Semua Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Ferulic Acid (Asam Ferulic) Untuk Perawatan Kulit

S

Wah apa itu Ferulic Acid tampaknya sekilas pernah dengar atau baca di produk skincare. Mari cari tahu lebih dalam dengan lebih membaca artikel ini.

 Dunia kecantikan telah banyak menambah asam ke produk-produk skincare. Namun, kandungan asam berlebih juga tidak baik. Karena bahan asam kurang lebih memiliki cara kerja yang sama.

Sebelumnya pernah dibahas tentang Asam Kojic dan Asam Laktat yang cara kerjanya hampir serupa. Nah, kali ini kita akan mengenal lebih dalam tentang Ferulic Acid atau Asam Ferulic. Dari segi manfaat dan tentu efek sampingnya.

 Hmm, Kandungan Asam Untuk Kulit Bagaimana Itu?

Asam umumnya menjadi momok untuk sebagian orang, karena bahannya membuat efek tidak menyenangkan di kulit. Namun, bisa jadi kamu kurang mengerti bahan tersebut sebenarnya sangat bermanfaat. Begitu juga dengan bahan alkohol.

Asam glikolat, asam kojat, asam laktat, asam salisilat misalnya sangat bermanfaat untuk kulit bila diformulasikan dengan tepat. Dan tentu saja diaplikasikan ke permasalahan kulit tertentu.

Fakta menarik:
Kulit memiliki media asam alami. Sangat penting untuk menjaga media ini untuk menangkal bakteri infeksi, melawan polutan, dan menyediakan media yang ideal di mana bakteri baik kulit bisa berkembang.

Nah, dari sini sekarang kamu tahu bahwa asam dan alkohol tidak buruk untuk kulit kamu. Demikian pula ada bahan bakteri baik yang bisa menjaga kulit kita. Namun bagaimana bakteri baik ini melindungi kulit kita?

Jawabannya sangat sederhana, yakni koloni bakteri baik yang mendominasi akan memperbaiki kulit kamu. Jadi, jika jumlah bakteri baik di kulit kamu lebih tinggi akan menyehatkan kulit kamu.

Inilah sebabnya mengapa dokter kulit dan ahli kecantikan menekankan selalu menjaga pH kulit ideal (sekitar 5.5) untuk membuat kulit kamu sehat.

Catatan Tambahan:
Asam Hialuronat (HA) dengan ukuran molekul yang lebih besar akan memberikan hidrasi di permukaan, dan memberikan tampilan sehat seketika. Kamu juga bisa menggunakan serum molekul HA untuk perawatan berkelanjutan.

Apa Itu Ferulic Acid?

Ferulic Acid adalah antioksidan alami yang ditemukan di gandum, beras, wortel, tomat, alpukat, jeruk dan apel. Sebagai antioksidan, dia mengekang aktivitas radikal bebas yang merusak sel dengan menetralisirnya. Radikal bebas adalah elektron yang tidak berpasangan yang dihasilkan oleh aktivitas metabolisme alami tubuh. Tapi ini juga bisa masuk ke tubuh dalam jumlah yang banyak saat terkena sinar UV, asap, polusi, dan radiasi. Sehingga membahayakan efeknya.

Elektron bebas selalu berusaha mengambil elektron di sel-sel di dalam tubuh. Akibatnya, dia mengubah sel DNA yang mengakibatkan penuaan dini, tumor dan kanker. Radikal bebas itu bersifat jahat. Itulah mengapa kita membutuhkan antioksidan untuk tubuh dan kulit. Tentunya bisa didapat dari makanan dan produk perawatan kulit. Antioksidan ini mengikat elekton bebas dan membuatnya menjadi tidak bahaya.

Sebuah studi mengatakan bahwa manfaat antioksidan pada Vitamin C baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Serta turut membantu mencegah terjadinya kanker kulit.

Manfaat Ferulic Acid Untuk Kulit

Mengurangi Kerutan dan Garis Halus: Garis halus dan kerutan juga bisa disebabkan karena efek radikal bebas. Sebagai antioksidan alami, ferulic acid akan mencegah tanda-tanda penuaan dengan membuat radikal bebas menjadi netral.

Membuat Kulit Awet Muda: Antioksidan membantu menjaga kulit tampak lebih muda dengan membersihkan radikal kulit dan menghambat pemecahan kolagen. Kolagen adalah serat protein alami yang memberikan elastisitas dan kekenyalan pada kulit.

Melindungi Kulit Dari Efek Pemanasan Global: Kondisi lingkungan yang buruk tentu akan merusak kulit. Polusi udara misalnya akan mempengaruhi kesehatan kulit kita. Oleh karenanya antioksidan dapat membantu menjaga kulit dari paparan udara kotor dan sinar UV.

Mencegah Flek Hitam: Flek hitam (sunspot) seringkali adalah tanda dari peradangan kulit karena sinar matahari. Antioksidan dari ferulic acid ini bersifat anti-inflamasi sehingga membantu menghilangkan flek hitam. Selain itu membantu mencegah.

Meratakan Warna Kulit: Warna kulit yang tidak merata seringkali disebabkan oleh produksi melanin di beberapa bagian kulit yang lebih sering terpapar sinar matahari. Antioksidan di sini akan berfungsi untuk melindungi dan membantu mencegah ketidakrataan warna kulit.

