Madu Untuk Mengobati Jerawat dan Kenali Manfaat Lainnya

M

Tentunya kalian sudah tahu khasiat madu untuk mengobati jerawat dan kesehatan. Tidak diragukan lagi bahwa madu mampu memberikan khasiat yang efektif. Madu mengandung antimikroba, antioksidan yang bisa menenangkan kulit kamu. Namun, di dunia ada banyak sekali jenis madu yakni sekitar 300 jenis. Tanpa basa-basi, kami akan bantu kamu mengenali madu apa yang cocok untuk kamu, khususnya untuk perawatan wajah. Lihat khasiat madu untuk mengobati jerawat dan kesehatan.

Apakah Madu Manjur Untuk Masalah Kulit?

Sejarah Madu:

Rumor mengatakan bahwa Ratu Cleopatra melakukan ritual mandi yang sangat mewah, yakni dia mandi di air susu dan madu. Enzim yang terkandung di dalam madu membuat kulit menjadi lembut. Wow terdengar menyenangkan mandi air madu! Lihat khasiat madu untuk mengobati jerawat dan kesehatan.

Madu dianggap sebagai salah satu bahan yang menyembuhkan luka sejak dahulu kala. Madu dapat menyembuhkan luka karena bioaktivitasnya yang meliputi aktivitas antibakteri, antivirus, anti inflamasi, dan antioksidan.

Madu mengaktifkan respons imun akibat infeksi. Ini adalah sifatnya sebagai antibodi. Oleh karenanya, madu digunakan untuk mengobati luka akut, luka bakar yang berat maupun ringan dan juga sedang. Madu juga telah diteliti oleh hampir semua orang, bahwa khasiat madu memang menunjukan sebagai agen antioksidan alami yang mempercepat penyembuhan luka, antivirus, antijamur seperti yang dikatakan oleh Jurnal Online Oxid Med Cell Longey.

Dari cerita-cerita ini, alangkah baiknya bila kita memahami betul kegunaan madu untuk dalam khasiatnya untuk kulit berjerawat. Perlu diingat juga bahwa madu tidak dapat menyembuhkan jerawat. Bagaimana itu? Simak terus artikel ini. Lihat khasiat madu untuk mengobati jerawat dan kesehatan.

Mengapa Madu Tidak Menyembuhkan Jerawat?

Hmm, jawabannya cukup sederhana. Yakni meski madu memiliki sifat anti-bakteri, madu tidak memiliki sifat anti-bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat atau disebut Propionibacterium Acnes. Lihat khasiat madu untuk mengobati jerawat dan kesehatan.

Oleh karenanya, mengoleskan madu dalam bentuk apapun ke kulit berjerawat tidak akan mempan. Baik madu mentah, madu Manuka dan madu lainnya. Tidak akan menghentikan kulit yang berjerawat. Hanya bahan benzoyl peroxide dan beta hydroxy acid (BHA seperti asam salisilat).

Lantas Apakah Madu Bisa Mengurangi Jerawat Kemerahan dan Mengempeskan Jerawat?

Madu merupakan bahan alami yang dihasilkan dari proses alami pula. Dia adalah hasil dari nektar bunga yang dibawa oleh lebah madu (Apis mellifera: Famili: Apidae).

Namun, madu sudah tersohor sejak dari dulu kala. Manusia zaman kuno seperti di Yunani, Cina, Mesir, Romawi, Maya dan Babilonia mengkonsumsi madu dengan tujuan pengobatan dan menambah nutrisi. Madu begitu melegenda karena kandungan madu sangat baik untuk tubuh. Komposisi utama madu adalah karbohidrat sekitar 95-97% dari bobot keringnya. Selain itu, madu juga mengandung

  • Vitamin
  • Protein
  • Asam Amino
  • Mineral
  • Asam Organik

Madu Murni atau Madu Mentah juga mengandung:

  • Flavonoid– Yang membantu mengatur aktivitas sel, melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh
  • Polifenol– Ini adalah bentuk mikronutrien yang bersatu dengan antioksidan
  • Senyawa Pereduksi– Disebut juga sebagai unsur atau senyawa yang menyumbang elektron ke penerima elektron atau zat pengoksidasi dalam reaksi kimia redoks.
  • Alkaloid– Dia memiliki potensi farmakologis, seperti ciprofloxacin, dan sifat anti bakteri.
  • Glikosida– Dia memiliki aktivitas antioksidan yang signifikan, dan aktivitas anti-inflamasi.
  • Glikosida Jantung– Dia adalah senyawa organik yang meningkatkan kekuatan darah yang keluar dari jantung
  • Anthraquinone– Ini memiliki sifat antijamur, antibakteri, antioksidan.
  • Senyawa Volatil– Senyawa kimia organik yang memiliki tekanan uap tinggi pada suhu ruangan biasa

Senyawa yang ada dalam madu menunjukkan bahwa madu membantu mengurangi ukuran jerawat, atau mengempeskan jerawat. Sebagian besar senyawanya menjadi satu dengan antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu madu yang lebih gelap memiliki nilai kandungan yang lebih tinggi dibanding madu ringan.

