Skincare Routine Malam – Bahan Aktif Apa yang Perlu Dicari?

S

Bagaimana skincare routine malam hari yang terbaik untuk kulit? Penting untuk memperhatikan bahan aktif pada produk skincare yang kamu pakai. Temukan jawabannya di sini.

Melakukan skincare routine malam hari yang tepat itu sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita. Kulit kita dapat menyerap bahan aktif dari skincare dengan lebih maksimal saat kita tidur jika dibandingkan saat siang hari. Pada siang hari, penyerapan bahan aktif skincare dapat terganggu oleh sinar UV atau debu dari lingkungan. Karena itu penting untuk memilih produk skincare dengan bahan aktif yang tepat untuk kita pakai dalam skincare routine malam kita. Bagaimana skincare routine malam yang terbaik dan bahan aktif apa saja yang baik untuk digunakan di malam hari? Yuk kita simak sampai habis.

Pentingnya Skincare Routine Malam Hari

Mengapa melakukan skincare routine di malam hari itu penting? Buat yang sering malas 0-gfmelakukan skincare routine sebelum tidur harus memperhatikan hal ini.

Pernahkah kamu tidur dengan make up yang masih menempel di wajah atau tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu? Apa yang kamu rasakan di keesokan harinya? Pasti kulit akan terlihat lebih kusam, atau bahkan timbul masalah kulit seperti komedo dan jerawat di keesokan harinya. Pasti kamu tidak ingin ‘kan timbul masalah kulit hanya gara-gara malas membersihkan wajah sebelum tidur? Skincare routine malam hari sebenarnya terdiri dari beberapa tahap, dan membersihkan wajah hanya salah satunya.

Di siang hari saat kamu beraktivitas, kulitmu telah terpapar dengan berbagai polutan seperti sinar UV serta debu dan kotoran dari luar. Karena itu pada malam hari, biarkan kulitmu beristirahat dan berilah kesempatan pada kulitmu untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat polutan dan melakukan regenerasi sel. Untuk itu, kamu harus membersihkan sisa polutan dari debu dan kotoran yang menempel di kulit dan juga sisa make up dengan seksama sebelum kamu tidur.

Dengan melakukan skincare routine malam hari, kamu akan membantu kulitmu untuk memperbaiki diri. Dengan meluangkan sedikit waktumu sebelum tidur untuk membersihkan wajah, menghidrasi, dan memakai serum dengan bahan aktif akan banyak membantu kulitmu agar tetap sehat dan kencang.

Selain itu kulit kita pada malam hari akan beregenerasi dengan lebih cepat daripada di siang hari, karena peredaran darah di kulit pada malam hari akan lebih cepat. Jika kamu memakai bahan aktif yang tepat pada skincare routine malam-mu, maka kamu akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari serum atau krim yang kamu pakai di malam hari untuk kulit yang lebih cantik.

Jadi mulai sekarang bagi yang masih malas melakukan skincare routine malam, yuk mulai ikuti langkah-langkah skincare routine berikut ini. Hasil yang akan kamu dapatkan pasti akan sebanding dengan usaha kamu. Dengan meluangkan beberapa menit saja untuk merawat kulit sebelum tidur, kamu akan membantu kulitmu memperbaiki diri sehingga tetap sehat.

Skincare Routine Malam: Urutan Langkah yang Tepat

Bagaimana cara melakukan skincare routine malam yang tepat? Salah satu hal yang penting adalah kamu harus melakukan urutan langkah yang tepat dengan bahan aktif yang tepat. Mari kita bahas tentang urutan langkah skincare routine malam yang tepat terlebih dahulu.

  1. Membersihkan wajah

Tentu saja langkah awal dari rangkaian skincare routine di malam hari adalah membersihkan wajah dari sisa make up dan kotoran dengan seksama. Hal ini sangat penting, karena jika kamu membiarkan pori-pori kulit yang tertutup kotoran saat kamu tidur, ini akan menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.

Membersihkan wajah di malam hari biasanya dilakukan dalam 2 langkah agar kulit lebih bersih. Pertama, bersihkan sisa make up dengan menggunakan cleansing oil. Cleansing oil akan dengan mudah melarutkan sisa foundation, bedak, atau make up lainnya dari kulitmu.

Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan pembersih wajah atau cleanser yang berbahan dasar air. Cleanser ini dapat berbentuk gel, foam, atau lotion. Membersihkan wajah dengan cleanser akan membersihkan sisa cleansing oil dan sisa kotoran pada wajah dengan lebih mendalam.

