Kulit Kering – Penyebab dan Cara Alami Untuk Mengatasinya

K

Apakah kamu sering menemukan kulitmu bersisik, mengelupas, dan kadang terasa gatal dan tampak kemerahan bengkak? Bisa jadi, kamu mengalami masalah kulit kering. Masalah kulit satu ini memang ada yang ringan, kulit mengelupas untuk suatu waktu dan di sedikit tempat saja, ada juga yang berat, kulit menegelupas di banyak tempat dan gejalanya berkepanjangan. Mari kita cari tahu lebih banyak mengenai masalah kulit satu ini.

Yang perlu diketahui seputar kulit kering

Kulit kering atau yang lebih sering dikenal sebagai xerosis di dunia medis, bisa terjadi pada siapa saja, baik wanita maupun pria. Umumnya, masalah kulit ini terjadi karena kurangnya cairan pada lapisan luar kulit (epidermis) sehingga kulit nampak bersisik, kasar, mengelupas, bahkan pecah-pecah.

Tergantung pada kondisi kesehatan, tempat tinggal, cuaca, dan faktor usia, tingkatan masalahnya bisa berbeda. Sering kali kulit kering terjadi pada kulit di bagian lengan, tangan, dan kaki. Orang yang sudah lanjut usia juga lebih rentan terkena kulit kering. 

Tips:
Kulit yang mengalami xerosis, bila dibiarkan, akan rentan terhadap masalah kulit lainnya seperti missal bakteri, eksim, maupun retakan kulit yang berdarah. Kondisi ini bisa dikurangi bilang faktor yang meningkatkan resikonya ditangani dengan baik. 

Bila kamu memiliki tipe jenis kulit yang kering, kamu akan merasakan kulitmu kaku dan kencang saat mandi, sesudah mandi, ataupun saat berenang. Bila kulit kering yang diderita parah, bisa sampai muncul kemerahan dan terasa gatal.

Selain itu, kamu juga akan menemukan gari-garis halus pada permukaan kulit yang kering. Terkadang timbul sisik dan mengelupas. Bila dibiarkan retakan bisa bertambah dalam dan bisa mengeluarkan darah. Biasanya kulit kering terjadi karena ada faktor pemicu lainnya. 

Kulit kering – penyebab dan faktor resiko

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat seseorang mengalami masalah kulit kering. Selama faktor pemicu ini tidak diatasi, maka masalah kulit kering yang kamu alami tidak akan selesai. Jadi, kamu harus tahu apa faktor pemicu yang menyebabkan kulitmu menjadi kering. Setelah itu, kamu bisa meminta bantuan dokter ahli kulit untuk penanganan lebih lanjut. Berikut ini beberapa faktor umum penyebab kulit kering yang kerap terjadi:

  • Iklim 

Bila kamu tinggal di daerah yang memiliki musim dingin, biasanya kondisi kulit akan sangat kering saat memasuki musim tersebut. Hal ni dikarenakan saat musin dingin, kelembapan dan suhu menurun sehingga lebih susah bagi kulit untuk mempertahankan kelembapannya. Tapi jangan salah, iklim paas dengan kelembapan rendah juga bisa membuat kulitmu menjadi kering karena kulit mengalami dehidrasi. 

  • Paparan sinar matahari berlebih 

Terpapar sinar UV terlalu lama juga bisa membuat kulitmu kering. Pasalnya, karena sinar matahari bisa menembus jauh ke dalam permukaan kulit dan membuat kadar minyak alami kulit berkurang. Hal itu akhirnya membuat kulit menjadi kering dan akhirnya timbul kemerahan dan ruam. 

  • Mandi air panas terlalu lama

Tidak ada salahnya mandi dengan air panas, apalagi setelah seharian bekerja keras. Namun bila kamu memiliki kebiasaan mandi atau berendam air panas dalam jangka waktu yang lama, kulitmu bisa jadi kering dan bersisik. Jadi bila kamu memiliki jenis kulit kering, jangan mandi air yang terlalu panas dan jangan terlalu lama. 

