Toner Eksfoliasi: Manfaat dan Cara Memilih Toner Eksfoliasi yang Tepat

T

Description:

Apakah toner eksfoliasi efektif untuk membuat wajah menjadi lebih glowing? Apakah toner eksfoliasi ini aman untuk semua jenis kulit? Temukan jawabannya di sini!

Bagi penyuka skincare Korea atau K-beauty tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah toner eksfoliasi. Dulu toner dianggap tidak perlu dipakai dalam skincare routine kita karena dapat membuat kulit menjadi kering. Namun, kini formula toner sudah semakin canggih dan bebas dari bahan yang menimbulkan iritasi atau dapat membuat kulit menjadi kering. Jadi kini toner umumnya aman untuk dipakai semua jenis kulit. Bagaimana dengan toner eksfoliasi? Apakah efektif untuk kecantikan kulit? Bagaimana cara memiliki Toner Exfoliasi yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda? Simak dan bacalah berbagai hal tentang Toner Exfoliasi berikut ini.

Mengapa Kita Perlu Memakai Toner?

Tidak semua orang memakai toner sebagai salah satu bagian dari skincare routine hariannya. Sebagian beranggapan bahwa membersihkan wajah dengan pembersih saja sudah cukup. Ada juga yang menganggap memakai toner itu hanya akan membuat kulit wajah semakin kering.

Sebenarnya pendapat ini ada benarnya juga. Pembersih wajah memang umumnya dirancang khusus untuk dapat membersihkan make up dan kotoran pada wajah hingga pori kulit dengan seksama. Jadi, setelah memakai pembersih saja wajah Anda sudah bersih dan bebas dari kotoran. Tetapi, sisa-sisa sabun atau pembersih wajah kadang masih ada yang menempel di kulit. Jika kita memakai toner, maka toner akan membersihkan sisa-sisa pembersih ini sehingga kulit lebih bersih sempurna.

Lalu apakah toner dapat menyebabkan kulit menjadi kering? Dulu, toner memang diformulasi sebagai astringent dan untuk mengurangi minyak pada wajah. Jadi dulu formulasi toner banyak mengandung alkohol untuk melarutkan minyak wajah. Masalahnya, alkohol dapat membuat kulit terlalu kering, dan akibatnya hal ini akan memicu kulit kita untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi. Dan saat akhirnya kulit kita memiliki minyak yang berlebihan, tentu akan timbul berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Karena inilah dahulu tidak banyak orang yang merekomendasikan pemakaian toner setiap hari.

Namun, saat ini formulasi toner generasi baru tidak hanya terbatas untuk mengurangi minyak pada wajah atau mengecilkan pori. Banyak toner yang diformulasi bebas alkohol dan mengandung bahan-bahan aktif lain dengan fungsi yang beragam untuk mengatasi masalah kulit kita. Ada toner yang diformulasi untuk menghidrasi kulit, menguatkan barrier alami kulit, hingga toner dengan pH rendah yang dapat mengeksfoliasi kulit dengan ringan sehingga kulit kita dapat menyerap bahan aktif serum atau krim yang dipakai setelah toner dengan lebih baik. Jenis toner yang terakhir inilah yang akan kita bahas lebih dalam lagi.

Apa Sebenarnya Toner Eksfoliasi Itu?

Setelah membaca beberapa hal tentang toner di atas, pasti Anda sudah punya bayangan tentang apa sebenarnya toner eksfoliasi itu. Sesuai dengan namanya, toner eksfoliasi merupakan toner yang mengandung bahan aktif asam yang dapat mengeksfoliasi kulit. Namun berbeda dengan skincare asam eksfoliator, kandungan asam dalam Toner Exfoliasi umumnya lebih lembut bagi kulit dan aman untuk dipakai setiap hari. Kadar asam pada toner eksfoliasi jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan eksfoliator pada umumnya.

Karena memiliki pH asam, pemakaian Toner Exfoliasi setelah memakai pembersih akan kembali menyeimbangkan pH alami kulit yang sebelumnya dapat menjadi naik karena pemakaian pembersih wajah. Dengan mengembalikan pH alami kulit, toner eksfoliasi akan mengembalikan barrier alami kulit dan juga mengontrol kadar minyak pada kulit.

Dengan kandungan asamnya, toner eksfoliasi dapat melarutkan sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah.

Manfaat Memakai Toner Eksfoliasi

Memakai toner eksfoliasi setiap hari sebagai bagian dari skincare routine kita memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah. Manfaat memakai toner eksfoliasi diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menghilangkan sel kulit mati

Sel kulit mati memang secara alamiah akan terlepas sendirinya dari kulit kita setelah melalui siklus 28 hari. Tetapi, karena pengaruh polusi, sinar matahari, dan efek penuaan, kadang sel kulit mati jadi memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat hilang dari kulit kita. Padahal sel kulit mati yang menempel terlalu lama dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kulit. Selain kulit menjadi terlihat lebih kusam, sel kulit mati yang bercampur dengan kotoran dan minyak dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga timbul komedo dan jerawat.