  1. Memakai toner

Jangan lupa untuk memakai toner setelah membersihkan wajah. Toner akan mengembalikan pH alami kulit. Bagi yang memiliki kulit berminyak, tahap memakai toner ini sebaiknya tidak dilewatkan. Toner juga dapat mengandung bahan aktif untuk merawat kulit seperti eksfolian dalam kadar ringan, vitamin antioksidan, atau bahan pencerah kulit.

  1. Memakai serum

Ini adalah tahap yang utama untuk merawat kulitmu. Gunakan serum dengan bahan aktif yang sesuai dengan jenis dan masalah kulitmu. Lebih lanjut tentang bahan aktif ini akan kita bahas di segmen berikutnya. Serum biasanya mengandung nutrisi untuk kulit dengan konsentrasi yang optimal untuk memberikan hasil yang signifikan, serta dapat diserap kulit dengan mudah.

  1. Menghidrasi kulit

Tahap selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah untuk menjaga kulit tetap lembab selama kamu tidur. Kamu dapat memakai serum hidrasi, lotion, atau krim dengan kandungan bahan yang akan mempertahankan kelembaban kulit. Memakai pelembab akan membuat kulitmu lebih segar di pagi hari, dan juga dapat mengimbangi jika kamu memakai serum dengan bahan aktif yang dapat membuat kulit lebih kering.

  1. Krim mata

Last but not least, kamu juga perlu memperhatikan kulit di sekitar mata. Pakailah krim mata secara teratur agar mata tidak tampak lelah. Krim mata dapat memiliki kandungan bahan aktif yang dapat memudarkan lingkaran hitam di sekitar mata, memudarkan kerutan, atau mengecilkan kantung mata.

Bahan Aktif yang Terbaik Untuk Skincare Routine Malam

Setelah mengetahui langkah skincare routine malam untuk hasil yang terbaik untuk kulitmu, langkah penting lainnya adalah memilih produk skincare dengan kandungan bahan aktif yang terbaik untuk dipakai di malam hari. Carilah bahan aktif berikut pada produk skincare untuk skincare routine malam hari:

  1. Retinol atau retinoid

Retinol atau retinoid adalah bahan aktif yang banyak digunakan untuk merawat kulit di malam hari. Pemakaian retinol dan retinoid memang tidak dianjurkan di siang hari, karena bahan aktif ini dapat membuat kulit lebih sensitif dengan sinar matahari.

Retinoid merupakan senyawa turunan vitamin A yang memiliki banyak manfaat bagi kulit, diantaranya untuk mempercepat regenerasi kulit, mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan mengurangi kerutan. Sudah banyak riset yang membuktikan bahwa retinoid memang efektif sebagai bahan aktif anti aging dan pencerah kulit.

Ada beberapa bahan aktif yang termasuk golongan retinoid, diantaranya adalah retinol dan adapalene. Retinol paling banyak digunakan sebagai serum atau krim dalam skincare routine malam. Diantara retinoid lainnya, retinol memiliki efek samping yang paling ringan. Retinol dan retinoid lain umumnya dipakai dalam bentuk serum. Kadar retinol yang efektif digunakan untuk skincare routine malam adalag 0,1 hingga 0,3%.

  1. Salicylic acid

Salicylic acid yang juga biasa disebut sebagai BHA (butyl hydroxy acid) adalah bahan aktif pilihan untuk skincare routine malam bagi kulit berminyak dan rentan jerawat. Salicylic acid memiliki efek eksfoliasi yaitu dapat melepaskan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori kulit. Salicylic acid juga memiliki efek anti inflamasi sehingga dapat membantu penyembuhan jerawat. Efektivitas salicylic acid dalam meringankan gejala jerawat juga telah banyak dibuktikan dalam berbagai riset. Namun perlu diingat bahwa pemakaian salicylic acid tidak boleh dicampur dengan retinol, karena akan meningkatkan resiko terjadinya iritasi kulit.

Salicylic acid tersedia dalam berbagai jenis produk skincare, dari cleanser, toner, serum, hingga gel atau krim dengan kadar sekitar 1 hingga 2%.

  1. Glycolic acid

Seperti halnya salicylic acid, glycolic acid atau AHA (alpha hydroxy acid) juga baik digunakan dalam skincare routine malam hari. Glycolic acid juga memiliki efek eksfoliasi yang akan membersihkan kulitmu hingga ke dalam pori. Glycolic acid cocok digunakan untuk kulit berminyak dan rentan jerawat. Pemakaian glycolic acid pada skincare routine malam akan membuat kulit wajah lebih bersih, bebas jerawat dan komedo, dan lebih cerah.

Glycolic acid banyak terkandung dalam toner dan cairan peeling. Kadar glycolic acid umumnya adalah 5 hingga 10%. Pemakaian glycolic acid juga sebaiknya tidak dicampur dengan retinol.

