Niacinamida (Niacinamide) dan Hyaluronic Acid: Amankah Bilah Dipakai Bersamaan?

N

Sudah jadi rahasia umum dalam dunia kecantikan bahwa bahan-bahan yang digunakan atau booming bisa jadi karena saat itu sedang trend. Namun seraya waktu berlalu, tentu trend ini juga akan berakhir dan bisa jadi digantikan dengan bahan lainnya yang menjadi trend baru. Banyak yang berpikir bahwa pemakaian niacinamide, atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut niacinamida, dengan hyaluronic acid adalah salah satu trend kecantikan dewasa ini. Tapi, tidak banyak orang tahu bahwa sebenarnya penggunaan dua bahan ini bukanlah trend semata karena manfaatnya sudah dibuktikan oleh riset penelitian dan uji klinis. Mari kita cari tahu lebih banyak lagi mengenai duo kombinasi ini. 

Niacinamide (Niacinamida) – apa itu?

Pendek kata, niacinamida atau niacinamide adalah salah satu bentuk dari vitamin B3. Bisa dikatakan zat satu ini memiliki banyak khasiat bagi kulit sehingga kerap kali dimasukkan ke dalam formula suatu produk perawatan kulit atau skincare. Fungsi utama dari niacinamida (niacinamide) adalah mengontrol produksi minyak alami (sebum) yang berlebih, dan tidak sampai di situ, zat satu ini juga membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah dan mengatasi masalah kulit hiperpigmentasi. Bila kamu ingin tahu lebih banyak seputar niacinamida (niacinamide), kamu bisa baca di sini. 

Hyaluronic acid – apa itu? 

Sifat utama dari hyaluronic acid adalah sebagai pelembab. Umumnya hyaluronic acid product terbuat dari bahan water-based, apalagi bila produknya berjenis pelembab atau moisturizer. Dengan memiliki bentuk yang water-based, hyaluronic acid bisa dengan maksimal menghidrasi kulit kering atau dehidrasi. Seputar info yang lebih mendalam mengenai apa itu hyaluronic acid dan cara pemakaiannya, kamu bisa klik di sini. 

Bisakah niacinamida (niacinamide) dan hyaluronic acid dipakai bersamaan? 

Jawabannya adalah ya! Kamu bisa menggunakan kedua bahan ini karena keduanya memang memiliki tekstur yang water-based jadi penggabungan kedua bahan ini dalam rutin perawatan wajah harian sangat memungkinkan. Apalagi bila kamu mengalami masalah kulit kering, kurang hidrasi, atau sangat berminyak karena produk minyak alami wajah (sebum) yang berlebih. 

Suatu studi kasus menunjukkan bahwa kosmetik atau produk perawatan kulit wajah yang mengandung niacinamida (niacinamide) dan hyaluronic acid bisa bermanfaat mengurangi garis-garis halus tanda penuaan. Uji klinis lainnya juga memberikan bukti yang sama bahwa niacinamida (niacinamide) meningkatkan kinerja dari hyaluronic acid dan sebaliknya. 

Selain dengan hyaluronic acid, niacinamida (naicinamide) juga bisa digabungkan dengan AHA, BHA, dan vitamin C. Untuk lebih jelasnya bisa baca di sini. Namun niacinamida (niacinamide) tidak cocok digabungkan dengan retinol. Baca di sini untuk tahu alasannya. 

Bagaimana caranya menggunakan niacinamida (niacinamide) dan hyaluronic acid?

Kamu tidak perlu mengaplikasikan keduanya dalam waktu yang bersamaaan apalagi bila kulitmu termasuk tipe yang sangat sensitif. Bisa mengaplikasikan salah satu terlebih dahulu kemudian tunggu beberapa saat sampai dirasa meresap, baru aplikasikan bahan yang satunya. Penting untuk mencuci muka sebelum memulai pemakaian. Berikut di bawah ini langkah-langkah yang bisa kamu terapkan saat akan mengaplikasikan niacinamide dan hyaluronic acid pada kulit wajah secara bersamaan: 

  • Setelah selesai mencuci wajah, gunakan hyaluronic acid terlebih dahulu. Fungsinya untuk memberikan banyak hidrasi pada kulit
  • Bila sudah meresap, pakailah niacinamida (niacinamide) pada kulit wajah unutk mengurangi produksi minyak alami wajah (sebum) berlebih
  • Terakhir, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab yang biasanya kamu gunakan. Fungsi pelembab ini untuk mengunci manfaat dari kedua zat di atas

Bila kamu sangsi untuk menggunakannya di waktu bersamaan, kamu bisa juga mengaplikasikannya secara bergiliran pagi dan malam. Semisal, kamu bisa mengapikasikan hyaluronic acid pada pagi hari untuk menjaga agar kulitmu tetap terhidrasi dan tidak kering, dan menggunakan niacinamida (niacinamide) pada malam hari untuk meningkatkan tekstur keseluruhan kulit wajah. 

Tips:
Bagaimana dengan tipe kulit kombinasi? Bila kulitmu berasa kering tapi bagian T-zone tampak mengkilat karena berminyak, kamu bisa gunakan niacinamida (niacinamide) pada hidung, dagu, dan dahi. Lalu, gunakan hyaluronic acid pada area kulit wajah lainnya secara merata unutk menjaga kulit tetap terhidrasi. 

Perlu diingat juga, bila kamu tipe yang senang aktifitas outdoor, atau sering berada di luar ruangan, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya. Pilihlah sunscreen yang memiliki label broad-spcetrum (SPF 30+). Pemakaian sunscreen atau tabir surya digunakan paling terakhir dalam rutin perawatan wajah. 

Kesimpulan

Penggunaan niacinamida atau sering juga dikenal sebagai niacinamide dengan hyaluronic acid bukanlah trend semata yang sebentar ada dan besoknya menghilang. Manfaat pemakaian kedua produk ini sudah dibuktikan melalui riset penelitian dan uji klinis yang menggunakan produk perawatan kulit (skincare) untuk kulit wajah yang formulanya memiliki kandungan kedua bahan yang sudah disebutkan. Hasilnya menunjukkan bahwa khasiat dari niacinamida (niacinamide) bisa meningkatkan kinerja dari hyaluronic acid, dan begitu pula sebaliknya. Selain itu, riset juga menemukan bahwa gabungan formula dari niacinamida (niacinamide) dan hyaluronic acid bisa mengatasi masalah kulit actinic lentigo (bintik-bintik hitam akibat paparan sinar matahari berlebih) dan mengurangi garis-garis halus tanda penuaan.

Untuk pemakaian, kamu bisa mengaplikasikannya secara bersamaan dalam sekali pakai atau menggunakannya secara bergiliran pada pagi dan malam hari. Niacinamida dan hyaluronic acid cocok digunakan untuk pemilik kulit kering, berminyak, dan bahkan kulit kombinasi. Unutk kulit kombinasi, kamu bisa menggunakan niacinamida (niacinamide) pada area T-zone seperti hidung, dagu, dan dahi yang berminyak dan memakai hyaluronic acid pada area wajah lainnya yang tidak berminyak. 

Bila setelah pemakaian kamu akan banyak beraktifitas di luar ruangan, jangan lupa unutk mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya. Sebisa mungkin gunakan tabir surya yang memiliki label baroad-spectrum (SPF30+) untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari berlebih. 

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.