Punya Kulit Berminyak? Ini Tips Perawatannya!

P

Apakah kamu memiliki kulit berminyak dan sedang bingung gimana sih perawatan kulit berminyak? Tenang, kami akan mengulas lebih dalam tentang kulit berminyak di sini. Rasanya sulit memiliki kulit berminyak, sedikit-sedikit harus bercermin untuk memastikan wajah kamu tetap segar. Sebab bila wajah berminyak biasanya akan terlihat lebih kusam. Oleh karenanya, bagi yang memiliki kulit berminyak pasti paham rasanya bila ingin terus cuci muka karena wajah terasa aneh. Nah, kamu mau tahu solusi yang tepat untuk wajah berminyak? Yuk siap-siap baca artikel penjelasan di bawah ini.

Mengapa Kulit Berminyak Itu Menyebalkan?

Sebenarnya kulit menghasilkan minyak alami, namun tiap individu bisa berbeda-beda dalam menghasilkan minyak. Ada yang produksi minyaknya berlebih. Ini adalah mekanisme alami tubuh tiap individu. Minyak tubuh diperlukan oleh tubuh. Oleh karenanya, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak tak perlu bersusah hati. Kenali kulit kamu kemudian temukan solusinya.

Nah, minyak tubuh diproduksi oleh kelenjar sebaceous yang terdapat di seluruh tubuh. Paling banyak di kulit kepala dan wajah. Kelenjar ini membuat zat yang dikenal sebagai sebum (minyak). Kemudian sebum ini bermanfaat untuk menjaga agar kulit tidak kering. Dia juga bekerja membersihkan pori-pori kamu dari sel kulit mati dan kotoran lainnya.

Seorang dokter kulit berbasis di New York, Kavita Mariwalla mengatakan bahwa produksi sebum juga bergantung pada hormon, kondisi kulit, dan kondisi luar (misalkan sinar matahari, cuaca, dan musim) yang memiliki peran dalam produksi sebum.

Setiap orang pun seperti yang dikatakan sebelumnya, menghasilkan kadar sebum yang berbeda-beda, tergantung pada jenis kulit yang kamu miliki. Jika kamu memiliki kelenjar sebaceous yang terlalu aktif maka dia akan menghasilkan sebum yang berlebih. Yuk, simak lagi ulasan di bawah ini tentang kulit berminyak:

Tanda-tanda Kulit Berminyak

Untuk mengenali lebih dalam kulit berminyak, di sini akan dibahas tanda-tanda bila kamu memiliki kulit berminyak. Jika wajah kamu terlihat tampak berkilau di pagi hari kemudian menjadi lebih ‘berkilau’ di penghujung hari padahal kamu hanya menggunakan sedikit bahan kosmetik. Maka kemungkinan besar kamu memiliki kulit berminyak.

Apalagi bila di area T-Zone (daerah dahi dan hidung) mengeluarkan banyak minyak. Maka secara umum kamu memiliki kelenjar minyak aktif dan menghasilkan banyak sebum. Dari penjelasan ini apakah kamu merasa relate? Bisa jadi kulit kamu memang berminyak.

Apa Itu Sebum

Sebum sebenarnya lebih kompleks bila hanya dianggap sebagai minyak tubuh. Sebum merupakan zat halus seperti lilin yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous dalam tubuh. Dia berfungsi untuk melembabkan kulit dan melindungi kulit kamu.

Sebum mengandung 57% lemak jenuh, 26% wax ester, 12% squalene, dan kolesterol 4,5%. Serta residu lain yang mungkin menempel di kulit kamu. Dari kandungan ini banyak yang menganggap sebum adalah minyak tubuh.

Di mana Kelenjar Sebasea Bisa Ditemukan?

Kelenjar sebasea tersebar di seluruh tubuh. Area yang paling banyak memiliki kelenjar sebasea adalah wajah dan kepala. Area tersebut merupakan pusat dari kelenjar sebasea berada. Khususnya di area wajah mungkin memiliki 900 kelenjar sebaceous tiap sentimeter persegi wajah kamu.

