Masker Kopi (Coffee Mask) – Miliki Kulit Cerah Dengan Cara yang Mudah

M

Kopi dewasa ini menjadi minuman yang sangat digandrungi, baik oleh anak muda maupun oleh orang dewasa. Tidak hanya sebagain minuman, biji kopi juga bisa digunakan untuk mengusir bau yang tidak menyenangkan dalam ruangan maupun dalam mobil. Karena sangat serbaguna, sekarang pun dunia kecantikan juga mulai melirik kopi sebagai salah satu perawatan (treatment) unutk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah. Cara yang paling mudah adalah dengan mengaplikasikan coffee mask sebagai wajah. Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara membuatnya? Artikel kali ini akan membahas hal itu. 

Coffee Mask – manfaat?

Selain green tea, kopi juga mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Menurut American Chemical Society, kopi bahkan menjadi salah satu sumber antioksidan terbaik selain bluberi dan the hijau. Saat diaplikasikan pada kulit, antioksidan pada kopi akan langsung bekerja pada pori-pori kulit. Dengan cara kerja inilah, coffee mask bisa memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat dari coffee mask adalah bisa mencerahkan kulit. Pasalnya, butiran kopi bisa berfungsi sebagai scrub yang mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi) dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Hal ini penting karena penumpukan sel kulit mati, selain membuat penampilan wajah tampak kusam juga bisa menimbulkan masalah jerawat. 

Tips:
Bila kopi yang digunakan scrub memiliki kadar asam, hal itu bisa membantu mengangkat sel kulit mati lebih efektif lagi, hampir seefektif eksfoliator kimiawi yang umum digunakan di klinik kecantikan. Saat mengaplikasikannya, jangan lupa untuk memijat wajah dengan lembut karena kopi juga bisa membantu melancarkan peredaran darah di wajah. 

Kulit wajah yang bersih dari tumpukan sel kulit mati dan pori-pori yang tersumbat serta aliran darah di wajah yang lancar bisa mengurangi tampilan garis-garis halus tanda penuaan dan membuat wajah lebih cerah dan bersih. Tapi patut diingat, hasil ini tidak akan datang dalam waktu instant. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu melakukannya secara rutin 

  • Mengurangi resiko kanker kulit

Berdasarkan hasil studi dalam jurnal Proceeding National Academy of Sciences, kopi juga memiliki manfaat dalam mengurangi resiko kanker kulit. Ternyata kandungan kafein pada kopilah yang membantu agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari berlebih. 

Tips:
Erikka Loftfield, salah satu peneliti dari Yale School of Public Health, AS, juga mengatakan hal yang sama. Kopi bisa mengurangi efek paparan sinar UV dari matahari pada kulit sehingga resiko unutk terkena kanker kulit pun menurun. 

Biarpun memang kopi memiliki efek bagus untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, bukan berarti pemakaian sunscreen tidak penting. Kamu tetap perlu menggunakan sunscreen saat berada di luar ruangan dan bisa memilih sunscreen yang komposisinya ada kafein di dalamnya untuk memberikan perlindungan tambahan. Ingat, masker kopi buka pengganti sunscreen. 

  • Memudarkan selulit

Bagi yang tidak tahu selulit itu apa, selulit adalah daging kenyal berlesung pada kulit paha, pinggul, pantat, atau bagian bawah perut yang terbentuk oleh timbunan lemak. Scrub alami dari kopi bisa memudarkan penampilan selulit ini. Bagaimana caranya? Seperti yang sudah dilansir, kopi bisa memperbesar dan melancarkan peredaran darah sehingga mengurangi tampilan selulit pada permukaan kulit. Karena kaya akan antioksidan, kopi juga bisa membantu agar kulit menjadi lebih sehat dan tampilan lemak pada permukaan kulit bisa berkurang 

Tips:
Journal of Cosmetology juga mendukung hal tersebut. Dalam penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa krim penghilang selulit yang mengandung kafein mampu mengurangi tampilan selulit sebanyak 17 persen dari diameter sel lemak.

Bila kamu memiliki selulit, kamu bisa menggunakan cara alami dengan membuat sendiri masker pasta kopi dan mengaplikasikan masker kopi tersebut secara merata pada area yang bermasalah atau kamu bisa menggunakan krim sejenis yang mengandung kafein dan sudah melalui proses kimia yang bisa dibeli di toko obat. Namanya siloxametriol alginate caffeine (SAC). Pemakaian yang teratur bisa menunjukkan penurunan tampilan selulit pada permukaan kulit sampai dengan 26 persen. 

