Vitamin C untuk Kulit

V

Vitamin C adalah zat antioksidan yang punya banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, termasuk bagi kulit kita. Pasti kalian sudah tahu kalau mengkonsumsi vitamin C akan memperbaiki daya tahan tubuh dan juga dapat mengatasi sariawan. Vitamin C untuk kulit dapat mengurangi efek buruk sinar UV sehingga dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan lebih muda.

Vitamin C umumnya banyak terkandung secara alami pada lapisan dermis dan epidermis kulit normal bersama zat antioksidan lainnya seperti uric acid dan glutathione. Akan tetapi, proses penuaan dan efek paparan sinar UV dalam menurunkan kadar vitamin C pada kulit.

Meminum suplemen vitamin C dapat meningkatkan kadar vitamin C pada kulit. Namun untuk mendapatkan manfaat yang maksimal bagi kulit, mengkonsumsi suplemen vitamin C saja tidak cukup, karena belum tentu vitamin C yang dikonsumsi akan langsung diserap kulit.

Apalagi seiring dengan bertambahnya usia kita, kemampuan kulit untuk menyerap vitamin C secara alami dari tubuh akan semakin menurun. Karena itu, agar dapat merasakan manfaat vitamin C untuk kulit, kita perlu mengaplikasikan vitamin C serum pada kulit kita.

Vitamin C juga telah terbukti secara klinis aman pada penggunaan jangka panjang pada kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemakaian vitamin C pada kulit tidak menunjukkan efek samping meskipun pada penggunaan jangka panjang.

Lalu apa saja sih manfaat dan efek vitamin C bagi kulit? Mari kita simak hal-hal penting tentang vitamin C serum berikut yang kamu wajib tahu.

10 Manfaat Serum Vitamin C Untuk Kulit

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa vitamin C memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Berikut adalah manfaat vitamin C yang telah teruji secara klinis.

Manfaat Serum Vitamin C Untuk Kulit

Memutihkan dan meratakan warna kulit

Vitamin C telah terbukti secara klinis dapat menghambat pembentukan melanin atau pigmen gelap pada kulit. Karena itu, serum vitamin C baik sekali dipakai untuk memudarkan noda hitam pada kulit dan membuat warna kulit menjadi lebih cerah. Untuk meningkatkan efek memutihkan kulit, produk vitamin C untuk kulit biasanya dikombinasikan dengan soya atau liquorice.

Sebagai antioksidan

Vitamin C adalah zat antioksidan yang sangat baik bagi tubuh dan kulit. Artinya, vitamin C dapat mencegah oksidasi sel kulit yang dapat menyebabkan kerusakan sel, sehingga kulit tampak lebih muda. Vitamin C juga dapat menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel kulit. Sifat antioksidan dari vitamin C juga dapat menetralisir efek buruk sinar UV pada kulit.

Mengatasi kulit kusam

Vitamin C juga dapat menghaluskan permukaan kulit sehingga kulit tambah lebih sehat dan cerah. Ditambah dengan sifat antioksidan dan kemampuannya untuk menghambat proses penggelapan kulit, memakai serum vitamin C secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan tampak lebih muda.

Meningkatkan produksi kolagen

Sebuah penelitian membuktikan bahwa pemakaian vitamin C pada kulit dapat meningkatkan produksi kolagen, baik pada kulit pasien yang masih muda maupun yang sudah menua. Penting bagi kulit kita untuk memiliki kolagen yang cukup, untuk mempertahankan tekstur kulit yang halus dan kenyal. Kadar kolagen kulit umumnya menurun dengan bertambahnya usia, dan hal ini menyebabkan timbulnya kerutan dan garis halus pada kulit. Jika produksi kolagen tetap terjaga, maka proses pembentukan kerutan pun dapat dihambat

Mengurangi peradangan pada jerawat

Vitamin C juga telah terbukti dapat meredakan peradangan pada kulit. Karena itu memakai serum vitamin C juga baik untuk kulit yang sedang berjerawat dan meradang. Sertakan Vitamin C dalam routine perawatan jerawat anda.

Mempercepat penyembuhan luka

Tak hanya mengurangi kulit yang meradang karena jerawat, vitamin C juga dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Jadi saat kulitmu luka karena infeksi jerawat atau lainnya, memakai produk vitamin C dapat mempercepat penyembuhan sekaligus memudarkan bekas lukanya.

Menghidrasi kulit

Salah satu senyawa turunan vitamin C yaitu sodium ascorbyl phospate dapat mempertahankan kadar air pada kulit, sehingga kulit tetap terjaga kelembabannya.