Memakai toner eksfoliasi akan mempercepat pelepasan sel kulit mati dari kulit. Toner eksfoliasi berfungsi seperti peeling ringan untuk kulit wajah kita yang dapat melepaskan sel kulit mati, namun tetap lembut bagi kulit. Dengan hilangnya sel kulit mati dari kulit, maka kulit akan terlihat lebih cerah dan bebas kusam.

  • Membantu mengatasi jerawat

Toner eksfoliasi baik untuk dipakai oleh jenis kulit berminyak dan berjerawat. Karena selain dapat mengontrol kelebihan minyak, toner eksfoliasi juga dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah riset yang dipublikasikan pada tahun 2017 di jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology. Penelitian ini menguji efektivitas pengobatan jerawat dengan melibatkan toner eksfoliasi yang mengandung glycolic acid. Hasilnya, pemakaian toner yang disertai pengobatan jerawat pada kulit dengan jerawat ringan hingga sedang dapat meringankan jerawat secara signifikan dalam 4 minggu.

  • Menyeimbangkan pH kulit

Beberapa pembersih wajah kadang menyebabkan meningkatnya pH kulit wajah. Jika pH kulit terlalu tinggi, maka kulit akan menjadi kering. Sebaliknya, pH kulit yang terlalu rendah dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi dan kemerahan.

Memakai toner eksfoliasi akan menyeimbangkan pH kulit ke pH alaminya, yaitu di kisaran pH 5,5. Kondisi kulit di pH alaminya ini akan memperkuat barrier alami kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat.

  • Mengatasi kulit kering bersisik

Kulit yang terlalu kering hingga bersisik akan terasa sangat mengganggu. Memakai toner eksfoliasi akan mampu menghilangkan kulit kering dan bersisik dengan lembut, serta mengembalikan pH alami kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat.

  • Mengatasi kulit berminyak

Selain dapat mengatasi kulit kering dan bersisik, toner exfoliasi juga baik untuk digunakan kulit yang berminyak. Toner exfoliasi umumnya mengandung bahan aktif yang dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah tanpa membuat kulit menjadi kering. Kondisi pH seimbang yang didapatkan dengan memakai toner exfoliasi juga akan mencegah kulit kekeringan yang akhirnya dapat memicu produksi minyak yang berlebihan.

  • Mengatasi tanda-tanda penuaan dini

Toner eksfoliasi dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Karena itu, memakai toner exfoliasi secara teratur dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti garis halus dan pori-pori yang membesar.

  • Mencerahkan kulit kusam

Memakai toner eksfoliasi juga dapat membantu mencerahkan kulit yang terlihat kusam. Toner exfoliasi akan menghilangkan sel kulit mati sehingga dapat mengatasi kulit kusam dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

  • Penyerapan bahan aktif serum menjadi lebih sempurna

Memakai toner exfoliasi sebelum memakai serum atau krim akan membuat kulit lebih mudah menyerap bahan aktif dari serum atau krim yang akan dipakai. Dengan memakai toner exfoliasi, tumpukan sel mati yang dapat menutup pori dibersihkan, sehingga bahan aktif serum atau krim akan semakin mudah diserap pori dan memberikan efek yang lebih maksimal.

Bahan Aktif yang Umumnya Terkandung dalam Toner Eksfoliasi

Bagaimana caranya membedakan toner eksfoliasi dengan toner biasa? Cermati komposisi toner, terutama bahan aktifnya. Toner eksfoliasi umumnya mengandung bahan aktif satu atau lebih asam yang bersifat mengeksfoliasi dan bahan aktif lain yang membantu mengatasi masalah wajah. Inilah beberapa bahan aktif yang banyak ditemukan dalam toner eksfoliasi.

  • Salicylic acid (BHA)

Salicylic acid atau BHA merupakan senyawa asam yang memiliki kemampuan eksfoliasi yang kuat. Salicylic acid dapat menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit secara mendalam. Sebuah jurnal juga menyebutkan bahwa salicylic acid memiliki efek anti inflamasi dan anti bakteri, sehingga dapat mengatasi jerawat. Kadar salicylic acid dalam toner eksfoliasi umumnya adalah 0,5 hingga 2%.

  • Glycolic acid 

Glycolic acid adalah senyawa asam organik golongan alpha hydroxy acid atau AHA. Glycolic acid disebutkan memiliki efek keratolitik yang cukup kuat, efek anti inflamasi, dan antioksidan. Pemakaian toner eksfoliasi yang mengandung glycolic acid akan mampu menghilangkan sel kulit mati dengan lembut. Kadar glycolic acid yang efektif dalam toner umumnya adalah 5 hingga 7%.

