Panduan Terpercaya Tentang Hyaluronic Acid untuk Kulit yang Tampak Segar

P

Kulit kita dapat menjadi kering dan bersisik kapanpun dan pada musim apapun. Membersihkan kulit dan menggunakan krim saja tidak cukup (pembersih dan krim menghasilkan pelindung yang dapat mengurangi kekeringan pada kulit, tetapi tidak dapat melembabkan lapisan kulit yang haus di bagian dalam). Gunakan asam Hyaluronic untuk kulit tampak segar. Gunakam asam Hyaluronic Acid untuk kulit tampak segar.

Kulit kita memerlukan air, dan hyaluronic acid (HA) adalah cara yang tepat untuk itu. HA berfungsi seperti magnet yang menarik dan menahan air untuk mencerahkan, melembabkan, dan mempercantik kulit.

Jadi, jika Anda ingin melembabkan kulit atau mengatasi garis halus dan kerutan, serum hyaluronic adalah teman baikmu. Memilih serum yang tepat bisa saja menjadi sulit karena berat molekul HA dapat mempengaruhi intensitasnya. Kami akan membantu Anda untuk memilih serum yang tepat untuk dibeli, serba-serbi tentang HA, dan mengapa Anda membutuhkannya.

Sebelum kita gali lebih dalam tentang HA, penting untuk Anda ketahui bahwa HA merupakan bagian dari tubuh kita dan memiliki banyak kegunaan. HA banyak digunakan sebagai suplemen pelembab yang dapat bekerja dengan baik dengan vitamin C dan niacinamide untuk menghasilkan kulit yang lembab dan halus. Itulah sebabnya Anda memerlukan HA dalam hidupmu.

Apa Itu Hyaluronic Acid dan Mengapa Aku Harus Peduli?

Hyaluronic acid atau hyaluronan adalah struktur alami yang ada di dalam tubuh kita. HA berbentuk seperti senyawa yang lengket yang menghubungkan jaringan, dan konsentrasi HA yang terbesar dalam tubuh adalah pada kulit. HA memiliki banyak fungsi untuk tubuh kita, dari sebagai pelumas pada jaringan hingga mempertahankan keremajaan kulit.

Berbagai bahan aktif dalam industri skincare selalu datang dan pergi, namun bahan yang satu ini digunakan tidak berdasar pada FAD atau klaim marketing, akan tetapi berdasarkan pada banyak riset dan uji klinis.

HA merupakan bahan pelembab yang luar biasa dan memiliki banyak manfaat, dan terkandung dalam kulit kita secara alami untuk mengencangkan kulit. Meskipun tubuh kita memiliki HA, adanya polusi, kebiasaan merokok, dan proses penuaan dapat menurunkan kadar HA dalam tubuh. Anda mungkin tak percaya, tetapi orang yang berumur di bawah 50 tahun memiliki HA dua kali lipat lebih banyak daripada orang yang berumur 50-70 tahun!

Jadi, kita sangat memerlukan HA dari luar untuk mempertahankan kesehatan dan keremajaan kulit. Memakai HA pada permukaan kulit adalah cara yang paling efisien untuk menambah kembali konsentrasi HA di dalam kulit. 

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kulit terasa kering meskipun Anda sudah minum banyak air setiap hari? 

Itu karena kulit kering adalah masalah pada kulit luar dan lebih baik jika diatasi dari luar. Saat kulit kita kering, kemungkinan kadar hyaluronic acid telah menurun dan menjadi tidak efektif dalam sistem tubuh kita. Saat hal ini terjadi, minum air putih atau membasahi kulit dengan air tidak akan berpengaruh. Sebaiknya Anda menggunakan humektan yang akan menahan air di dalam kulit.

Hyaluronic acid adalah humektan yang kuat yang dapat mengikat air 1000 kali dari beratnya. Jadi 1 gram HA dapat mengikat 10 liter air. Wow, kan?!

Jadi, saat digunakan pada kulit, HA dapat menarik dan mengunci kelembaban di kulit dan mengurangi transepidermal loss atau hilangnya air pada kulit. HA adalah tiket emas Anda untuk mendapatkan kembali kulit lembut yang sempurna seperti bayi.