Melindungi kulit dari efek sinar UV

Vitamin C bukanlah sunscreen, karena tidak dapat menyerap sinar UV A atau UV B. Bahkan, penggunaan vitamin C harus disertai dengan sunscreen pada pagi atau siang hari. Efek perlindungan vitamin C terhadap sinar UV adalah dengan melawan efek kerusakan kulit oleh sinar UV yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa serum vitamin C yang dikombinasikan dengan vitamin E memiliki efek perlindungan terhadap sinar UV yang lebih kuat.

Mengatasi mata panda

Salah satu manfaat vitamin C untuk kulit adalah menyamarkan “mata panda”. Vitamin C dapat menyamarkan garis halus dan mengencangkan area di bawah mata, serta mencerahkan warna kulit yang menggelap di bawah mata.

Mengatasi kulit yang rusak karena sinar matahari

Sering beraktivitas di luar ruangan atau bepergian membuat kulit kita sering terpapar sinar matahari langsung. Efeknya kulit menjadi kusam, kering, atau bahkan bersisik. Memakai serum vitamin C secara teratur akan memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit lebih lembab. Noda gelap atau kulit kemerahan yang disebabkan oleh sinar UV pun dapat disamarkan dengan pemakaian serum vitamin C. 

“Saya percaya bahwa serum Vitamin C 20% lebih disukai dengan asam hialuronat dan ferulic adalah harus dimiliki”

Dr. Malavika Kohli – Dokter kulit selebriti yang berbasis di Mumbai

Jenis-jenis Serum Vitamin C

Saat ini banyak sekali produk vitamin C serum yang ditawarkan. Pastikan kamu teliti sebelum membeli, ya. Jangan sampai salah beli produk dan manfaat vitamin C yang kamu harapkan menjadi tidak maksimal.

Sebelum memilih dan membeli serum vitamin C untuk kulit, kamu harus perhatikan hal-hal berikut ini:

Tipe vitamin C dalam serum

Cermati tipe atau bentuk senyawa vitamin C dalam serum yang biasanya tertulis pada komposisi serum. Jenis vitamin C yang digunakan untuk serum diantaranya:

  • L-Ascorbic acid atau ascorbic acid, adalah bentuk vitamin C yang paling banyak digunakan dalam produk skincare. L-Ascorbic acid biasanya diformulasi pada pH rendah (2,6 – 3,2) dan dapat mencerahkan kulit serta memudarkan noda hitam, dan membuat kulit tampak lebih muda.
  • Magnesium Ascorbyl Phosphate (MAP) dan Sodium Ascorbyl Sulphate (SAP), adalah jenis vitamin C yang lebih stabil. MAP lebih mudah diserap oleh kulit dan memiliki efek melembabkan kulit. MAP juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan melawan radikal bebas.
  • Ascorbyl 6 palmitate, adalah vitamin C bentuk ester yang juga lebih mudah diserap kulit.
  • Disodium isostearyl 2-0 L-ascorbyl phosphate (VCP-IS-Na), adalah senyawa turunan vitamin C yang lebih stabil dan juga lebih mudah diserap kulit.
  • Beberapa senyawa turunan vitamin C lainnya seperti ascorbyl glucoside, ascorbic acid sulphate, tetrahexyldecyl ascorbate, dan 3-0 ethyl ascorbic acid.

Konsentrasi vitamin C dalam serum

Vitamin C serum yang dapat memberikan manfaat terbaik bagi kulit umumnya mengandung konsentrasi vitamin C di atas 10%. Untuk mengatasi kulit kusam, sebaiknya menggunakan vitamin C serum dengan konsentrasi 15% ke atas.

Untuk mengatasi noda hitam dan flek yang membandel, sebaiknya menggunakan vitamin C serum dengan konsentrasi minimal 20%.

Vitamin C juga kadang ditambahkan pada produk skincare pada konsentrasi rendah. Serum anti aging umumnya mengandung vitamin C dengan kadar di bawah 1% yang efektif untuk memberikan manfaat anti oksidan dan anti aging pada kulit. Vitamin C dengan konsentrasi rendah juga banyak ditambahkan pada produk anti aging yang mengandung retinol dan ceramide. Namun, pastikan serum vitamin C berkadar rendah memiliki kandungan zat anti aging lain atau kamu gunakan bersama produk yang mengandung retinol dan kojic acid. Jika tidak, vitamin C dengan kadar rendah tidak akan memberi efek yang diinginkan untuk kulit.

Kandungan zat lain pada vitamin C serum

Serum vitamin C kadang ditambahkan zat lain untuk menambah efektivitasnya dalam memberikan efek yang maksimal bagi kecantikan kulit. Zat aktif lain yang sering ditambahkan pada serum vitamin C diantaranya:

  • Ferulic acid

Zat ini ditambahkan agar kandungan vitamin C dalam serum menjadi lebih stabil. Ferulic acid terbukti dapat meningkatkan kestabilan serum vitamin C hingga 90%.

