Mengenal Niacinamide dan manfaatnya untuk kulit wajah

M

Niacinamide banyak ditemukan dalam produk kecantikan, khususnya produk perawatan kulit atau skincare. Hampir semua produk perawatan kulit atau skin care mengandung Niacinamide (niasin). Tentunya karena banyak manfaat yang bisa dirasakan kulit saat menggunakan bahan satu ini, mulai dari mengurangi tanda penuaan, hidrasi, sampai dengan mencegah timbulnya kanker kulit melanoma. Mari kita kenal lebih lanjut apa itu sebenarnya Niacinamide atau niasin beserta manfaatnya. Yuk mengenal Niacinamide dan manfaatnya untuk kulit wajah.

Niacinamide – apa itu?

Menurut para ahli, Niacinamide (niasin) atau sering dikenal juga sebagai nicotinamide adalah turunan dari vitamin B3. Sebenarnya Niacinamide ini bisa dihasilkan secara alami pada tubuh dan bias juga diperoleh dari jenis makanan seperti daging, ayam, telur, susu, ragi, dan gandum utuh. Selain bagus untuk kesehatan badan, Niacinamide ini juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Bentuk sintesis dari bahan ini paling sering ditemukan dalam produk serum dan pelembab. Di Indonesia, biasanya produk Niacinamide lebih sering dikenal sebagai niasin dan banyak ditemuai dalam bentuk suplemen ataupun kapsul yang dikomsumsi. Penggunaan juga banyak kali ditentukan oleh Ahli dermatologi. 

Cara kerja Niacinamide ini dengan mendukung permukaan luar kulit sehingga kulit lebih kenyal dan memiliki ketahanan yang bagus, serta mengecilkan pori-pori di permukaan kulit sehingga tekstur kulit nampak lebih indah dan bagus. Selain itu, Niacinamide juga membantu mengotrol produksi minyak alami wajah (sebum) yang berlebih.

Produk perawatan wajah yang mengandung niasin aman digunakan untuk semua tipe jenis kulit, kecuali bila kulitmu jenis kulit yang sensitif. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa manfaat Niacinamide atau niasin hanya terbatas untuk menjaga tekstur kulit dan mengontrol produksi minyak alami wajah (sebum) berlebih saja? Mari kita lihat lebih lanjut, manfaat-manfaat lainnya dari Niacinamide pada permukaan kulit wajah. Yuk mengenal Niacinamide dan manfaatnya untuk kulit wajah. 

Niacinamide (niasin) – apa manfaatnya bagi kulit wajah? 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Niacinamide atau niasin adalah turunan dari vitamin B3, yang terkenal menjaga hidrasi dan kelembapan kulit. Bahkan menurut suatu studi, vitamin B3 juga berfungsi sebagai agen anti-aging pada kulit dan memperlambat penuaan dini. Manfaat lainnya dari Niacinamide atau niasin bisa diliat di bawah ini:

Manfaat Niacinamide untuk kulit wajah

1. Melembabkan kulit

Salah satu manfaat yang terkenal dari Niacinamide adalah efeknya yang bisa melembabkan kulit. Selain itu, kandungan vitamin B3 pada Niacinamide bisa menjaga kulit dari kehilangan tingkat hidrasi sehingga kulit tetap lembab dan nampak muda.

2. Mengatasi jerawat

Selain bisa menghidrasi kulit, Niacinamide juga manjur digunakan untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. Seperti yang studi ini katakan, Niacinamide dalam dosis tinggi bisa menjadi oabat yang manjur untuk mengatasi masalah jerawat 

3. Bersifat anti-aging

Manfaat utama Niacinamide sendiri tentunya adalah menjaga kelembapan kulit dengan cara mengurangi kehilangan hidrasi pada kulit. Bila kulit tetap lembab dan terhidrasi, maka kulit lebih kencang dan tidak memiliki banyak kerutan. Hal ini sudah dibuktikan oleh riset, bahwa memang vitamin B3 dalam Niacinamide bisa mengurangi kerutan pada wajah, membuat kulit wajah lebih kenyal, dan membuat wajah tampak lebih muda. 

