Kenapa Kamu Harus Selalu Pakai Sunscreen? Ini Alasannya

K

Apakah kamu sudah mengaplikasikan sunscreen dalam rutinitas skincare kamu? Kalau tidak maka itu sangat disayangkan! Ingat sunscreen bukan hanya diaplikasikan saat musim kemarau atau panas. Bahkan saat musim penghujan pun sudah semestinya pakai sunscreen. Meski namanya sunscreen bukan berarti hanya diaplikasikan untuk melindungi dari sinar matahari saja. Sunscreen lebih dari itu! Tidak bergantung musim, sunscreen adalah produk perawatan yang harus diaplikasikan setiap harinya.

Di sini kami akan menyebutkan alasan, manfaat, dan pentingnya sunscreen untuk kulit kamu. Yuk, simak ulasannya:

Apa itu Sunscreen?

Sebagian besar dari kita hanya mengetahui bahwa sunscreen adalah produk pelindung sinar matahari. Itu benar, namun manfaat sunscreen lebih dari itu. Menurut definisi Wikipedia, sunscreen tergolong sebagai lotion yang menangkal sinar UV yang membahayakan kulit. Bahkan para peneliti mengatakan bahwa sunscreen adalah produk yang sangat penting dan diperlukan untuk kulit.

Mengapa Kamu Harus Selalu Pakai Sunscreen?

Tidak peduli apakah saat itu cuaca cerah, mendung, atau bahkan hujan, kamu tetaplah menggunakan sunscreen untuk melindungi polutan dan sinar UV di sekitar kamu. Seorang konsultan kulit di London, dr. Anjali Mahto menyebutkan bahwa penggunaan sunscreen sangat penting diaplikasikan setiap hari karena dapat mencegah kanker kulit dan tanda penuaan pada kulit.

Dia juga setuju bahwa penggunaan sunscreen harus digunakan di segala musim. Mengaplikasikan sunscreen akan memberi banyak manfaat untuk kulit kamu. Berikut daftar lengkap tentang manfaat untuk pakai sunscreen dan penting yang perlu kamu ingat tentang pengaplikasian sunscreen.

Manfaat Mengaplikasikan Sunscreen Setiap Hari

1) Perlindungan Dari Sinar UV

Seperti yang kita ketahui bahwa keadaan bumi semakin buruk dengan adanya global warming dan penipisan lapisan ozon. Oleh karenanya, manusia akan lebih terdampak sinar matahari secara langsung. Inilah mengapa sangat penting mengaplikasikan sunscreen di era ini. Sunscreen akan memberi perlindungan maksimal untuk kulit kamu secara maksimal.

2) Katakan Tidak Pada Penuaan DIni

Tidak hanya melindungi dari sinar matahari, tetapi sunscreen membantu untuk mencegah penuaan dini. Kenapa bisa sunscreen mencegah penuaan dini? Sinar matahari dapat mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan flek hitam. Oleh karenanya, untuk mencegah terjadinya penuaan dini selalu gunakan sunscreen.

3) Selalu Pakai SPF Sebelum Keluar Rumah

Eittss, sebelum keluar rumah ada hal yang perlu kamu ingat. Pakai sunscreen! Ya, jelas karena di luar ada sinar matahari sehingga kamu perlindungan untuk kulitmu. Bila kamu berencana keluar dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk aplikasikan sunscreen paling tidak 3 jam sekali. Karena, jika kulit kamu terlalu lama terkena sinar matahari maka efektifitas dari sunscreen kamu menurun.

4) Aplikasikan Sunscreen Secukupnya

Jangan ragu untuk mengaplikasikan sunscreen. Bagaimana mungkin setetes sunscreen bisa melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari sepanjang hari? Oleh karenanya, jangan ragu untuk mengaplikasikan sunscreen.

Selain itu, selalu oleskan sunscreen di area wajah dan bagian tubuh yang terkena sinar matahari. Tidak peduli itu di tangan, kaki atau lengan kamu. Oleh karenanya, jangan lupa selalu aplikasikan sunscreen di area tubuhmu.

Ini Yang Kamu Harus Tau Tentang Sunscreen

1) Haruskah Saya Mengoleskan Sunscreen Meskipun Saya Tidak Keluar Rumah?

Jawaban yang benar adalah Ya! Tidak peduli apakah kamu berada di luar rumah atau di dalam rumah kamu akan selalu dikelilingi sinar UV. Oleh karenanya, sudah selayaknya kamu mengaplikasikan sunscreen. Selain itu, juga membantu kulit kamu terhindar kanker kulit.

2) Apa yang Bisa Saya Gunakan Bila Tidak Memiliki Sunscreen?

Sebenarnya ada produk yang bisa melindungi kulit kamu dari sinar matahari namun tidak seefektif sunscreen.

3) Bagaimana Kalau Saya Lupa Menghapus Sunscreen Di Malam Hari?

Meski kamu seharian kamu di luar sudah menggunakan sunscreen, dan sunscreen kamu mulai memudar di kulit tetap jangan lupa untuk membersihkannya. Kamu harus membersihkan dan cuci muka agar tidak menyebabkan penyumbatan pori. Nah, itulah seputar sunscreen dan alasan mengapa kamu harus mengaplikasikan sunscreen setiap harinya. Semoga artikel ini membantu kamu.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3543289/

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.