  • Vitamin E

Vitamin E juga memiliki efek yang baik untuk kulit sebagai antioksidan. Serum vitamin C yang juga memiliki kandungan vitamin E dapat memberikan efek antioksidan yang lebih maksimal untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

  • Glutathione

Zat ini terkenal untuk membuat kulit lebih putih. Sebenarnya glutathione sudah secara alami sudah ada dalam lapisan kulit dalam jumlah kecil, dan kadarnya akan semakin menurun jika kulit sering terpapar sinar UV atau karena proses penuaan. Glutathione adalah zat antioksidan yang sangat baik. Adanya tambahan glutathione pada serum vitamin C akan meningkatkan fungsi antioksidannya.

Cara Memakai Serum Vitamin C

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari serum vitamin C, perhatikan cara memakainya sebagai berikut:

  • Gunakan vitamin C serum dua kali sehari pada pagi dan malam hari pada wajah yang telah dibersihkan. Urutannya adalah membersihkan wajah, mengaplikasikan toner, eksfoliasi atau peeling bila perlu, lalu baru pemakaian serum vitamin C sesuai dengan petunjuk pada kemasannya. Setelah itu, kamu dapat memakai krim pelembab atau krim perawatan lainnya.
  • Pada penggunaan di pagi atau siang hari, setelah memakai serum vitamin C gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih.
  • Serum vitamin C umumnya aman jika dipakai bersama produk perawatan kulit lainnya seperti retinol dan niacinamide yang memiliki efek pengelupasan sel kulit mati.
Meskipun serum vitamin aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit yang sensitif, jika kamu ragu-ragu dan belum pernah memakai serum vitamin C sebelumnya, tidak ada salahnya untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Caranya:
-Oleskan serum pada bagian kulit yang tersembunyi, misalnya pada kulit lengan bagian dalam.
Diamkan dan tunggu hingga 24 jam.
-Jika tidak terlihat ada efek samping, maka serum vitamin C aman digunakan untuk kulit wajahmu. Namun jika kulit terlihat kemerahan atau timbul bruntusan, bisa jadi kulitmu bereaksi alergi dengan serum, jangan gunakan serum ini untuk kulit wajahmu.

Kesimpulan

Menggunakan vitamin C serum sebagai salah satu skincare routine memiliki banyak manfaat bagi kulit kita. Kegunaan vitamin C untuk kulit kita diantaranya adalah untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit serta sebagai anti aging. Cermati jenis vitamin C yang terkandung dalam serum. Umumnya bentuk L-ascorbic acid paling banyak digunakan untuk serum. Namun, jenis vitamin C ini kurang stabil dan mudah teroksidasi. Jadi pertimbangkan untuk memilih serum dengan konsentrasi vitamin C yang lebih tinggi dan formula yang lebih stabil. Pastikan serum memiliki kadar vitamin C minimal 10% agar efek yang dihasilkan sesuai dengan yang kamu harapkan. Gunakan serum vitamin C secara teratur pada pagi dan malam hari, dan jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen pada siang harinya. 

Tanya Jawab

Apa fungsi serum vitamin C untuk wajah?

Serum vitamin C dapat mencerahkan wajah, menipiskan noda hitam, mengatasi kerutan dan garis halus, meredakan peradangan, menghaluskan kulit, dan mengatasi efek buruk sinar UV. Vitamin C juga dapat mempertahankan kadar air pada kulit sehingga membuat kulit menjadi lembab.

Serum vitamin C yang bagus merk apa?

Dalam memilih merk serum vitamin C, amati perusahaan yang memproduksinya, valid atau tidak, apakah informasi produsennya jelas atau tidak dan apakah memiliki website profesional. Merk serum vitamin C yang bagus pasti mencantumkan informasi komposisi serum dan masa pemakaian atau kadaluarsa.

Berapa harga serum vitamin C?

Serum vitamin C dapat membuat wajah semakin glowing karena dapat mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit. Serum vitamin C yang ditambahkan antioksidan lain seperti vitamin E atau glutathione akan memiliki efek glowing yang lebih kuat pada kulit wajah.

Serum apa yang bikin glowing?

Serum vitamin C dapat membuat wajah semakin glowing karena dapat mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit. Serum vitamin C yang ditambahkan antioksidan lain seperti vitamin E atau glutathione akan memiliki efek glowing yang lebih kuat pada kulit wajah.

Kapan kita memakai serum vitamin C? Pagi atau malam?

Serum vitamin C dipakai pada pagi dan malam hari. Gunakan serum pada kulit yang telah dibersihkan dan setelah memakai toner. Pada pemakaian di pagi hari, gunakan sunscreen dengan SPF 30 setelah memakai serum.

Referenci:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579659/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3673383/
  3. https://lpi.oregonstate.edu/mic/health-disease/skin-health/vitamin-C
  4. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19146606/

About the author

Tuty Alawiyah (BS Chemistry)

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.