Melakukan Eksfoliasi Wajah dengan Aman – Caranya?

M

Salah satu lagkah rutin penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tentunya adalah eksfoliasi. Ada yang lebih senang melakukannya sendiri di rumah namun ada juga yang suka melakukannya bersama dengan ahli dermatologis di klinik kecantikan. Terlepas yang mana cara yang kamu suka, tentunya kamu perlu tahu cara yang aman atau apa yang perlu diperhatikan sebelum melakukan eksfoliasi, terutama bila kamu akan melakukannya sendiri di rumah. Sekarang mari kita cari tahu dulu apa itu eksfoliasi wajah dan apa yang perlu dipahami sebelum melakukannya sendiri di rumah

Apa itu eksfoliasi? 

Eksofliasi sendiri adalah proses pembersihan tumpukan kulit mati pada permukaan kulit (epidermis) dengan cara penegelupasan sehingga sel kulit baru bisa tumbuh dan menggantikan sel kulit mati tadi. Sel kulit baru akan membuat kulitmu menjadi lebih cerah, bersinar dan lembut. Eksfoliasi umumnya bisa dilakukan dengan dua cara, physical atau chemical.

Phsyical biasanya berupa scrub. Sedangkan chemical sering menggunakan zat berbahan AHA ataupun BHA dan dilakukan di klinik kecantikan dengan dokter ahli kulit.  Tapi, kan ada juga chemical peel yang bisa dilakukan di rumah sendiri? Memang ada, tapi kadar konsentrat AHA dan BHA di dalamnya pastinya tidak tinggi dan perlu pengalaman sebelum bisa mengaplikasikan sendiri di rumah.

Sebuah journal medis menunjukkan bahwa pengaplikasian chemical peel bisa menimbulkan iritasi dan kemerahan, karena itu lebih baik bila saat melakukannya diawasi dengan ahlinya.  Bila kamu ingin melakukan physical peeling melalui scrub, pastikan kamu memilih yang bahannya tidak terlalu kasar di kulit seperti yang dari walnut, atau kacang-kacangan.

Pasalnya, bahan-bahan tersebut terlampau kasar untuk kulit dan bisa menyebabkan micro-tear pada permukaan kulit yang lebih dalam. Hasilnya, malah bisa buat iritasi, kemerahan, dan masalah kulit lainnya. Untuk info lebih jelas mengenai eksfoliating secara chemical peel, bisa klik di sini, dan untuk cara melakukan eksfoliating dengan bahan alami sendiri di rumah, bisa klik di sini. 

Yang perlu diperhatikan saat akan melakukan eksfoliasi wajah

Banyak yang bilang eksfoliasi itu wajib untuk perawatan kulit (skincare) rutin, tapi apakah para ahli sependapat? Ternyata orang yang memiliki kulit sensitif tidak disarankan untuk melakukan eksfoliasi. Bila eksfoliasi dilakukan pada orang yang memiliki kulit sensitif, bisa timbul masalah kulit seperti ruam, iritasi dan kemerahan.

Namun bila kamu orang yang memiliki poir-pori kulit yang besar dan kulit yang cenderung berjerawat, eksfoliasi akan sangat membantu merawat kulitmu dan membuatnya tetap cantik dan bersih. Sebelum melakukan eksfoliasi kulit, perhatikan dulu hal-hal di bawah ini:

  • Perhatikan jenis kulit

Sebelum akan melakukan eksfoliasi, ada baiknya kamu mencari tahu tipe kulitmu terlebih dahulu. Bila kamu memiliki kulit sensitif, tidak disarankan untuk melakukan eksfoliasi karena bisa membuat iritasi. Selain tidak dianjurkan untuk kulit sensitif, sebenarnya pemilik kulit kering juga tidak terlalu memerlukan eksfoliasi. Tapi semisal tetap ingin melakukan, bisa melakukannya dengan menggunakan produk eksfoliasi yang berbahan krim atau scrub wajah yang mengandung vitamin B5 untuk mencegah timbulnya benjolan-benjolan kecil di wajah

  • Jangan terlalu sering

Biarpun manfaatnya besar, sesuatu yang dilakukan secara berlebih bisa memberikan dampak buruk. Menurut seorang pakar dermatologi asal Wake Forest University, Laura F. Sandoval, DO, mengeksfoliasi kulit dengan scrub cukup dilakukan sekali (untuk kulit kering) atau dua kali (untuk kulit berminyak) dalam seminggu. Kalau terlalu sering, scrub akan membuat kulit wajah tipis dan menyebabkan iritasi dan kemerahan. 

  • Lebih baik dilakukan saat malam hari

Menurut Dendy Engelman, MD, dokter bedah spesialis, eksfoliasi bisa dilakukan kapan saja. Tapi bila kamu menggunakan produk berbahan exfoliant (yang ada kandungan AHA atau BHA), kulitmu menjadi lebih rentan pada sinar matahari. Untuk manfaat maksimal, ada baiknya digunakan saat malam hari di mana kamu akan pergi tidur, sehingga kulitmu juga bisa beristirahat dan memaksimalkan proses regenerasi sel kulit yang baru. 

  • Gunakan pelembab setelah eksfoliasi

Setelah selesai eksfoliasi, biasakan untuk menggunakan pelembab agar kulit wajah tidak kering. Pilihlah pelembab yang cocok dengan jenis kulitmu. 

