Panduan Terpercaya Tentang Benzoyl Peroxide Untuk Kulit Lebih Bersih

P

Apakah jerawat adalah masalah yang besar bagi Anda? Jika iya, pasti Anda sudah tahu betul bagaimana sulitnya mengatur hidup dan mengatur jerawat dalam waktu yang bersamaan. Jerawat memang bukan kondisi yang mengancam jiwa. Akan tetapi, jerawat dapat merusak struktur dan fungsi kulit. Ketahui lebih banyak tentang Benzoyl Peroxide untuk pembersih kulit.

Kadang Anda harus sabar mengalami jerawat selama beberapa hari (kadang-kadang bisa sampai berbulan-bulan). Adanya jerawat di wajah juga dapat menurunkan rasa percaya diri dan bisa membuat malas keluar rumah.

Untuk menyembuhkan jerawat hingga tak berbekas, Anda harus merawat kulit dengan baik selama berjerawat. Lakukan skincare routine yang sehat selama berjerawat dan setelah jerawat pergi untuk mencegah jerawat datang kembali.

Menemukan skincare routine yang tepat untuk kulit berjerawat kadang sulit. Tetapi, berdasarkan studi dan riset, salah satu bahan aktif teratas untuk mengatasi jerawat adalah Benzoyl Peroxide.

Benzoyl peroxide dapat dijumpai dalam berbagai bentuk sediaan, dari yang dijual bebas hingga yang dapat dibeli dengan resep dokter dengan penambahan antibiotik. Memilih formulasi yang tepat berdasarkan tipe dan tingkat jerawat sangatlah penting. (Dapatkah Anda memilih formula yang tepat?)

Jangan khawatir, kami akan memberikan 101 panduan terpercaya mengenai benzoyl peroxide untuk membuat hidupmu menjadi lebih mudah! Ketahui lebih banyak tentang Benzoyl Peroxide untuk pembersih kulit.

Apa itu benzoyl peroxide?

Benzoyl peroxide adalah sebuah senyawa kimia yang memiliki 2 benzoyl dalam strukturnya yang dihubungkan oleh peroxide. Benzoyl peroxide adalah oksidator kuat dan merupakan bahan yang penting dalam industri kimia. Benzoyl peroxide biasanya disingkat sebagai BPO.

BPO merupakan bahan yang telah teruji secara klinis dan telah banyak digunakan untuk mengatasi jerawat dengan efektif dan mencegah jerawat datang kembali.

BPO bersifat keratolitik dan menyebabkan reaksi radikal bebas dengan keratin sehingga dapat membuka sumbatan pada pori. BPO berfungsi sebagai eksfolian dan membersihkan kotoran dan minyak dari dalam pori. (Tetapi diperlukan riset lebih lanjut lagi untuk menjelaskan teori tentang aktivitas eksfoliasi BPO)

Mengapa Benzoyl Peroxide adalah Pilihan No 1 untuk Mengatasi Jerawat? Benzoyl peroxide telah digunakan untuk mengatasi jerawat sejak lama. Banyak riset yang telah dilakukan untuk bahan ini dan banyak sekali uji klinis yang membuktikan keamanan yang efektivitasnya dalam mengatasi jerawat. (Ingin tahu bagaimana caranya?) 

BPO membunuh C. Acne (bakteri penyebab jerawat) dengan kelebihan oksigen. (Bakteri ini tidak dapat hidup di lingkungan yang mengandung banyak oksigen).

Benzoyl peroxide adalah bahan oksidator kuat yang melepas oksigen saat kontak dengan kulit, sehingga dapat membunuh C. Acne.

BPO juga bersifat liofil, sehingga dapat menghilangkan sel kulit mati dan kotoran pada pori untuk mencegah jerawat datang kembali. Ketahui lebih banyak tentang Benzoyl Peroxide untuk pembersih kulit.

Manfaat Benzoyl Peroxide

Manfaat Benzoyl Peroxide

Banyak ahli kulit yang berpendapat bahwa BPO dapat melepaskan sel kulit mati dan memudarkan bintik hitam atau bekas jerawat. (Namun diperlukan riset lebih lanjut lagi untuk membuktikan ini)

BPO dapat secara aktif membersihkan sel kulit mati dan sisa minyak dari dlam pori. Tetapi BPO bukan bahan terbaik untuk mengatasi komedo.

Bagaimana cara memakai benzoyl peroxide?