Membantu Memperkuat Fungsi Antioksidan Lain: Asam ferulic paling populer digunakan dengan mengkombinasikan antioksidan lain seperti Vitamin C, Vitamin E, dan Resveratol. Studi juga mengungkapkan bahwa Asam Ferulic meningkatkan sifat antioksidan dalam perawatan kulit.

Asam Ferulic dan Vitamin C: Kombinasi Yang Sangat Mujarab

Mari mengenal sedikit tentang apa efek yang ditimbulkan dari kombinasi kedua bahan ini. Dalam hal ini mereka banyak sekali membantu untuk berbagai macam perawatan kulit, seperti:

Mencerahkan Kulit: Vitamin C menghambat aktivitas tirosinase, enzim yang memproduksi melanin. Ingat bahwa melanin adalah pigmen yang membantu memberi warna kecoklatan pada kulit. Kulit terang tentunya memiliki kandungan melanin sedikit dibanding kulit gelap. Saat kulit terkena sinar matahari langsung, ion tembaga yang ada di dalam tirosinase akan menjadi aktif dan akan menghasilkan banyak melanin. Hal ini menyebabkan hiperpigmentasi, flek, bintik hitam, dan bercak noda yang tidak merata. Dengan cara menekan produksi melanin dalam melanosit (sel pembuat melanin) maka kulit akan lebih cerah. Ini lah guna dari Vitamin C.

Memperbaiki Kulit Yang Rusak Karena Efek Lingkungan: Vitamin C adalah antioksidan yang kuat. Dan seperti disebutkan sebelumnya bahwa antioksidan mampu menjaga kesehatan kulit kita. Maka, penggunaan Vitamin C secara teratur akan sangat membantu untuk melindungi dan memperbaiki kulit kita dari efek lingkungan yang buruk.

Mengurangi Hiperpigmentasi dan Flek: Karena menghambat produksi melanin secara berlebih, Vitamin C efektif untuk mengobati hiperpigmentasi, melasma, flek hitam, dan noda.

Menjaga Kulit Tetap Awet Muda: Vitamin C membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan yang membuat kulit tampak tidak segar.

Meningkatkan Produksi Kolagen: Penelitian mengungkapkan bahwa Vitamin C membantu merangsang produksi kolagen di kulit. Dengan demikian maka akan membantu menjaganya tetap kencang.

 Dari uraian di atas, tidak heran bahwa dokter kulit menyarankan untuk konsumsi Vitamin C. Namun, apakah sisi negatif dari Vitamin C? Jawabannya adalah oksidasi dan sifatnya tidak stabil. Jarang produk kecantikan menggunakan bahan murni Vitamin C. Biasanya mereka menggunakan bahan turunannya. Vitamin C murni tidak larut bila diformulasikan dengan air, itulah mengapa menggunakan turunannya lebih aman. Karena turunan Vitamin C larut dalam air. Contohnya seperti Magnesium Ascorbyl Phosphate dan Sodium Ascorbyl Phosphate.

Asam ferulic bila diformulasikan dengan Vitamin C akan menjadi kombinasi yang baik. Tidak hanya bersifat menstabilkan Vitamin C tetapi juga memaksimalkan kemampuan fotoproteksi (perlindungan dari sinar matahari).

Efek Samping Asam Ferulic

Secara umum, asam ferulic merupakan bahan perawatan kulit yang aman untuk semua jenis kulit. Namun, tetap saja, untuk orang yang memiliki kulit sensitif harus berkonsultasi dengan dokter dahulu dan melakukan uji tempel sebelum menggunakannya.

Sulit untuk mengatakan bahwa asam ferulic memiliki efek samping alergi, karena bahannya sendiri selalu menjadi bahan campuran atau gabungan. Namun kadang asam ferulic sering disalahkan dari tanda-tanda tertentu. Seperti alergi, gatal, dan kemerahan.

Selain itu, kulit juga membutuhkan waktu untuk penyesuaian dengan bahan baru yang digunakan. Kadang ini menimbulkan efek samping ringan. Kamu harus mulai berhenti menggunakan asam ferulic ketika efek sampingnya sangat buruk.

Asam ferulic tidak boleh digunakan bersamaan dengan bahan exfoliating lainnya, seperti glikolat atau salisilat, karena dapat mengubah pH ideal kulit.

Sangat disarankan untuk menggunakan bahan asam ferulic di pagi hari karena sifatnya yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Kemudian, saat malam hari kamu bisa menggunakan produk yang menggunakan AHA dan BHA bila diperlukan.

Pengingat:
Selalu gunakan tabir surya meski asam ferulic membantu untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari.

Kesimpulan

Asam Ferulic adalah antioksidan yang membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Ini juga sekaligus bahan anti penuaan yang baik untuk kulit kamu. Serta cocok digunakan di untuk orang berkulit berminyak dan normal. Untuk orang yang cenderung berkulit kering harus menggunakan pelembab bila kamu menggunakan serum asam ferulic.

Sedang untuk kulit sensitif, harus berhati-hati terhadap konsentrasi asam ferulic di setiap produk. Sebaiknya menggunakan konsentrasi 3% saja. Jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan Vitamin C dan Vitamin E untuk hasil maksimal.

Referensi:

  1. https://www.researchgate.net/publication/266201761
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6449676/

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.