  • Pakailah produk antioksidan

Agar kulit wajah tetap mulus, lengkapi perawatan eksfoliasimu dengan mengaplikasikan produk antioksidan. Antioksidan akan mencegah penuaan dini pada kulit dan mengurangi keriput dan flek-flek hitam pada wajah.

  • Hindari produk eksfoliasi yang mebuat iritasi

Produk eksfoliasi datang dari banyak bahan, mulai dari kacang-kacangan sampai dengan ekstract parutan apel. Pastikan kamu tidka memilih yang bahannya terlalu kasar agar tidak melukasi kulitmu. Sebaiknya kamu bisa menggunakan gentle exfoliant berupa microbeads sintesis, seperti lactic acid atau asam laktat. Bila kamu ingin tahu lebih banyak seputar lactic acid atau asam laktat dan manfaatnya, kamu bsia baca di sini

Itulah hal-hal yang patut kamu perhatikan saat akan melakukan proses eksfoliasi sendiri di rumah. Intinya, yang patut diingat adalah tipe jenis kulitmu, bahan exfoliant yang akan kamu pilih, dan seberapa sering kamu harus melakukannya. 

Tips aman untuk melakukan eksfoliasi wajah

Karena kulit wajah lebih sensitif dan lembut daripada kulit di area tubuh lainnya, kamu tentunya perlu lebih berhati-hati saat akan mengaplikasikan sesuatu atau melakukan proses eksfoliasi agar tidak malah melukai kulit. Berikut di bawah ini tips-tips agar bisa melakukan eksfoliasi dengan aman:

  • Lakukan dengan lembut

Memang prosesk eksfoliasi itu seperti memebersihkan kulit wajah dengan bahan scrub agar sel kulit mati yang lengket bisa terlepas atau terkelupas dan hilang. Tapi bukan berarti kamu harus menggosok kulit wajahmu dengan keras sampai merah. Bila terlalu keras atau kuat dalam menggosok kulit wajah saat menggunakan scrub, malah bisa melukai kulit dan membuat iritasi. Kulit juga menjadi merah dan terasa agak gatal. Jadi bila melaukukan eksfoliasi, ambil bahan eksfoliant secukupnya, tidak perlu banyak-banyak.

Selain itu, lakukan juga dengan lembut dengan gerakan memutar selama setidaknya 30 detik. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Sama halnya jika kamu menggunakan sikat atau washlap untuk melakukan eksfoliasi. Lakukan dengan lembut, membentuk gari-garis pendek secara merata. 

  • Lakukan eksfoliasi secara berkala (tidak sering, tapi juga tidak jarang)

Untuk jenis kulit yang normal dan kering bisa melakukan 1-2 kali dalam seminggu. Namun bila kulit wajahmu jenis kombinasi atau berminyak, kamu bisa melakukan 2-3 kali dalam seminggu. Itu dia tips-tips agar kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan aman. Bila kamu mencoba sendiri eksfoliasi di rumah dan ternyata malah membuat kulitmu jadi rusak, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter agar mendapatkan pertolongan lanjutan.

Eksfoliasi yang gagal bisa dikarenakan kamunya belum berpengalaman dalam melakukan eksfoliasi, kamu bisa jadi melakukannya secara berlebihan dan membuat kulit menjadi iritasi. Atau bisa jadi, bahan yang kamu pilih kurang cocok untuk jenis kulitmu.  

Kesimpulan

Eksfoliasi memang sangat penting untuk menjaga agar kulit wajah tetap cantik dan sehat. Pasalnya, eksfoliasi membantu permukaan kulit wajah (epidermis) untuk melepaskan sel kulit mati yang seperti lem dan meregenerasi sel kulit baru. Ada dua tipe eksfoliant yang bisa dipilih mulai dari chemical peel yang menggunakan zat AHA ataupun BHA, dan ada juga physical peel yang menggunakan cara scrub.

Terlepas cara mana yang kamu pakai, pastikan kamu mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu.  Bila kamu akan melakukan checmical peel, ada baiknya konsultasi dengan dokter ahli kulit. Tapi jika ingin melakukan physical peel, kamu perlu memilih bahan yang cocok dengan jenis tipe kulitmu, dan gunakanlah bahan yang tidak terlalu kasar agar tidak melukai kulit.

Selain pemilihan bahan, penting juga kamu melakukannya dengan cara yang benar. Jangan digosokkan ke kulit wajah dengan keras atau kasar, tapi lakukanlah dengan lembut menggunakan gerakan memutar. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Jangan lupa untuk mengaplikasikan produk antioksidan dan pelembab dan tabir surya dengan minimal SPF 30 untuk memaksimalkan perawatan kulit rutinmu sehingga kulitmu bisa tetap lembut, bersih, dan cerah.

Eksfoliasi sama seperti perawatan kulit rutin lainnya, agar mendapatkan hasilnya tentu kamu harus melakukannya secara berkala dan teratur, yaitu tidak jarang tapi juga tidak terlalu sering. Eksfoliasi yang benar, aman, dan teratur, pasti bisa membuat kulitmu tetap cantik dan sehat. 

Referensi:

  1. https://www.researchgate.net/publication/224892687
  2. https://www.researchgate.net/publication/284167251
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4720453/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.