Minyak Kacang Hazelnut (Hazelnut Oil): Manfaatnya bagi Rambut Kering dan Kulit Sensitif

M

Bicara soal hazelnut apa yang terbersit di benakmu? Kacang satu ini biasanya sering digunakan di industri makanan dan minuman, bisa dijadikan sirup ataupun dimakan begitu saja atau jadi pelengkap dalam makanan penutup. Selain di industri makanan, dunia kecantikan juga melirik jenis nut ini dan banyak menggunakan ekstrak minyaknya dalam produk perawatan kulit (skincare). Hal itu tidak mengherankan karena manfaatnya yang besar. Tidak hanya untuk kulit tapi juga untuk rambut. Mari kita simak lebih jauh seputar hazelnut oil ini dan manfaatnya bagi kulit dan rambut. 

Apa itu minyak kacang hazelnut?

Biasanya kita sering menemui hazelnut sebagai sirup penambah rasa pada minuman kopi yang biasa kita nikmati di kafe. Kacang hazelnut sendiri berasal dari pohon Hazel yang memiliki nama latin corylus avellana. Pohon hazelnut ini banyak didapati di daerah Hemisphere Utara. Awalnya kacangnya berwarna hijau saat masih mentah dan berubah menjadi coklat saat sudah matang. Minnyak kacang hazelnut (hazelnut oil) ini sangat popular di kalangan industri makanan dan banyak kali diolah dan dijadikan minyak memasak sampai permen manisan. Namun, minyak kacang hazelnut ternyata memiliki banyak khasiat juga di dunia kecantikan. 

Tips:
Minyak kacang hazelnut biasanya didapat dengan cara cold-pressed agar menjaga nutrisi dan rasa di dalamnya tidak hilang saat pemrosesan. Selain itu, minyak kacang hazelnut juga bisa diperoleh melalui proses refine. Namun karena proses refine ini lebih panjang karena kacang akan dipanggang dua kali baru setelah itu di-press, nutris dan rasa pada produk refine akan berkurang. 

Minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) memiliki kandungan potassium, fosfor, kalsium, magnesium, asam amino, gula, asam organik, dan vitamin. Selain itu minyak kacang hazelnut juga memiliki kandungan palmitic, palmitoleic, stearic, oleic, linoleic, arachidic, gadoleic, dan behenic yang tinggi. Namun dia antara bahan-bahan di atas, minyak kacang hazelnut memiliki kandungan asam lemak dan oleic yang tinggi. 

Manfaat minyak kacang hazelnut: 

Minyak kacang hazelnut menjadi sangat popular di kalangan dunia kecantikan tentu dengan suatu alasan. Alasan yang utama adalah karena minyak nut ini memiliki banyak sekali vitamin dan nutrisi yang diperlukan rambut agar tetap sehat dan indah. Mari kita bahas satu persatu manfaat dari minyak kacang hazelnut ini pada rambut, terutama rambut yang sensitif. 

Untuk rambut

Tidak semua orang terlahir dengan memiliki rambut yang indah dan lembut. Beberapa orang bahkan harus memberikan upaya lebih untuk mempercepat pertumbuhan rambut atau mencegah kebotakan. Bahkan ada yang merasa susah untuk menjaga kelembapan rambutnya. Bila kamu salah satu orang yang merasa susah untuk menjaga kesehatan rambutmu, kamu bisa menggunakan minyak kacang hazelnut ini. Berikut untuk lebih jelasya manfaat minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) untuk rambut:

  • Menstimulasi pertumbuhan rambut

Karena minyak kacang hazelnut kaya akan asam lemak, protein dan vitamin, bahan satu ini bisa memberikan nutrisi pada rambutmu dari ujung rambut sampai ke kulit kepala. Minyak satu ini cocok digunakan unutk memijat kulit kepala dan menstimulasi pertumbuhan rambut. 

  • Melindungi kulit kepala yang kering

Tidak hanya untuk menstimulasi pertumbuhan folikel rambut saja, tapi minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) juga melindungi kulit kepala yang kering dari paparan sinar matahari. 

  • Mencegah penuaan dini dan kebotakan

Karena banyak komposisinya yang terdiri dari nutrisi, mineral, flavonoid, dan antioksidan, minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) bagus digunakan untuk mencegah penuaan dini pada kulit kepala yang bisa berujung pada kebotakan. 

  • Mengembalikan warna rambut alami

Bagi para wanita yang suka mewarna rambut, biasanya rambut akan menjadi bercabang dan kering. Namun tidak usah khawatir karena penggunaan minyak kacang hazelnut bisa membantu agar warna rambut kembali normal dan mengurangi percabangan yang terjadi pada ujung rambut. 

  • Membuat penampilan rambut berkilau dan lembut

Minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) juga bagus digunakan sesaat sebelum keramas untuk membuat rambut tampak berkilau dan lembut. Namun tetap harus diperhatikan bila shampo yang kamu pakai sudah mengandung minyak kacang hazelnut, ada baiknya tidak perlu mengaplikasikan minyak kacang hazelnut lagi.  Itu tadi beberapa manfaat yang bisa dirasakan bila mengaplikasikan minyak kacang hazelnut pada rambut, terutama rambut yang sensitif dan mengalami kebotakan.

Minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) ini juga bagus digunakan bagi wanita yang suka mengecat rambut. Biasanya wanita yang suka mengecat rambut mengalami rambut kering dan bercabang, pemakaian teratur dari minyak kacang hazelnut bisa membantu menangani masalah ini. Sekarang kita akan membahas manfaat dari minyak kacang hazelnut pada kulit.

Untuk kulit

Tadi kita sudah membahas tentang manfaat minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) pada rambut, dan sekarang kita akan bahas manfaat lainnya dari minyak kacang hazelnut pada kulit. Ya, jadi tidak cuma terbatas untuk rambut aja tapi juga bisa bermanfaat bagi kulit. Mari kita lihat lebih lanjut manfaat minyak kacang hazelnut pada kulit tubuh:

  • Cocok untuk kulit sensitif

Bila kulitmu termasuk yang sensitif, kamu bisa menggunakan minyak kacang hazelnut ini karena natural. Biarpun ada kandungan astringen di dalamnya, tapi hal itu berbeda dengan astringen dalam alkohol jadi minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) tidak membuat kulit kering

  • Menghidrasi kulit

Karena kaya akan kandungan vitamin E dan asam lemak, minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) juga bisa menghidrasi kulit dari lapisan yang terluar dan vitamin E bagus untuk membantu agar kulit tetap elastis dan kencang

  • Melembabkan

Kandungan vitamin E dan asam lemak yang terdapat pada minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) juga bagus untuk melembabkan kulit. Dua senyawa ini akan membantu kulit membentuk lapisan pelindung pada kulit yang mencegah air menguap keluar sehingga kulit bisa tetap lembab. Efek melembabkan dari minyak kacang hazelnut ini sudah dibuktikan melalui hasil riset

  • Membantu pertumbuhan kolagen

Seraya bertambah tua, kulit kita pasti akan kekurangan kolagen. Vitamin E dalam minyak kacang hazelnut bisa membantu agar kulit memproduksi lebih banyak kolagen. Bila kandungan kolagen dalam kulit tinggi, kulit akan terasa kencang dan elastis.

  • Memudarkan bekas luka

Selain bisa melembabkan dan menghidrasi kulit, vitamin E pada minyak kacang hazelnut juga bisa mebantu memudarkan bekas luka. Suatu studi penelitian menunjukkan bahwa pemakaian vitamin E pada minyak kacang hazelnut pada luka selama tiga kali sehari bisa membantu agar keloid tidak terbentuk. 

  • Mengurangi garis-garis halus tanda penuaan

Minyak kacang hazelnut yang kaya akan vitamin E ternyata juga mengandung antioksidan yang bagus untuk mengurangi garis-garis halus tanda penuaan. Akan lebih bagus bila vitamin E pada minyak satu ini dikombinasikan dengan vitamin C karena penelitian menunjukkan bahwa penggabungan vitamin E dan vitamin C bisa lebih efektif dalam mengatasi kerutan pada wajah. 

Setelah kita bahas di atas, manfaat dari minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) ini sangat banyak, baik untuk rambut maupun untuk kulit. Namun yang terpenting, karena minyak kacang hazelnut ini natural, tentu efek sampingnya tidak terlalu dirasakan bila dibandingkan dengan yang berasal dari bahan kimia. 

Tips:
Bila kamu memiliki alergi pada kacang-kacangan, ada kemungkinan besar kamu tidak akan cocok menggunakan minyak yang diambil dari kacang hazelnut ini. Untuk berjaga-jaga, kamu juga bisa melakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kulitmu cocok atau bisa menggunakan minyak kacang hazelnut. 

Kesimpulan

Minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) menjadia popular karena selain rasanya yang enak, minyak yang diambil dari kacang ini memiliki banyak khasiat, baik bagi rambut maupun bagi kulit. Terutama untuk mere yang memiliki kulit sensitif atau rambut yang kering, bisa mengaplikasikan seditiki minyak kacang hazelnut secara rutin. Kandungan vitamin E, asam lemak, oleic di dalamnya akan membantu agar kulit kepala maupun kulit tubuh agar tetap lembab dan terhidrasi.

Selain itu, vitamin E pada minyak kacang hazelnut ini juga bisa membantu pertumbuhan rambut, cocok bagi mereka yang mengalami masalah kebotakan. Manfaat lainnya bagi kulit, vitamin E juga mempercepat produksi kolagen pada kulit, sehingga kulit tetap elastis dan kencang. Umumnya minyak kacang hazelnut (hazelnut oil) ini aman dipakai kulit yang sensitif sekalipun namun ada pengecualian bagi mereka yang alergi. Jadi bila kamu memiliki alergi pada kacang-kacangan, ada baiknya menghindari produk ini. Tpi bila kamu tidak yakin, kamu bisa melakukan patch test terlebih dahulu. 

Referensi:

  1. https://pubs.acs.org/doi/10.1021/jf047836w
  2. https://www.researchgate.net/publication/226883283_A_comprehensive_study_of_hazelnut_oil_composition_with_comparisons_to_other_vegetable_oils_particularly_olive_oil
  3. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19291034/
  4. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1748681509006093
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3583892/#R51

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.