Karena HA adalah senyawa glycosaminoglycan atau molekul kunci untuk anti aging, HA disukai dan direkomendasikan oleh ahli kulit di seluruh dunia.  Gunakan asam Hyaluronic Acid untuk kulit tampak segar.

Kami telah menginterview 5 ahli kulit selebriti teratas India di Minimalist tentang rutinitas skincare harian mereka, dan bahan ajaib ini menjadi salah satu dari bahan skincare favorit mereka.

“Saya tidak pernah melewatkan (perawatan) malam hari tanpa memakai krim stem cell dan hyaluronic acid.”

Dr. Malavika Kohli

“Saya menggunakan Hyaluronic Acid Intensifier yang mengandung hyaluronic acid murni dalam konsentrasi tinggi, pro xylene, dan ekstrak botani yang melembabkan kulit dan membuat kulit kencang dan halus.”

Dr. Jaishree Sharad

“Skincare routine saya pada pagi hari diawali dengan hidrasi dengan menggunakan serum hyaluronic acid untuk mengawali hariku dengan canvas yang segar.”  

Dr. Kiran Sethi

Manfaat Serum Hyaluronic Acid

  • Melembabkan kulit dari dalam untuk tampak segar secara instan.
  • Menghilangkan kulit bersisik sehingga kulit halus seperti kulit bayi.
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus, sehingga kulit menjadi kencang dan muda.
  • Mengunci kelembaban kulit sehingga kulit lembab lebih lama.
  • Bekerja sebagai antioksidan dan mendukung kerja antioksidan lainnya seperti vitamin C.
  • Meningkatkan penyerapan serum lain yang dioleskan sebelumnya.

Setelah membaca manfaatnya, rasanya menambahkan hyaluronic acid dalam perawatan rutin Anda adalah pilihan yang pintar untuk mengembalikan kulit yang muda dan mulus.

Tetapi tidak semua produk hyaluronic acid sama efektifnya. Ukuran berat molekul HA menentukan seberapa dalam masuknya ke dalam kulit. Jadi, sebelum Anda membeli booster hidrasi ini, simak dulu bagian selanjutnya berikut ini. Gunakan asam Hyaluronic Acid untuk kulit tampak segar.

Bagaimana Cara Memilih Serum Hyaluronic yang Tepat?

Semakin kecil ukuran molekul maka akan semakin dalam masuk ke dalam dermis. HA yang memiliki ukuran molekul yang lebih besar akan tinggal pada lapisan epidermis dan melembabkan kulit hanya pada permukaannya saja. Hal ini akan membuat kulit terlihat segar seketika, namun kelembabannya akan hilang saat mencuci muka (bilas dan hilang!).

Memang sulit untuk menemukan merk yang mencantumkan berat moleku dengan jelas, jadi carilah serum dengan derivat hyaluronic acid seperti sodium hyaluronate, yang dapat diabsorpsi dengan lebih baik daripada hyaluronic acid biasa. (Hal ini tidak menunjukkan bahwa hyaluronic acid kurang manjur dibandingkan derivatifnya. Sekali lagi, performa serum yang sebenarnya tergantung pada seberapa dalam molekul HA dapat masuk ke dalam kulit. Jadi dalam hal ini serum dengan sodium hyaluronate menang!)

Banyak lotion, krim, dan pelembab yang mengklaim mengandung hyaluronic acid sebagai salah satu bahan utamanya, tetapi tidak menyebutkan kadarnya. Jadi, carilah serum yang menyebutkan kadar HA dengan jelas. Serum yang mengandung HA kurang dari 1% tidak akan memberikan hasil yang sempurna. (Kadar idealnya adalah 1-2%.)  Gunakan asam Hyaluronic Acid untuk kulit tampak segar.

Serum Hyaluronic Acid 2% dengan pro vitamin B5 dari Minimalist dapat menjadi pilihan yang tepat untuk merehidrasi kulit dengan hanya menggunakan bahan yang aman. Serum ini diformulasi dengan 2% Sodium Hyaluronate (didapatkan dari Royal SDM, Belanda, yaitu perusahaan sains global yang termasuk dalam Global 100 Most Sustainable Corporations 2020) untuk hidrasi yang mendalam pada kulit.

