Tips yang Perlu Kamu Ketahui Saat Memilih Toner untuk Wajah Berminyak

T

Memiliki kulit berminyak memang ada bagusnya, namun sayangnya, butuh perawatan ekstra untuk membuat kulit wajah tetap bebas jerawat dan bersih. Salah satu cara yang umum orang pakai untuk membuat kulit wajah mereka tetap sehat dan bersih adalah dengan menggunakan toner untuk wajah berminyak. Produk kecantikan satu ini memang banyak macamnya, namun mana yang cocok untuk kulit berminyak atau yang cenderung berjerawat

Kulit Berminyak

Tentunya memiliki kulit berminyak ada pro dan kontranya. Kulit wajah berminyak memang rentan terkena komedo atau penyumpatan pori-pori sehingga kulit wajah jadi cenderung berjerawat. Tapi baiknya, memiliki kulit berminyak membuat kulit wajahmu jadi lebih tebal dan memiliki sedikit keruta dibanding yang memiliki kulit wajah yang kering. 

Kunci utama agar orang yang memiliki kulit wjaah berminyak tetap cantin dan bebas jerawat adalah dengan menyeimbangkan produksi minyak berlebih di wajah. Kulit wajah memang membutuhkan minyak afar tetap lembab dan kencang. Namun, bila terlalu banyak minyak alami (sebum) di wajah, tentunya tidak baik karena bisa membuat blackheads maupun whiteheads bermunculan. 

Bagi yang memiliki kulit berminyak, pasti mengerti kenapa dermatologi tidak menyarankan untuk asal memiliki produk kecantikan. Pasalnya, salah memilih produk, malah bisa membuat kulit jadi lebih berminyak dan menyumbat pori. Alhasil, wajah jadi penuh jerawat. Ada beberapa tips yang bisa kamu ingat saat akan membeli toner untuk kulit wajahmu yang berminyak. Apa saja?

Tips dalam memilih toner

Umumnya di kemasan produk toner pasti ada beberapa keterangan seperti apakah memang toner itu unutk semua kulit, atau jenis kulit tertentu. Pastikan kamu mencari yang formulanya memang benar-benar dikhususkan untuk kulit berminyak. Mengapa? Karena bahan-bahan di dalam toner yang formulanya memang khusus untuk kulit berminyak, pasti memiliki manfaat yang hanya bisa dirasakan oleh pemilik jenis kulit ini.

Masing-masing jenis kulit memiliki karakteristik yang berbeda, karena itu penting untuk menggunakan formula yang tetap dan dikhususkan unutk tipe jenis kulitmu, ketimbang menggunakan yang cocok unutk semua jenis kulit. Berikut tips-tips lainnya yang perlu kamu ketahui saat akan membeli toner khusus untuk kulit wajah berminyak.

Pilih yang ada kandungan BHA (beta hidroksi)

Zat ini cocok untuk wajah berminyak karena bisa sampai merap jauh ke dalam pori-pori. Selain itu, senyawa ini digunakan juga untuk eksfoliasi, dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, karena kulit berminyak membuat kulit wajah lebih tebal jadi pemakaian BHA untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan bersih, bisa maksimal. Mengapa BHA dan bukan AHA? Alasannya karena BHA bisa meresap jauh ke dalam kulit sehingga pengelupasan dan pembersihan sel kulit mati yang seperti lem bisa benar-benar dibersihkan dari dalam ke luar. AHA juga efektif namun carea kerjanya hanya sebatas di permukaan kulit. Ingin tahu lebih banyak soal BHA dan eksfoliasi? Baca selengkapnya di sini dan di sini

Hindari toner dengan kandungan alkohol 

Fungsi dari toner memang untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat secara sempurna dan menjaga keseimbangan pH alami kulit yang bertugas untuk melembabkan dan menenangkan kulit. Beberapa produk toner unutk kulit berminyak ada yang bahannya dari alkohol yang sifatnya mengeringkan dan menghilangkan kelembapan alami kulit wajah. Hal ini bisa menganggu keseimbangan kulit berminyak, jadi jika kamu akan membeli atau memilih toner, pastikan untuk memilih yang tidak mengandung alkohol 

Pilih yang ada kandungan zinc

Selain alkohol, zinc juga sering digunakan dalam produk kecantikan, seperti toner. Menurut suatu riset, ternyata zinc oksida atau zinc oxide ini juga bersifat anti-mikroba. Jadi selain bisa membantu mengontrol produk minyak alami wajah (sebum) yang berlebih dan membuat produk perawatan lain lebih cepat terserap dalam kulit. Selain itu, bahan satu ini juga bisa memberantas bakteri penyebab jerawat. Tapi umunya zinc oksida sering digunakan atau ada dalam kandungan sunscreen. Bila kamu ingin tahu lebih banyak soal zinc oksida, baca di sini

Tips:
Banyak yang berpikir kalau astringer dan toner itu sama. Tapi apakah iya? Fungsi dari dua produk perawatan wajah (skincare) ini memang serupa yaitu, sama-sama unutk menghilangkan bekas make-up yang tertinggal, menyeimbangkan pH alami kulit, dan mengecilkan por-pori kulit. Bedanya, astringer biasanya memiliki lebih banyak kandungan alkohol yang bersifat mengeringkan, sedangkan toner khusus untuk kulit berminyak, memang ada yang mengandung alkohol juga tapi biasanya dicampur dengan bahan lain untuk penyeimbang sehingga alkohol dalam toner tidak akan berasa sekering penggunaan astringer. 