BPO disarankan untuk digunakan sekali dalam sehari (sebaiknya di malam hari saat kulit lebih rileks dan tidak menggunakan make up). Setelah membersihkan dan menghidrasi wajah, oleskan 2-3 tetes serum benzoyl peroxide dengan lembut tanpa menggosok jerawat. Biarkan 1-2 menit hingga serum terserap lalu lanjutkan dengan pemakaian serum lain atau moisturizer. Ketahui lebih banyak tentang Benzoyl Peroxide untuk pembersihan kulit.

Untuk hasil yang maksimal, ikuti skincare routine khusus dari kami – Skincare routine untuk kulit berminyak-mudah berjerawat dari Minimalist.

Catatan:
Anda juga dapat menggunakan serum BPO untuk mengobati jerawat di punggung atau bagian tubuh lainnya. Karena kulit wajah lebih sensitif, Anda dapat menggunakan serum dengan konsentrasi yang lebih tinggi untuk tubuh.

Penting untuk memakai sunscreen saat kamu keluar rumah. BPO tidak menyebabkan sensitivitas terhadap cahaya, tetapi paparan sinar matahari dapat membuat jerawat atau bekas jerawat semakin parah.

Sahabat baik Benzoyl Peroxide

  1.  Retinoid topikal dan BPO mengalahkan antibiotik sebagai terapi teratas untuk pasien dengan jerawat meradang. Namun memakai keduanya sekaligus dapat membuat kulit kuring. Gunakan salah satu di pagi hari (BPO, tidak lebih besar dari 2%) dan satunya lagi saat malam hari (retinoid dengan konsentrasi rendah 2%). Atau jika digunakan bersamaan, jangan lupa menghidrasi kulit dan memakai moisturizer.
  2. Salicylic acid yang digunakan bersama BPO dapat mengatasi jerawat meradang dan tidak meradang. Namun memakai keduanya sekaligus pada salah satu area kulit dapat membuat kulit menjadi terlalu kering untuk yang memiliki jenis kulit kering. Untuk kulit kering sebaiknya gunakan salicylic acid pada seluruh wajah, dan oleskan BPO hanya pada bagian wajah yang terinfeksi. Gunakan salah satunya di pagi hari, dan yang lain di malam hari.
  3. Glycolic acid dan BPO juga dapat membantu mengatasi jerawat dan komedo tanpa membuat kulit menjadi kering. Meskipun kombinasi bahan ini lebih ringan dari dua kombinasi di atas, namun tidak membuat kulit menjadi kering sehingga cocok untuk semua jenis kulit.

BPO tidak cocok dengan 

  1. Produk kulit yang menyebabkan kulit kering (atau bersisik), seperti kosmetik, sabun, atau pembersih yang kuat.
  2. Produk kulit yang mengandung banyak alkohol, misalnya astringent, krim cukur, atau lotion after shave. 
  3. Produk rambut yang menyebabkan iritasi, misalnya produk penghilang bulu.
  4. Obat jerawat lain yang mengandung bahan aktif yang dapat mengelupas lapisan kulit.

Catatan: Jika dokter menganjurkan untuk memakai bahan-bahan di atas bersama BPO, Anda boleh melakukannya. (Dokter akan mengobati efek samping yang ditimbulkan) 

Efek Samping Serum Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide yang dijual bebas dengan kadar 2% dianggap aman untuk digunakan secara topikal untuk semua jenis kulit. Tetapi, produk ini dapat membuat kulit sedikit kering dan kemerahan pada kasus yang langka.

Jika Anda baru pertama kali memakai BPO, lakukan tes terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap bahan ini. Caranya, oleskan sedikit serum pada satu atau dua titik yang terinfeksi selama 3 hari. Jika tidak terjadi efek samping, lanjutkan perawatan. Jika terjadi alergi, hentikan penggunaan produk dan segera cari pertolongan medis.

Jika Anda memiliki kulit yang hipersensitif, konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum memakai produk yang mengandung BPO, karena kulit hipersensitif dapat lebih mudah mengalami efek sampingnya yang berupa iritasi dan kulit kemerahan.

Jika kulit Anda sedang mengalami sunburn atau gangguan kulit lain seperti eksim, maka BPO bukan pilihan yang tepat untuk kulit Anda.

Purging atau Breakout yang Disebabkan oleh BPO

Benzoyl Peroxide adalah bahan eksfolian dan dapat memicu timbulnya breakout atau purging (bruntusan) karena bahan ini mempercepat regenerasi sel.

Artinya, pada penggunaan yang lama BPO mengikis sel kulit mati lebih dengan lebih efektif sehingga tidak menumpuk dan menyumbat pori. Namun, saat baru sebentar digunakan, pengelupasan sel kulit mati yang dipercepat dapat memicu timbulnya breakout.

