Kenali Minyak Squalane yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kecantikan Kulit Wajah

K

Para pakar setuju bahwa untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik, perlu menjaga kebersihan dan kelembapan kulit. Karena itulah, dewasa ini banyak sekali produk pelembab yang bisa dibeli di pasaran. Macamnya beragam dan semuanya condong memiliki fungsi untuk melembabkan dan menghidrasi kulit. Salah satu minyak alami yang dijadikan bahan pelembab adalah Squalane. Minyak alami satu ini sedang digandrungi. Mari kita cari tahu lebih banyak apa itu squalane oil. 

Squalene – Apakah beda dengan Squalane? 

Sekilas lihat, perbedaan dari squalane dan squalene hanya terdapat pada satu konsonannya saja. Kalau squalane pakai (a) sedangkan squalene pakai (e). Sebenarnya, perbedaannya lebih dari itu. Jadi, squalene sendiri adalah lipid (lemak) yang diproduksi secara alami oleh kulit melalui kelenjar sebasea. Bersama dengan trigliserida dan wax ester, squalene merupakan komponen penyusun sebum pada kulit.

Memang, sebum yang berlebih bisa membuat kulit rentan berjerawat, tapi berkan sebum (minyak alami kulit) inilah, kulit wajah bisa senantiasa lembab.  Seiring bertambahnya usia, produksi squalene akan semakin berkurang. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi kering dan kasar. Puncak dari produksi squalene adalah saat seseorang memasuki masa remaja dan menurun ketika seseorang memasuki usia 20-30 tahunan. 

Tips:
Selain dihasilkan oleh tubuh manusia, squalene juga dihasilkan oleh tanaman seperti zaitun, bekatul, minyak biji gandum, minyak biji padi, dan tebu. Squalene juga bisa didapatkan darik hewan yaitu, dari hati ikan hiu. Namun dalam produk kecantikan, squalene yang didapat dari hati hiu sangat jarang ditemukan karena berdampak merusak lingkungan dan menganggu ekosistem laut.  

Kalau begitu, apa itu squalane? Bahan satu ini adalah bahan jenuh yang didapat dari squalene melalui proses hidrogenesi. Tingkat kejenuhan squalane mencapai 100% sehingga membuat molekul minyak ini lebih stabil dibandingkan minyak lain seperti, minyak kelapa yang tingkat kejenuhannya hanya mencapai 80-90% saja.  Karena lebih stabil daripada squalene, squalane banyak digunakan dan ditemukan pada produk perawatan kulit (skincare), terutama dalam pelembab. Sekarang mari kita ketahui lebih lanjut, manfaat squalane bagi kulit wajah.

Squalane – manfaatnya bagi kulit 

Seperti yang sudah kita bahas, squalane, sama seperti squalene, memiliki fungsi utama untuk melembabkan. Squalane sendiri termasuk dalam golongan emollient, sama seperti lanolin (bila kamu ingin tahu lebih banyak soal lanolin, bisa klik di sini). Berikut manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan produk perawatan kulit (skincare) yang mengandung squalane:  

  • Melembabkan dan menghidrasi kulit

Biarpun tingkat kejenuhannya tinggi, tekstur dari minyak squalane sendiri tergolong ringan. Karena itulah, minyak alami ini mudah meresap dalam kulit dan melembabkan dari dalam untuk waktu yang lama. Tidak sampai di situ, squalane juga bisa menghidrasi kulit. 

  • Bersifat anti-aging

Memang belum banyak bukti yang menyatakan squalane bisa bersifat anti-aging. Namun, karena squalane membuat kulit jadi lembab, hal ini bisa memudarkan garis-garis halus pada wajah. 

  • Merawat mata dan bibir dan rambut

Karena memiliki sifat sebagai pelembab alami, squalane sangat bagus untuk merawat bibir, rambut, dan area bawah mata yang kering dan rentan mengalami masalah pecah-pecah atau kerontokan. 

  • Mengatasi kadar sebum berlebih (oil control) 

Sudah umum diketahui, bahwa minyak bisa sangat efektif digunakan dalam melawan minyak. Squalane cocok digunakan untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Selain dapat menyerap minyak berlebih pada kulit wajah, squalane oil juga bisa mengontrol produksi sebum berlebih. Perlu diketahui juga, bahwa tekstur ringan dari squalane tidak bersifat comedogenic atua menyumbat pori-pori. 

  • UV protection

Squalane oil juga bisa melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UVA dan UVB berlebih dari matahari. Penggunaan minyak ini bisa mengurangi pigmentasi yang kerap muncul pada kulit wajah karena terlalu lama terkena paparan sinar matahari dan juga bisa mempercepat regenerasi sel kulit. Biarpun begitu, kamu tetap harus menggunakan sunscreen saat akan beraktifitas di luar ruangan. 