Gunakan yang mengandung hyaluronic acid

Banyak orang salah persepsi, merasa karena kulit sudah berminyak, ya, tidak perlu lagi memakai pelembab. Nyatanya, karena masalah iklim, atau perubahan suhu, bahkan kulit berminyak pun juga perlu pelembab agar kelembapan dan hidrasi kulit tetap terjaga. Para ahli setuju bahwa karena manfaat di atas, hyaluronic acid juga memiliki peranan sebagain agen anti-aging. Untuk info lebih lengkap seputar hyaluronic acid, bisa klik di sini. 

Gunakan yang ada kandungan witch hazel

Witch hazel sendiri asalnya dari tanaman Hamamelis, yang asalnya dari amerika tengah, Jepang, dan Tiongkok. Menurut penelitian, witch hazel juga bersifat anti-bakteri dan dapat meringankan peradangan karena jerawat. Selain itu, ekstrak tanaman satu ini juga bisa membersihkan permukaan kulit wajah dari debu dan polusi. Karena pemilik kulit wajah berminyak memiliki kulit wajah yang lebih tebal, maka pemakaian bahan ini bisa memberikan deep cleansing yang akan membersihkan sampai ke pori-pori terdalam. 

Menggunakan yang ada kandungan sari kelopak bunga mawar

Selain memberikan bau harum nan segar pada toner, sari kelopak bunga mawar juga memiliki manfaat lainnya juga. Hasil studi menunjukkan komposisi dari sari kelopak mawar ini terdiri dari antioksidan, anti-bakteria, dan sitotoksik. Tiga elemen ini tidak hanya bisa membuat kulit wajah bersih dengan cara mengankat kotoran dan debu pada permukaan kulit namun juga bisa melembabkan dan melawan bakteri penyebab jerawat. Karena mengandung antioksidan, toner dengan kandungan bahan ini juga bersifat anti-aging. Riset juga menunjukkan bawha sari kelopak mawar juga bisa meredakan peradangan karena masalah jerawat. 

Itulah tips-tips yang bisa kamu ingat saat akan membeli atau memilih toner untuk kulit berminyak. Ingat, kulit berminyak butuh penanganan ekstra untuk menyeimbangkan produksi minyak alami berlebih (sebum) di wajah. Bila kamu berhasil merawat kulit wajah berminyak, kamu akam memiliki kulit wajah yang tebal, sehat, dan lembab. Jadi, bila kamu tidka punya kebiasaan untuk merawat kulit wajah, baik dengan perawat wajah lainnyaa tau dengan menggunakan toner, kamu bisa mulai menjadikannya sebuah rutin, apalagi bila kamu memiliki kulit wajah berminyak. 

Kesimpulan

Kulit berminyak memang butuh penanganan ekstra, namun hasilnya akan sepadan dengan kerja keras dan waktu yang kamu baktikan untuk merawat jenis kulit ini. Salah satu cara unutk merawat kulit berminyak adalah dengan menggunakan toner yang tidak hanya membantu untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran, debu dan sel kulit mati (bila kamu menggunakan toner yang memiliki kandungan BHA), tapi juga bersifat melembabkan. 

Tergantung bahan-bahan lain yang ditambahkan pada toner, produk perawatan wajah (skincare) satu ini bisa memiliki manfaat seperti anti-aging, anti-bakteri, dan lain-lain. Toner memang tampak sama dengan astringer, namun ada perbedaan pada formula. Astringer umumnya mengandung lebih banyak alkohol daripada toner.

Selain itu, toner juga biasanya dikombinasikan dengan banyak bahan-bahan lainnya yang bisa menyeimbangkan alkohol di dalamnya. Namun ada baiknya dalam memilih toner, kamu memilih yang tidak mengandung alkohol untuk menghindari kulit kehilangan kelembapan dan menjadi kering. Bila kulit wajahmu termasuk yang berminyak, ada baiknya disarankan untuk tidak sembarang memilih produk perawatan kulit (skincare), baik itu toner ataupun produk lainnya.

Kamu bisa memilih yang formulanya memang khusus unutk kulit berminyak. Biasanya di kemasan produk akan tertulis apakah produk tersebut untuk semua jenis kulit ataupun memang diformulakan khusus untuk kulit berminyak. Dengan menggunakan formula yang khusus unutk kulit berminyak, kamu akan mendapatkan perawatan ekstra ketimbang memilih produk yang untuk semua jenis kulit. 

Referensi:

  1. https://www.researchgate.net/publication/269876922
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3583886/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3214789/
  4. https://www.researchgate.net/publication/244482544
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6261181/

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.