Apa Yang Menyebabkan Kulit Berminyak?

Ada banyak penyebab produksi sebum yang berlebihan, diantaranya adalah berikut:

1. Genetik

Di dunia ini jenis kulit berbeda-beda karena faktor biologis tubuh. Oleh karenanya, kondisi kulit tiap orang pun berbeda. Selain itu, kulit kamu adalah representasi dari gen orang tua kamu. Tentunya melalui proses pencampuran genetik yang kompleks. Kulit berminyak merupakan keturunan.

2. Perubahan Hormon

Hormon merupakan faktor penyebab kulit berminyak. Hormon memegang peran penting mengapa kulit kamu jadi berminyak. Hormon androgen adalah faktor utama yang mempengaruhi produksi minyak. Hormon androgen mulai bereaksi ketika masa puber, menstruasi, kehamilan dan menopause.

Kondisi tersebut mempengaruhi hormon androgen yang kemudian juga berefek pada produksi minyak tubuh. Selain itu stres dan penyakit juga memicu produksi minyak dan menambah hormon lain seperti estrogen dan testosteron untuk bekerja lebih keras.

3. Perawatan Kulit Berlebihan

Apakah kamu sering panik dengan kulit berminyak kamu dan ingin buru-buru segera menutupinya? Kemudian kamu berpikir untuk menggunakan produk sebanyak mungkin agar kulit kamu cepat tidak berminyak? Hati-hati ladies! Karena perawatan butuh kesabaran, jangan terlalu berlebihan menggunakan produk untuk kulit kamu.

Selain itu, sering mengganti-ganti produk perawatan dan cuci muka juga bisa berefek untuk kulit kamu. Apalagi kalau kamu sering mencuci muka, juga sudah pasti akan mempengaruhi produksi minyak di kulit kamu. Faktanya, semakin sering mencuci muka semakin sering kulit kamu akan memproduksi minyak.

4. Gangguan Kulit Ringan

Faktor gangguan kulit ringan jarang terjadi. Orang yang memiliki jenis kulit berminyak bisa mengalami dermatitis seboroik yaitu ketombe di wajah. Pada kondisi ini, wajah kamu tumbuh jamur secara berlebih. Jamur-jamur wajah biasanya berada di area T-zone, sekitar hidung dan dahi bahkan terjadi di area dagu.

Tanda-tanda orang yang menderita dermatitis seboroik termasuk bercak kulit berminyak adalah kulit kamu akan menjadi kemerahan dan sering iritasi. Ada pula ganguan lain bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, yakni hiperplasia sebaceous. Ini merupakan kondisi ketika organ kulit membesar, dan tiap orang memiliki reaksi berbeda atas ganguan kulit ini.

5. Lingkungan

Pernahkah kamu memperhatikan kondisi kulit kamu berubah di setiap musim dan suhu? Atau mungkin saat kamu jalan-jalan ke suatu tempat kulit kamu jadi berubah lagi. Itu adalah tanda kalau kulit kamu sedang beradaptasi dengan lingkungan.

Kulit akan terasa lebih berminyak ketika musim panas datang atau ketika suhu di lingkungan kamu meningkat. Misalkan ketika musim panas kulit kamu terasa berat karena banyak sekali minyak yang ada di wajah. Selain itu, sinar UV, infrared dan blue light menyebabkan kulit jadi berminyak dan berjerawat. Untuk suhu yang tergolong lembab dan hangat juga memicu produksi minyak yang berlebih.

6. Pola Makan

Mungkin sulit bagi kamu untuk menghindari makanan manis yang mengandung pemanis buatan, olahan pati, dan produk susu. Namun, berhati-hatilah walau makanan tersebut sangat lezat namun makanan tersebut dapat memicu produksi sebum yang berlebih. Kemudian makan makanan berat di malam hari juga merupakan pilihan buruk.

