Melasma di Wajah: Bisakah Disembuhkan dengan Menggunakan Cara Topikal?

M

Melasma sebenarnya salah satu masalah kulit yang umum diderita kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang suka beraktifitas di bawah terik matahari. Apalagi bila kamu berada di bawah terik matahari berjam-jam dan bukan tipe yang suka mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya secara berkala. Paparan sinar matahari berlebih bisa menimbulkan bercak-bercak hitam pada kulit terutama kulit wajah. Bercak-bercak inilah yang sering dikenal sebagai melasma. Umumnya melasma bukan masalah kulit yang tidak bisa diatasi. Ada beberapa cara yang bsia dilakukan unutk mengatasi melasma mulai dari peeling sampai dengan perawatan (treatment) topikal. Mari kita lihat lebih jauh cara menghilangkan melasma dengan cara topikal

Melasma – apa itu?

Bila kamu berkaca dan menemukan ada bintik-bintik atau bercak berwarna gelap, itu yang dinamakan melasma. Biasanya melasma timbul di daerah seperti dahi, dagu, pipi, atas bibir, dan hidung. Melasma sendiri juga kerap timbul saat wanita dalam masa kehamilan karena pada masa tersebut, produksi hormon sedang meningkat dan salah satu efeknya bisa menimbulkan melasma pada wanita hamil. 

Tips:
Gejala melasma tidak terbatas pada wanita hamil saja, tapi bisa terjadi pada semua orang, baik pria maupun wanita Hal ini didasarkan pada kata-kata direktur dari Pigmentary Disorder and Multi-Ethnic Skin Clinic di Massachusetts General Hospital yang berafiliasi dengan Harvard, Dr. Shadi Kourosh. Selain itu, melasma juga bisa bertahan lama pada kulit wajah, bahkan sampai tahunan. Seorang pengajar senior dermatologi di Harvard Medical University, Dr. Barbara Gilchrest, mengatakan bila wanita yang memiliki melasma pada usia 20 sampai 30 tahunan bisa jadi masih memilikinya sampai sepuluh tahun ke depan. 

Melasma – penyebab

Masalah kulit satu ini memang bukan termasuk masalah serius yang bisa menimbulkan rasa sakit atau nyeri, namun tentunya melasma sangat merusak tampilan kulit wajah dan sudah membuat banyak wanita di dunia stress. Selain itu, karena ada banyak salah informasi mengenai melasma, hal ini membuat melasma bisa jadi susah untuk dihilangkan . Bila kamu memiliki kulit yang berwarna gelap, kamu akan lebih rentan terkena melasma. Menurut American Academy of Dermatology hal ini wajar karena kulitmu sendiri memiliki pigmen aktif lebih banyak ketimbang orang yang memiliki kulit berwarna terang. 

Tips:
Melasma timbul karena sel-sel pigmen menjadi lebih aktif dan meproduksi lebih banyak pigmen dari semestinya di beberapa area. Melasma hampir mirip dengan bercak coklat yang timbul karena usia tua, namun bedanya area melasma lebih luas.

Melasma memang lebih sering muncul pada wanita daripada pada pria, tapi bukan berarti pria tidak bisa terkena melasma. Salh satu alasan mengapa melasma bisa muncul adalah karena melasma memiliki faktor genetik dan sangat mungkin diturunkan di dalam keluarga. Selain faktor genetic ada faktor lainnya yang bisa menyebabkan seseorang memiliki melasma di kulit wajah. Berikut alasan lainnya:

  • Hormon (termasuk pengobatan hormon)

Fluktuasi atau naik turunnya hormon memang bisa menyebabkan timbulnya melasma. Itulah kenapa melasma kerap kali timbul saat seorang wanita berada pada masa kehamilan. Melasma juga bisa timbul saat seorang wanita mulai mengkonsumsi atau menghentikan kontrasepsi hormon seperti, pil pengontrol kehamilan, atau terapi hormon. 

  • Paparan sinar matahari berlebih

Alasan paling sering seseorang terkena melasma adalah karena paparan sinar matahari berlebih. Melasma sendiri selain bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih dan diperparah bila terkena panas ataupun cahaya. Ini tandanya bahwa sunscreen atau tabir surya sekalipun yang bisa mencegah kanker kulit tidak bisa sepenuhnya mencegah melasma. 

Melasma – pengobatan dan perawatan topikal

Untuk mengobati melasma, biasanya ahli dermatologis akan meresepkan obat atau salep topikal untuk memudarkan melasma pada kulit wajah. Biasanya obat topikal yang digunakan adalah retinol topikal dan perawatan dengan retinol. Hal ini agar kulit bisa dengan cepat meregenerasi sel. Selain retinol, dokter ahli kulit kemungkinan juga bisa meresepkan semacam “pemutih” atau salep yang memiliki manfaat untuk memutihkan kulit seperti, hydroquinone yang bekerja dengan cara memblokir produksi melanin.