  • Mengatasi eksim

Eksim biasanya ditandai dengan bercak putih kemerahan yang meradang, gatal, kering, dan terasa kasar. Squalane bisa membantu meredakan peradangan yang terjadi. Tidak hanya pada eksim saja tapi juga pada masalah kulit lainnya seperti psoriasis, dermatitis, rosacea, dan jerawat meradang. 

Itulah manfaat umum yang kamu bisa rasakan saat mengaplikasikan squalane pada kulit wajahmu. Selain melembabkan, squalane oil ternyata juga bisa merawat kulit agar tetap cantik dan sehat. Agar manfaat yang dirasakan bisa lebih maksimal lagi, tentu kita perlu tahu bagaimana cara menggunakan produk ini dengan benar. Selain itu, penting juga untuk mengerti apakah ada efek samping dalam pemakaian seperti reaksi alergi dan reaksi negatif lainnya. 

Tips:
Squalane juga kayak akan anti-oksidan, sehingga baik untuk mencegah timbulnya tumor atau kanker terutama pada kulit seperti melanoma. Cara kerja squalane dalam hal ini yaitu, dengan mengendalikan radikal bebas serta melindungi kulit dari karsinogen. Bila digunakan secara rutin, squalane juga bisa membantu proses detoksifikasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen

Squalane – aturan pakai dan efek samping 

Umumnya, produk squalane ama digunakan bagi kulit jenis apapun. Namun, seperti produk perawatan kulit lainnya. Selalu ada pengecualian bagi yang memiliki kulit sensitif. Karena itulah selalu disarankan untuk melakukan patch test pada produk skincare apapun sebelum pengaplikasiaan. Semisal setelah beberapa saat tidak terjadi reaksi apa-apa, berarti kulitmu bisa menerima produk tersebut. 

  • Perawatan wajah

Bila untuk perawatan wajah, kamu bisa melakukan patch test terlebih dahulu lalu bila tidak ada reaksi negatif, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada kulit wajahmu. Cukup teteskan 2-3 tetes minyak ke tangan lalu aplikasikan pada wajah dan leher sambil sedikit dipijat untuk membantu penyerapan. Bisa juga mencampurkan minyak ini pada eye cream atau krim pelembab unutk mendapatkan hasil maksimal. 

  • Perawatan rambut

Untuk rambut, cukup gunakan minyak pada ujung-ujung rambut agar rambut tampak berkilau dan sedikit mengempis. Atau bisa juga mencampurkan beberapa tetes minyak ini pada hair mask. 

  • Perawatan tubuh

Teteskan minyak pada tangan, lalu aplikasikan pada area tubuh yang membutuhkan kelembapan.

Patut diingat agar hasilnya maksimal, sebelum pemakaian ada baiknya untuk membersihkan area yang akan diaplikasikan terlebih dahulu. Semisal kamu ingin menggunakannya untuk perawatan wajah, bersihkanlah wajahmu telrebih dahulu. Hal yang sama berlaku untuk perawatan bagian tubuh lainnya. Jika kamu mengalami reaksi alergi, segera hentikan pemakaian dan segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Kesimpulan

Squalane memang minyak alami yang berasal dari tanaman dan hewan. Namun karena teksturnya yang ringan, minyak ini cocok digunakan untuk pemilik kulit wajah berminyak. Squalane banyak ditemui pada produk pelembab karena memang fungsi utamanya adalah untuk melembabkan dan menghidrasi kulit.

Namun, selain itu, squalane juga bermanfaat untuk oil control, uv protection, dan bahkan karena kaya akan kandungan anti oksidan, squalane juga bisa menangkal radikal bebas dan karsinogen yang menyebabkan kanker.  Biasanya squalane tidak memberikan reaksi negatif dan cocok unutk jenis kulit apapun, namun selalu ada pengecualiaan. Apalagi bila kulitmu sensitif dan kamu memiliki reaksi alergi pada tanaman tertentu.

Pasalnya, karena Squalane yang ada di pasaran, biasanya didapatkan dari minyak alami yang diekstract dari tanaman. Jadi kalau kamu alergi dengan tanaman tersebut, kamu kemungkinan besar juga akan mengalami reaksi alergi yang sama sewaktu menggunakan squalane. Karena dari itu, ada baiknya unutk melakukan patch test sebelum mengaplikasikan produk berbahan squalane pada area yang luas. Semisal reaksi alergi seperti merah-merah dan gatal disertai rasa panas, segera hentikan pemakaian dan temuilah dokter untuk mednapatkan perawatan lebih lanjut. 

Memang Squalane yang ada dipasaran biasanya menggunakan minyak alami yang diambil dari tanaman, tapi ada juga yang dari hait ikan hiu. Disarankan unutk membeli yang diambil dari ekstreak tanaman saja, manfaatnya sama, malah lebih bagus dari tanaman karena squalane oil yang diambil dari hati ikan hiu bisa merusak ekosistem laut dan menganggu keseimbangan alam.

Referensi:

  1. https://www.researchgate.net/publication/23939503
  2. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22361190/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.