  1. Hyaluronic acid

Menjaga kelembaban kulit saat kita tidur juga penting agar kulit kita lebih segar dan sehat. Karena itu kita perlu hyaluronic acid sebagai bahan aktif untuk skincare routine kita. Hyaluronic acid dapat mengikat molekul air hingga 1000 kali beratnya, sehingga bahan aktif ini akan memastikan kulit kita tetap terjaga kelembabannya.

Sebuah riset telah membuktikan bahwa pemakaian hyaluronic acid selama 8 minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 96%, kulit menjadi lebih kencang hingga 55%, dan kerutan memudar hingga 44%. Jadi jika kamu ingin kulit lebih lembab, segar, dan lebih muda saat bangun di pagi hari, pastikan untuk memakai skincare dengan hyaluronic acid pada skincare routine malam hari.

Hyaluronic acid juga sangat aman bagi kulit, tidak menimbulkan efek iritasi, dan dapat dicampur dengan bahan aktif apapun. Hyaluronic acid dapat terkandung dalam skincare hingga kadar 50%.

  1. Peptida

Bahan aktif lain yang kini banyak digunakan dalam skincare routine malam adalah peptida atau peptides. Peptida adalah asam amino yang dibutuhkan oleh kulit untuk membentuk kolagen. Jadi pemakaian peptida dalam skincare routine malam dapat menstimulasi kulit untuk memproduksi kolagen. Hasilnya, kulit menjadi lembab, kenyal, dan kerutan dapat memudar. Peptida juga dapat menguatkan barrier atau perlindungan kulit dan dapat mengurangi peradangan karena jerawat.

Sebuah jurnal penelitian menyebutkan bahwa pemakaian peptida selama 2 minggu saja sudah dapat menunjukkan hasil yang signifikan dalam mengurangi kerutan pada kulit yang mengalami proses aging.

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang paling banyak dipakai untuk skincare routine malam hari. Manfaatnya yang beragam, aman, dan tidak menyebabkan iritasi menjadi alasan untuk merekomendasikan bahan aktif ini sebagai bagian dari skincare routine malam kamu.

Manfaat vitamin C bagi kulit tentunya sudah tidak diragukan ini. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang akan melindungi kulitmu dari efek buruk radikal bebas, sehingga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Setelah seharian kulitmu terkena polusi udara dan sinar UV, memakai vitamin C di malam hari akan meredakan efek negatif yang ditimbulkan berbagai polutan ini.

Vitamin C juga dapat mencerahkan kulit dan memudarkan hiperpigmentasi. Sebuah jurnal juga menyebutkan bahwa vitamin C dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit. Jadi dengan rutin memakai vitamin C pada skincare routine malam, kulitmu akan terlihat lebih cerah, kencang, dan garis halus serta kerutan dapat memudar.

Vitamin C dapat terkandung dalam cleanser, toner, serum, atau krim malam. Untuk hasil terbaik, gunakan serum vitamin dengan kadar 10 hingga 15%.

Apa Bedanya Skincare Routine Malam dengan Skincare Routine Pagi?

Tahapan skincare routine yang kita lakukan di malam hari lebih berfokus pada menutrisi kulit dan memaksimalkan efek bahan aktif skincare untuk mengatasi masalah kulit kita. Skincare routine malam bersifat memperbaiki kerusakan kulit yang ditimbulkan oleh sinar UV dan polutan lainnya.

Karena itu sebelum memilih bahan aktif untuk skincare routine malam, kita perlu mengetahui dengan pasti kondisi dan masalah kulit kita. Beberapa bahan aktif untuk skincare routine malam seperti retinol dapat menyebabkan iritasi kulit dan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi sangat penting untuk melakukan skincare routine di pagi harinya untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Berbeda dari skincare routine malam, skincare routine pagi lebih bersifat melindungi kulit dari sinar UV. Yang tidak boleh dilewatkan dalam skincare routine pagi adalah pemakaian sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV. Dengan menutrisi kulit secara mendalam di malam hari dengan skincare routine malam dan melindunginya di pagi hari dengan skincare routine pagi, kulit Anda akan lebih sehat dan terawat.

Kesimpulan

Skincare routine malam hari sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Melakukan skincare routine malam akan meminimalisir efek buruk dari sinar UV, radikal bebas, dan polutan lainnya yang menempel pada kulit kita setelah seharian beraktivitas. Skincare routine malam akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit kita saat kita tidur. Urutan langkah skincare routine malam diawali diawali dengan membersihkan wajah, dilanjutkan dengan memakai toner, serum, moisturizer, dan krim mata. Bahan aktif yang penting untuk skincare routine malam diantaranya adalah retinol atau retinoid lainnya, salicylic acid, glycolic acid, hyaluronic acid, peptida, dan vitamin C.

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.