Masker Oatmeal (Oatmeal Mask) – Manfaat dan Cara Membuatnya Sendiri di Rumah

M

Oatmeal atau gandum memang sudah diketahui memiliki banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Ada dua macam oatmeal yang banyak dijual di Indonesia, yan pertama, jenis oatmeal yang harus dimasak sebentar dan yang kedua, jenis oatmeal yang bisa dinikmati dengan menambahkan air panas saja. Biarpun berbeda cara memasaknya, dua-duanya sama dan tetap bermanfaat.

Bila dikomsumsi secara rutin, oatmeal bisa menurunkan tingkat kolestrol jahat dalam tubuh dan mengurangi resiko terkena serangan jantung dan jantung koroner. Selain untuk kesehatan, ternyata oatmeal juga memiliki manfaat lainnya bagi kulit. Cara untuk mengaplikasikannya juga terbilang mudah, kamu bisa menggunakan oatmeal ini sebagai masker wajah. Mari kita lihat manfaat dari memakai masker oatmeal secara rutin

Masker oatmeal – manfaat

Banyak orang menyukai oatmeal karena manfaatnya yang besar dan biarpun rasa, tekstur, dan tampilannya kurang menarik, tidak sedikit yang suka menyantapnya sebagai sarapan di pagi hari.   

Tips:
Dewasa ini banyak orang mulai melirik pemakaian oatmeal sebagai masker wajah untuk meningkatkan kesehatan kulit. Tapi hal ini belum didasarkan pada studi yang ada dan tidak aman bagi setiap jenis kulit, terutama yang memiliki alergi pada gandum. 

Pemakaian masker gandum umumnya hanya berdasarkan rekomendasi beauty youtuber dan belum ada kejelasan apakah aman dan cocok unutk digunakan setiap jenis kulit. Karena hal inilah, ada baiknya kamu berkonsultasi dulu pada dokter ahli kulit sebelum mulai mencoba masker gandum ini, terutama bila kamu memiliki kondisi kulit tertentu atau kulit sensitif. Berikut manfaat dari pemakaian masker gandum pada kulit wajah:

  • Melembabkan kulit wajah

Salah satu fungsi oatmeal ternyata adalah melembabkan kulit dan mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori tersumbat menjadi bersih dan wajah jadi lebih cerah. Kandungan beta-glukan dari oatmeal membuat bahan satu ini menjadi pelembab alami. Pasalnya, beta-glukan yang terkandung dalam oatmeal akan membentuk lapisan pelindung pada kulit, mulai dari yang paling dalam sampai yang paling luar sehingga kulit wajah mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan.  

  • Mencerahkan wajah

Selain melembabkan, oatmeal juga dipercaya bisa mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi dari oatmeal adalah mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit wajah yang memiliki konsistensi yang lengket seperti lem. Karena fungsi eksfoliasi inilah kuit bisa tampak lebih cerah. Konon katanya, efek eksfoliasi dari oatmeal ini lebih efektif daripada masker buah-buahan maupun dari bahan yang mengandung AHA. Biasanya untuk membuat masker oatmeal yang khusus untuk mencerahkan wajah, oatmeal akan dicampur dengan madu.

Tips:
Madu bersifat sebagai agen eksfoliasi yang membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat sehingga wajah tampak lebih cerah. Tapi ingat, hal ini belum dibuktikan oleh studi maupun penelitian ilmiah. 
  • Mengangkat sel kulit mati

Masih seputar manfaat oatmeal sebagai agen eksfoliasi, oatmeal memang dipercaya bisa membersihkan wajah dari sel kulit mati. Kandungan saponin di dalam oatmeal diklaim mampu membuang semua tumpukan sel kulit mati yang menutupi permukaan pori-pori kulit. 

  • Meredakan jerawat meradang

Manfaat lainnya dari masker oatmeal adalah bisa meredakan jerawat meradang. Masalah jerawat tentunya bisa dialami baik oleh pria maupun oleh wanita dan tentunya sangat mengganggu penampilan. Kandungan antioksidan yang bernama avenanthramide yang terdapat pada oatmeal memiliki efek anti radang. 

Tips:
Selain itu, oatmeal juga mengandung berbagai mineral, seperti magnesium, fosfor, mangan, selenium, dan zinc. Senyawa-senyawa di atas memiliki fungsi khusus unutk menyeimbangkan hormon. Bila hormone seimbang, tentunya masalah jerawat juga bisa dikurangi.
  • Mengurangi produksi minyak berlebih

Oatmeal punya keunggulan lainnya yaitu mengurangi produksi minyak berlebih bagi pemilik tipe kulit berminyak. Selaiin mengurangi produksi minya, masker oatmeal ini juga bisa mengurangi flek-flek hitam pada permukaan kulit

  • Melindungi kulit dari sinar matahari berlebih

Masker oatmeal juga dipercaya bisa melindungi kulit dari sinar matahari berlebih Konon katanya, manfaat ini muncul dari kandungan lemak pada oatmeal yang bisa memberikan lapisan perlindungan terhadap sinar UV. Namun sekali lagi, hal ini belum dibuktikan oleh riset penelitian. 