Madu yang memiliki warna lebih gelap lebih ampuh diaplikasikan di wajah karena mengandung senyawa yang lebih padat. Madu gelap cenderung memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak. Oleh karenanya semakin gelap atau coklat si madu, maka semakin tinggi nilai antioksidannya.

Ini Adalah Cara Madu dalam Mengatasi Masalah Kulit dan Jerawat:

1. Pengurangan Lapisan Pori

Madu dapat mengurangi lapisan pori karena kandungan gula dalam madu sekitar 69%. Sehingga ini dapat mengeringkan air di dalam pori. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bakteri penyebab jerawat adalah Propionibacterium Acnes. DIa berkembang di permukaan kulit dalam.

Madu bekerja dengan menyerang dinding sel bakteri atau menghambat jalur metabolisme intraseluler. Madu bersifat higroskopis, artinya mengeluarkan kelembaban dan mengeringkan bakteri. Kandungan gulanya cukup tinggi untuk menghambat pertumbuhan mikroba.

2. Mengurangi Kemerahan

Madu memiliki senyawa penenang, asam lemak, asam amino, antioksidan, dan vitamin B yang membantu meminimalkan kemerahan pada kulit akibat jerawat.

3. Memudarkan Bekas Jerawat

Madu dapat memudarkan bekas jerawat dengan tindakan debriding yakni menghilangkan jaringan rusak atau benda asing dari sebuah bekas luka. Madu juga membantu menghilangkan slough yang merupakan sumber bakteri tempat merangsang respons inflamasi.

Simpulan sederhananya, untuk memilih madu yang efektif dalam mengatasi masalah jerawat adalah madu mentah atau murni. Sebab madu olahan telah menghilangkan banyak bahan yang ada di madu mentah. Oleh karenanya madu olahan biasanya tidak efektif.

Madu Manuka Untuk Pengobatan Jerawat

Madu Manuka mungkin jarang didengar oleh masyarakat Indonesia, namun sebenarnya madu jenis ini memiliki segudang manfaat. Madu Manuka berasal dari Selandia Baru yang sangat efektif untuk mencegah jerawat. Madu manuka sering muncul dalam banyak kandungan produk kecantikan dan perawatan kulit.

Madu ini sering disebut-sebut sebagai jenis madu pilihan yang dihasilkan dari penyerbukan asli bunga Manuka di daerah Selandia Baru. Madu manuka setidaknya harus mengandung 70% serbuk sari Manuka. Madu Manuka dapat memperbaiki kulit kamu. Dia dapat menyeimbangkan pH kulit dan membantu menyingkirkan kotoran sel-sel mati dan menjaga kulit tetap bersih.

Dia juga memiliki komponen anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Sebagai antibakteri, madu Manuka meninggalkan sedikit bakteri yang menginfeksi pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Mitos-mitos Seputar Madu Untuk Obat Jerawat

Banyak beredar mengenai mitos madu yang dapat menghilangkan jerawat dan menyembuhkan. Apa saja itu, siapa tahu kamu pernah mendengarnya:

Mitos: Madu Bebas Bahan Kimia

Fakta: Semua bahan alami mengandung banyak bahan kimia. Kebanyakan jenis madu mengandung 100 jenis bahan kimia. Ada bahan kimia yang berguna dan berbahaya dalam setiap bahan alami termasuk madu. Kebaikan kandungan kimia madu ada pada asam amino, antioksidan, senyawa antioksidan seperti flavonoid, polifenol, dan mineral. Ada pula madu yang mengandung hidrogen peroksida yang berbahaya bagi kulit.

Mitos: Madu Sangat Baik Untuk Kulit Sensitif dan Rentan Alergi

Fakta: Meskipun madu memiliki efek menenangkan pada kulit, namun sebagian orang alergi dengan serbuk sari yang terkandung dalam madu dan protein lebah di dalamnya. Meskipun risikonya rendah, madu tidak terlalu efektif untuk kulit sensitif.

Mitos: Madu Manuka Mentah Yang Layak Untuk Jerawat

Fakta: Penelitian belum menunjukkan bahwa ada satu jenis madu yang sangat efektif di antara yang lainnya. Namun, madu olahan (yang dijual di supermarket) biasanya tidak memiliki banyak zat yang bermanfaat. Menariknya, penelitian telah menunjukkan bahwa potensi antimikroba madu sangat bervariasi. Keefektifannya bergantung pada madu mana yang diambil, metode panen, bagaimana madu disimpan itu sangat berpengaruh pada keefektifan madu.

Saran: Madu adalah bahan alami yang memberi efek lembut di wajah. Untuk itu simpan di ruang tertutup agar maksimal kandungannya.

Poin Penting:

Madu efektif untuk:

  • Mengempeskan jerawat
  • Mengurangi peradangan
  • Mengurangi noda akibat jerawat

Perlu diingat bahwa madu tidak bisa menghilangkan jerawat dengan jangka yang panjang.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5661189/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5424551/
  3. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24305429/
  4. https://www.researchgate.net/publication/305890170

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.