Tips:
Hydroquinone memang bisa dibeli di toko secara bebas, namun penggunaannya harus dalam pengawasan dokter ahli. Pemakaiannya pun hanya di area yang berwarna gelap saja. Bila hydroquinone digunakan di area yang tidak terkena melasma atau digunakan terlalu berlebihan malah bisa menimbulkan flek putih pada kulit. 

Selain hydrouinone, dermatologis kemungkinan juga akan meresepkan asam kojic ataupun asam azelaic. Keduanya memang termasuk produk perawatan yang bersifat memutihkan kulit. Untuk lebih jelasnya mengenai asam kojic (kojic acid) dan manfaatnya bisa baca di sini. Mengenai asam azelaic (azelai acid) bisa dibaca lebih detailnya di sini. 

Treatment atau perawatan lainnya yang akan direkomendasikan untuk mengatasi melasma adalah dengan cara chemical peeling, laser treatment, dan micro needling. Tapi perawatan-perawatan di atas kurang efektif dalam mengatasi melasma. Chemical peeling sendiri tidak memberikan efek yang pasti dalam mengobati melasma. Ada orang yang melasmanya membaik setelah menggunakan chemical peeling tapi ada juga yang malah bertambah parah. Menurut riset penelitian, penggunaan topikal lah yang memberikan efek pasti untuk mengobati melasma. 

Pengobatan melasma di rumah

Ada yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membantu kulitmu beregenerasi dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Selain kamu harus mengurangi paparan sinar matahari pada kulitmu, kamu juga bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Melakukan rutin cleansing wajah

Polusi dan dampak lingkungan yang merusak bisa menimbulkan melasma. Partikel radikal bebas yang terkena kulit bisa merusak lapisan kulit dan membuat kulit jadi lebih rentan terhadap paparan sinar matahari. Pastikan kamu membersihkan wajah dengan cleanser setiap malam sebelum tidur untuk membersihkan partikel partikel kotoran yang tersisa di wajah dan juga untuk melindungi kulit. 

  • Antioksidan untuk meredakan stress pada kulit

Vitamin C dan vitamin E bisa membantu merawat kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. Kamu bisa gunakan beberapa tetes serum yang memiliki kandunga dua zat ini unutk meningkatkan kesehatan kulit dan memperbaiki area kulit yang rusak karena sinar matahari berlebih.

  • Gunakan pelembab secara teratur

Setelah menggunakan serum, jangan lupa untuk memakai pelembab secara rutin. Pelembab akan membantu mengembalikan pelindung lipid (lemak) kulit yang berfungsi menlindungi kulit dari kerusakan lingkungan. 

  • Bersabar

Seperti yang sudah dilansir, menghilangkan melasma tidaklah mudah dan butuh waktu lama. Jadi kamu harus bersabar selama berada dalam masa pengobatan.

  • Rajin melakukan langkah-langkah pencegahan

Melasma sekali hilang tidak hilang selamanya. Ada kalanya bila kamu tidka berhati-hati dan membiarkan dirimu terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, melasma bisa muncul kembali. Jadi, diperlukan komitmen jangka panjang untuk terus merawat kulit agar terjaga dari paparan sinar matahari berlebih sehingga resiko melasma bisa dikurangi.

Kesimpulan

Melasma adalah masalah kulit yang umum dan bisa diderita siapa saja, tidak terlepas tua atau muda, baik pria maupun wanita. Alasan mengapa melasma bisa muncul bisa dikarenakan faktor genetik ataupun juga karena masalah lingkungan seperti, paparan sinar matahari berlebih. Pengobatan unutk melasma bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari chemical peeling sampai dengan pemakaian obat topikal. 

Pemakaian obat topikal yang biasanya lebih efektif namun juga perlu waktu lama. Untuk topikal, umumnya darmatologis akan meresepkan retinol, hydroquinone, ataupun asam kojic (kojic acid) atau juga asam azelaic (azelaic acid). Hydroqinone, kojic acid, dan azelaic acid adalah produk perawatan yang bersifat memutihkan dan digunakan hanya di area yang terdampak melasma. 

Karena melasma bisa timbul lagi biarpun sudah sembuh, ada baiknya kamu memiliki komitmen jangka panjang untuk terus melindungi kulitmu dari sinar matahari yang berdampak merusak kulit. Kamu bisa menggunakan serum yang mengandung vitamin C ataupun vitamin E untuk memperbaiki kulit yang rusak karena sinar matahari. Lalu jangan lupa untuk menggunakan pelembab secara rutin dan rajin membersihkan wajah dengan cleaner. 

Seperti yang sudah dilansir di atas, melasma tidak mudah unutk dihilangkan terkadang bisa bertahun-tahun. Karena itu diperlukan konsistensi dan kesabaran bila ingin menghilangkan melasma secara tuntas. Setelah itu pun, tetap perlu ada upaya pencegahan agar melasma tidak muncul kembali di kulit wajah.

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.