  • Memperlambat tanda-tanda penuaan dini

Terdapat kandungan asam amino, seperti arginine, histidine, methiodine, dan lysine. Senyawa ini membantu meregenerasi lapisan permukaan kulit serta meningkatkan produksi kolagen. Kandungan tersebut mampu meningkatkan elastisitas kulit serta meminimalisir garis-garis halus dan keriput pada paparan sinar UV. Itulah beberapa manfaat masker oatmeal yang bisa didapatkan bila digunakan secara rutin.

Tapi patut diingat bahwa khasiat-khasiat yang sudah disebutkan di atas tersebut belum pernah dipastikan atau diuji oleh penelitian. Selain itu, masker oatmeal ini juga tidak aman unutk digunakan semua jenis kulit. Jadi bila kamu memang tertarik unutk menggunakannya, ada baiknya kamu berkonsultasi lebih dahulu dengan ahli dermatologis. Jika kamu memiliki alergi terhadap gandum, jangan menggunakan masker oatmeal ini. 

Masker oatmeal – cara membuatnya sendiri di rumah

Masker oatmeal bisa dibuat dengan menggunakan oatmeal saja ataupun mencampurnya dengan bahan lainnya seperti madu dan susu. Bergantung pada campurannya, masker oatmeal bisa memberikan efek yang berbeda. Semisal bila dicampur dengan madu, masker oatmeal bagus digunakan unutk scrub. Sedangkan bila cidampur dengan susu, maskernya bisa membuat kulit jadi cerah. Berikut di bawah ini dua resep masker oatmeal yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

  • Masker oatmeal dengan madu untuk scrub

Bahan:

  • 1sdt madu
  • 1sdt minyak zaitun
  • Oatmeal

Cara membuat:

  • Buat oatmeal secara terpisah lalu tunggu sampai dingin
  • Campurkan oatmeal dengan madu dan minyak zaitun di dalam mangkuk
  • Aduk secara merata sampai konsistensi berubah menjadi pasta kental
  • Oleskan secara merata ke area kulit wajah dengan menghindari area sensitif seperti mata, dalam hidung, dan mulut. 
  • Diamkan selama 15-20 menit
  • Setelah selesai, bersihkan dengan air hangat
  • Lakukan selama 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal
  • Masker oatmeal dengan susu untuk mencerahkan kulit

Bahan:

  • 1sdm oatmeal
  • 2sdm susu bubuk atau susu cair

Cara membuat:

  • Buat dahulu oatmeal secara terpisah dan tunggu sampai dingin
  • Campurkan oatmeal dengan susu di mangkuk kecil
  • Aduk merata sampai konsistensi berubah menjadi pasta kental
  • Oleskan masker wajah secara merata dengan gerakan searah jarum jam
  • Diamkan selama 20 menit atau sampai masker mongering
  • Setelah selesai, cuci bersih dengan air hangat
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuk secara lembut dengan handuk

Dua resep di atas hanyalah beberapa resep masker oatmeal yang sering dibuat atau digunakan. Tentunya kamu bisa membuat masker oatmeal dengan resepmu sendiri bila kamu punya. Ada baiknya sebelum pengaplikasiaan, kamu bisa lakukan test patch terlebih dahulu unutk melihat apakah masker oatmeal ini akan cocok dengna jenis kulitmu. 

Kesimpulan

Oatmeal memang sudah dibuktikan manfaatnya unutk kesehatan tubuh oleh para peneliti. Namun tidak begitu halnya dengan manfaat oatmeal pada kulit. Beberapa orang atau beauty youtuber mengatakan manfaat oatmeal bisa sebagai pelembab alami, meringankan radang pada jerawat, membersihkan pori-pori yang tersumbat dan membuat wajah jadi lebih cerah. Ada khasiat lainnya juga seperti melindungi wajah dari paparan sinar matahari berlebih dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Tapi manfaat-manfaat di atas sebenarnya belum pernah dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti apakah memang oatmeal memiliki manfaat tersebut pada kulit. Bila kamu tertarik menggunakan masker oatmeal, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencampur oatmeal dengan bahan-bahan alami lainnya seperti susu, madu, minyak zaitun, ataupun telur. Tapi seperti yang yang sudah dijelaskan di atas, karena oatmeal ini tidak cocok atau aman unutk semua jenis kulit, ada baiknya kamu melakukan patch test sebelum pemakaian.

Akan lebih baik bila berkonsultasi dulu dengan ahli dermatologis mengenai pemakaian oatmeal apalagi bila kamu memiliki kondisi kulit tertentu atau kulit sensitif. Selain itu, bila kamu memiliki alergi terhadap gandum, tidak disarankan menggunakan masker oatmeal ini karena pasti akan memicu gejala alergimu. Karena peangaplikasiaan oatmeal pada kulit belum ada bukti pastinya, ada baiknya kamu berhati-hati saat akan memakainya secara rutin. 

Referensi:

  1. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22421643/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.