  • Lactic acid

Lactic acid merupakan senyawa asam golongan AHA yang dihasilkan dari susu. Lactic acid memiliki berbagai manfaat bagi kulit, dan merupakan eksfoliator yang lembut. Sebuah jurnal membuktikan bahwa pemakaian lactic acid 5% pada kulit secara teratur dapat membuat kulit lebih halus dan mengurangi garis halus pada kulit. Lactic acid juga dapat menghidrasi kulit sehingga kulit lebih terjaga kelembabannya.

  • Mandelic acid

Mandelic acid juga merupakan senyawa asam eksfoliator yang dihasilkan dari almond. Mandelic acid dapat menghilangkan sel kulit mati, menghaluskan kulit, dan mengurangi garis-garis halus pada kulit. Mandelic acid dalam toner umumnya memiliki kadar 5%.

  • Poly hydroxy acid (PHA)

PHA merupakan asam eksfoliator yang lebih lembut dan cocok untuk kulit kering dan sensitif. PHA bekerja mengeksfoliasi kulit dengan lebih lambat sehingga resiko iritasi yang ditimbulkan juga semakin kecil. PHA dalam toner eksfoliasi umumnya memiliki konsentrasi 5%.

Cara Memilih Toner Eksfoliasi Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Untuk kulit yang berminyak dan berjerawat, sebaiknya pilihlah toner eksfoliasi yang dapat mengurangi minyak dan dapat mengatasi komedo serta jerawat yang meradang dengan efektif. Pilihlah toner eksfoliasi yang mengandung kombinasi AHA dan BHA dalam satu toner. Toner exfoliasi yang mengandung dua kombinasi asam ini akan mampu menghilangkan sel kulit mati, membantu memudarkan bekas jerawat, dan mengontrol kelebihan minyak penyebab komedo dan jerawat.

Cara Memilih Toner Eksfoliasi Untuk Kulit Kering

Apakah kulit kering boleh memakai toner exfoliasi? Tentu saja! Memakai toner exfoliasi akan mencegah kulit kering menjadi bersisik dan menjadikan kulit lebih lembab. Memakai toner exfoliasi dapat memperbaiki tekstur kulit kering menjadi lebih halus. Untuk kulit kering pilihlah toner exfoliasi dengan bahan aktif PHA atau lactic acid. Kedua asam ini selain lebih lembut untuk kulit, juga dapat membantu menghidrasi kulit sehingga lebih lembab.

Memilih Toner Eksfoliasi Untuk Kulit Sensitif

Kulit yang sensitif harus selalu hati-hati dalam memakai produk skincare apapun, terutama pada pemakaian pertama kali. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, saat pertama kali mencoba toner exfoliasi pakailah tiap 2 hari sekali. Perhatikan reaksi yang timbul pada kulit. Jika kulit menjadi kemerahan dan terasa perih, segera hentikan pemakaian. Saat mencoba toner exfoliasi sebaiknya pilihlah dengan bahan aktif PHA dan lactic acid yang lebih lembut untuk kulit sensitif, atau konsultasikan dulu dengan dokter.

Cara Memakai Toner Eksfoliasi yang Benar

Toner exfoliasi dapat dipakai setiap hari setelah memakai pembersih wajah. Namun untuk kulit yang sensitif, mulailah dengan memakai Toner Exfoliasi 2 hari sekali dan amati reaksi kulit yang terjadi. Untuk kulit normal, berminyak, dan kering dapat mengawali pemakaian Toner exfoliasi sekali sehari terlebih dahulu pada malam hari dan amati bagaimana kulit Anda bereaksi. Jika tidak terjadi iritasi, Anda dapat meningkatkan pemakaian toner menjadi 2 kali sehari.

Jika Anda memakai Tonerexfoliasi setiap hari sebagai bagian dari skincare routine Anda, maka Anda tidak perlu memakai eksfolian lain yang lebih kuat, misalnya eksfoliasi mingguan dengan salicylic acid atau glycolic acid.

Ingatlah untuk selalu memakai sunscreen dengan SPF 30 ke atas di skincare routine pagi Anda jika Anda memakai Toner exfoliasi. Kulit yang tereksfoliasi setiap hari dapat menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Kesimpulan

Memakai toner eksfoliasi pada rangkaian skincare routine Anda memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah. Toner eksfoliasi dapat mempercepat regenerasi sel dengan menghilangkan sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah. Toner Exfoliasi juga dapat mengurangi minyak wajah, menyeimbangkan pH alami kulit, dan membantu menghidrasi kulit wajah. Memakai toner eksfoliasi juga baik untuk kulit yang sedang berjerawat, karena terbukti dapat membantu penyembuhan jerawat dan dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Toner Exfoliasi dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah toner eksfoliasi yang mengandung kombinasi AHA dan BHA. Untuk kulit kering dan sensitif, pilihlah bahan aktif eksfoliator yang lebih ringan seperti PHA atau lactic acid. 

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.