Perlukah Kaum Pria Melakukan Perawatan Wajah dan Menggunakan Pelembab?

P

Perawatan wajah sudah pasti dikenal dan digandrungi di kalangan para wanita. Bahkan sudah menjadi rutin keseharian dan kepercayaan bahwa unutk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan menarik, harus melakukan perawatan wajah rutin. Namun tidak sama halnya di kalangan para pria. Banyak yang berpikir bahwa kaum pria tidak terlalu memerlukan perawatan wajah seperti kaum wanita. Ada yang beranggapan  bahwa kaum pria memiliki kulit wajah yang lebih tangguh daripada kaum wanita. Apakah memang benar begitu? Mari kita bahas lebih lanjut apakah memang kaum pria memerlukan perawatan wajah atau menggunakan pelembab dalam rutin keseharian. 

Alasan mengapa pria juga perlu menggunakan pelembab

Seraya bertambah majunya jaman, ternyata diketahui bahwa tidak hanya wanita yang membutuhkan pelembab bagi kulit wajah mereka. Namun, kaum pria pun memerlukannya juga. Sayangnya, tidak semua pria peduli akan hal ini, kalaupun ada, biasanya mereka merasa malu unutk membeli produk pelembab.  Yang perlu diketahui adalah, komponen susunan kulit wajah pada manusia itu sama, baik pria maupun wanita.

Jadi tidaklah benar bila kaum wanita saja yang perlu pelembab atau perawatan wajah. Kaum pria pun memerlukannya juga bila ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan menawan. Jadi, banyaknya produk perawatan untuk kaum pria dewasa ini di pasaran bukan hanya sekadar promosi belaka tapi memang kebutuhan. Untuk membeli produk pelembab, sama seperti halnya kaum wanita, kaum pria perlu juga mengetahui jenis kulit yang mereka miliki. 

Kenali tipe kulit wajahmu

Sama halnya dengan kaum wanita, kulit kaum pria juga terdiri dari beberapa jenis. Penting untuk mengetahui tipe jenis kulitmu sebelum berencana unutk menggunakan pelembab ataupun perawatan kulit lainnya. Berikut jenis kulit yang perlu kamu kenali:

  • Sensitif

Bila kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu akan merasakan sensasi pedih dan terbakar setelah pemakaian produk perawatan kulit (skincare). Jadi ada baiknya bila kamu mempunyai jenis kulit ini, kamu bisa memilih produk pelembab yang ringan dan dari bahan natural seperti cactus atau alove vera unutk mengurangi efek pedih dan terbakar. 

  • Normal

Kulit normal umumnya bersih dan tidak sensitif terhadap produk tertentu. Bila memiliki jenis kulit ini, aplikasikan pelembab atau produk perawatan seperlunya dan secukupnya saja. Pemakaian yang berlebihan malah bisa menimbulkan masalah kulit. 

  • Kering

Bagi yang memiliki kulit kering, bila tidak diaplikasikan pelembab, kulit wajah bisa jadi kasar, bersisik,  dan gatal. Pelembab yang cocok digunakan unutk kulit kering adalah pelembab yang mengandung emolien seperti lanolin, atau yang mengandung minyak seperti cocoa butter. Teksturnya biasanya kental dan pekat dan formulanya memang dikhususkan untuk kulit kering. Kamu bisa membaca lebih lanjut seputar pelembab dan tipe jenis kulit di sini, di sini, dan di sini

  • Berminyak

Jika saat bercermin, lalu kamu melihat kulit wajahmu berkilau, itu tandanya kamu memiliki jenis kulit yang berminyak. Memang merawat jenis kulit ini tebilang butuh ketelatenan, namun bila dirawat dengan baik, jenis kulit ini membuatmu tampak muda dan tidak mudah mempunyai keriput atau garis tanda penuaan. Ada baiknya menghindari pelembab yang konsistensinya kental dan pekat karena bisa menyumbat pori-pori dan malah memberikan masalah jerawat. Tapi pilihalah pelembab yang bahannya ringan atau aqua-based. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pelembab yang cocok bagi kulit berminyak, kamu bisa baca di sini

  • Kombinasi

Seperti namanya, kulit kombinasi ini membuat beberapa area kulit wajah berasa kering tapi area lain berminyak. Butuh penanganan ekstra bila kamu memiliki jenis kulit ini. Pelembab yang cocok digunakan adalah pelembab yang tidak meyumbat pori-pori tapi masih bisa menghidrasi kulit. 

Sekarang setelah tahu tipe kulitmu, barulah kamu bisa mencari dan membeli produk pelembab ataupun perawatan wajah lainnya. Jangan lagi percaya bahwa kaum pria tidak memerlukan perawatan wajah atau skincare hanya untuk kaum wanita saja. Perlu diketahui, kulit wajah, baik pria maupun wanita, perlu dirawat agar tetap sehat dan menawan. Jadi, jangan ragu lagi untuk mulai menggunakan perawatan wajah, dimulai dari pelembab kulit wajah. 