Tips:
Penelitian juga menunjukkan perubahan kulit wajah sesudah dan sebelum menggunakan Niacinamide pada kulit wajah. Manfaat bisa dirasakan mulai dari 4-8 minggu semenjak penggunaan pertama. Hal yang pertama dirasakan biasanya adalah kulit wajah terasa menjadi lebih halus, kencang, dan terhidrasi. Setelah itu, kerutan akan mulai berkurang secara progresif. 

4. Mencegah kanker kulit

Selain manfaat yang sudah dijelaskan di atas, Niacinamide juga bisa menghambat hiper-pigmentasi pada kulit, yang dimana bila dibiarkan bisa berubah menjadi kanker kulit yang sering dikenal sebagai melanoma. Baik dalam bentuk suplemen maupun dalam bentuk pelembab, vitamin B3 dalam Niacinamide bisa memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV berlebih dari matahari. Para pakar sudah membuktikan hal ini melalui riset penelitian

5. Menyamarkan noda hitam atau bekas jerawat

Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan 5% dari Niacinamide saja bisa membantu mencerahkan kulit. Mengapa bisa demikian? Para ahli nampaknya menemukan bahwa Niacinamide merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga perlahan bekas noda jerawat bisa hilang. 

6. Memberikan perlindungan pada kulit wajah

Karena memiliki kandungan anti-oksidan, Niacinamide juga memberikan perlindungan pada kulit wajah dari masalah lingkungan seperti polusi, sinar UV matahari, dan partikel radikal bebas lainnya. Selain itu, vitamin B3 dalam Niacinamide juga membantu mengatur keseimbangan produksi sebum pada kulit wajah dengan cara menjaga kelenjar sebaseus agar tidak memproduksi minyak alami wajah secara berlebih. 

Itulah manfaat yang diberikan dari vitamin B3 yang ada pada Niacinamide yang bisa diberikan pada kulit wajah. Tentunya, manfaat di atas tidak bisa dirasakan secara instan dan pemakaian yang teratur perlu dilakukan agar bisa merasakan hasil yang diinginkan. Jadi, bila kamu memutuskan untuk menggunakannya, pastikan kamu memiliki rutin yang baik agar pemakaian ada manfaatnya.

Namun, sebelum mengaplikasikan Niacinamide atau yang sering dikenal di Indonesia sebagai niasin, ada baiknya kamu mengetahui cara pemakaian produk ini yang benar, efek samping, dan berapa persen kandungan Niacinamide atau niasin yang harus ada pada suatu produk agar produk tersebut bisa dikatakan bermanfaat.  Yuk mengenal Niacinamide dan manfaatnya untuk kulit wajah. Yuk mengenal Niacinamide dan manfaatnya untuk kulit wajah.

Niacinamide – cara pemakaian beserta efek samping

Karena Niacinamide bisa berupa suplemen ataupun perawatan kecantikan, pastikan kamu memenuhi aturan pakai pada kemasan. Semisal menggunakan suplemen, baca dengan teliti apakah diminum sebelum atau sesudah makan, dan berapa kali sehari produk bisa dikomsumsi, dan yang terpenting tanyakan pada dokter aturan pakai suplemennya. Bila kamu menggunakan produk kecantikan seperti serum, pelembab atau lotion, pastikan baca apakah baik digunakan setelah mandi atau bisa kapan saja. 

Tips:
Bila kamu memiliki kulit sensitif atau belum pernah menggunakan Niacinamide atau niasin sebelumnya,ada baiknya kamu melakukan patch test pada kulitmu terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pada kulit wajahmu.
Oleskan sedikit Niacinamide (bila yang kamu gunakan adalah produk kecantikan yang akan dipakai sebagai obat luar) pada kulit punggung tanganmu dan biarkan sesaat, setidaknya selama 24 jam. Lihat apakah ada reaksi alergi seperti gatal-gatal atau kemerahan yang timbul. Bila tidak ada, kamu bisa menggunakannya langsung pada area kulit wajahmu yang bermasalah. 