  • Menggunakan sabun mandi yang terlalu keras

Sabun mandi yang memiliki kandungan bahan yang keras bisa menghilangkan kelembapan kulit dan jelas membuat kulit terasa kering setelah pemakaian. Sabun mandi batangan biasanya mengandung bahan yang bernama surfaktan, suatu zat pembersih yang memiliki pH basa. Bila kulitmu jenis yang kering, jangan menggunakan produk mandi yang berbahan pH basa atau alkali karena zat-zat tersebut bisa mengganggu lapisan kulit luar dan mencegah kulit melindungi permukaannya dengan baik sehingga malah iritasi yang akan timbul

  • Kurang minum air

Bila kamu kurang minum air, hal itu bisa berdampak pada kulitmu. Tubuh kita memang terdiri dari 80% air dan membutuhkan banyak air agar bisa bekerja dengan baik. Bila tubuh kekurangan air, akan sangat berdampak pada kondisi kulitmu. Tidak hanya kulit akan mengalami dehidrasi tapi juga menjadi kusam dan tidak cerah.

  • Sedang dalam pengobatan tertentu

Obat jerawat yang memiliki kandungan bahan AHA biasanya memang bersifat dry dan mengelupas kulit. Selain itu, bila kamu sedang sakit dan mengkonsumsi anti-biotik atau obat keras lainnya bisa juga memberi dampak dry kulit.

Memang masih ada penyebab lainnya seperti penyakit kulit tertentu yang membuat dry kulit, tapi penyebab di atas adalah yang paling umum terjadi. Temuilah seorang dokter ahli kulit bila masalah kulit keringmu tidak semakin membaik atau kamu sudah menderita masalah kulit kering dalam jangka waktu yang lama. 

Tips:
Bila masalah kulit keringmu memberikan tanda yang disebutkan di bawah ini, segera temuilah ahli dermatologi agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Hal ini penting dan disarankan oleh suatu studi bahwa dengan menemui dermatologis, kemungkinan masalah kulit kering ini diatasi dan tidak berubah menjadi masalah kulit yang lebih serius tinggi. Masalah dry kulit yang tidak diatasi bisa menyebabkan masalah kulit lain yang lebih serius seperti eksim, infeksi bakteri, dan kulit pecah berdarah
  • Kondisi tak kunjung baik biarpun sudah dirawat dalam jangka waktu panjang
  • Kulit sering disertai kemerahan pada permukaannya
  • Kulit sangat dry dan terasa gatal sampai menganggu tidur maupun aktifitas lainnya
  • Memiliki luka terbuka atau infeksi akibat goresan atau terkelupasnya bagian pada kulit yang kering
  • Area kulit yang kering dan bersisik sudah terlalu luas

Bila dry kulit yang kamu alami karena perubahan cuaca atau karena dehidrasi, dan daerah yang dry tidak luas, kamu bisa lakukan perawatan kulit sendiri di rumah. Kamu bisa mengubah gaya hidup maupun mengaplikasikan krim atau lotion pelembab, seperti body butter. 

Menangani masalah kulit kering di rumah

Karena sekarang kamu sudah tahu, faktor resiko dan penyebab kulit menjadi dry, kamu bisa melakukan langkah-langkah pencegahan atau perawatan kulit pribadi di rumah. Tentunya hal ini bisa dilakukan bila kondisi kulit keringmu tidak parah. Jika parah, ada baiknya kamu meminta bantuan ahli. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mencegah maupun merawat gejala kulit kering:

  • Saat mandi, ketimbang menggunakan air panas, gunakanlan air hangat atau air dingin. Semisal kamu menggunakan air panas, jangan yang suhunya terlalu panas, dan setelah mandi dengan air panas, bisa dibilas dengan air dingin. Namun yang terpenting, jangan mandi terlalu lama karena bisa membuat minyak alami kulit hilang dan memperparah kondisi kulit kering. Durasi yang pas untuk mandi adalah tidak kurang dari 5 menit dan tidak lebih dari 10 menit. 
  • Para ahli setuju bahwa menggunakan lotion pelembab atau body butter sesaat setelah mandi sewaktu kulit masih agak basah bisa membantu meringankan kondisi kulit kering. Bila masalah kulit keringmu ringan, kamu cukup menggunakan lotion saja. Tapi bila kondisi kulit keringmu levelnya menengah ke atas, gunakanlah body butter. Selain body butter, riset penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa (coconut oil) ataupun minyak zaitun (virgin olive oil) bisa membantu melembabkan kulit karena bahan-bahan tersebut bersifat emolien. 
  • Hindari paparan sinar matahari dan tentunya jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air. Tubuh yang kekurangan cairan bisa membuat kulit kering dan membuat kondisi kulitmu yang mungkin sudah kering menjadi lebih parah

Initnya, mengapa kulit seseorang bisa dry, selain karena faktor yant diak bisa dikontrol seperti cuaca, suhu, ataupun umur, ada juga faktor yang disebabkan karena gaya hidup, seperti suka berendam dan mandi terlalu lama, atau mandi terlalu sering, suka mengikuti kegiatan outdoor, ataupun juga kurang minum dan tidak mengaplikasikan pelembab pada tubuh. 

Tips:
Biasanya dokter akan meresepkan obat tertentu seperti, kortikosteroid atau modulator imun, yang biasanya terdiri dari tacrolimus dan pimecrolimus, bila kondisi kulit keringmu parah dan menimbulkan gatal yang sampai menganggu kegiatan sehari-hari. Obat di atas memang memiliki fungsi untuk mengatasi rasa gatal, kemerahan, dan bengkak yang disebabkan kulit kering parah. Di Indonesia, dua obat di atas bisa didapat melalui resep dokter

Kesimpulan

Kondisi kulit kering atau xerosis ini umum terjadi pada siapa saja, dan seiring bertambahnya usia, kulit memang akan kehilangan banyak kelembapannya sehingga wajar bila kulit terasa dry. Selain faktor usia, bisa jadi faktor cuaca dan suhu, bila kamu tinggal di tempat yang dingin, kemungkinan besar kulitmu pasti akan terasa dry.

Apalagi bila kamu mandi air panas dalam waktu lama dan tidak mengaplikasikan lotion, body butter, atau minyak kelapa atau zaitun. Selain faktor yang telah disebutkan di atas, ada juga faktor yang bisa kita cegah seperti kurang minum dan sering terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama. Agar tubuh bisa mempertahankan kelembapannya, tubuh memerlukan banyak air.

Bila air yang kamu minum setiap harinya tidak memenuhi kebutuhan tubuh, maka kulitmu akan kehilangan hidrasinya sehingga terasa dry, kasar, dan tidak cerah. Selain itu, paparan sinar matahari berlebih pada kulit juga bisa menyebabkan kulit kehilangan minyak alaminya.Kamu bisa merawat sendiri kondisi kulit keringmu di rumah bilamana kondisinya tidak terlalu parah.

Namun bila parah, ada baiknya kamu menemui dokter ahli kulit agar penanganan yang tepat bisa diberikan. Pasalnya, bila faktor resiko yang disebut di atas tidak diatasi, masalah dry kulit tidak akan bisa diselesaikan. Lebih buruknya lagi, masalah dry kulit yang dibiarkan bisa mengarah ke masalah kulit yang lebih serius seperti eksim, infeksi bakteri, dan bahkan kulit pecah-pecah parah yang bisa mengeluarkan darah. 

Perlu ketelatenan untuk menjaga agar kulit tetap lembab dan upaya dan waktu yang diberikan juga banyak, bergantung pada jenis kulit dan kondisi masing-masing orang. Yang jelas, masalah dry kulit bisa dihindari bila kamu rajin menjaga kelembapan dan kesehatan kulitmu dan memiliki kebiasaan yang baik untuk minum air dan mengaplikasikan lotion pelembab ataupun body butter. 

Referensi:

  1. https://www.researchgate.net/publication/221895669
  2. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19134433/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK424899/
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3047924/
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3047924/
  6. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2387301/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.