Faktor penentu kondisi kulit

Bila kamu bertanya-tanya apa yang membuat seseorang memiliki jenis kulit tertentu, sebenarnya ada dua faktor penentu kondisi kulit yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini biasanya faktor bawaan atau gen dan biasanya tidak bisa diubah. Berbeda halnya dengan faktor eksternal yang umumnya disebabkan oleh lingkungan dan pola hidup. 

Tips:
Biasanya faktor eksternal ini yang kebanyakan orang kurang peduli seperti polusi, diet makan, rutin tidaknya berolahraga, kondisi psikologis, dan pola tidur yang baik. Jadi, kamu tidak usah risau bila mendapat kulit yang menurutmu biasa-biasa saja atau mungkin kamu tidak puas dengan jenis kulitmu, karena yang membuat kulit seseorang bisa tetap menawan ataupun sehat adalah cara merawatnya dengan menetapkan pola hidup sehat. 

Cara merawat kulit wajah bagi pria

Perawatan kulit pria dan wanita sebenarnya hampir sama tergantung tipe kulitnya. Bila kaum wanita perlu menggunakan sunscreen atau melakukan eksfoliasi, kaum pria sebenarnya juga bisa melakukannya agar mendapat kulit yang mulus dan bersinar. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan oleh kaum pria untuk merawat kulit wajah mereka:

  • Menggunakan tabir surya 

Jika kamu suka beraktifitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya. Fungsi dari produk ini unutk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih yang kerap menimbulkan bintik hitam pada kulit yang kalau bertambah parah bisa menjadi cika bakal kanker kulit, melanoma. 

  • Gunakan pelembab

Pemakaian pelembab sifatnya unutk membantu kulit menjaga kelembapan dari kulit wajah dan membantu agar kulit tetap terhidrasi. Bila kulit wajah lembab, maka kamu bisa terhindar dari masalah seperti kulit pecak-pecah, kering, bersisik, gatal, dan kusam. Bergantung jenis kulitmu, kamu bisa menggunakan pelembab kulit yang ringan atau yang pekat. 

  • Rajin memberishkan wajah

Setiap hari tentunya kita berkaktifitas dan berkeringat, selain itu bila kita menikmati kegiatan outdoor, tentu kulit wajah juga terkena debu dan kotoran. Inilah alasan mengapa penting, tidak hanya bagi kaum wanita, tapi kaum pria pun juga harus rajin membersihkan wajah. Setidaknya dua kali dalam sehari, bisa tiga kali bila tipe kulitmu berminyak. 

  • Gunakan krim mata dan scrub wajah sesuai kebutuhan

Tidak hanya kaum wanita yang memiliki sel kulit mati, kaum pria pun mengalaminya juga. Bila kamu tidak rajin membersihkan sel kulit mari pada kulit wajah, kamu akan cenderung mengalami masalah jerawat, apalagi bila kulitmu jenis yang berminyak. Krim mata bisa kamu gunakan bila kamu merasa memerlukannya unutk menjaga agar kulit di sekitar mata mulai menujukkan kerutan usia. 

Seperti kata pepatah bahwa merawat lebih baik daripada mengobati. Mulai sekarang kamu bisa merawat kulit wajahmu. Tidak ada lagi kata bahwa perawatan kulit hanya unutk kaum wanita saja, karena sekarang sudah banyak bukti bahwa pria pun juga memerlukan perawatan kulit. 

Kesimpulan

Dulu memang banyak yang memahami bahwa perawatan kulit atau pemakaian pelembab hanya diperuntukkan bagi kaum wanita. Namun,dewasa ini sudah banyak produk dan bukti bahwa kaum pria pun perlu melakukan perawatan kulit agar kulit tetap tampak menawan dan sehat. Sama halnya dengan kaum wanita, kaum pria juga memiliki beberapa jenis kulit dan penting unutk mengetahui tipe kulit yang dipunya sebelum membeli ataupun memakai suatu produk perawatan kulit atau moisturizer. Bila salah memilih pelembab, bisa memberikan masalah kulit seperti jerawat. 

Namun yang terbaik adalah menjaga dan merawat kulit wajah melalu rutin perawatan kulit (skincare). Pastikan menjaga kebersihan kulit wajah dengan rajin mencuci wajah dan menerapkan pola hidup yang sehat agar tidak timbul jerawat pada wajah. Tidak susah untuk melakukan ini karena di pasaran sudah banyak dijual produk khusus unutk perawatan kulit pria. Kamu tidak perlu sungkan atau enggan unutk membelinya apalagi sekarang setelah kamu tahu tipe kulitmu dan alasan mengapa penting, sekalipun bagi kaum pria, untuk menggunakan tidak hanya pelembab pada kulit wajah namun juga perawatan kulit lainnya. 

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5849435/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.