Berapa lama benzoyl peroxide dapat menyembuhkan jerawat?

Anda harus sabar dalam melakukan perawatan. BPO adalah obat yang efektif, namun juga bukan ramuan ajaib dari dongeng. Jadi butuh beberapa waktu agar efeknya dapat terlihat.

Efek minimal (peningkatan yang terlihat pertama kali) dapat terlihat setelah pemakaian 3-4 minggu. Efek maksimal dapat dilihat setelah penggunaan 8-12 minggu (hanya jika Anda mengikuti skincare routine secara teratur).

Jika Anda tidak melihat efek yang bagus pada kulit (setelah 12 minggu penggunaan), gunakan BPO dengan kadar lebih tinggi. Atau, cara yang terbaik adalah dengan konsultasi dengan dokter kulit, yang akan memberikan resep yang tepat.

Jangan mengoleskan BPO dengan jumlah yang lebih banyak dan menggunakannya lebih sering dari cara pakai yang disarankan. Hal ini tidak menjamin jerawat sembuh lebih cepat. Sebaliknya, hal ini justru dapat memicu timbulnya efek samping yang tidak diinginkan.

Siapa yang boleh memakai benzoyl peroxide?

Meskipun dapat dialami oleh segala usia, namun jerawat banyak dialami oleh remaja. Umumnya, berdasarkan pengamatan, golongan yang berusia 11 hingga 30 tahun pernah mengalami kulit masalah jerawat.

Kebanyakan orang dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun dapat memakai benzoyl peroxide. Bahan ini dapat digunakan pada pria dan wanita. Untuk anak-anak berusia di bawah 12 tahun, penggunaan dan dosis hanya atas saran ahli kulit. 

BPO dapat digunakan pada wanita hamil jika diperlukan (dan harus dengan pengawasan dokter).

Untuk ibu yang menyusui sebaiknya hati-hati dalam memakai BPO. Penggunaan BPO pada wanita menyusui harus atas petunjuk dokter.

Benzoyl Peroxide dalam Bentuk Lain

Benzoyl peroxide (BPO) tersedia dalam berbagai bentuk dalam produk obat jerawat. Ada yang dapat dibeli dengan bebas, dan ada juga (krim, sabun, dan lotion tertentu) yang harus digunakan dengan resep dokter.

Anda harus memilih yang paling tepat untuk kebaikan kulit Anda. Untuk mengetahui lebih jauh, baca artikel detail kami tentang bentuk-bentuk sediaan Benzoyl Peroxide. Ketahui lebih banyak tentang Benzoyl Peroxide untuk pembersih kulit.

Ini ringkasannya. 

  • Krim atau lotion Benzoyl Peroxide – Efeknya lebih ringan jika dibandingkan dengan serum karena yang diserap oleh kulit lebih sedikit. Tetapi produk ini cocok untuk yang memiliki kulit kering karena dapat menghidrasi kulit. (Atau Anda dapat menambah step hidrasi dengan menggunakan serum untuk hasil yang maksimal.)
  • Benzoyl Peroxide dalam sabun – Untuk mengobati jerawat di bagian tubuh. Tidak cocok untuk wajah karena memiliki pH yang tinggi. Dan juga tidak terlalu efektif karena kontaknya dengan kulit hanya sebentar.
  • Benzoyl Peroxide Cleanser atau Face Wash – Baik untuk kulit, khususnya bagi yang memiliki kulit hipersensitif yang tidak tahan dengan serum BPO. Tetapi, produk ini kurang efektif jika dibandingkan dengan serum karena waktu kontak yang singkat dengan kulit.
  • Krim cukur dengan Benzoyl Peroxide  – Produk ini untuk pria yang memiliki kulit sensitif, dan dapat mengurangi dan mencegah jerawat yang disebabkan bercukur. Produk ini akan mengangkat folikel rambut untuk bercukur yang aman.

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi bahwa serum benzoyl peroxide efektif untuk mengobati jerawat jika diformulasi dengan tepat.

Ikuti skincare routine yang sehat dengan sabar selama 3-4 bulan dan biarkan bahan ini bekerja. Mungkin akan terasa lambat, namun hasilnya telah terbukti.

Jangan mengelupas jerawat atau menggunakan eksfoliasi fisik seperti scrub, karena akan membuat jerawat semakin parah. Juga sebaiknya hindari make up untuk sementara (biarkan kulit menghirup udara segar!)

Jangan lupa gunakan pelindung untuk wajahmu (sunscreen) saat keluar ruangan.

Referensi:

  1. https://www.sciencedirect.com/topics/neuroscience/benzoyl-peroxide
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2989815/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5697687/

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.