Makanan ini akan menyebabkan produksi minyak berlebih dan memperluas pembuluh darah. Seorang Peneliti Dermatologi dari Institut Penelitian dan Kedokteran Kosmetik di Universitas Miami, Leslie Baumann menyarankan untuk menghindari makan berat di malam hari. Dia juga megatakan untuk sebaiknya mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wotel, bayam, dan melon yang dapat membantu mengurangi produksi minyak tubuh.

Bagaimana Merawat Kulit Berminyak

Membersihkan Dengan Lembut dan Konsisten

Membersihkan wajah setiap hari dari bahan kimia dan polusi yang menempel adalah cara sederhana yang sangat membantu wajah kamu. Untuk kulit berminyak sebaiknya dibersihkan pada pagi dan malam hari sebelum tidur atau saat mandi.

Selain itu, saat kamu berkeringat segeralah untuk membersihkan diri karena keringat merupakan penyebab utama masalah kulit berminyak. Juga gantilah pakaianmu yang sudah berkeringat agar tidak menimbulkan jerawat di tubuh.

Melembabkan Kulit

Mengoles pelembab dan lotion di kulit juga tidak ada salahnya. Meski kulit kamu berminyak, bukan berarti kamu tidak membutuhkan pelembab. Ketika kulit kamu tidak lembab maka akan memicu produksi minyak yang berlebih di tubuh. Krim non-komedogenik sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Untuk hasil maksimal gunakan sans oil untuk area T-zone kamu dan krim yang cenderung kental.

Makan Makanan Sehat

Banyak orang hanya membeli segala produk perawatan namun tidak memperhatikan pola makan mereka. Makanan dan pola makan memiliki peran penting untuk kulit kamu. Dalam makanan bergizi mengandung banyak zat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Untuk kulit berminyak usahakan untuk makan makanan yang mengandung antioksidan, vitamin A, dan omega-3. Mereka adalah kandungan yang membantu memperbaiki kulit kamu.

Jangan Terlalu Stres

Kali ini tampak impossible karena setiap orang memiliki tekanan tersendiri dalam menjalani hidup. Entah dari pekerjaan, masalah bertumpuk, keluarga dan lainnya. Namun, kondisi tersebut dapat mempengaruhi kulit kamu. Bagi sebagian orang, ketika merasa cemas dan tertekan maka akan memicu peradangan di kulit.

Peradangan kulit yang parah dapat menyebabkan kulit kamu jadi tidak sehat. Untuk itu, cobalah untuk relaksasi dan menghirup udara bersih serta menjaga hubungan sehat dengan rekan serta keluarga. Kualitas hidup yang baik akan membuat kulit kamu lebih baik.

Selalu Gunakan Tabir Surya Saat Keluar

Penting untuk menggunakan tabir surya bagi segala jenis kulit. Terapkan tabir surya secara konsisten untuk menjaga kulit kamu terlindungi dari paparan sinar matahari yang berdampak tidak sehat bagi kulit. Sinar UV dapat memicu pembentukan sebum dan jerawat.

Jangan Sering Menyentuh Wajah

Telapak tangan kamu merupakan sumber kuman! Kamu menyentuh banyak benda di sekitar yang menyebabkan penumpukan kuman di telapak tangan kamu. Saat kamu menyentuh wajah dengan tangan yang penuh kuman maka kuman di tangan akan berpindah ke wajah bercampur dengan debu dan kotoran lain di wajah.

Ini tentu akan memicu pertumbuhan jerawat dan peradangan kulit. Selalu cuci tangan kamu sebelum menyentuh wajah. Tentunya agar wajah kamu tetap bersih. Selain itu, selalu bersihkan benda-benda yang menempel di wajah dan kepala. Seperti kacamata, sisir atau ikat kepala. Itu adalah tips dari kami untuk menjaga kulit tetap bersih dan bebas minyak. Terapkan sehari-hari secara konsisten, niscaya kulit kamu akan menjadi lebih baik.

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.