Bila terjadi reaksi alergi, segera hentikan pemakaian. Namun bila reaksi alergi yang dialami meliputi bengkak, segera konsultasikan pada dokter kulitmu. Niacinamide bisa juga digunakan dengan bahan aktif lainnya untuk hasil yang lebih maksimal. Berikut bahan aktif yang aman kamu gunakan bersamaan dengan Niacinamide:

Dari bahan-bahan yang disebutkan di atas, kombinasi Niacinamide bekerja paling baik bila digabungkan dengan asam hialuronat atau hyaluronic acid. Hal ini dikarenakan asam hialuronat atau hyaluronic acid memiliki fungsi untuk membantu penyerapan produk menjadi lebih baik. Jadi saat menggunakannya bersamaan dengan Niacinamide, kulitmu bisa lebih cepat menyerap vitamin B3 di dalamnya. 

Tips:
Pemakaian Niacinamide secara topical atau obat luar tergolong aman dan tidak memiliki efek samping negatif, kecuali bila kamu memiliki jenis kulit sensitif atau memang memiliki reaksi alergi pada bahan ini. Reaksi alergi ini bisa timbul karena Niacinamide membuat tubuh melepaskan senyawa yang namanya histamin. Bila produksi histmain ini banyak, tubuh akan menunjukkan reaksi alergi. 

Di Indonesia, jarang ada produk kecantikan yang khusus atau memiliki kandungan Niacinamide. Biasanya Niacinamide bisa dibeli dalam bentuk suplemen minum. Para dermatologi di Indonesia juga sering meresepkan Niacinamide dalam bentuk suplemen atau kapsul yang dikomsumsi untuk membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Suplemen tersebut umum untuk dikomsumsi setidaknya selama 4 minggu atau 1 bulan. 

Kesimpulan

Seperti yang sudah kita bahas di atas, Niacinamide memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan tapi juga memiliki banyak khasiat penting bagi kesehatan permukaan kulit, terutama kulit wajah. 

Para ahli sendiri melalu beberapa macam riset penelitian dan studi menyatakan bahwa Niacinamide berperan penting dalam menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi. Hal ini mengurangi tanda penuaan dan kerutan pada kulit.

Selain itu, riset juga menunjukkan bahwa Niacinamide atau niasin juga bisa menghampat hiper-pigmentasi pada kulit dan memperbaiki kerusakan kulit karena paparan sinar UV matahari yang berlebih. Hiper-pigmentasi ini bila dibiarkan sering berubah menjadi kanker kulit yang sering dikenal sebagai melanoma. Karena itulah, pemakaian Niacinamide juga bisa mencegah timbulnya kanker kulit di kemudian hari. 

Memang jarang ada kasus alergi dalam penggunaan Niacinamide yand dipakai sebagai obat luar atau topical, namun kamu bisa melakukan patch test terlebih dahulu agar lebih yakin. Bila tidak ada reaksi alergi, kamu bisa gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Namun patut diingat, hasil yang diberikan tidaklah instan. Paling tidak butuh waktu setidaknya 4-8 minggu agar manfaat dari Niacinamide atau niasin terasa. Ada baiknya juga bila kamu ingin menggunakan produk Niacinamide, gunakan yang untuk penggunaan luar saja. Biasanya yang berbentuk suplemen, ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit. 

Niacinamide atau niasin, pada dasarnya, membantu melawan peradangan pada jerawat di kulit wajah, memperlambat hiper-pigmentasi dan memperbaiki kerusakan kulit karena paparan sinar UV berlebih, mengontrol produk sebum berlebih dan melawan radikal bebas yang ada di lingkungan sekitar, dan memperbaiki kondisi dan tekstur kulit secara keseluruhan serta membuat kulit tampak lebih bersinar.

Referensi:

  1. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16029679/
  2. https://www.researchgate.net/publication/314425582
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921764/
  4. https://www.researchgate.net/publication/286270242
  5. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12100180/
  6. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3142702/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.