Bagaimana Cara Memakai Serum Hyaluronic Acid?

Setelah Anda membeli serum, kini saatnya untuk memasukkan serum ini sebagai bagian dari perawatan rutin. Mulailah dengan mengoleskan produk sebanyak sebesar biji kacang pada wajah setiap pagi dan malam, tepat setelah mencuci wajah atau setelah mandi. Dengan begitu, kulit Anda telah menjadi lembab, dan HA akan mengunci semua kelembaban tersebut di dalam kulit. Untuk hasil terbaik, gunakan HA setiap hari, sebaiknya dua kali sehari (pagi dan malam) untuk kulit yang sehat dan glowing.

Karena serum ini berbahan dasar air, oleskan sebelum menggunakan pelembab dengan basis minyak yang berat karena serum ini akan membentuk barrier yang mengunci kelembaban di dalam kulit. Selain itu, serum ini juga dapat menjadi dasar bagi serum perawatan lainnya dan memaksimalkan absorpsi serum lain (tidak heran jika bahan ini dibandingkan dengan holy grail!)

(Hidrasi, hidrasi, hidrasi!) Serum ini dapat menjadi bonus bagi jenis kulit berminyak cenderung normal yang memerlukan ultra hidrasi. Untuk kulit kering, pemakaian serum yang teratur akan memberikan hasil rehidrasi instan dan kulit yang lebih halus.

Pesan Ahli Kulit Minimalist

Seringkali orang yang berkulit berminyak mengira mereka tidak membutuhkan hidrasi, tetapi kenyataannya adalah sebaliknya. Hidrasi adalah kunci untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Saat kulit tidak terhidrasi, kelenjar sebasea yang hiperaktif pada orang dengan jenis kulit berminyak akan memproduksi minyak berlebih untuk mengimbangi kelembaban yang hilang.

Sahabat Baik Hyaluronic Acid

  1. Vitamin C, saat digunakan bersama hyaluronic acid, makan akan memberikan solusi anti-aging yang lengkap. Vitamin C dapat mengurangi kerusakan karena cahaya matahari secara efektif, dan HA akan mengurangi tanda-tanda penuaan, sehingga menghasilkan kulit lembab yang lebih cerah dan halus.
  2. Hyaluronic acid dengan pro-vitamin B5 akan mengatasi kulit yang kehilangan kelembabannya dan menyeimbangkan kelembaban kulit untuk kulit yang sempurna. Vitamin B5 memberikan kelembaban pada permukaan kulit dengan cara menarik uap air dari udara, sehingga menghasilkan kulit yang segar seketika. Sementara HA memberikan kelembaban dari dalam kulit untuk efek yang lebih tahan lama.
  3. Saat digunakan sebelum menggunakan serum lain yang mengandung 10% Niacinamide atau 2 % Retinoids pada perawatan rutin Anda, serum HA akan memberikan manfaat dengan cara meningkatkan absorpsi serum lain tersebut.

Hyaluronic Acid Tidak Cocok Dengan

Tak ada! Ya, HA tidak berinteraksi dengan kandungan skincare apapun dan dapat dikombinasikan dengan aman dengan serum harian atau serum apapun.

Selalu gunakan serum hyaluronic acid terlebih dahulu sebelum menggunakan serum wajah lainnya.

Efek Samping pada Penggunaan Hyaluronic Acid

Karena tubuh kita juga memproduksi hyaluronic acid, kemungkinan terjadi efek samping atau efek samping sangat kecil. HA cukup aman untuk dikonsumsi, digunakan sebagai krim, serum, atau injeksi.

Tetapi jenis HA yang langka yang mengandung hyaluronic acid dengan kadar tinggi dapat terjadi pada penyakit radang kulit seperti psoriasis.

Biasanya HA tersedia dalam formula yang berbahan dasar air, sehingga tidak menimbulkan jerawat atau bruntusan. Jika Anda memilih HA dalam lotion atau krim, pastikan Anda memilih yang formula yang ringan dan non-comedogenic.