  • Mengusir mata panda

Bila kamu kurang tidur, lalu saat bercermin mendapati matamu terlihat kusam dan ada seperti lingkaran hitam berawarna gelap di area bawah mata, maka kamu mempunyai kantung tidur atau sering disebut dengan istilah mata panda. Bila itu terjadi, tidak perlu bingung karena ada cara untuk mengurangi permasalahan tersebut. Kamu bisa menggunakan masker kopi untuk mengurangi penampilan kantung mata tersebut. Kafein sendiri bisa menenangkan saraf di bawah mata yang tegang sehingga kantung mata bisa mengecil. 

Tips:
Selain karena kurang tidur, kantung mata juga bisa didapat dari faktor lainnya seperti faktor genetik atau keturunan. Bila kantung mata yang kamu punya karena faktor bawaan, masker kopi tidak akan bisa menghapus kantung mata seluruhnya. 

Biarpun masker kopi tidak bisa seluruhnya dan secara tuntas menghapus kantung mata yang timbul karena faktor bawaan atau keturunan, penggunaan masker kopi tetap bisa memberikan manfaat dalam mengempiskan bengkak dan mengurangi penggumpalan darah di bawah mata yang menyebabkan terbentuknya kantung mata atau yang sering juga disebut mata panda. Tapi ada baiknya penggunaan masker kopi yang rutin ini juga diimbangi dengan istirahat yang cukup agar kantung mata tidak bertambah tebal atau gelap. 

Itulah tadi manfaat masker kopi yang bisa dirasakan bila mengaplikasikannya secara rutin. Selain bisa mencerahkan kulit, masker kopi juga bisa mengurangi resiko kanker kulit, memudarkan selulit, dan meredakan kantung mata yang berwarna gelap, baik karena kurang tidur ataupun karena faktor genetik. Berikut di bawah ini, cara membuat masker kopi yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. 

Masker kopi – cara membuat

Ada beberapa resep dan campuran yang bisa kamu gunakan bersama dengan kopi unutk dibuat masker. Namun kali ini kita akan menggunakan masker kopi yang fungsi utamanya untuk mencerahkan kulit, membuat kulit lebih elastis, dan membantu kulit melawan peradangan dan garis-garis halus tanda penuaan. Berikut yang perlu kamu sediakan dan lakukan:

Bahan:

  • 2sdm bubuk kopi giling
  • 1sdm yogurt tawar (plain yogurt)

Cara membuat dan penggunaan:

  • Campurkan bubuk kopi giling dan yogurt pada sebuah wadah mangkuk dan aduk rata
  • Oleskan campuran tadi ke kulit wajah dan kulit leher secara merata
  • Pijat lembut kulit wajah secara merata dan diamkan selama beberapa menit
  • Setelah itu, bilas wajah dengan bersih dengan menggunakan air hangat
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan dua kali seminggu

Karena kopi termasuk bahan alami, kamu tidak perlu khawatir akan adanya efek samping negatif yang timbul. Selain itu, kopi juga tidak memberikan efek alergi, baik sebagai minuman ataupun saat diaplikasikan pada kulit, jadi bisa aman dipakai bahkan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif sekalipun. 

Kesimpulan

Kopi selain berasa enak saat diminum dan memiliki aroma yang harum, juga memiliki manfaat lainnya. Terutama untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Bila diaplikasikan pada kulit, bisa membantu mengatasi banyak masalah seperti mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat. Selain itu, kafein di dalam kopi juga bisa menurunkan resiko seseorang terkena kanker kulit.

Tapi bukan berarti kamu bsia mengganti sunscreen dengan masker kopi ya. Kamu bisa membeli sunscreen yang memiliki komposisi kafein di dalamnya. Pengaplikasian kopi pada kulit juga bisa meredakan gejala kantung mata atau area gelap di bawah mata dan selulit yang ada pada permukaan kulit yang disebabkan karena timbunan lemak. Memang masker kopi tidak akan bisa tuntas mengatasi masalah ini tapi bisa membuat area tersebut menjadi lebih baik.

Membuat masker kopi tidak susah dan harganya pun terjangkau. Ada beberapa macam jenis masker kopi yang bisa dibuat namun yang plaing efektif dalam mencerahkan kulit wajah adalah masker campuran biji kopi giling dengan yogurt tawar (plain yogurt). Pemakaian yang teratur bisa membersihkan kulit dari tumpukan sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat, melawan garis-garis halus tanda penuaan dan tentunya membuat kulit lebih cerah dan sehat. 

Referensi:

  1. https://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/jf025686o
  2. https://www.pnas.org/content/108/33/13716
  3. https://dceg.cancer.gov/about/staff-directory/loftfield-erikka
  4. https://www.researchgate.net/publication/304889523

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.