulit terasa tidak berat.

Propanediol VS Propilen Glikol, Amankah?

Banyak orang pasti kebingungan dengan 1,3 Propanediol (Propanediol) dan 1,2 Propanediol (Propylene Glycol). Karena mereka strukturnya sangat mirip dan formula kimianya sama. Namun, jelas fungsi keduanya berbeda. Meski formula kimianya sama, namun sumber mereka berbeda. Propanediol berasal dari jagung sedangkan propilen glikol adalah hasil dari ekstraksi petrokimia.

Keduanya sebenarnya aman untuk kosmetik topikal. Meski kadang Propanediol dianggap sering mengiritasi, namun EWG (Environmental Working Group) mencatat bahwa resiko iritasi tergolong rendah. Selain itu, para ahli kosmetik (Cosmetic Ingredient Review) telah menganalisis data bahwa penggunaan Propanediol aman digunakan untuk kosmetik. Studi Propanediol topikal pada kulit, membuktikan bahwa iritasi terjadi pada sebagian kecil orang.

Efek Samping Dari Propanediol

Propanediol secara umum dianggap sebagai bahan yang aman untuk digunakan dalam kandungan kosmetik dan skincare. Sebuah studi uji tempel dilakukan pada tahun 2010 tentang Propanediol dengan konsentrasi 75%. Hasilnya Propanediol tersebut tidak membuat kulit menjadi iritasi. Oleh karenanya, United States Food and Drug (FDA) menyetujui bahan ini aman untuk kosmetik bahkan makanan. Sayangnya belum ada penelitian mengenai apakah aman Propanediol diaplikasikan untuk ibu hamil? Lebih baik, berhati-hati dalam memilih produk untuk ibu hamil.

Rangkuman

Menurut studi penelitian yang sudah ada, Propanediol aman digunakan dalam kosmetik atau produk perawatan. Propanediol adalah bahan serbaguna yang memberi manfaat baik pada kulit. Termasuk bekerja sebagai pelembab, hidrasi, dan anti-penuaan yang efektif. Tentu saja dapat membuat kulitmu halus dan bercahaya. Banyak orang telah beralih membeli produk berbahan Propanediol daripada Propilen Glikol.

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.