Minimalist 2% Hyaluronic acid + B5 serum dibuat dari jus aloe vera dan tidak dengan air, sehingga dapat memberikan efek menenangkan bagi kulit yang sensitif dan mudah berjerawat. 

Saya berumur 25 tahun ke atas, apakah saya boleh memakai serum ini?

Serum hyaluronic acid dapat digunakan siapapun (pria dan wanita) di atas usia 25. Karena HA adalah booster hidrasi, maka serum ini cocok untuk jenis kulit apapun dari kulit sensitif, berminyak, atau yang mudah berjerawat.

Pada usia muda, tubuh kita dapat mengisi kembali kebutuhan HA dalam kulit. Tetapi, di tengah usia 20an, Anda perlu memakai HA pada permukaan kulit.

Jika Anda memiliki kulit yang kering atau bersisik di usia muda, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk perawatan yang tepat.

Bentuk Lain dari Hyaluronic Acid

Minum suplemen HA akan meningkatkan hidrasi dan dapat melembabkan kulit dengan cepat. Suplemen HA juga meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan memperbaiki tekstur kulit. Karena efek moisturizingnya, suplemen HA telah beredar secara luas dan dipromosikan sebagai super-hydrating supplement

HA dapat dioleskan pada kulit dalam bentuk krim dan serum atau diinjeksikan oleh dokter sebagai filler. Pemakaian HA (sekitar 120-240 mg per hari) selama 4 minggu telah menunjukan peningkatan yang signifikan pada tekstur kulit dan kulit yang kering.

Ada banyak studi mengenai tipe HA dan efektivitasnya. Sebuah studi pada tahun 2009 yang dipublikasi pada Journal of Cosmetic Dermatology menyebutkan bahwa pemakaian HA yang teratur akan meningkatkan hidrasi, mengurangi jerawat, dan hilangnya air dari kulit karena proses penguapan.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk injeksi, membeli sebotol hyaluronic acid akan menyegarkan kembali kulitmu. Ada banyak perbedaan antara serum dan krim hyaluronic acid dilihat dari efektivitasnya.

Sebuah studi yang dipublikasi pada tahun 2014 pada Journal of Cosmetic and Laser Therapy, menunjukkan bahwa pemakaian serum setiap hari menunjukkan perbaikan pada tanda-tanda penuaan, kerutan sekitar mata serta garis halus.

Meskipun belum ada uji klinis dalam skala besar, namun beberapa penelitian mengklaim bahwa HA yang digunakan pada kulit, khususnya serum, efektif tanpa efek samping.

Tertarik dan Bahagia

Merawat kulit adalah pintu untuk kulit yang cantik dan sempurna. Sepanjang hidup kita, kita selalu tertarik dengan kulit selebriti yang glowing dan sehat. Rahasia dibalik kulit glowing mereka adalah memakai bahan alami dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Meskipun terdengar cliché, air adalah kunci untuk kulit glowing dan hyaluronic acid adalah pintu untuk mencapai tujuan itu.

Bahan yang luar biasa ini adalah botol ajaib yang dapat mencerahkan kulitmu, dan memberinya sentuhan surgawi. Anda menggunakan serum ini untuk memperbaiki kulit dengan membuat kulit cerah dan segar seketika.

Merawat kesehatan kulit tidak hanya dengan membersihkan kulit saja, tetapi Anda juga perlu memilih produk yang tepat untuk kulitmu. Hyaluronic acid serum adalah cara terbaik untuk mendapatkan kulit yang segar dan lembut seperti bayi.

Referensi:

  1. https://beminimalist.co/blogs/skin-care/skin-care-routine-by-india-s-top-dermatologists
  2. https://beminimalist.co/products/20-vitamin-c-serum
  3. https://beminimalist.co/products/niacinamide-10
  4. https://beminimalist.co/products/retinol-2
  5. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18959406/
  6. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25014997/
  7. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25014997/
  8. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1473-2165.2009.00455.x
  9. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.3109/14764172.2014.968577

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.